Pinjaman online menjadi pilihan jitu ketika kamu membutuhkan dana cepat. Lalu, bagaimana agar pengajuan pinjaman cepat disetujui?

Simak pembahasan Finansialku yang pastinya akan berguna untuk kamu!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Pinjaman Online dan Citranya

Belakangan, masyarakat mulai terbuka dengan hal-hal baru, termasuk dalam hal keuangan. Salah satu bentuk terobosan yang bermunculan adalah pinjaman online.

Sesuai namanya, pinjaman online memungkinkan kamu mendapatkan sejumlah uang melalui platform daring untuk kebutuhan tertentu.

Ketika ingin mengajukan pinjaman, sebaiknya kamu memilih fintech yang terdaftar di OJK. Selain legal, kamu juga akan terhindar dari tindak pidana penipuan.

5 Tips Ampuh Biar Pinjaman Online Cepat Disetujui! Waspada Ya! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Jangan Tertipu! Ini Daftar Pinjaman Online Ilegal Terbaru 2020]

 

Dengan terdaftar di OJK, artinya perusahaan juga telah bersedia mematuhi peraturan perundang-undangan dan terikat. Sehingga kamu akan mendapat sejumlah hak, seperti perlindungan konsumen.

Kemunculan fintech ternyata tak hanya dipandang dari sisi positif. Banyak pihak yang masih sanksi dengan kredibilitas lembaga ini karena banyaknya kasus yang melibatkan oknum fintech.

Tapi, kamu tak perlu khawatir. Sebab, tak semua penyedia jasa pinjaman online bereputasi demikian. Perusahaan yang terdaftar di OJK dipastikan akan bekerja sebagaimana mestinya.

 

5 Tips Agar Pinjaman Online Cepat Disetujui

Berikut tips yang bisa kamu ikuti agar pengajuan pinjamanmu cepat disetujui:

 

#1 Pahami Syarat dan Ketentuan yang Ada

Sebelum bertanya ini itu kepada costumer service, sebaiknya kamu membaca semua syarat dan ketentuan dengan cermat.

Baik, rasanya membaca masih menjadi hal yang agak melelahkan bagi sebagian masyarakat. Padahal, banyak poin penting yang ditulis di sana.

Kamu perlu memahami setiap kalimat dengan saksama, termasuk jika ada tanda bintang satu, bintang dua, dan sebagainya. Umumnya tanda seperti itu digunakan untuk menyematkan keterangan tambahan.

Jika ada hal kurang kamu pahami, barulah tanyakan ke costumer service. Bukankah menyenangkan bisa meringankan pekerjaan orang lain?

5 Tips Ampuh Biar Pinjaman Online Cepat Disetujui! Waspada Ya! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Awas! Pinjaman Online Ilegal Berkedok Koperasi Simpan Pinjam!]

 

#2 Menyerahkan Data yang Diminta dengan Teliti dan Sesuai Ketentuan

Bagaimana data yang sesuai ketentuan? Tentu saja harus lengkap, berurutan sesuai permintaan perusahaan, serta terbaca.

Umumnya, Fintech tidak meminta berkas berupa scan, melainkan foto. Ingat, jangan sampai foto KTP-mu buram.

 

#3 Perhatikan Track Record Kreditmu

Fintech akan meminta bukti track record kredit di bank lain untuk memastikan bahwa kamu adalah orang yang bisa dipercaya. Maka, pastikan kamu tidak punya masalah dengan hal tersebut.

Biasanya, jika mereka melihat sesuatu yang tidak beres, seperti keterlambatan pembayaran di bank atau lewat tanggal periode, mereka akan menolak pengajuanmu.

Selain itu, jika kamu bermasalah dengan kartu kredit, ada kemungkinan kamu juga akan ditolak. Utang kartu kredit biasanya dibagi menjadi 5 kualitas, yakni lancar, dalam perhatian khusus, kurang lancar, diragukan, dan macet.

Agar dapat disetujui, pastikan tagihanmu tidak mencapai status kurang lancar. Atau, secara umum, pastikan kamu tak memiliki masalah dengan lembaga keuangan lain.

 

#4 Pertimbangkan Dampak Jangka Panjang

Utang piutang kadang tidak sesederhana meminjam dan mengembalikan uang, terlebih jika nominalnya cukup besar.

