Dalam seminggu lagi kita akan memasuki HUT kemerdekaan Republik Indonesia, sudahkah Anda memikirkan apa yang akan Anda lakukan tahun ini?

Hari ulang tahun kemerdekaan RI ini memang telah menjadi salah satu hari besar di Indonesia, dan pada tahun ini akan jatuh pada hari Jumat.

Nah, Finansialku penasaran nih apa saja sih kegiatan HUT kemerdekaan RI yang biasanya Anda lakukan?

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Mengenang Hari Proklamasi 17 Agustus 1945

Kita tidak pernah boleh melupakan perjuangan para tokoh atau pejuang kemerdekaan untuk dapat memerdekakan Indonesia, tanah air tercinta kita ini.

Oleh karena itu, mari kita mengenang sejarah hari proklamasi kemerdekaan Indonesia.

Semuanya dipicu oleh tragedi bom atom Hiroshima, Jepang oleh Amerika Serikat yang mulai menurunkan moral semangat tentara Jepang di seluruh dunia pada tanggal 6 Agustus 1945.

Keesokan harinya Badan Penyelidik Usaha Persiapan Kemerdekaan Indonesia (BPUPKI), atau “Dokuritsu Junbi Cosakai“, berganti nama menjadi PPKI (Panitia Persiapan Kemerdekaan Indonesia) atau disebut juga “Dokuritsu Junbi Inkai” dalam bahasa Jepang.

Pada tanggal 9 Agustus 1945, bom atom kedua dijatuhkan di atas Nagasaki sehingga menyebabkan Jepang menyerah kepada Amerika Serikat dan sekutunya.

Penyerangan ini menjadi momen Bangsa Indonesia untuk memerdekakan dirinya.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Upaya memerdekakan Indonesia dimulai pada tanggal 12 Agustus 1945, saat Marsekal Terauchi di Dalat, Vietnam, mengatakan kepada Soekarno, Hatta, dan Radjiman bahwa pemerintah Jepang akan segera memberikan kemerdekaan kepada Indonesia pada tanggal 24 Agustus.

Berselang dua hari kemudian, saat Soekarno, Hatta, dan Radjiman kembali ke tanah air dari Dalat, Syahrir mendesak agar Soekarno segera memproklamasikan kemerdekaan karena menganggap hasil pertemuan di Dalat sebagai tipu muslihat Jepang.

Puncaknya adalah gejolak tekanan yang dilatarbelakangi oleh para pengikut Sutan Syahrir yang menginginkan pengambilalihan kekuasaan oleh Indonesia pada 16 Agustus 1945.

Akhirnya, pada malam hari 16 Agustus 1945, sekitar 15 pemuda menuntut Soekarno segera memproklamasikan kemerdekaan melalui radio, disusul pengambilalihan kekuasaan.

Mereka juga menolak rencana PPKI untuk memproklamasikan kemerdekaan pada 16 Agustus.

“Saya menghadapi pihak pemuda, pemimpin tua dan pemimpin agama,” kata Soekarno ketika berdebat dengan para pemuda yang mendesak kemerdekaan Indonesia segera diumumkan.

 

Kegiatan-HUT-Kemerdekaan-RI-02-Finansialku

[Baca Juga: Kilas Balik Sejarah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia]

 

Kisah ini juga tidak luput dari kasus penculikan Soekarno (beserta Fatmawati dan Guntur), dan Hatta, di Rengasdengklok, yang kemudian terkenal sebagai peristiwa Rengasdengklok.

Setelah penculikan tersebut, Soekarno dan Hatta kembali ke Jakarta untuk bertemu dengan Jenderal Yamamoto, komandan Jepang di Jawa.

Dari pertemuan tersebut, Soekarno dan Hatta menjadi yakin bahwa Jepang telah menyerah kepada Sekutu, dan tidak memiliki wewenang lagi untuk memberikan kemerdekaan.

