5+ Tips Pesan Tiket Promo Liburan Murah Ini Disembunyikan Maskapai

Salah satu pengeluaran terbesar ketika liburan adalah biaya untuk transportasi. Bagaimana caranya pesan tiket promo liburan?

Artikel ini akan memberikan tips-tips untuk mendapatkan tiket promo liburan dengan harga murah yang jarang diberi tahu oleh perusahaan maskapai. Yuk simak pembahasannya!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

5+ Tips Memesan Tiket Promo Liburan dengan Murah

Tiket promo liburan dengan harga yang murah bukanlah hal yang mustahil. Dengan maraknya situs OTA (Online Travel Agent), Anda dapat mencari tiket murah dengan mudah dan praktis.

Di bawah ini adalah beberapa tips untuk mendapatkan tiket promo liburan dengan harga yang murah.

Tips Pesan Tiket Promo 02 Tiket Pesawat 2 - Finansialku

[Baca Juga: Inilah Dampak Naiknya Tiket Penerbangan terhadap Emiten Penerbangan!]

 

#1 Rajin Berlangganan dan Mengunjungi Situs Resmi Maskapai dan OTA

Agar Anda tidak ketinggalan berita terbaru dan promo termurah, maka tidak ada salahnya berlangganan newsletter dari maskapai atau OTA tertentu.

Cara ini dapat membantu Anda mengetahui promo apa yang sedang berjalan serta merencanakan liburan Anda dari jauh hari.

Dengan menjadi anggota, Anda pun dapat mengumpulkan point reward yang nantinya dapat ditukar menjadi voucher atau bahkan tiket gratis.

Selain itu, Anda juga harus rajin mengunjungi situs OTA dan membandingkan harga serta promo yang diberikan untuk mendapatkan harga terbaik.

 

#2 Gunakan Dua Maskapai yang Berbeda Walaupun Anda Ingin Membeli Tiket Pulang Pergi

Anda tidak harus menggunakan maskapai yang sama untuk tiket pulang pergi. Bukan berarti 1 maskapai yang sama pasti akan menawarkan tiket dengan harga yang paling murah.

Untuk mendapatkan tiket termurah, sebaiknya Anda melakukan riset singkat dengan membandingkan harga tiket dari beberapa maskapai.

Riset ini dapat dilakukan melalui situs jual beli tiket online atau dari situs resmi maskapai. Manfaatkan segala promo yang ada. Kemudian, pilih yang termurah dengan jadwal terbang yang sesuai dengan kebutuhan Anda.

Jika yang termurah bukanlah dari maskapai yang sama, tidak ada salahnya untuk membeli tiket dari dua maskapai asalkan murah.

Nyicil Dana Liburan Apakah Bijak dan Dianjurkan Guys 03 Dana Liburan 3 - Finansialku

[Baca Juga: Tiket Kereta Untuk Mudik Lebaran 2019 Sudah Bisa Anda Dapatkan!]

 

#3 Walaupun Pergi Bersamaan, Pesan Tiket Secara Terpisah

Memesan tiket secara terpisah, sebenarnya dapat cukup memangkas anggaran liburan Anda. Alasan utamanya adalah harga kursi di dalam 1 pesawat dapat berbeda tergantung pada lokasinya.

Kursi di dekat ruang mesin biasanya memiliki harga yang lebih murah dibandingkan kursi umum lainnya karena deru suara mesin yang cenderung kencang.

Hubungannya dengan membeli tiket terpisah adalah kursi yang Anda dapatkan. Sebagai contoh harga kursi mesin Rp400 ribu dan kursi normal Rp500 ribu.

Iklan Banner Perencanaan Dana Liburan - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Jika kursi dekat ruang mesin tersisa 2 dan Anda pergi berlima, maka penemuan harga tiket yang ditampilkan adalah Rp500 ribu karena kursi Rp40 ribu tidak mencukupi jumlah penumpang.

Tetapi, jika Anda membeli secara terpisah, Anda masih memiliki kesempatan untuk mendapatkan kursi Rp400 ribu sebanyak 3 buah dan kursi Rp500 ribu sebanyak 2 buah. Lebih menguntungkan bukan?

 

#4 Perhatikan Periode Perjalanan

Hari-hari liburan panjang, akhir pekan, dan bulan-bulan dengan tanggal merah yang biasanya menentukan harga tiket.

Seperti pada kombinasi Jumat-Minggu atau Sabtu-Minggu biasanya akan lebih mahal dibandingkan kombinasi hari lainnya.

Jam penerbangan juga dapat menentukan murah mahalnya sebuah tiket. Jam penerbangan sangat malam dan sangat pagi biasanya harganya akan lebih murah dibandingkan waktu di antaranya.

Untuk itu, Anda harus memilih waktu keberangkatan yang pas dengan periode waktu yang murah pula.

Tarif Bagasi Lion Air Hingga Rp 930.000, Apa Kata Pakar Transportasi 02 Koper Liburan 2 - Finansialku

[Baca Juga: Membuahkan Hasil, Harga Tiket Pesawat Mulai Diturunkan Secara Bertahap]

 

#5 Jangan Beli Jika Tidak Ada Promo

Tiket pesawat atau bahkan transportasi lainnya merupakan salah satu tiket dengan promosi yang paling sering dan rutin diadakan.

Promosi ini seharusnya Anda manfaatkan dengan benar. Jangan sampai Anda membeli tiket dengan harga normal padahal akan ada promo dalam waktu dekat.

Hal pertama untuk menghindari membeli tiket dengan harga normal adalah dengan melakukan rencana liburan sejak dini.

Liburan yang mendadak biasanya membutuhkan anggaran lebih besar dibandingkan liburan yang telah terencana.

Yang kedua adalah Anda harus mencatat tanggal-tanggal dimana promosi akan diadakan. Biasanya OTA atau maskapai akan menginformasikan waktu promo pada situs resmi mereka.

Gratis Download Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

 

#6 Manfaatkan Promo Dengan Maksimal

Untuk mendapatkan harga termurah, Anda harus cermat dalam memanfaatkan promosi. Biasanya promo yang diadakan secara online, akan memiliki minimum jumlah pembayaran dan maksimal potongan.

Sebagai contoh promo yang diadakan memiliki minimum pembayaran adalah Rp500 ribu dengan potongan Rp50 ribu. Tiket sekali jalan masing-masing harganya Rp600 ribu.

Dari contoh tersebut, tentu dapat disimpulkan bahwa membeli tiket secara terpisah akan lebih murah dibandingkan membeli tiket pulang pergi sekaligus (karena potongan didapatkan dua kali).

Perhitungan sederhana seperti ini terkadang terlupakan dan dianggap remeh oleh banyak orang. Padahal cermat dalam menggunakan promo dapat sangat membantu Anda menekan anggaran tiket.

Jangan hanya terpaku dengan promo online. Anda juga dapat mengikuti travel fair atau pameran tiket yang bekerja sama dengan kartu kredit tertentu karena harga tiketnya cukup murah.

Cara Menyiasati Tiket Pesawat Naik Supaya Liburan Tetap Hemat 01 Finansialku

[Baca Juga: 10 Cara Memperoleh Tiket Pesawat Murah Untuk Liburan Akhir Tahun]

 

#7 Bawa Barang Secukupnya

Salah satu cara maskapai mendapatkan pemasukkan adalah dari bagasi yang ditawarkan kepada penumpang.

Mulai dari bagasi yang dipesan sebelumnya hingga bagasi ekstra yang dikenakan biaya tambahan jika Anda melebihi batas maksimum bagasi yang diberikan.

Oleh karena itu, kemas barang secukupnya. Tips dalam mengemas barang, yang pertama adalah menyesuaikan barang bawaan dengan cuaca dan iklim destinasi Anda.

Yang kedua adalah membawa pakaian yang dapat digunakan berulang kali, misalnya yang mudah kering ketika dicuci atau yang berwarna netral sehingga mudah untuk saling dipasangkan.

 

#8 Adakah Bandara Alternatif?

Salah satu tips untuk mendapatkan tiket murah adalah dengan membeli tiket ke bandara alternatif selain bandara tujuan. Misalnya, Anda ingin berlibur ke kota A ke kota B, Anda tidak harus membeli tiket langsung ke bandara kota A.

Anda dapat membeli tiket ke kota C (yang jaraknya tidak terlalu jauh dari kota A) dan kemudian menggunakan transportasi darat menuju ke kota A. Selain itu, biasanya pada kota besar, akan ada 2 bandara dengan lokasi yang berbeda.

Bandara dengan fasilitas yang lebih rendah, harganya akan lebih murah karena pajak bandaranya yang lebih murah. Cara ini dapat cukup menghemat biaya perjalanan Anda.

Cara Menyiasati Tiket Pesawat Naik Supaya Liburan Tetap Hemat 03 Koper Liburan

[Baca Juga: Cara Menyiasati Tiket Pesawat Naik Supaya Liburan Tetap Hemat]

 

Berlibur Dengan Hati Tenang dan Kantong Aman

Tentu Anda tidak mau ketika pulang berlibur harus memikirkan utang sana sini atau uang yang kian menipis akibat liburan. Untuk itu, pastikan bahwa Anda mendapatkan tiket termurah dan sesuai dengan kebutuhan Anda.

 

Setelah membaca artikel ini, diharapkan Anda mengetahui cara-cara untuk mendapatkan tiket dengan harga murah. Bagikan artikel ini kepada teman dan keluarga Anda.

Ceritakan pula cara dan tips yang Anda lakukan untuk mendapatkan tiket murah pada kolom komentar bawah ini. Selamat berlibur!

 

Sumber Referensi:

  • Ayu. 3 Oktober 2017. Ssstt, Traveloka Bocorkan Strategi Mencari Tiket Pesawat Murah Promo. Blog.traveloka.com – https://goo.gl/u35cmP

 

Sumber Gambar:

  • Tiket Pesawat 1 – https://goo.gl/wfjQQ1
  • Tiket Pesawat 2 – https://goo.gl/EgqdiX

About the Author:

Ellen Chandra
Ellen Chandra, B. Sc, B. Econ, adalah seorang penulis freelance dengan fokus pada bidang finansial dan gaya hidup. Ellen Chandra menyelesaikan studi di jurusan Financial Mathematics dari universitas Xian Jiatong Liverpool

Leave A Comment