Dalam setiap perlombaan dan kompetisi, tentu semua menginginkan posisi pertama. Begitu pula dengan Asian Games, medali emas Asian Games merupakan target utama para atlet.

Lantas, sudah berapa banyak emas yang telah diperebutkan sepanjang gelaran Asian Games? Berapa banyak jumlah medali emas yang telah diraih Indonesia?

Selain sebagai bentuk prestasi tertinggi, medali emas juga menjanjikan sesuatu yang menggiurkan, yaitu bonus. Berapa besar bonus yang diterima oleh atlet bila bisa memenangi medali emas?

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Bonus Peraih Medali Emas Asian Games

Demi menjadi pemenang, para atlet rela berlatih mati-matian setiap hari. Dari matahari terbit hingga terbenam. Selain demi harga diri dan prestige sebagai pemenang, medali emas juga menjadi target utama.

Medali emas merupakan salah satu ganjaran terbaik bagi para atlet yang telah berjuang mati-matian. Tak hanya sebagai bukti prestasi, medali emas juga menjanjikan keuntungan berupa bonus dari pemerintah.

Pemerintah melalui Kementerian Olahraga memang memberikan bonus uang sebagai bentuk apresiasi bagi para atlet yang telah mengharumkan nama Indonesia.

Besaran bonus yang diberikan tentunya tergantung dari seberapa besar ajang yang dimenangkan oleh atlet. Ajang yang bertaraf internasional merupakan ajang yang paling menjanjikan bonus besar bagi para pemenang.

Asian Games merupakan salah satu gelaran yang menjanjikan bonus menggiurkan bagi para peraih medali, khususnya medali emas.

Medali Emas Asian Games 2018 02 - Finansialku

[Baca Juga: Menabung untuk Membeli Tiket Asian Games 2018]

 

Untuk pagelaran Asian Games 2018 kali ini, Menteri Pemuda dan Olahraga Imam Nahrawi telah menetapkan besaran bonus yang akan diberikan.

Seperti dilansir oleh Liputan6.com, Imam Nahrawi menjanjikan bonus sebesar Rp1,5 miliar bagi atlet yang berhasil mendapatkan medali emas.

“Bonus peraih medali emas sebesar itu, merupakan yang tertinggi sepanjang Asian Games.”

 

Tak Sekadar Janji

Imam menegaskan, besaran bonus yang akan diperoleh bukanlah janji palsu atau sekadar iming-iming. Menurutnya, besaran bonus tersebut justru untuk membuat para atlet lebih termotivasi ketika bertanding.

“Jadi tidak ada istilah janji. Kami menepati semuanya. Mulai dari uang saku hingga bonus. Para atlet yang penting fokus saja ketika bertanding harumkan nama bangsa.”

 

Imam Nahrawi menambahkan bahwa pihaknya menjamin kenyamanan para atlet ketika bertanding. Kemenpora akan memastikan para atlet mendapatkan uang saku layaknya pada gelaran turnamen-turnamen sebelumnya.

Lebih lanjut, ia mengklaim bahwa tidak ada permasalahan keterlambatan dalam pemberian uang saku atau pencairan bonus sepanjang 2017–2018. Sehingga ia berharap para atlet akan lebih terpacu untuk berprestasi dalam Asian Games nanti.

 

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Upaya Mencapai Target

Besaran bonus yang diklaim bonus terbesar sepanjang sejarah Asian Games ini adalah salah satu upaya agar kontingen Indonesia mencapai target.

Presiden Joko Widodo telah menetapkan target yang harus diraih, yaitu masuk peringkat 10 besar.

Bila berkaca pada 20 tahun terakhir, target ini bisa dibilang cukup berat. Karena Indonesia sudah tidak pernah masuk jajaran 10 besar lagi.

Pada Asian Games 2014 lalu, Indonesia hanya bertengger pada peringkat 17 dengan 4 medali emas.

Medali Emas Asian Games 2018 03 - Finansialku

[Baca Juga: Wow! Anggaran Asian Games 2018 Mencapai Jumlah yang Fantastis]

 

Untuk berhasil masuk posisi 10 besar, setidaknya Indonesia harus mampu meraih 16 medali emas. Hal ini didasari oleh perolehan Qatar sebagai peringkat ke-10 pada Asian Games 2014. Saat itu, Qatar meriah 10 medali emas.

Untungnya, Indonesia diberikan kemudahan untuk mencapai target 16 medali emas tersebut.

Sebagai tuan rumah, Indonesia bisa mempertandingkan cabang olahraga (cabor) unggulan yang berpotensi mendulang emas.

 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Seperti dilansir dari laman Tempo.co, cabor yang berpotensi mendulang emas yaitu Pencak Silat, Paralayang, Bridge dan Jetski. Hal ini diungkapkan langsung oleh Mulyana selaku Deputi 4 Bidang Peningkatan Prestasi Olahraga Kementerian Pemuda dan Olahraga.

“Dari 32 nomor yang dipertandingkan pada 4 cabor tersebut. Kalau saja empat cabang ini mendapat 32 persen atau 12 medali emas saja, kita bisa berada di peringkat delapan jika dibanding saat di Incheon. Itulah yang mengangkat Indonesia bisa masuk ke 10 besar.”

 

Selain empat cabor unggulan tersebut, Indonesia masih memiliki atlet yang sering mendulang emas di cabor lainnya. Seperti pada cabor Bulu Tangkis, Taekwondo, Wushu, Angkat Besi hingga Dayung.

Diharapkan cabor unggulan serta atlet-atlet unggulan berhasil memberikan kontribusi terbaiknya. Selain demi harga diri dan medali emas, kemenangan mereka akan mampu memenuhi target pemerintah serta memperbaiki peringkat Indonesia pada daftar perolehan medali Asian Games sepanjang masa.

