Apakah Anda berencana untuk pensiun dini? Simak artikel ini untuk mempersiapkan dana pensiun Anda dengan matang agar tidak salah melangkah.

Selamat membaca.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Persiapan untuk Pensiun Dini

Pada umumnya, setiap perusahaan telah memiliki aturan tersendiri mengenai batas usia dari karyawannya, baik untuk perusahaan swasta ataupun BUMN.

Biasanya masa pensiun seorang karyawan akan dimulai ketika ia sudah berumur 55 tahun, karena di usia tersebutlah produktivitasnya mulai menurun.

Namun tidak semua orang mau terus-menerus bekerja pada satu perusahaan yang sama hingga masa pensiunnya tiba, ada juga yang memutuskan untuk keluar atau pensiun lebih cepat, dan memulai sesuatu yang baru. Hal ini biasanya disebut sebagai pensiun dini.

Tentu saja tidak ada yang salah dengan pensiun dini, asalkan Anda benar-benar siap untuk menanggung semua risiko yang ada, serta mampu memiliki sumber pendapatan dari hal lain.

Jika tidak siap dengan itu semua, yang ada Anda malah menjadi kebingungan dan mendapat banyak masalah keuangan.

Untuk itu, Anda perlu memiliki persiapan yang matang agar memiliki alasan tepat untuk pensiun dini.

Nah berikut ini adalah beberapa persiapan yang seharusnya sudah Anda miliki sebelum mengajukan untuk pensiun dini.

 

#1 Memiliki Tabungan dan Dana Darurat

Setelah keluar dari pekerjaan, tentu Anda tidak akan mendapat penghasilan lagi dari tempat Anda sebelumnya bekerja bukan?

Padahal ada banyak kebutuhan yang harus Anda biayai, terlebih jika Anda masih memiliki tanggungan biaya sekolah Anak.

Maka dari itu, memiliki persiapan dana dalam jumlah yang cukup adalah hal yang mutlak Anda penuhi.

Hal ini bisa Anda lakukan dengan mulai menabung sejak masih bekerja sebagai karyawan, yaitu dengan menyisihkan sebagian dari penghasilan bulanan.

Jika Anda memang sudah membulatkan tekat untuk pensiun dini, maka usahakanlah agar menabung menjadi salah satu yang Anda prioritaskan, sehingga dananya lebih cepat terkumpul.

Masa Pensiun Gak Jadi Menakutkan Dengan Persiapan Ini 03 - Finansialku

[Baca Juga: Dana Sekolah Anak Belum Beres, Gimana Cara Kumpulin Dana Pensiun?]

 

Selain itu, Anda juga perlu memiliki dana darurat, yaitu dana untuk berjaga-jaga jika sewaktu-waktu Anda mengalami masalah keuangan dan membutuhkan pendanaan dalam jumlah yang cukup besar.

Idealnya, untuk Anda yang sudah berkeluarga dan memiliki anak, jumlah dana darurat sejumlah 12 kali pengeluaran bulanan rumah tangga Anda.

Hal ini juga untuk mengantisipasi jika seandainya Anda masih belum mendapat sumber income yang baru.

Berbicara soal dana darurat dan tabungan, Aplikasi Finansialku memiliki fitur Rencana Keuangan yang bisa Anda gunakan untuk menghitung dan mempersiapkan dana darurat yang Anda butuhkan, sekaligus nantinya dapat memberikan beberapa produk investasi yang bisa Anda gunakan untuk menghimpun dana ini.

Cara menggunakannya mudah banget, Anda cukup download Aplikasi Finansialku melalui link dibawah ini, dan kemudian Anda bisa langsung buka Aplikasinya, dan memilih menu Rencana Keuangan.

Di sana ada banyak fitur rencana keuangan yang dapat Anda pilih, dan langsung saja klik menu Dana Darurat.

Coba langsung gunakan aplikasinya dengan klik tombol di bawah ini!

playstore icon
appstore icon

 

#2 Pastikan Semua Utang Telah Lunas

Ingin pensiun dini? Maka sebisa mungkin lunasi terlebih dahulu semua cicilan ataupun utang yang bersifat konsumtif.

Jika tidak, maka sepertinya Anda belum benar-benar siap untuk pensiun lebih cepat dari yang seharusnya.

Alasannya, jika tidak demikian maka Anda akan tetap memiliki kewajiban untuk mencicil utang setiap bulannya dalam jumlah yang sama, padahal pendapatan Anda tidak seperti saat Anda masih bekerja.

Mungkin ini bukan sebuah masalah yang terlalu besar jika saat pensiun dini Anda langsung memperoleh sumber penghasilan yang besar, namun siapa yang dapat memastikan hal itu akan terjadi?

