Menjelang Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke-75 di tahun 2020 ini, permainan tradisional apa yang biasanya kamu nantikan saat perayaan ini?

Yuk simak beberapa permainan tradisional yang selalukita mainkan saat Perayaan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia setiap tahunnya! Hanya di Finansialku!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Kemeriahan Hari Kemerdekaan Republik Indonesia

 

Ulang tahun Kemerdekaan Republik Indonesia selalu kita nantikan dan kemeriahannya tidak pernah terlupakan oleh setiap putra-putri bangsa.

Bertambahnya usia bumi pertiwi selalu menjadi sebuah memori yang membahagiakan setiap warga masyarakat.

Dari yang kecil hingga yang dewasa, tua maupun muda, semuanya bersama-sama memeriahkan Hari Kemerdekaan setiap tahunnya, mulai dengan Upacara Bendera dengan berbagai runutan upacara yang kita lakukan secara khusuk untuk mengenang jasa para pahlawan.

Permainan Yang Paling Dinanti Saat Hari Kemerdekaan RI! 02

[Baca Juga: Ngaku WNI? Yuk Ketahui Sejarah Singkat Kemerdekaan Indonesia]

 

Rasa hormat terhadap Sang Saka Merah Putih pun muncul melalui iringan Lagu Indonesia Raya yang bersenandung dengan rasa khidmat dan bangga atas berkibarnya Bendera Tanah Air di udara.

Seusai Upacara Bendera, masyarakat Indonesia pun bersiap untuk merayakan Ulang Tahun Bangsa Indonesia dengan berbagai permainan tradisional yang seru dan senantiasa membawa kebahagiaan tersendiri, tidak hanya bagi para peserta lomba tetapi juga para warga yang menonton perlombaan.

 

Permainan Tradisional Hari Kemerdekaan Republik Indonesia

Berikut ini beberapa permainan tradisional yang selalu kita nanti saat Hari Kemerdekaan Republik Indonesia tiba, mana yang paling kamu nantikan? 

 

#1 Balap Karung

Permainan tradisional pertama yang senantiasa membawa kebahagiaan dalam memeriahkan ulang tahun Republik Indonesia adalah balap karung.

Balapan yang menggunakan bahan karung beras yang biasanya terbuat dari karung berbahan goni ini tidak hanya digemari oleh anak-anak, tetapi juga orang dewasa sekalipun.

Para peserta bermain dengan memasukkan kedua kaki mereka ke dalam karung goni. Ketika bunyi aba-aba mulai, para peserta harus melompat-lompat ke arah garis finish dengan segera.

Tak jarang mereka ada yang tersandung dan terjatuh, membuat gelak tawa yang bikin geli di antara para penonton yang memberi semangat para peserta yang sedang berlomba.

Permainan Yang Paling Dinanti Saat Hari Kemerdekaan RI! 04

[Baca Juga: Wisata Sejarah Kemerdekaan: 10 Tempat Bersejarah Proklamasi Indonesia]

 

Untuk semakin memeriahkan permainan, terkadang permainan ini dibuat estafet balap karung di mana para peserta terbagi dalam beberapa kelompok dan mereka harus bergantian untuk lomba balap karung.

Lecet, luka, memar sudah biasa karena hal ini tak sepadan dengan perjuangan para pahlawan yang telah gugur di medan perang.

Inilah salah satu permainan tradisional yang paling kita nantikan saat Hari Kemerdekaan Republik Indonesia tiba.

Nah, kamu sudah daftar kepada panitia perlombaan untuk ikut lomba balap karung belum?

 

#2 Tarik Tambang

Permainan tradisional berikutnya yang biasanya juga akan selalu ada setiap tahunnya adalah lomba tarik tambang.

Dalam permainannya, kita membagi peserta dalam tiap kelompok yang terdiri dari beberapa orang, dan kelompok-kelompok tersebut akan bertanding.

Biasanya, peserta permainan tarik tambang ini adalah kaum lelaki dengan postur tubuh yang macho dan tak jarang yang berotot.

Mereka menunjukkan kekuatan mereka dalam sebuah tim untuk beradu dengan tim lawan dengan menarik tali tambang ke arah tim mereka masing-masing.

Tangan para peserta sudah pasti akan lecet-lecet, apalagi jika tidak memakai sarung tangan untuk meminimalkan rasa panas di tangan akibat menarik tali tambang.

