Wisata Sejarah Kemerdekaan: Sudah tahu 10 Tempat Bersejarah Proklamasi Indonesia? Saksi proklamasi Indonesia bukan hanya pada para pemuda dan para pejuang serta pahlawan, tetapi juga pada tempat-tempat yang mendukung proklamasi tersebut terjadi.

Artikel ini akan membahas 10 tempat bersejarah proklamasi Indonesia yang dapat Anda kunjungi untuk memperingati kemerdekaan Indonesia.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

10 Tempat Bersejarah Indonesia (Wisata Sejarah Kemerdekaan)

Di bawah ini merupakan 10 tempat bersejarah Indonesia yang menjadi saksi bisu perjuangan dan perjalanan Indonesia hingga mendapatkan kemerdekaannya yang sekarang.

 

Tempat Bersejarah #1 Museum Joang 45

Gedung Joang 45 atau yang juga disebut dengan nama Museum Joang 45 adalah tempat yang difungsikan sebagai hotel pada zaman Belanda. Namun apa hubungannya dengan sejarah kemerdekaan?

Ternyata, di tempat ini, disimpan mobil dinas resmi Presiden dan Wakil Presiden RI pertama. Wisatawan pun dapat napak tilas Proklamasi Kemerdekaan Republik Indonesia.

Wisata Sejarah Kemerdekaan_ 10 Tempat Bersejarah Proklamasi Indonesia 01 - Finansialku

[Baca Juga: 10 Fakta Kemerdekaan Indonesia yang HARUS Kamu Ketahui]

 

Museum Joang 45 bertempat di Jalan Menteng Raya No. 31, Kebon Sirih, Menteng, Jakarta Pusat, DKI Jakarta. Lokasinya dekat dengan patung Tugu Tani dan kawasan Cikini.

 

Tempat Bersejarah #2 Museum Perumusan Naskah Proklamasi

Museum ini beralamat di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, tepatnya di Jalan Imam Bonjol No. 1.

Sebenarnya, bangunan ini sebelumnya adalah rumah Laksamana Maeda, Kepala Kantor Pengubung antara Angkatan Laut dengan Angkatan Darat Jepang.

Wisata Sejarah Kemerdekaan_ 10 Tempat Bersejarah Proklamasi Indonesia 02 - Finansialku

[Baca Juga: Ini Caranya Agar Uang Tabungan Tidak Terganggu di Tengah Maraknya Promo HUT Kemerdekaan!]

 

Museum ini menyimpan sejarah kemerdekaan karena merupakan tempat di mana Bapak Soekarno, Bapak Hatta, Bapak Sayuti Melik dan Mr. Ahmad Soebarjo menyusun dan merumuskan naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Pada saat itu, hukum tidak memperbolehkan orang Indonesia untuk berkumpul di rumah orang Indonesia, tetapi boleh di rumah seorang Jepang.

Sesuai dengan namanya, museum ini menjadi saksi ketikan naskah proklamasi yang pada saat itu menggunakan mesin tik hasil pinjaman.

Tidak heran jika Anda melihat perabotan dan patung lilin yang menyerupai para pelopor proklamasi sedang berbincang merangkum naskah proklamasi. Di tempat itu pula juga terdapat meja yang dipakai untuk diskusi.

 

Tempat Bersejarah #3 Tugu Proklamasi

Terletak di Jalan Proklamasi Nomor 56, Pegangsaan, Menteng, Jakarta Pusat, Tugu Proklamasi adalah taman yang di dalamnya terdapat monumen dan tugu tentang Kemerdekaan Republik Indonesia.

Wisata Sejarah Kemerdekaan_ 10 Tempat Bersejarah Proklamasi Indonesia 03 - Finansialku

Tugu Proklamasi, sebelumnya merupakan lokasi kediaman Presiden RI pertama.

 

Area Tugu Proklamasi ini dahulunya adalah bekas lokasi rumah Presiden Soekarno yang juga menjadi tempat Presiden RI pertama ini membacakan naskah proklamasi.

Rumah Soekarno dihancurkan pada tahun 1960 atas keinginan pribadi.

 

Tempat Bersejarah #4 Lapangan IKADA

Lapangan IKADA (Ikatan Atletik Djakarta) atau yang juga disebut dengan nama Lapangan Gambir dahulunya adalah pusat kegiatan olahraga.

