Sobat Finansialku, sudah tahu soal manfaat dan hal penting lain dari asuransi unit link ini, belum? Yuk, ketahui selengkapnya dalam artikel berikut ini.

 

Asuransi untuk Kehidupan

Pandemi masih ada dan semakin banyak variannya. Terakhir, badai Omicron sudah menjadi varian yang paling dominan di dunia saat ini.

Tidak berhenti di sana, kita juga sudah mulai sadar pentingnya menjaga prokes dan vaksin booster ketiga digadang menjadi senjata ampuh melawan varian baru.

Namun, selain prokes dan vaksin, apakah kamu sudah punya asuransi kesehatan untuk melindungi dirimu?

Dalam perencanaan keuangan pribadi, perlu kita sadari bahwa asuransi menjadi solusi utama terkait risiko kehidupan saat ini.

Jaminan Kesehatan Masyarakat

Sumber: Databox Katadata

 

Mengutip survei dari katadata, mayoritas masyarakat masih mengandalkan asuransi kantor dan BPJS, penetrasi asuransi pribadi masih sangat kecil.

Dengan waktu yang semakin berjalan, tentunya kita wajib memiliki asuransi kesehatan sesuai budget dan kebutuhan. 

Nah, kali ini kita akan coba bahas tentang salah satu jenis asuransi, yaitu asuransi unit link.

[Baca Juga: Mengenal Kelebihan dan Kelemahan Asuransi Unitlink]

 

Hal Penting Tentang Asuransi Unit Link

Unit link merupakan produk asuransi jiwa yang dikaitkan dengan investasi dan memberikan dua manfaat sekaligus dalam satu polis, yaitu manfaat perlindungan serta manfaat investasi. Asuransi ini juga memiliki risiko sesuai dengan dana investasi yang dipilih.

Untuk tahu apakah investasi yang diberikan asuransi unit link sesuai ekspektasi kita, pahami lebih dulu hal berikut:

 

Cost yang Dibayarkan

Dalam asuransi unit link itu ada banyak sekali cost yang harus kita bayar, di antaranya:

  • Cost of Insurance
  • Cost of Rider yang semakin membengkak bila kita membeli banyak Rider (asuransi tambahan)
  • Biaya akuisisi
  • Biaya pengelolaan investasi
  • dan biaya lainnya yang mungkin timbul ketika kita memiliki polis asuransi unit link

 

Seiring berjalannya waktu, akan ada yang namanya inflasi. Sudah pasti, kalau inflasi ini akan memengaruhi biaya-biaya di atas. Jadi, pastikan kalau kamu memilih produk yang sesuai dengan kondisi keuanganmu.

Jangan sampai kamu harus berutang untuk membayar polis asuransi. Kamu bisa memasukkan biaya asuransi pada fitur Anggaran di aplikasi Finansialku supaya pengeluaran kamu bisa terkontrol dengan baik.

 

Cuti Premi

Perlu Sobat Finansialku ketahui, tujuan adanya alokasi investasi pada produk unit link untuk memberikan fleksibilitas pembayaran di kemudian hari.

Misalnya, setelah membayar premi 15 tahun, lalu di tahun ke 16 nasabah memiliki kesulitan ekonomi atau keadaan tertentu yang membuat tidak bisa membayar premi, terdapat opsi cuti premi.

Cuti premi adalah keadaan di mana perlindungan asuransi tetap berjalan dengan memotong saldo investasi yang sudah terbentuk sebelumnya.

Namun, di balik kemudahannya, kamu harus tahu untung dan rugi dari cuti premi ini.

Keuntungan Kerugian
Absen sementara tidak bayar premi Pertumbuhan nilai polis melambat, bahkan turun ketika return investasi sedang rendah
Tetap dapat menikmati manfaat pertanggungan, tanpa keluar biaya lagi Menggerus nilai investasi jika cuti premi terlalu lama
Lamanya cuti premi bisa hitungan bulan atau tahun (jangka waktu berbeda tergantung kebijakan perusahaan asuransi) Berisiko polis batal atau lapse

Sumber: Cermati

 

Jadi, pastikan kamu sudah cek berapa saldo yang ada dan berapa biaya asuransi yang berjalan. Seandainya pemasukan kamu sudah normal, alangkah baiknya kamu melanjutkan pembayaran premi seperti di awal.

[Baca Juga: 5+ Hal Sebelum Membeli Investasi Unitlink Syariah!]

 

Hasil Investasi

Hal ini penting lainnya, biaya asuransi akan selalu naik seiring bertambahnya usia. Kita dapat mengandalkan kinerja investasi yang dipercaya dan dijanjikan dapat menopang biaya-biaya yang membengkak tersebut.

Artinya, ada target keuntungan yang harus dipenuhi oleh fungsi investasi dalam asuransi unit link agar ia dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Namun, hasil investasi di dalam unit link tergantung kondisi pasar. Itulah kenapa di dalam ilustrasi selalu ada 3 skenario: asumsi rendah, sedang dan tinggi.

Grafik Ilustrasi Hasil Investasi

Sumber: 3i Network

 

Nah, Sobat Finansialku itulah hal-hal yang harus kita pahami ketika memilih asuransi unit link sebagai perlindungan kita. Beli asuransi unit link dari agen pemasar bersertifikasi khusus dari Asosiasi Asuransi Jiwa Indonesia (AAJI).

Pastikan kamu benar-benar paham dan tidak tergiur iming-iming imbal hasil besar, sebab asuransi unit link bukan tabungan, melainkan kombinasi asuransi dan investasi yang memiliki risiko fluktuasi.

Jika kamu masih ragu atau ingin tahu rekomendasi produk asuransi unit link yang tepat sesuai dengan keuanganmu, kamu bisa berdiskusi bersama saya. Hubungi saya melalui menu Konsultasi Keuangan di aplikasi Finansialku atau melalui website konsultasi.finansialku.com.

 

Jadi, kamu sudah tertarik untuk membeli asuransi unit link? Atau kamu sudah menggunakannya? Yuk, ceritakan pengalaman kamu menggunakan asuransi ini di kolom komentar supaya Sobat Finansialku lain bisa mengetahuinya.

Jangan lupa untuk share informasi ini pada rekan-rekan lainnya, ya. Terima kasih.

 

Editor: Ratna SH

Sumber Referensi:

  • Rully R. Ramli. 22 April 2021. Simak Tips Memilih Asuransi Unitlink Agar Tidak Merugi. Money.kompas.com – https://bit.ly/3rmS53F
  • Chernenko. 6 Jun 2020. Menjawab Mitos Asuransi Unit Link Yang Sering Beredar Di Masyarakat. Asuransimurni.com – https://bit.ly/3onllWh
  • Fiki Ariyanti. 13 September 2021. Cuti Premi Asuransi Unit Link: Pengertian, Keuntungan dan Kerugian, serta Cara Mengajukannya. Cermati.com – https://bit.ly/3us35yV