Masa Pensiun Gak Jadi Menakutkan Dengan Persiapan Ini 04 - Finansialku

[Baca Juga: Wajib Baca! Begini Penjelasan Persiapan Pensiun Menurut Islam]

 

Maka dari itu, Anda perlu berjaga-jaga dengan sebisa mungkin melunasi utang yang Anda miliki, khususnya yang memiliki nilai cukup besar.

Dengan demikian, salah satu beban Anda akan hilang dan Anda bisa menjadi lebih fokus kepada hal baru yang akan Anda lakukan.

Selagi masih bekerja, Anda dapat mulai mempersiapkan dana untuk pelunasan utang, salah caranya ialah dengan menggunakan fitur rencana Dana Pelunasan Utang yang juga ada di Aplikasi Finansialku.

Anda cukup memilih kategori hutang, memasukkan nilai pokok pinjaman, bunga pinjaman serta jangka waktu, dan nantinya akan dihitung berapa jumlah dana yang perlu Anda sisihkan setiap bulannya agar pinjaman cepat lunas.

 

#3 Miliki Asuransi yang Sesuai

Biasanya saat bekerja sebagai karyawan, asuransi akan disediakan oleh perusahaan tempat Anda bekerja, namun hal itu sudah tidak akan berlaku lagi jika Anda sudah memutuskan untuk pensiun dini, karena asuransimu akan dicabut.

Maka dari itu, Anda perlu memiliki asuransi sendiri, agar selalu mendapat perlindungan yang baik.

Anda bisa memilih berbagai produk asuransi yang sesuai untuk diri sendiri maupun untuk keluarga, baik itu asuransi kesehatan, asuransi jiwa, ataupun asuransi lainnya.

Dengan demikian, dimasa-masa yang sulit dan membutuhkan dana dalam jumlah yang cukup besar, Anda akan tertolong karena telah memiliki perlindungan.

Contohnya saja, jika Anda memiliki asuransi kesehatan maka Anda bisa mendapat pelayanan kesehatan yang baik jika seandainya Anda mengalami masalah kesehatan tanpa khawatir soal biaya yang akan Anda gunakan untuk pengobatan.

Anda bisa pelajari mengenai asuransi kesehatan melalui e-Book Finansialku berikut. GRATIS lho!

 

GRATISSS, Yuk Download Sekarang!

ASURANSI KESEHATAN Bisa Menyelamatkan Hidup

Mockup Ebook Studi Kasus Asuransi Kesehatan

Download Ebook Sekarang

 

#4 Memiliki Target

Saya pernah mendengar satu kalimat yang kemudian menjadi motto hidup saya, yaitu “jangan berlari tanpa tujuan”.

Nah kalimat ini pun sepertinya perlu sekali untuk Anda aplikasikan jika ingin pensiun dini.

 

“Mengapa demikian?”                           

Sekarang Anda ingin keluar dari pekerjaan, lalu apa akan Anda lakukan? Tentu semuanya harus direncanakan, dan bukan hanya asal pensiun dini saja.

Anda perlu memiliki target untuk ke depannya, sehingga Anda memiliki alasan yang tepat untuk pensiun dini.

Tanpa adanya sebuah target yang ingin dicapai, maka yang terjadi adalah Anda akan berjalan tanpa arah dan tujuan yang pasti, sehingga keputusan Anda untuk pensiun dini akan sangat sia-sia.

Maka dari itu buatlah target yang ingin Anda capai, baik itu bisnis yang ingin Anda bangun, jangka waktu yang akan Anda gunakan, hingga hal-hal yang mendetail lainnya.

Dengan demikian Anda akan memiliki semangat yang lebih untuk menjalani hari-hari Anda.

 

#5 Miliki Aset

Memiliki aset sebelum pensiun dini juga termasuk hal yang perlu banget buat Anda perhitungkan, karena ini pun akan memberi dampak yang cukup besar untuk ke depannya.

Aset tersebut bisa berupa tanah, rumah, ataupun kendaraan seperti mobil dan sepeda motor.

Sederhananya Anda bisa menggunakan aset ini untuk kebutuhan Anda sendiri, namun jika Anda memiliki aset yang cukup banyak, Anda pun bisa mendapat keuntungan darinya.

Seperti misalnya menyewakan rumah, atau membangun sebuah kost pada tanah yang Anda miliki, dan hal-hal lainnya.

Jika dapat mengelolanya dengan baik, maka percayalah bahwa aset-aset tersebut bisa membantu keuangan Anda secara signifikan.

 

Usaha yang Bisa Anda Lakukan saat Pensiun Dini

Nah setelah memutuskan untuk pensiun dini, tentu Anda perlu sesuatu yang bisa menjadi sumber pendapatan bukan?

Jika Anda sudah punya rencana, maka itu adalah hal sangat baik, namun jika masih belum, Anda bisa melirik ide usaha berikut ini.

 

#1 Membuka Usaha Laundry

Dewasa ini kebutuhan akan jasa yang menawarkan untuk mencuci termasuk cukup banyak.

Terlebih lagi di daerah perkotaan, disana terdapat banyak karyawan dengan jam kerja yang cukup padat, sehingga sangat membutuhkan laundry untuk mengatasi masalah membersihkan pakaiannya.

Tentu saja hal ini menjadi sebuah peluang yang besar buat Anda yang ingin memulai sebuah usaha yang baru.

Usaha laundry termasuk usaha yang dapat mendatangkan keuntungan yang besar, meski dengan modal yang tidak terlalu besar.

Selain itu, Anda bisa merekrut karyawan untuk membantu usaha Anda, sehingga Anda juga dapat menjalankan usaha yang lain.

 

#2 Membuka Warung Kopi atau Café

Selain laundry, tampaknya salah satu hal yang menjadi kebutuhan masyarakat saat ini ialah tempat untuk berkumpul alias nongkrong bareng teman.

Ini pun bisa Anda manfaatkan sebagai lading bisnis.

Anda bisa menyediakan tempat untuk nongkrong, sekaligus menyediakan berbagai hidangan yang bisa Anda jual kepada mereka.

Untuk hal ini, selain modal usaha, hal lain juga yang perlu Anda perhatikan ialah gaya tempat yang ingin Anda buat.

Anda dapat membuat sebuah warung kopi jika ingin menghadirkan tempat nongkrong yang merakyat, ataupun sebuah café jika ingin menghadirkan tempat nongkrong yang lebih kekinian.

Hal ini bisa Anda sesuaikan dengan kondisi lingkungan tempat usaha Anda.

 

#3 Membuat Kerajinan Tangan

Jika Anda ataupun keluarga memiliki keahlian dalam membuat kerajinan tangan, maka hal ini pun bisa Anda manfaatkan untuk membuat sebuah usaha.

Kerajinan tangan tersebut seperti menjahit, mengukir, menganyam, membuat tas, merajut syal, ataupun yang lainnya.

Jika hasil yang Anda buat memiliki kualitas yang bagus, maka tidak tertutup kemungkinan untuk mendapat keuntungan yang cukup besar.

Selain itu, kegiatan ini akan menjadi sangat menyenangkan, karena Anda bisa menggunakan keahlianmu sebagai sumber pendapatan.

 

#4 Bisnis Kuliner

Ntah sejak kapan bisnis kuliner sudah dimulai, namun yang pasti dari dulu hingga saat ini bisnis kuliner tetap eksis dan memiliki potensi yang cukup menjanjikan.

Nah Anda pun bisa ikut terjun ke bisnis yang serupa, asalkan Anda dapat menangkap peluang yang ada.

Anda bisa memulai dengan membuat sebuah warung makan yang menyediakan makanan khas suatu daerah, ataupun membuat sebuah restoran kekinian jika Anda memiliki dana yang cukup banyak.

Intinya adalah kesiapan yang Anda miliki untuk membangun sebuah usaha cukup kuat.

 

Miliki Persiapan yang Matang

Memutuskan untuk pensiun dini bukanlah sebuah perkara yang mudah, maka dari itu sebisa mungkin Anda telah memiliki persiapan yang matang.

Jika Anda masih memiliki keraguan ataupun kegalauan mengenai keuangan untuk pensiun dini, Anda bisa menggunakan fitur Konsultasi Keuangan yang ada di Aplikasi Finansialku, agar Anda bisa mendapat jalan keluarnya.

Anda juga bisa berinvestasi untuk mempersiapkan dana pensiun. Yuk cari tahu caranya pada video ini!

 

Apakah setelah membaca artikel ini Anda menjadi siap untuk mempersiapkan dana pensiun?

Sampai di sini pembahasan kita kali ini, dan bila Anda memiliki tanggapan ataupun pertanyaan, Anda bisa menuliskannya di kolom komentar.

 

Sumber Referensi:

  • Ayu Isti Prabandari. 25 Juni 2020. 6 Jenis Usaha Tanpa Modal Besar yang Wajib Dicoba, Bisnis Rumahan yang Menguntungkan. Merdeka.com – https://bit.ly/3i44EJC
  • Noviyanto. Strategi Untuk Pensiun Dini di Bawah 40 Tahun. Koinworks.com – https://bit.ly/39UVHj0
  • Admin. 19 September 2018. 4 Persiapan Pensiun yang Patut Anda Terapkan untuk Hari Tua yang Bahagia. Pfimegalife.co.id – https://bit.ly/2DbFgmJ
  • Agus Dwi. Persiapan Pensiun: 10 Jurus Jitu Menghadapi Masa Pensiun. Duniakaryawan.com – https://bit.ly/2XpRI9a