Alhasil, Soekarno yakin bahwa memerdekakan Indonesia adalah keputusan terbaik.

Soekarno, Hatta dan anggota PPKI lainnya malam itu juga mengadakan rapat di rumah Laksamana Maeda untuk merampungkan teks Proklamasi. Teks tersebut kemudian diketik oleh Sayuti Melik.

Tepat pada hari Jumat, 17 Agustus 1945 pukul 10.00 pagi, dilakukanlah pembacaan naskah proklamasi yang berlanjut pengibaran Sang Saka Merah Putih hasil jahitan Fatmawati Bertempat di rumah Soekarno, Jalan Pegangsaan Timur No.56, Jakarta. Kejadian ini menandakan Indonesia merdeka.

Kilas Balik Sejarah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia 05 Finansialku

[Baca Juga: Peluang Usaha Rumahan dan Bisnis Sampingan Menjelang Lebaran]

 

Naskah proklamasi kemerdekaan Indonesia tersebut dikumandangkan berdasarkan naskah yang berbunyi sebagai berikut:

Kami bangsa Indonesia dengan ini menjatakan kemerdekaan Indonesia.

Hal-hal jang mengenai pemindahan kekoeasaan d.l.l.,

Diselenggarakandengan tjara seksama dan dalam tempo jang sesingkat-singkatnja.

Djakarta, hari 17 boelan 8 tahoen 45

Atas nama bangsa Indonesia.

Soekarno-Hatta

 

Tokoh lain yang sangat berjasa dalam peristiwa pembacaan Proklamasi diantaranya, tiga pemuda pengibar bendera merah  putih pertama yaitu Latif Hendraningrat, S. Suhut, dan Tri Murti.

Setelah bendera berkibar, seluruh peserta yang hadir menyanyikan lagu Indonesia Raya. Sampai saat ini bendera pusaka tersebut masih disimpan di Istana Merdeka.

Setelah pembacaan teks proklamasi dan pengibaran bendera merah putih, kurang lebih 100 orang anggota Barisan Pelopor yang dipimpin S. Brata datang terburu-buru karena mereka tidak mengetahui perubahan tempat mendadak dari Ikada ke Pegangsaan.

Mereka menuntut Soekarno mengulang pembacaan proklamasi, namun ditolak. Akhirnya Hatta memberikan amanat singkat kepada mereka sebagai tanggapan atas tuntutan mereka.

Pada tanggal 18 Agustus 1945, Panitia PPKI mengambil keputusan, mengesahkan dan menetapkan Undang-undang Dasar (UUD) sebagai dasar negara Republik Indonesia, yang selanjutnya dikenal sebagai UUD 45.

Terbentuklah Pemerintahan Negara Kesatuan Indonesia yang berbentuk Republik (NKRI) dengan kedaulatan ditangan rakyat yang dilakukan sepenuhnya oleh Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) yang akan dibentuk kemudian.

Setelah itu Soekarno dan Hatta terpilih atas usul dari Otto Iskandardinata dan persetujuan dari PPKI sebagai presiden dan wakil presiden Republik Indonesia yang pertama.

Kilas Balik Sejarah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia 04 Finansialku

[Baca Juga: Kapan Hari Merdeka Finansial Tiba? Ketika 8 Tanda Ini Ada, Maka Anda Sudah Merdeka Finansial]

 

Bagaimana? Apakah Anda sudah ter-refresh mengenai peristiwa Hari Proklamasi Kemerdekaan Indonesia pada 17 Agustus 1945 silam?

Jika sudah, Finansialku kini mau mengadakan polling nih, kegiatan HUT kemerdekaan RI mana sih yang biasanya Anda lakukan?

Namun sebelum itu, apakah Anda sudah melakukan perencanaan keuangan sesuai usia Anda?

Jangan sampai terlambat! Lakukan perencanaan keuangan sejak dini agar tujuan keuangan dapat tergapai.

