Seberapa penting pelatihan perencanaan keuangan untuk karyawan? Apa saja yang perlu dan penting yang dalam pelatihan perencanaan keuangan untuk karyawan? Apakah hasil yang diperoleh setelah menjalankan pelatihan?

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Mengapa Karyawan perlu Pelatihan Perencanaan Keuangan?

Setiap orang yang sudah mengelola keuangannya sendiri (hidup mandiri) perlu mengenal betul cara-cara untuk merencanakan keuangan. Tujuannya jelas, agar uang yang didapat dapat dikelola untuk memenuhi kebutuhan jangka pendek, jangka menengah dan jangka panjang.

Pelatihan Perencanaan Keuangan untuk Karyawan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Solusi HRD untuk Menyelesaikan Masalah Keuangan Karyawan]

 

Perusahaan dan manajemen perlu memberikan edukasi atau pelatihan perencanaan keuangan untuk para karyawannya. Tujuannya satu agar para karyawan dapat hidup lebih sejahtera. Karyawan yang hidup sejahtera, aman dan nyaman secara keuangan cenderung bekerja lebih produktif, mengurangi kecurangan (fraud) di dalam perusahaan.

Beberapa kasus yang dihadapi perusahaan di Indonesia, terkait dengan permasalahan keuangan karyawan:

  • Karyawan merasa masalah keuangan keluarganya adalah tanggung jawab perusahaan.
  • Karyawan merasa pendapatan kerjanya selalu kurang dan tidak dapat memenuhi kebutuhan hidup. Padahal perusahaan telah memberikan kompensasi (gaji, tunjangan dan bonus) sesuai dengan UMR dan aturan yang berlaku.
  • Karyawan merasa harus menambah pekerjaan sampingan di akhir minggu. Hal ini berdampak terhadap menurunnya produktivitas saat jam kerja.
  • Utang koperasi yang tidak dapat dilunasi (non performing loan yang tinggi).
  • Karyawan merasa perusahaan harus menanggung seluruh biaya kesehatan dirinya dan keluarga.
  • Karyawan merasa perusahaan harus menanggung dana hari tuanya (masa pensiunnya).
  • dan permasalahan keuangan lainnya.

 

Permasalahan karayawan dalam mengelola keuangan, terjadi karena kurangnya pengetahuan atau rendahnya literasi keuangan seseorang. Kenyataan yang terjadi adalah:

 

Karyawan bukannya tidak mau hidup sejahtera, tetapi mereka belum tahu caranya.

Finansialku

 

Solusi yang harus diberikan adalah memberi tahu cara yang benar dan melakukan perubahan yang berkelanjutan. Sederhanya: jika kita memberi ikan kepada seseorang, maka orang tersebut hanya hidup untuk satu hari. Jika kita ingin orang tersebut dapat hidup mandiri, maka kita perlu memberinya kail dan teknik-teknik memancing.

Untuk mengubah cara orang mengelola keuangan, tidak cukup waktu 1 atau 12 jama pelatihan. Diperlukan sebuah waktu dan proses untuk melakukan perbaikan, terutama kepada karyawan senior. Pendekatan-pendekatan dengan menggunakan teknik manajemen perubahan (change management) dari  

 

Siapa Saja Karyawan yang Membutuhkan Pelatihan Perencanaan Keuangan?

Setiap orang disetiap waktu (life stage) selalu memiliki permasalahan keuangan atau tantangan dalam hal keuangan. Kebanyakan managemen dan hrd merasa pelatihan perencanaan keuangan untuk karyawan operator (blue collar), padahal kenyataannya tidak demikian. Gambar di bawah ini menunjukkan perencanaan keuangan pada setiap life stage seseorang:

Perencanaan Keuangan dan Siklus Hidup Manusia - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Perencanaan Keuangan dan Siklus Hidup Manusia]

 

Tahukah Anda, semakin tinggi pemasukan seseorang cenderung pengeluarannya semakin tinggi. Sederhananya, ketika gaji seseorang sudah cukup besar (mencapai 2 sampai 3 kali UMR), biasanya bank akan memberikan penawaran kartu kredit, KPR, KTA, Kredit kendaraan dan lain sebagainya. Siapa yang tidak tergoda dengan tawaran kredit yang luar biasa.

 [Baca Juga: Kenaikan Gaji Bukan Solusi untuk Menyelesaikan Masalah Keuangan Keluarga]

 

Semakin tinggi jabatan, semakin tinggi gaji biasanya semakin tinggi godaan-godaan dalam hal keuangan. Jika orang tersebut tidak mampu mengelola dan merencanakan keuangan, maka orang tersebut dapat mengalami keambrukan finansial.

 

Bagaimana Cara Perencana Keuangan Finansialku Memberikan Solusi Pelatihan Perencanaan Keuangan?

Finansialku sebagai perencana keuangan, berusaha memahami permasalahan yang dihadapi oleh perusahaan. Finansialku memiliki program untuk membantu perusahaan dalam memberikan pelatihan perencanaan keuangan untuk karyawan.

Finansialku memulai dengam sebuah seminar, pelatihan atau workshop untuk dapat mengajarkan cara pikir (mindset) yang benar dalam mengelola keuangan. Setelah itu Finansialku akan mengajarkan cara mengelola keuangan dengan benar, mulai dari menyusun anggaran keluarga (budgeting), mencatat keuangan, merencanakan keuangan, berinvestasi dan lain sebagainya.

 

Aplikasi Finansialku - Mengelola dan Merencanakan Keuangan - Perencana Keuangan Independen Finansialku

[Baca Juga: Fungsi dan Manfaat Perencanaan Keuangan]

 

Semua ilmu yang disampaikan, harus dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari. Jadikan ilmu merencankan keuangan sebagai gaya hidup (lifestyle) yang baru. Finansialku memiliki aplikasi untuk membantu mengelola dan merencanakan keuangan. Selain itu Finansialku juga dapat memberikan informasi berkelanjutan (bulletin di perusahaan), menjawab pertanyaan-pertanyaan dari karyawan melalui email atau media komunikasi lainnya.  

Aplikasi Finansialku Iklan 1 - Perencana Keuangan Independen Finansialku 

Inti pelatihan perencanaan keuangan untuk karyawan adalah mengajarkan bagaimana cara mengelola dan merencanakan keuangan. Setelah itu ilmu yang sudah diajarkan perlu dipraktekkan dalam kehidupan sehari-hari. Kami bantu dengan menggunakan aplikasi yang telah kami kembangkan, sesuai dengan cara mengelola keuangan yang benar.

Perusahaan harus memiliki karyawan yang sehat secara jasmani, rohani dan keuangan, karena karyawan yang sehat dapat memberikan banyak nilai tambah kepada perusahaan. Tentunya Anda mau kan, memiliki karyawan yang sehat secara keuangan? Perencana keuangan independen Finansialku siap membantu perusahaan Anda.

 

1 Step 1

Ingin mengundang Finansialku untuk acara atau pelatihan in house di perusahaan Anda?

Finansialku akan menghubungi pada

Jamof appointment
access_time
keyboard_arrow_leftPrevious
Nextkeyboard_arrow_right

 

Apa yang akan Anda lakukan untuk mempersiapkan biaya pendidikan anak? Kapan Anda akan melakukannya?

 

Sumber Gambar:

  • Wisuda – https://goo.gl/wLm6sp

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang