Penggunaan e-wallet semakin marak di era milenial lho! Simak berbagai keuntungan dan perkembangan e-wallet di masa pandemi Covid-19!

Yuk bahas di Finansialku.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

E-Wallet di Era Milenial

Punya dompet digital atau e-wallet memang sudah jadi keharusan. Pasalnya dengan adanya e-wallet, membawa uang jadi lebih praktis.

Ga perlu lagi narik duit dari ATM cuma buat beli boba atau makanan kekinian di kios-kios yang tersebar di berbagai mall atau di pinggiran jalan.

Udah banyak kios yang kini bekerja sama dengan berbagai aplikasi e-wallet yang telah terintegrasi secara modern dan kekinian.

Belanja di supermarket pun bisa jadi lebih praktis, ga perlu pakai kartu debit.

Hanya dengan menggunakan ponsel yang telah memiliki aplikasi e-wallet dan terisi saldonya, kita bisa belanja dengan mudah dan aman karena perlindungan security access dari kode pin yang hanya diketahui oleh sang user.

 

Keuntungan Menggunakan E-Wallet

Masih belum punya e-wallet?

Simak deh, berbagai keuntungan menggunakan e-wallet di bawah ini!

 

#1 Aman Dari Maling

Pernahkah kamu kecopetan dan kehilangan dompet beserta isinya.

Tidak hanya uang, bahkan KTP (Kartu Tanda Penduduk), SIM (Surat Izin Mengemudi), berbagai kartu debit ATM hingga kartu kredit semuanya raib.

Selain kelimpungan tentu kita bakalan ribet buat ngurus surat kehilangan supaya bisa mem-blokir kartu debit dan kredit serta berbagai kartu lainnya.

Kabar baiknya, dengan menggunakan e-wallet kita ga perlu khawatir kalau misalnya handphone kita hilang. Amit-amit ya kalau bener-bener kemalingan.

Tapi, kalau kondisi buruk atau musibah ini terjadi, uang yang ada di e-wallet-mu ga akan hilang.

WeChat Pay, Dompet Digital China Resmi Beroperasi di Indonesia 01

[Baca Juga: Jangan Salah! Ini Perbedaan E-Money dan E-Wallet Dalam Mempermudah Transaksi]

 

Selain itu, oknum yang mengambil handphone-mu pun ga akan bisa mengakses e-wallet di dalamnya karena kamu menggunakan kode rahasia atau PIN yang hanya diketahui oleh kamu sendiri.

Lantas, gimana caranya supaya e-wallet-nya bisa balik lagi?

Ga perlu repot harus ngurus surat kehilangan coy! Kamu tinggal beli hape baru lagi dan install aplikasi e-wallet-mu serta memasukkan data diri yang diminta beserta PIN.

Beres deh!

E-wallet beserta isinya aman, paling-paling kamu kehilangan gadget-mu aja sih!

 

#2 Varian E-Wallet yang Beragam

Layaknya kartu kredit yang memiliki banyak pilihan, dompet digital pun memiliki pilihan yang beragam bagi para penggunanya. Ada yang disesuaikan dengan aplikasi perbankan, ada pula yang bergantung pada provider seluler.

Dengan pilihan dompet digital yang banyak, kamu dapat memanfaatkannya untuk potongan diskon dan promosi dari berbagai outlet.

 

#3 Digunakan Untuk Berbagai Transaksi

Mau bayar listrik atau tagihan air, tentu kamu biasanya akan pergi ke ATM terdekat sesuai dengan bank dimana kamu menjadi nasabah.

Tapi, kalau dengan e-wallet, kamu hanya tinggal ambil hapemu yang telah terunduh aplikasi e-wallet tertentu kemudian bayar tagihan bulananmu melalui fitur pembayaran digital yang ada di dalamnya.

Ga ribet kan?

Bayar tagihan kartu kredit pun bisa lho dari fitur e-wallet.

Mau bayar atau beli apa lagi? Beli pulsa? Bisa juga lho pakai e-wallet.

Waah! Jadi lebih praktis kan?

Hemat waktu dan tenaga juga lho!

 

#4 Bayar Sesuai Nominal

Pernah ga sih waktu kita belanja sesuatu, nominal yang harus kita bayarkan itu tidak bulat, misalnya, kita harus membayar sejumlah Rp 25.875.

Angkanya kagok bener ya guys!

Tapi ini sering terjadi lho! Apalagi kalau ditambah dengan pajak. 

Biasanya kita akan membayar lebih dan kembaliannya belum tentu kita dapatkan entah karena kasirnya tidak ada uang kembalian atau dibayar dengan permen.

Nah, dengan adanya e-wallet, ga perlu pusing-pusing nunggu kembalian dan dapet permen hasil kembalian karena nominal yang kamu bayar bisa sesuai dengan yang seharusnya.

 

#5 Praktis

Di era modern ini, gadget atau handphone sudah menjadi salah satu kebutuhan primer, tidak hanya untuk alat komunikasi, tetapi digunakan sebagai alat berteknologi canggih untuk berbagai kepentingan, dari menyimpan data, melakukan komunikasi, hingga digunakan sebagai alat transaksi pembayaran.

Dengan e-wallet yang telah terunduh di hapemu, segalanya bisa jadi lebih praktis dang a perlu bawa banyak barang dalam tasmu.

 

E-Wallet Di Masa Pandemi

Di masa pandemi Covid-19 yang telah melanda dunia sejak Desember 2019 silam, penggunaan alat pembayaran secara digital atau e-wallet memang sangat disarankan.

Mengapa demikian?

Seperti yang kita ketahui bersama bahwa penyebaran virus corona ini bisa terjadi akibat droplets yang bisa saja menempel di berbagai benda apapun, termasuk uang yang biasa digunakan sebagai alat transaksi pembayaran sehari-hari.

Bayangkan jika kita setiap hari harus memegang uang yang didapat dari orang lain, misalnya dari hasil kembalian setelah membeli barang.

Tentu akan banyak bakteri dan virus yang menempel di uang tersebut dan bisa saja kita terpapar virus tersebut secara tidak sengaja.

WeChat Pay, Dompet Digital China Resmi Beroperasi di Indonesia 03

[Baca Juga: Mengenal Dompet Digital Pertama Indonesia: DOKU Wallet]

 

Itulah sebabnya para warga di dunia ini dihimbau menggunakan e-wallet agar bisa meminimalkan penyebaran virus corona.

Dengan e-wallet, memegang uang bisa sangat dikurangi frekuensinya, kecuali kalau kita beli gorengan di pinggir jalan ya!

Sudah tahu tentang perencanaan keuangan sesuai usia itu berbeda? Ketahui perencanaan keuangan sesuai usiamu dengan mengunduh secara gratis E-Book dari Finansialku berikut ini:

INI YANG KAMU BUTUHKAN!

DOWNLOAD GRATIS!!!! E-book Perencanaan Keuangan Untuk Usia 20-an dan 30-an!

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

 

Download Sekarang

 

Varian E-Wallet Yang Bisa Jadi Pilihan!

Maka dari itu, jika kamu belum menggunakan e-wallet, sebaiknya kamu menggunakannya.

Ada banyak varian e-wallet yang bisa jadi pilihanmu lho!

 

#1 TCash

Siapa yang tidak tahu Tcash? Tcash milik salah satu perusahaan operator telekomunikasi seluler terbesar di Indonesia ini dapat dibilang sebagai salah satu pelopor dompet virtual di Indonesia.

Sistem yang dimiliki Tcash adalah pembayaran dilakukan dengan sebuah chip NFC (Near Field Communication) yang biasa ditempelkan di telepon genggam.

Chip ini biasa ditempelkan pada smartphone dan seluruh saldo dan pembayaran ada pada  sebuah chip tersebut.

Salah satu keunggulan Tcash dibandingkan dompet virtual lainnya adalah, kamu tidak perlu bergantung pada koneksi internet dan tidak perlu mengunduh aplikasi untuk membayar.

Kerugiannya, Tcash hanya dapat digunakan oleh pengguna Telkomsel. Jadi bagi kamu yang tidak menggunakan provider Telkomsel, kamu tidak dapat menikmati fasilitas dari Tcash ini.

 

#2 Dana

Salah satu aplikasi dompet digital yang terkenal karena pemasarannya adalah Dana.id. Dana.id sebelumnya tidak memiliki aplikasi sendiri.

Sistem e-wallet ini sebelumnya mengusung konsep open platform dan dijadikan salah satu metode pembayaran untuk merchant online.

Tetapi, mempertimbangkan besarnya jumlah pengguna Dana.id, akhirnya aplikasi online Dana.id telah muncul sekaligus mempertahankan gunanya yang terdahulu.

 

#3 Go-Pay

Fitur pembayaran milik PT Aplikasi Karya Anak Bangsa atau yang lebih dikenal dengan nama Go-Jek merupakan salah satu fitur pembayaran yang cukup populer saat ini.

Sebenarnya Go-Pay juga diperkenalkan sebagai fitur pembayaran jasa Go-Jek, namun dengan penambahan fitur QR, maka Go-Pay sekarang sudah dapat dijadikan dompet digital dan kamu dapat berbelanja dengan mudah.

Banyak sekali merchant yang telah bekerja sama dengan Go-Jek.

Tidak tanggung-tanggung, hampir setiap bulannya, Go-Jek akan mengadakan promosi seperti diskon 80% atau cashback 50% setiap kali kamu bertransaksi dengan sistem pembayaran Go-Pay.

 

#4 OVO

OVO adalah salah satu aplikasi dompet digital yang pemasarannya langsung menjamur dimana-mana. Mulai dari promo cashback 100% hingga hadiah langsung untuk pengisian saldo OVO.

OVO merupakan aplikasi dompet digital milik Lippo Group. Tidak heran jika Anda mengunjungi pusat perbelanjaan milik Lippo Group, pembayaran parkirnya harus menggunakan OVO.

OVO pun telah bekerja sama dengan beragam tenant, mulai dari restoran, tempat kecantikan hingga apotek dan tempat hiburan.

Bahkan OVO telah bekerja sama dengan GRAB Indonesia dan Tokopedia untuk memudahkan transaksi pelanggan.

 

#5 Sakuku

Sakuku adalah dompet digital yang diluncurkan oleh salah satu bank yang paling terkenal di Indonesia, yaitu Bank BCA. Sakuku diluncurkan pada tahun 2016.

Pada awal peluncurannya, Sakuku lebih menargetkan nasabah usia muda yang lebih nyaman menggunakan teknologi.

Hingga kini, Sakuku telah banyak digunakan, khususnya oleh para nasabah Bank BCA.

Salah satu kelebihan yang membuat Sakuku lebih unggul dibandingkan dompet digital lainnya adalah fitur tarik tunai tanpa kartu yang ditawarkannya.

 

Belanja Aman, Praktis & Bebas Virus Dengan E-Wallet

E-wallet memang sudah menjamur dimana-mana.

Ga zamannya lagi ngantongin duit banyak-banyak di dompet.

Selain, aman dan praktis dengan berbagai fasilitas serta fitur yang diberikan kepada para nasabahnya, penggunaan e-wallet membuatmu lebih jauh dari paparan virus corona yang kini sedang menyerang dunia.

 

E-wallet jenis apa yang kamu gunakan saat ini? Manakah jenis e-wallet yang menurutmu paling menguntungkan? Berikan tanggapan dan komentarmu pada kolom yang tersedia di bawah ini!

Kamu juga dapat membagikan setiap artikel Finansialku kepada teman atau rekan yang membutuhkan!

Butuh konsultasi soal masalah keuangan pribadi, keluarga atau bisnis? KONSULTASI GRATIS aja dengan Perencana Keuangan Finansialku yang siap menolongmu dengan berbagai saran jitu!

 

Sumber Referensi:

  • Ferry Fitriadi. Mengenal Lebih Dekat e-Wallet atau Dompet Digital. Kreditpedia.net – https://bit.ly/2OA88XX
  • Tri Apriyani. 19 Desember 2019. E-wallet Alat Transaksi dan Pembayaran Zaman Now. Suara.com – https://bit.ly/2OqzDTm
  • Maizal Walfajri. Rebut Pasar, Persaingan Pembayaran Digital Kian Sengit. Tabloid Kontan