Apakah Anda masih bingung dalam persiapan belajar ke luar negeri? Jika ya, maka artikel ini akan berguna untuk Anda.

Artikel ini akan membahas beberapa persiapan yang perlu Anda lakukan sebelum belajar ke luar negeri.

Selamat membaca ya!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

10+ Persiapan Belajar Ke Luar Negeri

Banyak alasan orang ingin belajar ke luar negeri, ada yang dikarenakan tingkat akademik di luar negeri yang lebih tinggi, ada pula yang diberikan beasiswa sehingga mendapatkan kesempatan tersebut.

Dari sisi lapangan kerja pun, perusahaan saat ini ingin mencari kandidat yang global, dapat beradaptasi, lincah, pandai berkomunikasi dan mudah melintasi zona waktu yang berbeda.

10+ Persiapan Belajar Ke Luar Negeri. No 7 Jangan Sampai Lupa Ya! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Berapa Biaya Pendidikan di International School dan Kuliah Luar Negeri? Ini Ilustrasi dan Contoh Perencanaan Keuangan]

 

Tentu tidak mudah berada di negeri asing tanpa teman dan keluarga, apalagi jika Anda sudah nyaman di negeri asal. Namun demi masa depan, banyak orang tua dan murid yang rela merogoh kocek untuk belajar ke luar negeri.

Agar tidak sia-sia, maka di bawah ini adalah beberapa persiapan yang dapat Anda lakukan sebelumnya.

 

#1 Mencari Motivasi dan Alasan yang Kuat

Tidak dipungkiri, banyak mahasiswa yang belajar ke luar negeri hanya karena gengsi atau ikut-ikutan teman. Alhasil, mereka tidak mampu menyelesaikan kuliah tersebut.

Kuliah di negara orang tentu tidak mudah, banyak aspek yang harus Anda pertimbangkan dan sesuaikan. Untuk itu, sebelum Anda memutuskan untuk belajar ke luar negeri, bulatkan tekad dan temukan motivasi Anda untuk melakukannya.

 

#2 Persiapkan Mental

Belajar ke luar negeri berhubungan erat dengan mental Anda. Anda akan jauh dari keluarga dan teman. Anda pun harus menjadi mandiri dan menyelesaikan masalah yang mungkin terjadi dengan lebih dewasa.

Mental yang kuat merupakan cara agar Anda dapat mudah beradaptasi dan fokus untuk belajar dengan tekun. Dengan mempersiapkan mental, secara tidak langsung Anda juga sedang mempersiapkan proses belajar yang lancar.

 

#3 Menyusun Rencana yang Matang

Tentu belajar ke luar negeri membutuhkan perencanaan yang tidak sedikit dan membutuhkan waktu lama. Selain dari biaya dan akademis, Anda pun harus mempersiapkan permasalahan yang menyangkut legalitas dan sebagainya.

Untuk itu, Anda harus mempersiapkan rencana yang matang. Mulai dari negara, bahasa, biaya, program kuliah, tempat kuliah, tempat tinggal dan lain sebagainya.

 

#4 Mencari Informasi Mengenai Negara Tujuan

Hal pertama yang harus Anda tentukan adalah negara tujuan. Setelah Anda mengetahui negara tujuan, maka Anda dapat mempersiapkan kebutuhan untuk proses perpindahan.

Selain itu, cari informasi mengenai budaya, mata uang, bahasa dan kebiasaan agar Anda dapat lebih mudah beradaptasi.

10+ Persiapan Belajar Ke Luar Negeri. No 7 Jangan Sampai Lupa Ya! 03 - Finansialku

[Baca Juga: Kado Si Kecil, Ini Rekomendasi Pembukaan Tabungan Pendidikan!]

 

#5 Mencari Informasi Mengenai Universitas dan Programnya

Universitas adalah hal kedua yang harus Anda tentukan dari dini. Setiap universitas membutuhkan persyaratan yang berbeda. Tentu program yang dimiliki masing-masing universitas juga berbeda.

 

#6 Mempersiapkan Biaya

Biaya adalah hal yang mau tidak mau harus dihabiskan untuk dapat belajar ke luar negeri. Mulai dari biaya hidup hingga biaya sekolah, segalanya harus dipersiapkan dengan matang.

Carilah informasi mengenai beasiswa atau tunjangan untuk mahasiswa luar negeri. Selain itu, Anda juga dapat melakukan estimasi biaya dengan menanyakan kenalan yang telah terlebih dahulu belajar di tempat tujuan Anda.

