Apakah Anda sedang kebingungan untuk mencari dana pendidikan? Apakah Anda tertarik mengajukan pinjaman dana pendidikan untuk kuliah?

Jika Anda menjawab pertanyaan di atas dengan jawaban “ya”, maka Anda akan terbantu dengan membaca artikel berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Biaya yang Harus Dikeluarkan Saat Kuliah

Bila Anda sudah pernah mengalami kehidupan saat kuliah, pasti Anda tahu betul bahwa pada saat kuliah banyak biaya yang harus dikeluarkan.

Tidak seperti saat kita berada di bangku sekolah SD, SMP maupun SMA. Pengeluaran untuk biaya sekolah pun hanya sebatas uang bulanan dan uang jajan untuk jajan sehari-hari, yang mungkin nominalnya masih kecil.

Kalau sudah menginjak masa kuliah, pasti Anda membutuhkan uang jajan yang lebih besar daripada saat Anda masih duduk di bangku SMA.

Belum lagi jika ada dosen yang memberikan tugas dadakan, lalu kita harus print tugas di tempat print atau fotokopi, kalau tugasnya banyak, pasti uang untuk print nya pun banyak.

Misalnya juga, dosen memberikan kita modul untuk dipelajari, pasti satu modul seperti satu buku. Kebayang kan fotokopi satu buku harganya berapa?

Apalagi kalau misalnya, dalam sehari ada 4 mata kuliah dan semua dosen memberikan modul yang semuanya harus dan wajib untuk difotokopi. Pasti kita akan mengeluarkan uang yang lebih banyak pada satu hari.

Ketika kita akan menginjak semester akhir dengan adanya magang, penelitian, maupun menulis skripsi, pasti mengeluarkan uang untuk kebutuhan yang tidak terduga seperti itu.

Jika Anda hanya menabung dengan memperkirakan uang bulanan dan mungkin uang jajan yang hanya dilebihkan 50% dari saat duduk di bangku sekolah SMA, uang tersebut tidak akan cukup untuk memenuhi kebutuhan tak terduga seperti itu.

Menyiapkan-Biaya-Kuliah-2-Finansialku

[Baca Juga: Apakah Perlu Mahasiswa Mencatat Pengeluaran? Ini Rahasianya!]

 

Salah seorang klien saya pernah bercerita mengenai anaknya yang sedang berkuliah. Beliau bercerita bahwa memang banyak sekali biaya yang tidak terduga yang harus dikeluarkan.

Beliau pun berencana untuk mengajukan pinjaman dana pendidikan untuk kuliah. Beliau pun bertanya apakah tidak berdampak apa-apa jika menggunakan pinjaman untuk dana pendidikan?

Saya pun menjawab bahwa tidak akan berdampak berat dalam hidup klien saya, jika ia tahu cara yang tepat saat mengajukan pinjaman untuk dana pendidikan.

 

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku 

Download Sekarang

 

Berikut adalah tips-tips bagaimana mengajukan dana pinjaman yang tidak akan membuat Anda merasa berat dengan penambahan utang untuk dana pendidikan.

 

Tips Mengajukan Dana Pendidikan

Pinjaman dana pendidikan ini sebenarnya sudah sangat populer di negara-negara maju. Pinjaman dana pendidikan ini, yang biasanya disebut student loan merupakan skema pinjaman yang ditujukan bagi mahasiswa.

Biaya pendidikan itu sendiri, seperti yang sudah saya jelaskan sebelumnya, tidak hanya uang kuliah yang wajib dibayar setiap semester, tetapi juga biaya pendidikan dan biaya hidup.

 

Iklan Banner Perencanaan Dana Kuliah Anak - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Di Indonesia sendiri, pinjaman dana pendidikan bagi mahasiswa baru dikeluarkan wacananya oleh Presiden Joko Widodo pada 15 Maret 2018.

Tujuan dari program pinjaman dana pendidikan ini sendiri adalah untuk memperbaiki taraf pendidikan di dalam negeri dengan cara meningkatkan angka partisipasi kasar pendidikan tinggi.

