Apakah Anda sering membandingkan diri Anda dengan orang lain? Merasa tidak percaya diri, minder, dan tidak berharga? Merasa tidak mampu melakukan banyak hal?

Apabila perasaan minder dan tidak percaya diri seperti di atas sering menghampiri Anda, yuk pikirkan 5 hal positif di bawah ini untuk menepis pikiran negatif di kepala Anda.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Penyebab Minder

Sikap percaya diri merupakan sikap positif, yaitu keyakinan pada diri sendiri bahwa ia mampu menangani segala situasi dengan tenang.

Percaya diri juga berarti seseorang mampu untuk mengembangkan penilaian yang positif terhadap diri sendiri, lingkungan ataupun situasi yang sedang dihadapinya.

Seseorang yang percaya diri mampu menerima dirinya sendiri, tidak membutuhkan bantuan orang lain, serta tidak merasa canggung saat berhadapan dengan orang lain.

Namun, bedakan sikap percaya diri dengan overconfidence. Sikap ini adalah kondisi di mana ia merasa lebih hebat dari orang lain di sekitarnya, dan ia pun menunjukan bahwa ia merasa demikian.

Pikirkan Terus 5 Hal Ini Bagi Anda yang Tidak Percaya Diri dan Minder! Ayo Bangkit 02 Finansialku

[Baca Juga: Apakah Seorang Pemimpin Dilahirkan Atau Dibentuk?]

 

Lawan dari sikap percaya diri adalah minder, yang artinya tidak dapat memberikan penilaian positif terhadap dirinya sendiri, lingkungan, maupun situasi yang sedang dihadapi.

Banyak orang merasa minder atau tidak percaya diri karena kepalanya dipenuhi pikiran negatif, seperti perasaan kurang kompeten.

Berikut adalah 4 faktor penyebab minder atau tidak percaya diri pada seseorang:

 

#1 Perfeksionis

Seorang perfeksionis selalu menetapkan target dan standar yang tinggi. Standar kesuksesan adalah kesempurnaan. Mereka belum sukses jika belum meraih targetnya dengan sempurna.

Target tinggi memang bagus untuk memberikan semangat dan dorongan kepada kita untuk melakukan sesuatu. Tetapi, jika target tinggi dan kesempurnaan menjadi obsesi, saat tidak mencapainya akan ada rasa minder dan rasa tidak kompeten.

 

#2 Hidup dalam Penyesalan

Penyesalan memang kadang dialami dan dirasakan jika seseorang melakukan kesalahan. Penyesalan akan membuat kita belajar untuk tidak mengulangi kesalahan yang sama.

Penyesalan yang berlarut-larut adalah hal yang tidak baik. Penyesalan tersebut dapat menjadi penghambat kemajuan Anda.

Penyesalan ini akan membuat Anda tenggelam dalam rasa bersalah, menyalahkan diri sendiri, sehingga rasa minder dan tidak percaya diri.

Ketahui 6 Ketakutan Dasar Manusia! Manakah Ketakutan Terbesarmu 04 - Finansialku

[Baca Juga: Apa Perbedaan Pola Pikir Pemenang dan Pecundang? Anda yang Mana?]

 

#3 Menganggap Diri Sendiri Sebagai Masalah

Penyebab minder juga dapat berasal dari diri sendiri, yaitu menganggap diri sendiri sebagai sumber masalah. Entah karena penampilan fisik, prestasi, status sosial dan alasan lainnya.

Hal ini dapat disebabkan karena menganggap diri sendiri bertanggung jawab atas perasaan orang lain. Jika orang tidak menyukai diri kita, maka kita merasa perlu berubah untuk menyenangkan orang lain.

Pikiran tersebut akan membuat kita lelah, minder, merasa tidak berharga karena tidak dapat menyenangkan semua orang.

 

#4 Membandingkan Diri Sendiri dengan Orang Lain

Ingat dengan pepatah berikut?

Rumput tetangga lebih hijau

 

Pepatah tersebut cocok untuk menggambarkan pikiran yang dimiliki seseorang saat ia membandingkan dirinya dengan orang lain.

Kita akan melihat orang lain sebagai sosok yang lebih hebat, sementara kita semakin kecil dan tidak ada apa-apanya dibandingkan orang lain.

 

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

5 Hal untuk Mengatasi Minder

Nah, tadi sudah dibahas beberapa faktor yang dapat menyebabkan Anda merasa minder. Sekarang saatnya kita mengetahui cara mengatasi perasaan minder tersebut.

Berikut adalah 5 hal yang dapat membantu Anda mengatasi minder

 

#1 Banyak Orang yang Sayang Pada Anda

Anda mungkin merasa tidak percaya diri karena merasa tidak berharga, memiliki banyak kekurangan, tidak kompeten dalam melakukan banyak hal.

Namun, percayalah, dengan setiap kekurangan yang Anda sebutkan dan Anda miliki, Anda masih memiliki banyak orang yang menyayangi Anda.

Tuhan sang pencipta yang menciptakan Anda selalu ada untuk Anda dan menyayangi Anda. Anda juga memiliki orangtua, keluarga, sahabat, pasangan dan orang di sekitar Anda yang akan selalu ada di sisi Anda dalam segala kondisi.

Mereka akan menerima keadaan Anda, mendukung Anda, dan bahkan membantu Anda jika Anda kesulitan.

Mengapa Anda harus merasa tidak berharga dan tidak percaya diri di saat Anda memiliki banyak cinta dan dukungan dari orang-orang di sekitar Anda?

 

#2 Kembangkan Bakat yang Anda Miliki

Setiap orang memiliki kelebihan dan bakatnya masing-masing. Seseorang belum tentu memiliki bakat yang sama dengan orang lain.

Mengembangkan bakat yang Anda miliki akan dapat membuat Anda lebih percaya diri. Akan ada rasa bangga pada diri sendiri saat Anda memiliki sesuatu yang Anda ahli dalam hal tersebut.

Apakah Gaya Berinvestasi Pria dan Gaya Berinvestasi Wanita Berbeda 02 Karyawan - Finansialku

[Baca Juga: Ilustrasi: Cerita Orang Sukses, Kaya dari Masalah Orang Lain dan Jadi Solusi untuk Orang Lain]

 

Anda dapat mengikuti kursus, tergabung dalam komunitas untuk mengasah bakat Anda.

Bukan hanya bakat Anda akan lebih terarah dan terasah, Anda juga dapat memperluas jaringan dan mendapatkan banyak teman.

Rasa minder tersebut akan tergantikan dengan rasa bangga dan rasa cinta pada diri sendiri.

 

#3 Tidak Ada Manusia yang Sempurna

Anda mungkin sering membandingkan diri Anda dengan orang lain, atau menuntut diri Anda untuk sempurna dalam segala hal baik penampilan, pekerjaan dan yang lainnya.

Ketahuilah bahwa tidak ada yang sempurna di dunia ini. Jangan menganggap diri rendah hanya karena melihat orang lain dengan kelebihannya. Semua manusia diciptakan dengan derajat yang sama.

Yang membedakan manusia satu dengan yang lain adalah bagaimana mereka menjalani hidupnya di dunia ini.

 

Iklan Banner Perencanaan Dana Membeli Rumah - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing, juga memiliki ketakutan masing-masing.

Membandingkan diri dengan yang lain dan merasa rendah diri karenanya tidaklah baik.

Anda akan merasa lebih baik saat bersyukur, menghargai hidup dan melakukan yang terbaik yang dapat Anda lakukan dalam menjalani kehidupan Anda.

 

#4 Tidak Semua Orang Menyukai Anda

Anda tidak dapat membuat semua orang menyukai Anda. Jangan merasa bertanggung jawab atas perasaan orang lain terhadap Anda.

Sebaik apapun Anda memperlakukan orang lain, pasti akan tetap ada orang yang tidak menyukai Anda tanpa alasan.

Ada sebuah kisah, di mana seorang kakek sedang berjalan dengan cucunya dan seekor keledai.

Kakek dan cucunya berjalan beriringan dengan keledainya. Kemudian mereka melewati sebuah desa dan warga desa berkomentar

“Bodoh sekali mereka, mereka mempunyai keledai tetapi tidak ditunggangi”.

 

Karena komentar tersebut, akhirnya kakek tersebut membiarkan cucunya menunggangi keledai tersebut.

Mereka melanjutkan perjalanan, kemudian melewati sebuah desa yang lain. Warga desa tersebut berkomentar:

“Kasihan sekali si kakek harus berjalan jauh, sementara cucunya enak-enakan menunggangi keledai”

 

Karena komentar tersebut, akhirnya kakek menunggangi keledai dan cucunya berjalan.

Pikirkan Terus 5 Hal Ini Bagi Anda yang Tidak Percaya Diri dan Minder! Ayo Bangkit 03 Finansialku

[Baca Juga: 17 Cara Meningkatkan Kualitas Hidup Agar Selalu Sukses]

 

Mereka melanjutkan perjalanan, kemudian melewati sebuah desa yang lain. Warga desa tersebut berkomentar:

“Enak sekali si kakek duduk di atas keledai, sementara cucunya yang masih kecil itu harus berjalan jauh”.

 

Dari cerita di atas dapat dilihat bahwa si kakek tidak dapat membuat semua senang. Akan ada terus komentar yang dilontarkan oleh orang lain.

Maka dari itu, jangan terlalu memikirkan perasaan dan perlakuan orang lain terhadap Anda. Memikirkannya hanya akan membuat Anda stres dan minder.

Daripada sibuk memikirkan orang yang tidak menyukai Anda, lebih baik Anda fokus pada orang yang mendukung Anda dan membahagiakan mereka sebisa Anda.

 

#5 Tekankan Kata-kata yang Memotivasi Anda

Memotivasi diri Anda sendiri akan membuat Anda merasa lebih baik. Anda dapat berdiri didepan cermin, menatap diri Anda didalam cermin dan berkata hal positif dan memotivasi dengan penuh keyakinan.

Beberapa contoh perkataan yang dapat Anda katakan:

“Aku berharga. Bahkan saat seluruh dunia menganggapku rendah. Aku tetap berharga”

“Aku hebat. Bahkan saat tak banyak yang menyadari, dan menganggap ku tak bisa. Aku yakin aku pasti bisa!”

“Aku kuat. Dengan semua masalah yang terjadi, tangis yang telah banyak mengalir. Aku kuat dan dapat melaluinya”

 

Anda dapat menyampaikan kata-kata positif lainnya yang dapat memotivasi Anda, mengingatkan bahwa diri Anda berharga, serta menguatkan Anda. Sehingga tidak ada alasan bagi Anda untuk merasa minder lagi.

 

Setiap Orang itu Berharga

Minder memang terkadang menghampiri kita dan membuat kita lemah. Tetapi kita bisa mengatasi minder tersebut. Kita memiliki orang-orang di sekitar kita yang akan selalu mendukung kita.

Setiap kita dibekali dengan bakat dan kemampuan khusus yang dapat kita asah dan kembangkan.

Kemampuan tersebut berbeda setiap orangnya, sehingga tidak perlu kita membandingkan diri dengan orang lain. Yang terpenting adalah kita melakukan yang terbaik dalam menjalani kehidupan kita.

Hal yang perlu kita ingat juga, kita tidak bertanggung jawab terhadap perasaan orang lain dan membuat semua orang menyukai kita. Terlepas dari pendapat orang lain, kita adalah pribadi yang berharga dan unik.

Kita harus mencintai diri sendiri dan memotivasi diri kita sendiri. Menjadi percaya diri dan melawan perasaan minder memang tidak mudah.

Percayalah bahwa Anda bisa! Anda berharga! Anda dapat menjadi pribadi yang lebih baik dan percaya diri dengan setiap kelebihan dan kekurangan yang Anda miliki.

 

Apakah artikel di atas membantu Anda dalam mengatasi perasaan minder dan tidak percaya diri? Apakah ada pengalaman Anda dalam mengatasi perasaan minder?

Anda dapat membagikan kisah Anda, memberikan pendapat, dan memberikan tips lainnya dengan memberikan komentar pada kolom komentar dibawah ini.

 

Sumber Referensi:

  • Ninna Lestari Afiati. Mudah Merasa Minder? Tekankan 5 Hal Ini Pada Diri Sendiri. Idntimes.com https://goo.gl/Ahe2Cv
  • Admin. 31 Agustus 2017. Teori Kepercayaan Diri (Self-Confidence)-Faktor. Dosenpsikologi.com https://goo.gl/Qz23Gr
  • Rina Ulwia. 01 Oktober 2015. 4 Faktor Penyebab Minder. Aquariuslearning.co.id https://goo.gl/hBRJr8

 

Sumber Gambar:

  • Overconfidence – https://goo.gl/XqGdiZ
  • Minder – https://goo.gl/Wr5GMr
  • Kisah kakek dan kedelai – https://goo.gl/76n7gy