Misal, kamu akan mengajukan pinjaman sebesar Rp 5 juta, maka kamu juga harus mempertimbangkan beberapa hal, seperti besaran pendapatan per bulan, tenor, sampai kebutuhan yang harus kamu penuhi.

Hal tersebut berguna agar kamu tak kesulitan saat melakukan pelunasan.

Sebelum menyetujui pengajuan, biasanya perusahaan akan menilai kekuatan ekonomimu untuk memperkirakan kemampuan melunasi cicilan. Jadi, pastikan hanya mengajukan pinjaman untuk hal-hal produktif, ya!

 

 

#5 Ajukan Kredit Melalui Peer to Peer Lending yang Terpercaya

Di bank, proses pengajuan kredit biasanya lebih rumit karena melalui proses verifikasi yang panjang. Sehingga, banyak calon debitur yang gagal, terutama dari kalangan UMKM dan perseorangan.

Pengajuan pinjaman melalui koperasi juga tak membantu banyak. Sebab, pencairan tidak bisa terlalu besar.

Keluar dari dua opsi tersebut, peer to peer lending muncul dan memungkinkan pengajuan pinjaman secara daring.

Pihak P2P Lending akan mempertemukan kamu dengan kreditur sehingga kedua pihak sama-sama diuntungkan. Proses bisa berlangsung secara daring dengan memperhatikan asas yang disepakati.

 

Pinjam Ketika Perlu, Bukan Ketika Mau

Mengajukan pinjaman online tergolong lebih singkat dibanding di bank. Kendati begitu, masa tenornya lebih singkat.

Sebaiknya, kredit yang kamu ajukan dipakai untuk keperluan produktif. Kamu bisa memulai bisnis kecil yang berpotensi bisa membantu keuanganmu.

Jika sebelumnya kamu berpikir mengajukan utang untuk beli barang mewah, maka urungkan saja niat itu. Sebab, utang bukan media yang tepat untuk berbelanja.

5 Tips Ampuh Biar Pinjaman Online Cepat Disetujui! Waspada Ya! 03 - Finansialku

[Baca Juga: Pinjaman Online Konvensional vs Syariah, Pilih Mana?]

 

Oleh karena itu, merencanakan keuangan memang perlu dilakukan agar keuangan. Kamu perlu mencatat dan merencanakan keuangan kamu agar kamu mengetahui ke mana saja uang kamu habiskan.

Kamu bisa mencatatnya dengan aplikasi Finansialku. Aplikasi ini adalah aplikasi perencanaan keuangan pertama di Indonesia yang sudah terdaftar OJK.

Kamu juga bisa merencanakan keuangan dan berkonsultasi dengan ahli keuangan untuk mendapat rekomendasi tepat sesuai dengan keuangan kamu. Yuk, download aplikasinya sekarang.

playstore icon
appstore icon

 

Itulah beberapa tips agar pinjaman online kamu cepat disetujui. Tapi jangan lupa untuk tetap berhati-hati agar kamu tidak terjerat pinjaman bodong, ya. Semoga artikel ini bermanfaat. Terima kasih.

 

Download Sekarang! Ebook PERENCANAAN KEUANGAN Untuk USIA 30-an, GRATIS!

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Sumber Referensi:

  • Estin Vanadianti. 26 Juni 2020. Perbedaan Pinjaman Online Legal dan Ilegal, Calon Nasabah Wajib Tahu! Cekaja.com – https://bit.ly/32lGq9r
  • R Quiserto. 10 Pinjaman Online Cepat Langsung Cair dari Fintech (2019 2020 Update Terbaru). Duwitmu.com – https://bit.ly/2Cb9vtf
  • R Quiserto. 10 Trik Pinjaman Online Pribadi Perorangan Terbaik 2019 2020. Duwitmu.com – https://bit.ly/38UiV8t
  • Rizko. 28 Mei 2018. Tips Anti Gagal Dalam Mengajukan Pinjaman Online. Modalrakyat.id – https://bit.ly/304M1OE

 

Sumber Gambar:

  • Pinjaman 1 – https://bit.ly/3f3D11H
  • Pinjaman 2 – https://bit.ly/3f8K8Wo
  • Pinjaman 3 – https://bit.ly/308Bao6