Wisata Sejarah Kemerdekaan_ 10 Tempat Bersejarah Proklamasi Indonesia 04 - Finansialku

Peristiwa yang berhasil terekam kamera, ketika Presiden RI pertama, Ir. Soekarno menyapa rakyat Indonesia.

 

Namun lapangan yang berlokasi di Jalan Medan Merdeka Selatan, Gambir, Jakarta Pusat ini telah menjadi salah satu tempat bersejarah Indonesia.

Di lapangan ini, pemerintah Indonesia pertama kali bertemu dengan masyarakat yang dipimpin langsung oleh Presiden Soekarno. Momen ini dikenal dengan sebutan “Peristiwa Rapat Raksasa Lapangan Ikada”.

Nama tersebut diberikan lantaran dihadiri oleh ribuan masyarakat Indonesia. Rapat tersebut merupakan bentuk dari dukungan masyarakat terhadap pemerintah Indonesia serta cara menanamkan kepercayaan diri terhadap rakyat Indonesia.

 

Tempat Bersejarah #5 Monumen Kebulatan Tekad

Menurut Ketua Komunitas Jelajah Budaya, Kartum Setiawan, monumen ini dahulunya merupakan markas tentara PETA (Pembela Tanah Air). Monumen Kebulatan Tekad ini berlokasi di Rengasdengklok, Karawang, Jawa Barat.

Wisata Sejarah Kemerdekaan_ 10 Tempat Bersejarah Proklamasi Indonesia 05 - Finansialku

[Baca Juga: Mari Rayakan Hari Kemerdekaan 17 Agustus HUT RI dengan Meraih Kemerdekaan Finansial Anda!]

 

Pada saat detik-detik kemerdekaan, Soekarno sebenarnya akan dibawa ke markas PETA, namun karena dianggap terlalu terbuka dan mencolok dan akhirnya dibawa ke rumah Djiauw Kie Siong.

 

#6 Rumah Djiauw Kie Siong

Rumah ini merupakan rumah persinggahan tempat Soekarno dan Hatta dibawa dari Perkumpulan Menteng 31 oleh para pemuda seperti Wikana, Aidit, dan Soekarni.

Wisata Sejarah Kemerdekaan_ 10 Tempat Bersejarah Proklamasi Indonesia 06 - FInansialku

Rumah yang kental dengan budaya Tionghoa ini adalah salah satu saksi bisu perjalanan kemerdekaan Indonesia.

 

Rumah ini berlokasi di Dusun Bojong, Rengasdengklok, Kabupaten Karawang. Dinamakan Rumah Djiauw Kie Siong karena rumah ini dimiliki oleh Djiauw Kie Siong yang sebenarnya adalah petani keturunan Tionghoa.

Peristiwa tersebut terjadi pada tanggal 16 Agustus 1945, pukul 04.00 WIB agar Soekarno dan Hatta dapat mempercepat proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia dan juga merupakan tempat terjadinya perdebatan golongan tua dan golongan muda.

Rumah ini sekarang dimiliki oleh cucu Djiauw Kie Siong, yaitu Yanto Djuhari. Hingga kini, rumah ini masih didatangi oleh para penggemar sejarah dan wisata. Jika mengunjungi tempat ini, Anda akan melihat kamar yang dipakai para pejuang kemerdekaan.

 

#7 Monumen Nasional (Monas)

Siapa yang tidak tahu Monas? Monas merupakan salah satu ikon kota Jakarta yang juga menjadi saksi sejarah pasca proklamasi kemerdekaan.

Monas dibangun untuk mengenang perjuangan para pahlawan bangsa Indonesia masa revolusi.

Wisata Sejarah Kemerdekaan_ 10 Tempat Bersejarah Proklamasi Indonesia 07 - Finansialku

[Baca Juga: Hari Kemerdekaan Indonesia 2019: 9 Tempat Wisata Sejarah Kemerdekaan Indonesia]

 

Pada puncak Monas, terdapat emas seberat 35 kilogram dengan cawan seberat 14,5 ton. Emas tersebut merupakan pemberian seorang saudagar kaya asal Aceh kepada bangsa Indonesia.

Di dalam Monas, Anda juga dapat menemukan banyak sekali koleksi ruangan bersejarah serta ruang-ruang yang menceritakan perjuangan kemerdekaan Indonesia.

Bonusnya, di pelataran puncak, Anda dapat melihat pemandangan kota Jakarta.

 

#8 Museum Sumpah Pemuda

Museum ini berlokasi di Jalan Kramat Raya No. 106, Jakarta Pusat.

Museum ini merupakan tempat yang melahirkan persetujuan Indonesia; berbangsa satu, berbahasa satu, dan bertanah air satu, yang akhirnya melahirkan kemerdekaan Indonesia.

Wisata Sejarah Kemerdekaan_ 10 Tempat Bersejarah Proklamasi Indonesia 08 - FInansialku

Patung lilin yang terdapat di dalam Museum, menggambarkan peristiwa pertunjukan lagu kebangsaan Indonesia.

 

Gedung yang dahulunya merupakan tempat tinggal para pelajar ini sekarang dikenal dengan nama Gedung Kramat No. 106.

Di dalam gedung ini, Anda juga dapat melihat patung lilin para tokoh Sumpah Pemuda seperti Muhammad Yamin dan A. K. Gani serta patung lilin Wage Rudolf Supratman, pencipta lagu kemerdekaan Indonesia.

 

#9 Radio Republik Indonesia (RRI)

RRI adalah radio yang berjasa dalam menyebarkan berita proklamasi kemerdekaan Indonesia ke seluruh dunia seperti Eropa dan Amerika Serikat.

Wisata Sejarah Kemerdekaan_ 10 Tempat Bersejarah Proklamasi Indonesia 09 - Finansialku

Penampakan gedung kantor RRI saat ini.

 

Yang membacakan teks proklamasi dalam Bahasa Inggris pada saat itu adalah Joesoef Ronodipuro. Lewat peran beliau, proklamasi kemerdekaan Indonesia bisa dimengerti semua orang.

Ketika momen tersebut, nyawa Joesoef terancam karena hampir dibunuh oleh tentara Jepang pada saat itu. RRI beralamat di Jalan Medan Merdeka Barat 4-5, Jakarta Pusat.

 

#10 Museum Kebangkitan Nasional

Museum Kebangkitan Nasional sebelumnya adalah bekas gedung sekolah STOVIA (School tot Opleiding van Inlandsche Artsen) atau Sekolah Dokter Bumiputra.

Sekolah ini cukup penting karena di sinilah lahirnya organisasi pergerakan nasional seperti Boedi Oetomo dan Tri Koro Dharmo, serta melahirkan tokoh pergerakan seperti Ki Hajar Dewantara.

Wisata Sejarah Kemerdekaan_ 10 Tempat Bersejarah Proklamasi Indonesia 10 - Finansialku

[Baca Juga: Polling: Apa Saja Kegiatan HUT Kemerdekaan RI yang Biasanya Anda Lakukan?]

 

Museum ini berlokasi dekat dengan RSPAD Gatot Subroto. Di dalamnya tersimpan koleksi nasional seperti ruang awal pergerakan nasional, ruang kesadaran nasional hingga ruang memorial Budi Utomo.

 

Apakah Anda tertarik mengunjungi tempat bersejarah di atas? Adakah tempat bersejarah lainnya yang belum disebutkan di atas? Bagikan artikel ini agar lebih bermanfaat dan berikan pertanyaan Anda di kolom komentar bawah ini.

 

Sumber Referensi:

  • Anggita Muslimah Maulidya Prahara Senja. 15 Agustus 2018. Akhir Pekan Ini, Yuk Napak Tilas 5 Tempat Wisata Sejarah Kemerdekaan RI. kompas.com – https://bit.ly/2KeTmV2
  • Admin. 6 Tempat Bersejarah Ini Adalah Saksi Kemerdekaan Indonesia. Blog.danabijak.com – https://bit.ly/33e7SE6

 

Sumber Gambar:

  • Museum Joang 45 – http://bit.ly/2ZLFKpI
  • Museum Perumusan Naskah Proklamasi – http://bit.ly/2KzVrK3
  • Tugu Proklamasi – http://bit.ly/2GUGfpU
  • Lapangan IKADA – http://bit.ly/2KxBhjX
  • Monumen Kebulatan Tekad – http://bit.ly/2Ti6Hyx
  • Rumah Djiauw Kie Siong – http://bit.ly/31sWEK5
  • Monas – http://bit.ly/2KncUGD
  • Museum Sumpah Pemuda – http://bit.ly/2KG4n0K
  • RRI – http://bit.ly/2ZKgW14
  • Museum Kebangkitan Nasional – http://bit.ly/2OVHkUG

 

Free Download Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG