Properti dan aset tentu memiliki nilai tunai yang cukup besar dan berharga. Seberapa pentingnya asuransi aset? Untuk dapat mengantisipasi terjadinya kerugian pada properti dan aset tersebut dibutuhkanlah asuransi aset.

Artikel ini akan membahas dan memberikan informasi mengenai asuransi properti serta aset agar Anda dapat melindungi harta berharga Anda. Simak pembahasan berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Secure

 

Asuransi Rumah

Asuransi rumah atau asuransi properti merupakan salah satu jenis asuransi yang jarang mendapatkan perhatian masyarakat, tetapi sebenarnya sangat penting.

Asuransi rumah yang paling dasar akan melindungi properti Anda dari risiko yang biasa dan paling sering terjadi, yaitu FLEXAS. FLEXAS merupakan singkatan dari Fire, Lightning, Explosion, Impact of Falling Aircraft & Smoke.

Pahami Cara Klaim Asuransi Rumah 03 Asuransi Rumah 3 - Finansialku

[Baca Juga: Apa Saja Jenis-jenis Asuransi Properti di Indonesia?]

 

Namun pada asuransi rumah yang dasar ini, terdapat beberapa risiko yang tidak dilindungi tetapi sering terjadi di Indonesia, misalnya banjir atau gempa bumi.

Untuk itu, biasanya asuransi rumah diberikan jaminan perluasan. Jaminan perluasan ini sifatnya opsional dan harus dipilih sesuai dengan kebutuhan Anda. Beberapa perluasan jaminan tersebut, misalnya:

  • Gempa Bumi
  • Banjir
  • Aksi mogok, kerusuhan dan huru hara
  • Tanah longsor
  • Pencurian dengan kekerasan
  • Pencurian tanpa kekerasan

Asuransi properti tidak hanya mencakup rumah petak, tetapi juga seluruh jenis rumah tinggal seperti unit apartemen atau rumah susun.

Bahkan, menurut Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 1988 tentang Rumah Susun, unit apartemen atau rumah susun wajib diasuransikan dan termasuk juga rumah yang dibeli lewat Kredit Pemilikan Rumah.

Asuransi properti juga dapat dibagi menjadi jenis asuransi bisnis di mana bangunan yang diasuransikan adalah lokasi bisnis, seperti kantor, pabrik, gudang serta gedung.

Tidak hanya pada bangunannya, asuransi ini juga memberikan pilihan perlindungan terhadap aset berharga di dalam bangunan tersebut.

Asuransi properti beserta isinya akan memberikan Anda perlindungan yang menyeluruh. Apalagi ketika barang yang ada di dalamnya berharga, asuransi ini memiliki peran yang sangat penting.

Pahami Cara Klaim Asuransi Rumah 02 Asuransi Rumah 2 - Finansialku

[Baca Juga: Ini Alasan Logis Kenapa Rumah Anda Perlu Disempurnakan Dengan Asuransi Properti]

 

Paket jaminan yang biasanya ditawarkan oleh asuransi bisnis ini adalah asuransi property all risk untuk bangunan non industry seperti kantor, rumah sakit dan sekolah.

Sedangkan untuk bangunan industry seperti pabrik, gudang dan mal menggunakan asuransi industrial all risk.

Biasanya asuransi bisnis memberikan perlindungan menyeluruh yang meliputi:

  • Kerusuhan/huru-hara/pemogokan/perbuatan jahat
  • Banjir/kerusakan akibat air/angin topan/badai
  • Gempa bumi/letusan gunung api/tsunami
  • Tanah longsor/pergerakan tanah

 

Nilai Pertanggungan

Nilai pertanggungan sebetulnya dapat disesuaikan dengan keinginan dan kebutuhan Anda.

Salah satu patokan cara menentukan nilai pertanggungan adalah dengan menghitung biaya pembangunan per meter persegi untuk properti Anda.

KPR vs KTA Perbandingan Antara Kredit Pemilikan Rumah dan Kredit Tanpa Agunan 03 KPR vs KTA 3 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Tips Memilih Asuransi Properti]

 

Sebagai contohnya, jika Anda memiliki rumah dengan luas 100 m2, dengan harga pasaran untuk pembangunan rumah borongan adalah Rp2 juta, maka Anda membutuhkan Rp200 juta untuk memperbaiki rumah Anda yang rusak total.

Ini berarti maksimum nilai pertanggungan yang Anda butuhkan adalah Rp200 juta.

Jika Anda ingin sekaligus mengasuransikan isi di dalam bangunan, maka Anda dapat melakukan estimasi atas harga aset tersebut dan menambahkan jumlah perkiraan dengan jumlah nilai pertanggungan sebelumnya.

Nilai pertanggungan ini dapat menjadi landasan atas jenis asuransi apa yang ingin Anda ambil. Nilai pertanggungan ini juga akan berpengaruh pada nilai premi yang harus Anda bayarkan.

 

Premi Asuransi

Premi asuransi berhubungan erat dengan nilai pertanggungan, semakin tinggi nilai pertanggungan, semakin besar pula premi yang harus dibayar.

Sebaliknya, nilai pertanggungan yang kecil berarti semakin rendah pula premi yang di beratkan.