Miliki panduannya melalui ebook Finansialku berikut ini:

 

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Download, lakukan, dan rasakan manfaatnya nanti!

 

Polling: Kegiatan Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-73

Dalam HUT kemerdekaan RI, umumnya dilakukan beberapa kegiatan menarik yang tentunya mengajak masyarakat Indonesia untuk berpartisipasi.

Kegiatan tersebut bermacam-macam, misalnya saja tarik tambang, panjat pinang, dan sebagainya.

Sebagai referensi, kegiatan yang umum dilakukan pada perayaan HUT kemerdekaan RI antara lain sebagai berikut:

 

#1 Upacara Bendera

Upacara bendera merupakan kegiatan wajib yang tidak pernah terlewatkan pada tanggal 17 Agustus.

Acara ini dilakukan untuk mengenang hari proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia, serta perjuangan para pahlawan yang berperan di dalamnya.

Upacara ini umumnya dilakukan di Istana Negara, namun tidak jarang juga diselenggarakan upacara di sekolah-sekolah, RT/RW, perkantoran, dan sebagainya.

Hari-Kemerdekaan-02-Finansialku

[Baca Juga: Temukan Cara Hebat untuk Menjadi Entrepreneur Kreatif dalam Mencapai Kesuksesan]

 

#2 Pengibaran Bendera Di Rumah Masing-masing

Menjelang tanggal 17 Agustus, umumnya jalan-jalan sudah dipenuhi dengan hiasan serba merah putih. Misalnya saja dengan adanya ornamen-ornamen kemerdekaan RI di gapura atau kompleks perumahan.

Namun, yang tidak pernah luput dari penglihatan tentunya pemasangan bendera di setiap rumah yang menambah ramai suasana.

 

#3 Lomba 17 Agustus-an

Yang satu ini pastinya sudah tidak asing lagi di telinga Anda. Benar sekali, aneka perlombaan yang diselenggarakan untuk memeriahkan kemerdekaan Indonesia selalu ramai diperbincangkan.

Acara lomba inilah yang biasanya membawa tawa bahagia di seluruh perumahan dan RT/RW setempat.

Beberapa lomba yang umum dilaksanakan antara lain adalah sebagai berikut:

  1. Lomba Makan Kerupuk,
  2. Lomba Balap Karung,
  3. Lomba Panjat Pinang,
  4. Lomba Tarik Tambang,
  5. Lomba Balapan Bakiak,
  6. Lomba Memasukkan Belut Kedalam Botol, dan masih banyak lagi.

 

Ingin tahu kegiatan apa lagi yang dapat dilakukan dalam rangka menyambut HUT kemerdekaan RI? Simak ulasannya di artikel berikut ini:

Hari-Kemerdekaan-03-Finansialku

[Baca Juga: 7 Hal yang Bisa Dilakukan dalam Menyambut Hari Kemerdekaan]

 

Nah, kali ini Finansialku penasaran nih, kegiatan apa sih yang biasanya Anda lakukan pada HUT kemerdekaan RI tersebut?

Langsung isi polling-nya berikut ini ya:

[total-poll id=78417]

 

Hari Ulang Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia (RI) ke-73 VS Asian Games 2019

Kegiatan-HUT-Kemerdekaan-RI-03-Finansialku

Logo HUT RI ke-73 dan Asian Games

 

Dalam rangka menyambut hari ulang tahun kemerdekaan RI ke-73 yang jatuh pada tanggal 17 Agustus 2018, pemerintah resmi merilis logo peringatan HUT Kemerdekaan RI tahun 2018.

Seperti dilansir dari situs Setneg.go.id, logo angka 73 didesain berwarna merah dengan slogan “KERJA KITA, PRESTASI BANGSA” di bawahnya.

