Kenapa pendidikan karakter itu penting? Apalagi apabila pendidikan karakter ini diterapkan pada anak.

Yuk, ketahui pentingnya pendidikan karakter anak dalam membangun negeri.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Pendidikan Karakter

Apa itu pendidikan karakter? Pendidikan karakter adalah proses pembentukan karakter yang memberikan dampak positif terhadap perkembangan dari emosional, spiritualitas, serta kepribadian seseorang.

Oleh karena itu, pendidikan ini menjadi bagian yang penting dalam membangun negeri.

Pendidikan karakter perlu dilakukan sejak usia dini. Dengan begitu, maka anak dapat bertumbuh menjadi pribadi yang memiliki karaker. Dalam mendukung pendidikan ini anak tentunya keluarga sangat berperan penting.

Selain keluarga, sekolah dan seluruh komponen yang ada di masyarakat juga berpengaruh.

Ini Pentingnya Pendidikan Karakter Anak dalam Membangun Negeri 01 - Finansialku

[Baca Juga: 6 Kesalahan saat Merencanakan Dana Pendidikan Anak]

 

Ketika anak berusia 0-6 tahun maka perkembangan otak anak dapat menerima serta menyerap berbagai macam informasi.

Nah, pada saat tersebutlah perkembangan fiik, mental, serta nilai spiritual anak mulai terbentuk. Oleh karena itu, banyak orang yang menyebut bahwa masa tersebut merupakan golden age nya anak-anak.

Menurut Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, terdapat 18 nilai-nilai yang harus dimasukkan dalam proses pendidikan karakter di Indonesia.

Nilai-nilai tersebut adalah religious, jujur, toleransi, disiplin, kerja keras, kreatif, mandiri, demokratis, rasa ingin tahu, semangat kebangsaan, cinta tanah air, menghargai prestasi, bersahabat/komunikatif, cinta damai, gemar membaca, peduli lingkungan, peduli sosial, serta tanggung jawab.

 

Cara Menerapkan Pendidikan Karakter

Dalam mendidik karakter anak, Anda sangat disarankan untuk menggunakan hati nurani dan penuh kasih sayang. Contohnya, Anda mengajari anak Anda untuk bersikap sopan dan santun kepada orang lain.

Selain itu, Anda juga dapat memberikan pengetahuan tentang kebersihan diri dan lingkungan.

Oh ya, cara mendidik karakter anak tidak seperti guru di sekolah ya, sebaiknya Anda mengajari anak Anda dengan melakukan aktivitas atau praktik secara langsung.

Misalnya, Anda mau mengajari anak sopan santun, maka Anda dapat memulai membangun kebiasaan anak untuk mengucapkan salam atau sapaan, tolong, dan terima kasih kepada orang lain.

Contoh lainnya, Anda juga dapat memberikan pelajaran kebersihan diri dan lingkungan dengan mengikutsertakan anak Anda dalam melakukan kegiatan rumah. Beberapa diantaranya membereskan mainan mereka serta membuang sampah pada tempatnya.

Dengan membiasakan kebiasaan-kebiasaan yang baik tersebut, walaupun terlihat sederhana namun dapat memberikan dampak positif yang besar terhadap sang anak.

Hal yang tak kalah penting dalam membangun karakter anak adalah perilaku orang tua. Tentunya sebagai orang tua, Anda harus menjadi contoh yang baik kepada anak Anda.

Jadi, tidak hanya mengajari anak Anda namun juga menjadi role model bagi sang anak. Dengan begitu, penanaman karakter dan kebiasaan yang baik oleh orang tua dapat melekat pada diri sang anak.

 

Sebelum lanjut ke penjelasan inti, apakah anda penasaran dengan asuransi pendidikan untuk anak?

Simak penjelasannya di sini!

 

Tujuan Dibentuknya Pendidikan Karakter

Pendidikan karakter dibentuk dengan berbagai tujuan. Berikut beberapa tujuannya.

  1. Agar dapat mengetahui berbagai karakter baik seseorang.
  2. Agar dapat mengartikan dan menjelaskan karakter.
  3. Untuk menunjukkan atau menerapkan contoh perilaku berkarakter dalam kehidupan sehari-hari.
  4. Agar dapat memahami sisi baik menjalankan perilaku berkarakter.

 

Alasan Pentingnya Pendidikan Karakter Anak

Kenapa pendidikan karakter anak itu penting? Berikut beberapa alasan pentingnya pendidikan karakter anak.

 

#1 Menjamin Pembentukan Kepribadian yang Baik

Manusia sangat dipengaruhi oleh kebiasaan yang dilakukannya. Oleh karena itu, jika anak dibiasakan kebiasaan yang baik sejak dini.

Beberapa kebiasaan baik yang dapat dipraktikkan adalah hemat, rajin, jujur, serta percaya diri. Dengan begitu, seiring berjalannya waktu maka sikap yang baik tersebut akan membentuk kepribadian sang anak menjadi permanen hingga dewasa kelak.

 

#2 Dapat Mendongkrak Prestasi Akademik

Seringkali pendidikan karakter dikesampingkan dan lebih mendahulukan pendidikan formal secara akademis (seperti sekolah). Namun, tahukah Anda? Ternyata pendidikan ini memiliki peranan penting dalam pencapaian prestasi akademik anak lho.

Bahkan, hal ini dibuktikan dari beberapa penelitian yang mengungkapkan bahwa kepribadian anak memiliki peran yang signifikan dalam peningkatan prestasi akademik. Hal tersebut dipercaya sangat berkaitan dengan sikap anak dalam menyesuaikan diri di lingkungan belajarnya.