 

#7 Mempersiapkan Kebutuhan Akademik

Kebutuhan sebuah universitas beragam, ada yang membutuhkan lebih dari satu surat rekomendasi, ada pula yang hanya membutuhkan hasil akademis terakhir.

Selain itu, setiap program di masing-masing universitas pasti membutuhkan hasil akademis dan non akademis yang berbeda. Untuk itu, persiapan ini haruslah Anda mulai dari dini.

 

#8 Belajar dan Tes Bahasa

Bahasa merupakan cara seseorang berkomunikasi, dan jika Anda ingin belajar ke luar negeri, kemampuan bahasa merupakan salah satu kebutuhan yang pasti harus Anda persiapkan.

Carilah informasi mengenai jenis tes dan kebutuhan minimal nilai untuk dapat lolos kebutuhan bahasa tempat tujuan Anda. Selain itu, Anda juga dapat mulai mengambil kursus dan mulai belajar dari sekarang.

10+ Persiapan Belajar Ke Luar Negeri. No 7 Jangan Sampai Lupa Ya! 04 - Finansialku

[Baca Juga: 3 Fakta Penting Dalam Menyiapkan Biaya Pendidikan Kuliah di Luar Negeri]

 

#9 Mempersiapkan Kebutuhan Lain

Selain kebutuhan di atas, masih ada kebutuhan lain yang harus Anda persiapkan. Misalnya tempat tinggal, pakaian yang sesuai, makanan dan lainnya.

Kebutuhan tersebut yang dapat membantu Anda untuk lebih betah di negara asing. Oleh karena itu, jangan sampai terlewatkan.

 

#10 Mempersiapkan Asuransi Kesehatan

Terdapat beberapa negara yang membutuhkan setiap pelajarnya untuk memiliki asuransi kesehatan. Untuk itu, sebaiknya Anda mencari informasi mengenai kebutuhan tersebut dan mempersiapkan asuransi kesehatan jika diperlukan.

 

#11 Mempersiapkan Perpindahan

Setelah Anda menyelesaikan kebutuhan akademis, finansial dan legalitas, maka tahapan terakhir adalah mempersiapkan perpindahan Anda.

Pastikan Anda telah membuat daftar seluruh barang yang ingin Anda bawa serta ke tempat tujuan. Jangan lupa untuk terus menjalin komunikasi dengan keluarga dengan memanfaatkan kemudahan teknologi saat ini.

 

GRATISSS Download!!! Ebook Perencanaan Keuangan Untuk Mahasiswa

Ebook Mahasiswa

Download Ebook Sekarang

 

Mulai Persiapan dari Sekarang

Setelah Anda membaca daftar di atas, tentu Anda mengetahui pentingnya mempersiapkan kebutuhan belajar di luar negeri sejak dini.

Dengan mempersiapkan jauh-jauh hari, Anda dapat menyusun dan mengikuti rencana dengan lebih mudah.

Persiapan keuangan untuk kuliah ke luar negeri pun bisa dibantu dengan aplikasi Finansialku. Coba gunakan aplikasinya ya!

playstore icon
appstore icon

 

Kalau bingung cara menggunakan aplikasinya, Anda bisa lihat video tutorial ini!

 

Bagikan artikel ini agar lebih bermanfaat khususnya bagi keluarga atau teman Anda yang sedang berencana sekolah ke luar negeri.

Berikan komentar Anda di kolom bawah ini ya!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 17 April 2019. 7 Langkah Menyusun Rencana Kuliah ke Luar Negeri. Hotcourses.co.id – https://bit.ly/3dTdOqS
  • Siti Hadijah. 9 Januari 2019. 7 Persiapan untuk Kamu yang Ingin Kuliah di Luar Negeri. – https://bit.ly/30vujFz
  • Renica Ryadi. 8 Agustus 2019. 10 Hal yang Harus Kamu Persiapkan Sebelum Kuliah di Luar Negeri. Kampunginggris.id – https://bit.ly/3fcv5vj

 

Sumber Gambar:

  • Belajar 01 – https://bit.ly/2V04R7G
  • Belajar 02 – https://bit.ly/2YW4Qmw
  • Belajar 03 – https://bit.ly/37MdtUN
  • Belajar 04 – https://bit.ly/2V5gMkH