Teriakan dan sorakan para penonton membuat permainan semakin seru karena adrenalin para peserta semakin membara, seperti semangat para pejuang para pahlawan yang begitu berapi-api dalam mengusir penjajah dari bumi pertiwi.

 

#3 Makan Kerupuk

Urusan makan, lomba ini begitu dinanti terutama bagi mereka yang suka makan.

Tapi, seperti yang kita ketahui bersama lomba makan kerupuk di Hari Kemerdekaan ini berlangsung dengan cara yang unik, yaitu dengan menggantung kerupuk menggunakan tali, kemudian peserta harus mencoba memakannya tanpa menggunakan tangan.

Tentu saja kedua tangan harus berada di belakang pinggang dan tidak boleh meraba atau menyentuh kerupuk yang menjadi sasaran lahapan mereka.

Tak jarang beberapa panitia akan memberi sedikit “tantangan” dengan menggoyangkan tali penggantung kerupuk sehingga para peserta mengalami kesulitan tersendiri saat akan melahap kerupuk.

Permainan Yang Paling Dinanti Saat Hari Kemerdekaan RI! 03

[Baca Juga: 10 Fakta Kemerdekaan Indonesia yang HARUS Kamu Ketahui]

 

Bagi peserta yang paling pertama dapat menghabiskan kerupuk yang tergantung di depan mereka, maka dialah yang menjadi pemenangnya.

Apakah lomba makan kerupuk ini terlihat mudah?

Ternyata, makan kerupuk di Hari Kemerdekaan tak semudah yang kita bayangkan. Namun, keseruannya memang tak dapat terlupakan.

Jadi terpikir untuk segera daftar jadi peserta lomba makan kerupuk ni ya!

 

#4 Lomba Bakiak

Lomba yang merupakan permainan tim ini juga menjadi permainan tradisional yang paling kita tunggu saat Hari Kemerdekaan.

Pakai bakiak sendirian, tentu akan sangat mudah, tapi jika harus mengenakan bakiak dan berjalan bersama-sama satu tim, tentu perlu kekompakan tersendiri di antara grup yang bertanding.

Satu orang salah langkah saja bisa bikin satu tim ambruk. Tak jarang mereka harus bersorak “kiri, kiri, kiri, kanan, kiri”.

Ini bukan yel-yel, tapi sebuah sinyal sorakan yang membuat tim jadi kompak secara irama dalam melenggangkan kaki mereka mengangkat bakiak yang mereka kenakan.

Seperti biasa, tim pertama yang paling kompak dan paling pertama menginjak garis finish, mereka akan menjadi pemenangnya.

 

Download Sekarang! Ebook PERENCANAAN KEUANGAN Untuk USIA 20-an, GRATIS!

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

 

#5 Panjat Pinang

Keseruan permainan tradisional spesial Hari Kemerdekaan yang satu ini memang paling kita tunggu. Tidak hanya karena keseruannya, tetapi hadiah-hadiah yang sudah terpajang di atas tiang yang biasanya terbuat dari pohon pinang.

Itulah sebabnya nama permainan tradisional ini kita sebut panjat pinang.

Permainan panjat pinang ini akan semakin menantang dimana para peserta akan dilumuri dengan cairan licin seperti oli, demikian juga tiang pinang yang akan mereka panjat.

Oleh sebab itu, para anggota tim perlu kekuatan serta kekompakkan yang harus dilatih sebelumnya.

Demi memperebutkan hadiah-hadiah yang ada di atas puncak tiang, para anggota akan sangat bersemangat dan berusaha untuk memanjat tiang tersebut.

 

Jadi permainan tradisional mana yang jadi favoritmu saat menjelang Hari Kemerdekaan?

Tentunya, biar semangat kemerdekaan ini membuatmu semangat juga untuk meraih kemerdekaan finansial ya!

Tuliskan komentar dan tanggapanmu pada kolom yang tertera pada kolom di bawah ini?

Kamu juga dapat membagikan setiap artikel Finansialku kepada rekan atau kenalan yang membutuhkan!

 

Sumber Gambar:

  • Lomba 17an 01 – https://bit.ly/2XJooKP
  • Lomba 17an 02 – https://bit.ly/3isGFnG
  • Lomba 17an 03 – https://bit.ly/30LbX3f
  • Lomba 17an 04 – https://bit.ly/3gO44Qi