Biasanya perusahaan asuransi akan mengenakan biaya premi sebesar 0,35 permil dari nilai pertanggungan.

Jadi mengambil kasus di atas yang mana tertanggung membutuhkan nilai pertanggungan sebesar Rp200 juta, premi asuransi yang harus dibayar adalah Rp7 juta.

Selain nilai pertanggungan terdapat banyak faktor lain yang mempengaruhi tingkat premi.

Salah satu contohnya adalah cakupan perlindungan, semakin luas perlindungan yang diberikan, preminya akan semakin mahal dan sebaliknya jika perlindungan yang diberikan minimal, maka Anda tidak perlu membayar premi yang mahal.

Alasan Logis Kenapa Rumah Anda Perlu Disempurnakan Dengan Asuransi Properti 1 Finansialku

[Baca Juga: Cermati 4 Hal Penting Ini Sebelum Membeli Asuransi Properti]

 

Selain itu, semakin berharga aset atau properti yang ditanggung, akan semakin mahal pula premi yang harus Anda bayar. Premi juga akan meningkat jika risikonya semakin tinggi.

Misalnya Anda membeli asuransi properti (untuk bisnis) yang mana usaha Anda adalah usaha korek api.

Maka premi asuransi yang dibutuhkan untuk perlindungan bangunan tersebut akan lebih mahal dibandingkan dengan perlindungan asuransi untuk bisnis permen misalnya.

Premi juga dipengaruhi oleh kualitas bangunan. Secara umum, konstruksi bangunan dibagi menjadi 3:

  1. Kelas 1: bersifat tahan api
  2. Kelas 2: relatif tahan api
  3. Kelas 3: cenderung rentan terkena risiko atau mudah terbakar

 

Premi untuk bangunan dengan konstruksi kelas 1 akan lebih rendah dibandingkan bangunan dengan kelas 2 atau kelas 3. Di bangunan dengan konstruksi kelas 3, premi yang dibutuhkan adalah paling tinggi.

Anda juga bisa menonton video dari channel Youtube Finansialku berikut agar mengetahui lebih jelas mengenai premi asuransi:

 

Manfaat Asuransi Aset

Asuransi aset memberikan beragam manfaat, berikut adalah beberapa manfaat tersebut.

 

#1 Membantu Pengaturan Keuangan

Walaupun tidak Anda sadari, dengan adanya asuransi aset, Anda sedang melakukan kebiasaan keuangan yang baik. Alasannya, Anda harus menyisihkan uang untuk membayar premi secara rutin.

Dengan kewajiban ini, Anda harus mengurangi pengeluaran serta membiasakan diri Anda untuk taat pada anggaran dan rencana keuangan.

 

#2 Memberikan Perasaan Aman dan Nyaman

Siapa yang tidak ingin menetap dengan nyaman di rumah sendiri? Tidak hanya di rumah, tentu tempat bisnis yang menjadi sumber pemasukan Anda juga sangat penting.

Dengan adanya asuransi properti beserta isinya, Anda akan lebih tenang karena tahu bahwa kerugian yang terjadi dapat di-cover oleh perusahaan asuransi. Selain itu, Anda pun dapat dengan tenang meninggalkan rumah kapan saja.

 

#3 Meminimalisasi Kerugian

Secara umum, memiliki asuransi bertujuan untuk mengurangi risiko kerugian yang mungkin diderita oleh pemilik polis.

Banyak sekali biaya yang dapat ditanggung oleh asuransi aset, misalnya biaya renovasi, biaya sewa rumah sementara, biaya kerugian bencana kebakaran dan lain sebagainya.

 

#4 Dapat Dijadikan Investasi atau Tabungan

Premi yang Anda bayar tidak selamanya harus ‘ditelan’ oleh perusahaan asuransi. Anda dapat mengambil asuransi yang sekaligus dapat digunakan untuk instrumen investasi.

 

Sesuaikan dengan Kebutuhan dan Kemampuan

Banyak yang mengambil asuransi tanpa menghitung dahulu kebutuhan asuransi serta kemampuan finansial diri sendiri.

Sebaiknya beli asuransi yang sesuai dengan kebutuhan agar manfaatnya dapat dimaksimalkan. Selain itu, jangan sampai asuransi membebani keuangan Anda

Oleh karena itu, Anda perlu merencanakan keuangan Anda dengan matang. Anda bisa membaca ebook dari Finansialku di bawah ini secara GRATIS agar tujuan keuangan Anda dapat tercapai sesuai rencana.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

 

Setelah membaca artikel ini, diharapkan Anda mengerti dan mengetahui informasi mengenai asuransi rumah dengan lebih jelas.

Bagikan artikel ini agar lebih bermanfaat. Tulis pertanyaan Anda pada kolom komentar di bawah ini.

 

Sumber Referensi:

  • Jerry Pessiwarisa. Pentingnya Asuransi Untuk Melindungi Aset. Qmfinancial.com – https://bit.ly/2IxOSqz
  • Juwita Rachmayanti. Jangan Disepelekan, Ini Pentingnya Miliki Asuransi Aset Sebagai Proteksi Dini. Blog.tunaikita.com – https://bit.ly/2WCkEN0

 

Sumber Gambar:

  • Asuransi Aset – http://bit.ly/2KVnp4R