Perencana keuangan, adalah salah satu profesi yang sedang ngetop di Indonesia. Kali ini Finansialku akan membahas satu per satu mengenai perencanaan keuangan.

 

Pertanyaan Pembuka?

Sebelum membahas topik utama: Perencana Keuangan: Siapakah Mereka, Apa yang Dilakukan, Mengapa Diperlukan dan Bagaimana Cara Memilihnya, izinkan kami membuka dengan empat pertanyaan:

  1. Jika Anda sakit batuk, flu atau penyakit lainnya, kemana Anda pergi? Ya betul, pergi ke dokter.
  2. Jika Anda sakit keuangan (masalah utang, investasi dan lainnya), kemana Anda pergi? Tidak tahu, oke tetap baca artikel di bawah ini.
  3. Jika Anda ingin memberpaiki bentuk badan dan otot, mengecilkan perut buncit, meningkatkan kebugaran kemana Anda pergi? Ya betul, pergi ke gym atau menggunakan jasa personal trainer (PT).
  4. Jika Anda ingin memperbaiki kondisi keuangan Anda dan membeli tujuan-tujuan keuangan Anda (beli rumah, kendaraan, #IndonesianDreams dan lainnya), kemana Anda akan pergi? Tidak tahu, oke tetap baca artikel di bawah ini.

Jangan khawatir, jika masih ada beberapa pertanyaan yang belum dapat di jawab. Finansialku akan membagikan sebuah artikel yang mampu membantu Anda menjawab pertanyaan di atas.

 

Daftar Isi

 

Siapakah Perencana Keuangan?

Seorang perencana keuangan adalah profesi yang bertugas membantu individu atau keluarga mempersiapkan sebuah rencana keuangan untuk memenuhi tujuan keuangan jangka pendek, menengah dan panjang. Perencana keuangan dalam bahasa inggris disebut juga dengan istilah financial planner

Perencana keuangan dapat diibaratkan sebagai seorang dokter. Perencana keuangan dan dokter, memiliki kesamaan yaitu sama-sama pekerja profesi. Perbedaannya perencana keuangan berurusan dengan keuangan individu dan keluarga, sedangkan dokter berurusan dengan kesehatan.

 

Seorang perencana keuangan akan membantu kliennya untuk:

  • menilai kondisi kesehatan keuangan kliennya pada saat ini (titik A)
  • memformulasikan tujuan keuangan (titik B),
  • membuat prioritas,
  • membantu menyusun strategi untuk menenuhi tujuan-tujuan keuangan kliennya (strategi dari titik A menuju titik B).

 

Daftar Isi

 

Apa Layanan yang Ditawarkan oleh Perencana Keuangan?

Seperti yang dijelaskan di atas, perencana keuangan (financial planner) membantu klien untuk:

  1. Menyehatkan kondisi keuangan klien, jika kondisi keuangan klien saat ini masih sakit.
  2. Membantu klien mencapai tujuan keuangan
  3. Membantu klien untuk meningkatkan tabungan, meningkatkan asset, mengurangi utang konsumtif dan lain sebagainya

 

Layanan yang ditawarkan perencana keuangan terdiri dari: konsultasi perencanaan keuangan, pembuatan perencanaan keuangan (financial plan) dan edukasi masyarakat.

  1. Membuat dan membantu mengimplementasikan rencana keuangan. Rencana yang dibuat untuk mencapai suatu tujuan. Contoh ada seorang klien yang ingin menyiapkan dana pendidikan anak, maka perencana keuangan bertugas menyusun sebuah rencana yang menguraikan jumlah dana yang dibutuhkan, memberikan saran investasi (investasi dimana, berapa jumlahnya, berapa sering dan berapa lama investasi untuk mewujudkan tujuan tersebut). Perencana keuangan juga akan membantu mengimplementasikan rencana keuangan tersebut selama 1 tahun. Perencanaan keuangan akan membantu memonitor, mengingatkan dan mengevaluasi rencana keuangan. Di Finansialku konsultasi dapat dilakukan dengan pertemuan langsung atau pertemuan melalui online.
  2. Menyediakan konsultasi keuangan. Konsultasi dengan ahlinya mengenai keuangan individu dan keluarga: seperti mengecek kondisi kesehatan keuangan keluarga (financial check up), mendiskusikan kebutuhan asuransi dan menyelesaikan masalah utang.
  3. Melakukan pelatihan terkait dengan keuangan individu dan keluarga. Pelatihan keuangan dimaksudkan sebagai bentuk tanggung jawab perencana keuangan terhadap masyarakat.