 

Daftar Perolehan Medali Asian Games Sepanjang Masa

Meski masuk ke dalam salah satu negara yang telah ikut kompetisi Asian Games sejak pertama kali digelar, nyatanya Indonesia bukanlah negara yang mampu mendominasi perolehan medali pada Asian Games.

Indonesia bahkan harus rela berada di bawah Kazakhstan dalam total raihan medali emas. Padahal Kazakhstan baru mengikuti gelaran Asian Games sebanyak lima kali saja.

Oleh karena itu, pada gelaran Asian Games kali ini, berlaga sebagai tuan rumah, Indonesia harus mampu mendulang emas sebanyak mungkin. Dalam perolehan medali terbanyak sepanjang masa, Indonesia hanya bertengger pada peringkat delapan.

Serba-serbi dan Sejarah Asian Games 01 Finansialku

[Baca Juga: Serba-serbi dan Sejarah Asian Games]

 

Terpaut cukup jauh dari Thailand pada peringkat tujuh dan riskan tersusul oleh Korea Utara pada peringkat sembilan. Sementara China yang berada di posisi pertama, rasanya tak mungkin terkejar.

Indonesia saat ini baru memperoleh medali emas sebanyak 87, medali perak 117 dan medali perunggu 203. Dengan total perolehan medali sebesar 407. Terpaut 59 medali dari Thailand.

Thailand yang berada satu tingkat di Indonesia mempunyai koleksi 466 medali yang terdiri dari 109 medali emas, 152 medali perak dan 205 medali perunggu.   

Sementara China yang memimpin perolehan medali sepanjang masa memiliki jumlah medali sebanyak 2.553 medali. Dengan 1191 medali emas, 792 medali perak, dan 570 medali perunggu.

 

Iklan Banner Perencanaan Dana Liburan - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Berikut 15 besar peraih medali terbanyak sepanjang masa Asian Games. Peringkat ini disusun menggunakan raihan medali emas terbanyak:

 

Jumlah ikut serta10 kali
Medali emas1191
Medali perak 792
Medali perunggu570
Total medali2553

Jumlah ikut serta16 kali
Medali emas910
Medali perak 904
Medali perunggu836
Total medali2650

Jumlah ikut serta15 kali
Medali emas617
Medali perak 535
Medali perunggu836
Total medali1829

Jumlah ikut serta14 kali
Medali emas138
Medali perak 143
Medali perunggu157
Total medali438

Jumlah ikut serta16 kali
Medali emas128
Medali perak 168
Medali perunggu249
Total medali545

Jumlah ikut serta5 kali
Medali emas112
Medali perak 118
Medali perunggu167
Total medali397

Jumlah ikut serta16 kali
Medali emas109
Medali perak 152
Medali perunggu205
Total medali466

Jumlah ikut serta16 kali
Medali emas87
Medali perak 117
Medali perunggu203
Total medali407

Jumlah ikut serta8 kali
Medali emas87
Medali perak 121
Medali perunggu152
Total medali360

Jumlah ikut serta10 kali
Medali emas72
Medali perak 107
Medali perunggu222
Total medali401

Jumlah ikut serta16 kali
Medali emas62
Medali perak 109
Medali perunggu204
Total medali375

Jumlah ikut serta5 kali
Medali emas54
Medali perak 82
Medali perunggu93
Total medali229

Jumlah ikut serta15 kali
Medali emas51
Medali perak 74
Medali perunggu118
Total medali243

Jumlah ikut serta15 kali
Medali emas43
Medali perak 62
Medali perunggu90
Total medali195

Jumlah ikut serta16 kali
Medali emas32
Medali perak 49
Medali perunggu88
Total medali169

 

 

Mari Dukung Indonesia Meraih Prestasi Terbaik

Mari kita semua dukung atlet kebanggaan kita agar bisa mencapai target yang telah ditetapkan oleh pemerintah.

Para atlet juga membutuhkan dukungan dari kita untuk membakar semangat serta menaikkan mental mereka ketika bertanding.

Semakin banyak medali emas yang diraih, semakin besar pula kesempatan bagi Indonesia memperbaiki peringkat dalam perolehan medali Asian Games sepanjang masa.

Tunjukkan dukungan Anda dengan datang langsung ke venue atau ikut serta dalam menyukseskan gelaran Asian Games 2018.

 

Tunjukkan bentuk dukungan Anda untuk Indonesia melalui kolom komentar yang tersedia.

Apakah menurut Anda Indonesia akan berhasil memenuhi target yang telah diberikan? Bagikan pandangan Anda pada kolom komentar yang tersedia

Anda juga dapat membagikan setiap artikel dari Finansialku kepada teman-teman Anda.

 

Sumber Referensi:

  • Ario Yosia. 26 Juli 2018. Bonus Fantastis Bisa Pacu Spirit Atlet Indonesia pada Asian Games 2018. Liputan6.com – https://goo.gl/fzrGFw
  • Nurdin Saleh. 3 Agustus 2018. Target 10 Besar Asian Games 2018: Ini Hitung-hitungan Medalinya – https://goo.gl/bKHU6Q

 

Sumber Gambar:

  • Medali Emas Asian Games 2018 – https://goo.gl/9SrGfc
  • Medali Emas Asian Games – https://goo.gl/w7tQZ4
Summary
Pundi-pundi di Balik Medali Emas Asian Games
Article Name
Pundi-pundi di Balik Medali Emas Asian Games
Description
Dalam setiap perlombaan dan kompetisi, tentu semua menginginkan posisi pertama. Begitu pula dengan Asian Games, medali emas Asian Games merupakan target utama para atlet.
Author
Publisher Name
Finansialku.com
Publisher Logo