 

#3 Salah Satu Investasi Masa Depan Terbaik Bagi Diri Anak

Karakter yang baik bagi seorang anak merupakan salah satu investasi masa depan yang terbaik bagi mereka.

Apabila anak memiliki kepribadian yang baik maka mereka nantinya dapat bertumbuh menjadi generasi penerus bangsa yang dapat diandalkan. Selain itu, mereka juga dapat memberikan manfaat bagi orang lain.

 

#4 Mendorong Moral Anak yang Bermasalah

Memang kita semua mengharapkan anak-anak memiliki masa kecil yang hangat dan bahagia. Namun, sayangnya beberapa anak memiliki masa kecil yang kurang beruntung. Misalnya, orang tuanya bercerai, berada dalam kemiskinan, dan lain sebagainya.

Hal-hal tersebut tentunya bisa saja mengganggu perkembangan masalah psikis sang anak. Oleh karena itu, agar anak tidak bertumbuh dewasa dengan pandangan yang pesimis, maka pendidikan karakter yang kuat sejak dini sangat diperlukan.

Ini Pentingnya Pendidikan Karakter Anak dalam Membangun Negeri 02 - Finansialku

[Baca Juga: Menghitung Dana Pendidikan Anak]

 

#5 Memberikan Efek Positif Pada Lingkungan Pergaulan Anak

Apabila anak memiliki karakter yang terdidik dengan baik, maka anak tersebut akan menyebarkan hal-hal positif serta kenyamanan bagi orang-orang di sekitarnya.

Selain itu, dengan penanaman karakter baik yang kuat dapat membantu anak Anda untuk terhindar dari risiko pergaulan-pergaulan yang buruk.

Namun, perlu diketahui bahwa secara biologis anak-anak masih memiliki rasa ingin tahu yang lebih besar.

Oleh karena itu, hal tersebut memungkinkan sang anak untuk mudah bergaul dengan sembarangan orang. Sehingga, sebagai orang tua, Anda tetap perlu memberikan pengawasan yang cukup di lingkungan pergaulan anak.

 

#6 Menjadi Lebih Bijak Dalam Mengambil Keputusan

Pendidikan karakter sang anak juga memengaruhi kemampuan berfikir sang anak. Dengan begitu, maka sang anak kelak dapat menjadi orang yang lebih bijak dalam mengambil keputusan. Sehingga, keputusan yang diambil tidak merugikan diri sendiri ataupun orang lain.

 

#7 Untuk Menciptakan Generasi yang Berintegritas

Apabila sang anak memiliki karakter baik yang kuat maka anak tersebut akan tumbuh menjadi pribadi yang lebih tangguh dan kuat dalam menjalani hidup. Tentunya hal tersebut akan sangat penting dalam kehidupan berbangsa dan bernegara.

Tentunya integritas ini sangat penting untuk dibentuk dalam pendidikan karakter. Dengan memiliki integritas yang tinggi maka orang tersebut dapat menjunjung tinggi nilai integritas bangsa dan negaranya.

Ini Pentingnya Pendidikan Karakter Anak dalam Membangun Negeri 05 - Finansialku

[Baca Juga: Mempersiapkan Dana Pendidikan Anak]

 

Pendidikan Karakter Itu Sangat Penting

Setelah mengetahui apa itu pendidikan karakter, tujuannya, serta alasan pentingnya pendidikan karakter, maka, sekarang Anda sudah semakin mengetahui betapa pentingnya pendidikan karakter, kan?

Jangan sampai karena terlalu memfokuskan ke pendidikan formal (akademis/ sekolah) lalu mengabaikan pendidikan karakter anak ya. Dengan pendidikan karakter yang baik maka, dapat mendongkrak akademik anak juga kok.

Terakhir, ditutup oleh quote dari Ir. Soekarno yang mengatakan:

There is no nation-building without character building,

(Tidak mungkin membangun sebuah negara tanpa membangun pendidikan karakter).

 

Jadi, pendidikan ini sangat penting ya. Yuk, kembangkan pendidikan karakter anak untuk membangun negeri!

Keuangan juga faktor yang penting lho untuk mendukung pendidikan anak. Gunakan Finansialku untuk mengatur keuangan Anda!

playstore icon
appstore icon

 

Apakah Anda telah menerapkan pendidikan ini untuk anak Anda?

Jangan lupa membagikan artikel ini kepada rekan-rekan Anda sehingga semakin banyak orang tua yang aware terhadap pentingnya pendidikan karakter anak. Semoga artikel ini bermanfaat.

Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Masurhin Soleh. 12 Februari 2020. Pentingnya PendidikanKarakter Ditanamkan Sejak Usia Dini. Wongjember.com – https://bit.ly/3cM6ah1
  • USAID. 2013. Pentingnya PendidikanKarakter untuk Kemajuan Bangsa. Prestasi-iief.org – https://bit.ly/3aDAvNn
  • Amelia Putri. 15 Februari 2020. Pentingnya Pendidikan Karakter pada Anak. Popmama.com – https://bit.ly/3ay82IM
  • APPLE TREE PRE-SCHOOL BSD. 11 Desember 2018. 5 Alasan Mengapa Pendidikan Karakter Sangat Penting Bagi Si Kecil. Appletreebsd.com – https://bit.ly/3cRUSrJ

 

Sumber Gambar:

  • Karakter Anak 01 – https://bit.ly/2A6aoCh
  • Karakter Anak 02 – https://bit.ly/3bayQyW
  • Karakter Anak 03 – https://bit.ly/35yqEr8
  • Karakter Anak 04 – https://bit.ly/3b8h27R