 

Pertanyaan yang sering ditanyakan calon klien Finansialku:

 

Jawabannya tidak. Menurut peraturan di Indonesia satu-satunya pihak yang boleh mengumpulkan dana dari masyarakat adalah BANK (Perbankan). Satu-satunya pihak yang boleh mengelola dana masyarakat adalah ASSET MANAGEMENT (perusahaan manjer investasi). Anda dapat mengecek daftar bank dan daftar perusahaan asset management di Indonesia:

 

Di negara-negara maju, perencana keuangan juga merangkap wealth management dan diperbolehkan untuk mengelola asset klien. Saat ini di Indonesia, seorang perencana keuangan tidak diperbolehkan mengelola asset klien.

Jawabannya tidak. Perencana keuangan tidak memberikan rekomendasi harian atas investasi klien. Perencana keuangan umumnya menyarankan untuk investasi sesuai dengan rencana yang dibuat.

 

Daftar Isi

 

Mengapa Anda Memerlukan Perencanaan Keuangan?

Apa saja manfaat menggunakan layanan perencana keuangan (financial planner)?

 

Mengelola uang dan merencanakan keuangan adalah salah satu ilmu yang penting dalam kehidupan. Harus diakui uang bukan segalanya, tetapi kita tetap membutuhkan uang untuk membeli tujuan-tujuan keuangan kita. Permasalahan  utama adalah tidak semua orang tahu cara mengelola dan merencanakan keuangan. Perencana keuangan hadir untuk membantu Anda menyelesaikan permasalahan keuangan Anda.

Perencana keuangan memiliki pendidikan di bidang keuangan dan pengalaman dalam menangani masalah keuangan. Beberapa contoh kasus yang sering kami hadapi: Bagaimana mempersiapkan dana pendidikan anak? Bagaimana memepersiapkan dana hari tua (pensiun)? Seorang perencana keuangan dapat membantu Anda untuk menyusun rencana keuangan.

Tetapi saya juga bisa belajar sendiri kan? Tentu saja bisa, namun Anda memerlukan waktu dan kemampuan untuk belajar.

 

Seringkali ketika kita menghadapi permasalahan keuangan, kita sering bersifat subyektif. Anda perlu pendapat kedua (second opinion) terhadap keputusan-keputusan terkait masa depan keuanganan Anda.  Perencana keuangan mampu memberikan gambaran obyektif terhadap kondisi keuangan.

Perencana keuangan bekerja dengan data-data: data terkait dengan klien, data terkait dengan kondisi keuangan dan lain sebagainya. Perencana keuangan membantu dengan data-data untuk merealisasikan tujuan keuangan.

Banyak saran investasi di dunia ini yang dijual oleh orang-orang yang menjual produk investasi. Terkadang saran investasi itu bisa cocok untuk sebagian orang tetapi tidak untuk semua orang. Anda perlu saran investasi yang sesuai dengan kondisi keuangan Anda.

 

Daftar Isi

 

Bagaimana Cara Memilih Perencanaan Keuangan?

Berikut ini beberapa pertanyaan yang dapat memandu Anda memilih perencana keuangan.

 

Jika Anda tidak menemukan informasi mengenai bagaimana seorang perencana keuangan mengenakan harga dan berapa besarnya, Anda dapat menghubunginya. Berapa biaya untuk konsultasi awal (initial planning fee). Cari tahu apakah mereka mengenakan biaya dari jasa konsultasi atau komisi penjualan produk dan lainnya. Di Amerika perencana keuangan diperbolehkan untuk mengelola asset kliennya, tetapi di Indonesia perencana keuangan tidak diperbolehkan mengelola asset klien. Pengelolaan asset hanya diizinkan untuk perusahaan asset management.

Di Dunia terdapat banyak sertifikasi dibidang keuangan, tetapi hanya ada sedikit yang diakui oleh Indonesia. Hingga saat ini (artikel dikeluarkan) pemerintah Indonesia hanya mengakui FPSB (Financial Planning Standards Board) Indonesia sebagai badan pengelola sertifikasi profesi perencana keuangan. FPSB memiliki dua sertifikasi utama yaitu:

Sertifikasi CFP® (Certified Financial Planner)

  • Syarat: Menyelesaikan pendidikan 4 modul, Pengalaman di bidang keuangan, Ujian 4 modul dan tunduk pada kode etik.  

Sertifikasi RFP® (Registered Financial Planner)

  • Syarat: Menyelesaikan pendidikan 2 modul, Pengalaman di bidang keuangan, Ujian 2 modul dan tunduk pada kode etik.  

Perencana keuangan independen menawarkan konsultasi perencanaan keuangan per kasus dan perencana keuangan komprehensif. Sesuaikan kebutuhan Anda dengan layanan yang ditawarkan.