Fakta mirisnya, hanya 8,15% dari total penduduk Indonesia yang berusia 15 tahun ke atas yang berhasil menyelesaikan pendidikannya ke tingkat perguruan tinggi.

Persentase penduduk berusia 15 tahun ke atas dengan tingkat ekonom atas yang menamatkan perguruan tinggi lebih besar 17x lipat dibanding kelompok yang sama pada tingkat ekonomi terbawah.

Angka partisipasi kasar Indonesia hanya mencapai 31 persen, tergolong rendah jika dibandingkan negara-negara ASEAN lainnya seperti Singapura (78%) atau Malaysia (38%).

Apakah Boleh Saya Mengajukan Pinjaman Dana Pendidikan untuk Kuliah 02 - Finansialku

[Baca Juga: Anak Saya Bisa Sekolah Sampai Lulus Kuliah? #UangDarimana?]

 

Angka partisipasi kasar ini menunjukkan jumlah partisipasi penduduk yang tengah mengenyam pendidikan sesuai jenjang pendidikannya.

Jika angka partisipasi kasar ini rendah, menunjukkan masih banyak penduduk yang tidak bisa melanjutkan pendidikannya dengan berbagai macam alasan, salah satunya adalah alasan biaya.

Dengan dicetuskan wacana untuk membuat pinjaman dana pendidikan, diharapkan dapat mencetak sumber daya manusia dengan standar yang diharapkan oleh pemerintah.

Jika Anda ingin mengajukan pinjaman dana pendidikan, Anda sebaiknya melakukan hal-hal berikut ini agar pinjaman Anda tidak memberatkan Anda pada nantinya.

 

#1 Konsultasi Dengan Para Ahli

Jika Anda tertarik mengajukan pinjaman dana pendidikan, hal yang harus Anda lakukan pertama kali adalah berkonsultasi dengan ahlinya.

Anda pasti memerlukan informasi lebih banyak mengenai produk pinjaman dana pendidikan yang akan Anda gunakan, Anda dapat berkonsultasi dengan ahli keuangan, perencana keuangan, atau bisa berkonsultasi online dengan pihak institusi pemberi pinjaman.

Jika Anda memiliki bantuan, silakan hubungi tim Finansialku melalui aplikasi yang bisa Anda download sekarang juga.

 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Setelah Anda berkonsultasi, Anda pasti akan disarankan menurut kemampuan Anda. Anda tidak akan disarankan ke suatu hal yang akan menjerumuskan Anda.

Anda pun harus mengerti bagaimana syarat dan ketentuan dalam mengajukan pinjaman dana pendidikan tersebut. Anda juga harus aktif bertanya tentang pinjaman dana pendidikan yang akan Anda gunakan.

Dengan semakin mengerti Anda terhadap produk, Anda pasti tidak akan terbebani saat Anda mulai meminjam. Anda pun menjadi lebih tahu bahwa produk yang Anda gunakan akan menguntungkan Anda.

 

#2 Menghitung Biaya Pendidikan untuk Mengetahui Jumlah Pinjaman

Setelah Anda berkonsultasi dengan ahlinya, selanjutnya Anda menghitung kebutuhan biaya pendidikan yang Anda akan pinjam.

Seperti yang telah disebut di atas, Anda harus memperhitungkan uang kuliah per bulan, uang untuk kebutuhan kuliah dan biaya hidup.

Umumnya, Anda akan memproyeksikan kebutuhan pendidikan untuk 8 semester.

Masih Kuliah, Belum Punya Gaji Ingin Beli Macbook Pro 2 - Finansialku

[Baca Juga: Hitung Biaya Pendidikan untuk Kuliah Kelas Karyawan dengan Aplikasi Keuangan Finansialku]

 

Jika Anda membutuhkan dana untuk kurang dari 8 semester, maka perhitungannya pun akan berbeda. Semakin cepat anak Anda atau Anda lulus, maka akan semakin kecil pula biaya pinjaman Anda.

Semakin lama Anda atau anak Anda lulus, tentunya, biaya yang harus dikeluarkan pun akan semakin besar. Gunakan waktu secara tepat agar Anda lulus tepat waktu.

 

Anda pun harus ingat untuk menyesuaikan jumlah pinjaman uang yang dibutuhkan dengan kemampuan dari penghasilan yang Anda dapatkan agar saat mengangsur, pembayaran tidak terlalu besar dan menghindari adanya utang yang tak bisa dilunasi.

 

Iklan Banner Perencanaan Dana Kuliah Anak - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

#3 Membandingkan Produk

Setelah Anda mengetahui besaran dana yang Anda butuhkan untuk meminjam, langkah selanjutnya adalah membandingkan produk.

Anda membandingkan produk peminjaman, baik dari bank maupun non-bank, bagaimana skemanya, bunganya, cara pembayaran, dan syaratnya.

Jika Anda tertarik dengan meminjam pinjaman dana pendidikan di bank, Anda harus mengetahui kelebihan dan kekurangan meminjam di bank, di bawah ini:

 

Kelebihan dan Kekurangan Meminjam di Bank

KelebihanKekurangan
  • Bunga Rendah
  • Kredibilitas tinggi
  • Proses pengajuan pinjaman cukup panjang dan memakan waktu
  • Skema peminjaman dan pengembalian kaku
  • Hanya terbatas menyediakan pinjaman dana

 

Berikut adalah kelebihan dan kekurangan meminjam pinjaman dana pendidikan di penyedia jasa pinjaman non-bank:

 

Kelebihan dan Kekurangan Meminjam di Non-Bank

KelebihanKekurangan
  • Proses pengajuan lebih cepat dan mudah
  • Skema peminjaman dan pengembalian fleksibel
  • Beberapa menyediakan program pengembangan profesional
  • Bunga relatif tinggi
  • Belum se-kredibel perbankan

 

Anda kini sudah mengetahui keuntungan dan kekurangan meminjam di bank dan di non-bank.

Anda dapat mencari referensi lain, ingat segala bentuk pinjaman yang Anda gunakan harus diawasi oleh OJK.

 

Iklan Banner Online Course Yuk Buat Sendiri Rencana Keuangan Anda - Finansialku 728 x 90

Iklan Banner Online Course Yuk Buat Sendiri Rencana Keuangan Anda - Finansialku 336 x 280

#4 Konsekuensi

Sekarang Anda sudah memilih menggunakan pinjaman dana pendidikan. Selanjutnya, Anda harus menjadi orang yang disiplin dalam membayar pinjaman tersebut.

Anda dapat membuat sebuah jadwal pembayaran dan alokasikan juga dana yang akan dipakai untuk membayar pinjaman tersebut.

Semua hal tersebut bertujuan untuk memudahkan Anda dalam membayar cicilan Anda dan Anda pun tidak akan merasa terbebani dengan utang yang baru.

 

Rencanakan Pendidikan Anda Sekarang

Meminjam atau tidak meminjam, Anda tetap harus merencanakan dana pendidikan Anda atau untuk anak Anda.

Hal ini dilakukan, agar Anda tidak menyesal saat Anda tahu sekolah yang Anda tuju ternyata mahal dan dana pendidikan yang Anda siapkan kurang atau tidak mencukupinya.

Jika memang Anda ingin meminjam, pastikan Anda sudah berkonsultasi dan sudah Anda perhitungkan ke depannya.

 

Setelah membaca artikel ini, saya yakin Anda telah mengetahui tips mengajukan pinjaman dana pendidikan dengan benar.

Bagikan informasi ini kepada teman atau saudara Anda yang belum mengetahui tentang tips mengajukan dana pendidikan dengan benar. Semoga bermanfaat!

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 7 Juni 2018. Semua yang Perlu Kamu Ketahui Tentang Pinjaman Dana Pendidikan di Indonesia. Youthmanual.com – https://goo.gl/BQ6mh3
  • Riru Anggraheni Eka Rimandasari. 26 Maret 2018. Solusi dan Pilihan Pinjam Uang Tanpa Jaminan Untuk Mahasiswa. Halomoney.co.id – https://goo.gl/Ffkx9H

 

Sumber Gambar:

  • Mengajukan Pinjaman Dana Pendidikan – https://goo.gl/Kag8BB
  • Pinjaman Dana Pendidikan – https://goo.gl/PZQmi4