Dalam surat edaran penyampaian Tema dan Logo HUT RI 73, disebutkan bahwa logo ini digunakan sebagai branding rangkaian kegiatan Peringatan HUT ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia, dengan semangat Asian Games XVIII yang akan berlangsung di Indonesia.

Pemerintah memang menjelaskan bahwa momen pembukaan Asian Games 2019 akan bersinergi dengan peringatan hari kemerdekaan Indonesia ke-73 pada 17 Agustus 2018 mendatang.

Dalam rapat koordinasi di Kantor Kementerian Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (PMK), Menko PMK Puan Maharani menjelaskan,  

“Agustus adalah momen kemendekaan tentu apa yang akan dilakukan dalam Asian Games harus beririsan, bersatu dan bersinergi dengan momen kemerdekaan,” – Jakarta, kamis (5/4/2018).

 

Merdeka Secara Finansial di Hari Kemerdekaan RI 01 - Finansialku

[Baca Juga: Kapan Hari Merdeka Finansial Tiba? Ketika 8 Tanda Ini Ada, Maka Anda Sudah Merdeka Finansial]

 

Sinergi tersebut disebut-sebut akan langsung dimulai sejak prosesi obor Asian Games 2018. Setelah obor Asian Games dibawa dari India pada 15 Juli 2018, obor tersebut akan berkeliling 51 daerah atau jalur di Indonesia.

Nah, pada tanggal 17 Agustus 2018, obor tersebut akan singgah ke Istana Merdeka dan diserahkan kepada Presiden Joko Widodo tepat sebelum penurunan bendera pusaka pada upacara HUT RI ke-73.

Setelah itu, obor Asian Games baru akan dibawa ke Stadion Utama Gelora Bung Karno untuk upacara pembukaan Asian Games pada tanggal 18 Agustus 2018.

Jadi, terbukti bukan sinergi antara HUT ke-73 Kemerdekaan Republik Indonesia dengan semangat Asian Games XVIII?

 

Bagaimana Rencana Anda Menyambut HUT Kemerdekaan RI ke-73 ini?

Setelah melihat beberapa contoh di atas, apakah Anda sudah membayangkan apa kegiatan yang akan Anda lakukan pada 17 Agustus 2018 mendatang? Apapun jenis kegiatannya, tetaplah mengenang perjuangan para pahlawan dalam memperoleh kemerdekaan 73 tahun silam ya.

Finansialku berharap seluruh acara dan perayaan HUT kemerdekaan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 2018 dapat berjalan lancar dan sesuai rencana.

Selamat merayakan hari ulang tahun kemerdekaan Republik Indonesia ke-73, SALAM MERDEKA!

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai kegiatan HUT kemerdekaan RI yang biasanya Anda lakukan lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Ratna Widihastuti. Sejarah Singkat Kemerdekaan Indonesia. Kompasiana.com – https://goo.gl/Bdx8PZ
  • Wikipedia. Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Id.wikipedia.org – https://goo.gl/xWSp4
  • Maria Umma Dewi. 17 Agustus 2017. Sejarah Kemerdekaan: Mengenang Peristiwa Proklamasi 17 Agustus 1945. Goodnewsfromindonesia.id – https://goo.gl/tYjA7b
  • Yoga Sukmana. 5 April 2018. Momen Pembukaan Asian Games Bersinergi dengan Perayaan HUT RI Ke-73. Kompas.com – https://goo.gl/ZuMWBE
  • Nandarson. 23 Juli 2018. Inilah Logo Resmi HUT ke – 73 Kemerdekaan RI. Slogannya: Kerja Kita. Prestasi Bangsa. Tribunbatam.id – https://goo.gl/mWFJwK

 

Sumber Gambar:

  • Kegiatan HUT Kemerdekaan RI 1 – https://goo.gl/d9FvnE
  • Kegiatan HUT Kemerdekaan RI 2 – https://goo.gl/QK7ARg
  • Kegiatan HUT Kemerdekaan RI 3 – https://goo.gl/x9bKu6