Anda dapat meminta (jika diperbolehkan) rencana keuangan yang pernah dibuat oleh perencana keuangan. Sebuah rencana keuangan berisi mengenai kondisi keuangan keluarga saat ini, tujuan keuangan dan strategi mencapai tujuan keuangan tersebut. Kurang lebih laporan berisi 50 – 75 halaman. Melihat contoh perencanaan keuangan bertujuan untuk mengetahui layanan yang akan Anda beli.

Perencana keuangan independen, pada umumnya bekerja dengan melakukan pertemuan awal, membuat rencana keuangan dan mempresentasikan kepada Anda, serta melakukan review. Review sebaiknya dilakukan setiap 6 bulan sekali atau 1 tahun sekali (sesuai dengan kebutuhan). Tidak ada patokan khusus berapa sering rencana keuangan harus direview, sebaiknya Anda tanyakan kepada perencana keuangan berapa sering rencana keuangan akan direview.

Pertanyaan ini penting untuk ditanyakan. Banyak orang telah memiliki account relationship di bank, perusahaan sekuritas, kenalan agen asuransi, pengacara, notaris dan konsultan pajak. Tanyakan kepada perencana keuangan, apakah perencana keuangan membutuhkan data atau informasi dari profesi lain? Bagaimana cara kerjanya?

Perusahan pencana keuangan yang satu memiliki keunikan dengan perencana keuangan lainnya. Tanyakan alasan-alasan mengapa saya harus memilih Anda sebagai perencana keuangan. Kami sarankan jangan pernah focus pada harga, tetapi pada solusi keuangan. Perencana keuangan yang professional akan bijak dalam menentukan harga (menguntungkan bagi klien – client first dan perusahaan).

 

Daftar Isi

 

Biaya Jasa Perencana Keuangan

Perencanaan keuangan (financial planner) terbagi menjadi dua jenis yaitu perencana keuangan independen dan perencana keuangan dependen. Perbedaan keduanya adalah dari segi tugas dan pengenaan biaya.

 

Perencana Keuangan Dependen

Mungkin Anda pernah bertemu dengan agen asuransi, tenaga penjual sekuritas atau bank yang menuliskan jabatan perencana keuangan di kartu namanya? Jika pernah, berarti Anda sudah pernah ketemu dengan perencana keuangan dependen atau terikat dengan institusi keuangan tertentu. Mereka pada umumnya akan menjelaskan produk keuangan yang mereka jual.

  • Jika mereka agen asuransi, mereka akan menawarkan produk-produk asuransi.
  • Jika mereka tenaga penjual sekuritas, mereka akan menawarkan produk-produk investasi, seperti reksadana atau saham.
  • Jika mereka karyawan bank, mereka akan menawarkan deposito, bancassurance atau reksadana.

 

Perencana keuangan yang dependen atau terikat pada perusahaan, umumnya tidak melayani jasa konsultasi perencanaan keuangan. Fokus mereka adalah memberikan solusi keuangan kepada kliennya dengan menggunakan produk-produk yang dijual.

 

Perencana Keuangan Independen

Perencana keuangan independen adalah perencana keuangan yang tidak terikat dengan perusahaan keuangan tertentu. Jika Anda berkonsultasi dengan perencana keuangan independen, maka Anda akan mendapat penjelasan dan solusi dari permasalahan atau tantangan keuangan yang Anda hadapi.

Biaya yang dikeluarkan untuk konsultasi perencanaan keungan beragam, sesuai dengan standar dan ketentuan masing-masing perusahaan. Di Finansialku kami mengenakan biaya maksimal 5% dari penghasilan tahunan untuk jasa pembuatan rencana keuangan.

Contoh seseorang memiliki pendapatan tahunan sebesar Rp 10.000.000 (atau Rp 120.000.000 per tahun). Maka biaya pembuatan rencana keuangan maksimum sebesar Rp 5% x Rp 120.000.000 = Rp 6.000.000 per tahun. Harga tersebut sudah termasuk biaya konsultasi dan pembuatan rencana keuangan dan review selama satu tahun.

 

Daftar Isi

 

Finansialku Quiz

Berdasarkan penjelasan di atas, apakah Anda sudah dapat menjawab pertanyaan di awal?

  • Jika Anda sakit keuangan (masalah utang, investasi dan lainnya), kemana Anda pergi? 
  • Jika Anda ingin memperbaiki kondisi keuangan Anda dan membeli tujuan-tujuan keuangan Anda (beli rumah, kendaraan, #IndonesianDreams dan lainnya), kemana Anda akan pergi?

 

Tinggalkan jawaban Anda di bawah ini, Terima Kasih!

 

 

Download E-Book Apa Tujuan Keuangan Anda? (GRATIS)

Apa Tujuan Keuangan Anda Ebook - Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang