Siapa sih yang tak ingin memulai persiapan pensiun sejak muda? Namun, apakah ada cara khusus bagi karyawan swasta untuk menyiapkannya?

Ayo baca artikel Finansialku ini sampai akhir untuk dapatkan ulasannya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Persiapan Pensiun bagi Karyawan Swasta

Persiapan pensiun mempengaruhi tingkat kebahagiaan di masa tua. Tentunya semua orang ingin hidup bahagia saat menikmati masa tuanya.

Namun, kenyataan yang terjadi adalah tidak semua orang bisa mencapai kebahagiaan ini. Sehingga jika tetap ingin bahagia di masa tua, harus ada persiapan yang dibuat.

 

Tips Mempersiapkan Dana Pensiun untuk Karyawan Swasta

Persiapan pensiun apa pun menjadi hal yang sangat penting terutama berkaitan dengan keuangan masa tua.

Banyak tips yang bisa dilakukan agar persiapan menjadi lebih mudah. Apalagi saat ini dengan kemudahan teknologi memudahkan siapa saja yang ingin menyiapkan uang pensiun.

 

#1 Ketahui Pentingnya Persiapan

Pertama agar persiapan pensiun karyawan swasta lebih menyenangkan dan terarah. Yang perlu dilakukan ialah memahami tujuan dan alasan pentingnya persiapan dana pensiun dilakukan.

Salah satu penyebab tidak bahagianya dan tidak siap pensiun disebabkan tidak adanya persiapan dana. Inilah yang menjadi alasan menyiapkan dana pensiun itu sangat penting.

Rekomendasi Usaha Bekal Pensiun yang Amankan Dana Hari Tua 03 - Finansialku

[Baca Juga: Moms Perlu Tahu! Kiat Sukses Dalam Mengajarkan Anak Hidup Sederhana]

 

Salah satu cara untuk menyiapkan dana pensiun yang efektif adalah dengan aplikasi Finansialku. Agar Lebih baik lagi, sebaiknya Anda memulainya dari sekarang.

Anda bisa mengunduh aplikasi Finansialku di Google Play Store atau Apple App Store.

 

#2 Ketahui Risiko Keuangan

Menabung memang harus diperhatikan tetapi jangan sampai hilang fokus pada risiko keuangan yang mungkin terjadi.

Cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi risiko ini adalah dengan bergabung bersama program perlindungan jiwa, perlindungan kesehatan serta perlindungan aset berharga sebelum memasuki masa pensiun.

 

#3 Mempelajari Keterampilan Baru

Waktu yang tepat untuk mempelajari keterampilan baru ialah masa sebelum pensiun. Keterampilan ini nantinya berguna untuk bekal masa depan terutama ketika masa tua.

Selain itu, juga bisa membantu melakukan pengaturan sumber daya yang dimiliki dengan baik. Sehingga masukan dana persiapan pensiun untuk masa depan lebih meningkat.

 

#4 Mengembangkan Bisnis Sampingan

Masa pensiun sebenarnya bukan masa berhenti bekerja namun tidak bisa lagi aktif seperti waktu muda dalam melakukan berbagai pekerjaan.

Cara agar bisa melalui masa pensiun dengan bahagia adalah dengan memulai usaha sampingan sebagai persiapan pensiun. Hal ini bukan saja bermanfaat untuk keuangan, namun juga baik untuk kesehatan otak.

 

#5 Ubah Pola Pikir

Gunakan pikiran positif agar mampu merasakan berbagai perubahan dalam hidup. Salah satu contohnya yaitu mengurangi perilaku boros atau pun serakah.

Belajarlah untuk menghargai apa yang sedang dimiliki dengan menjaganya. Hasil kerja keras tentunya sangat harus dihargai sebab untuk mendapatkan masa depan yang lebih baik, jangan hanya memikirkan kesenangan sementara.

 

#6 Lakukan Apa yang Bisa Dilakukan

Ketika masih muda, banyak hal yang bisa dilakukan termasuk persiapan pensiun sejak dini. Makanya jangan menghabiskan waktu untuk hal yang tidak berguna.

Mulailah membangun masa tua dengan lebih baik. Caranya dengan melakukan apa yang bisa dilakukan sekarang. Jangan tunda hingga kesempatan itu hilang.

 

#7 Mulai Sisihkan

Bukan hanya tahu alasan pentingnya dan cara menabung untuk masa tua. Namun juga praktiknya bisa diterapkan mulai dari sekarang dengan cara mengikuti program persiapan pensiun karyawan.

Manfaat Pensiun Menurut Undang-Undang Ketenagakerjaan 04 - Finansialku

 [Baca Juga: Daripada Asuransi Pendidikan Unitlink, Saya Lebih Sarankan Investasi untuk Biaya Anak Sekolah]

 

Sisihkan sedikit atau pun sebagian dari penghasilan sebagai tabungan untuk masa tua. Jika bingung ingin menyisihkan berapa, maka boleh menyisihkan setidaknya 10 persen.

 

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala Karyawan

Mockup Ebook Karyawan

Download Ebook Sekarang

 

Wujudkan Cita-Cita Masa Pensiun Bahagia

Semua orang tentu memiliki cita-cita ini. Namun, ada yang tidak tahu cara yang harus dilakukan agar cita-cita tersebut tercapai. Sebenarnya kini dengan hadirnya aplikasi Finansialku, sangat memudahkan para pengguna untuk merencanakan keuangan dengan lebih baik.

Berbagai fitur canggih pun diluncurkan agar keuangan bisa terencana sesuai target yang dibuat. Tetapi, masih ada juga yang belum bisa menyiapkan keuangan dengan baik.

Oleh karena itu, beberapa tips atau pun cara di atas diharapkan dapat membantu semua orang yang ingin memperoleh masa tua bahagia terutama untuk karyawan swasta.

Finansialku juga punya Video singkat tentang investasi untuk persiapan pensiun yang bisa Anda tonton dibawah ini. Simak langsung videonya ya..

 

Yuk siapkan pensiun sejak dini sesuai informasi yang Anda dapatkan di atas. Bagikan juga artikel bermanfaat ini pada sesama karyawan swasta ya! Terima kasih.