Bukan hanya transportasi atau belanja online, tetapi pinjaman pun saat ini bisa dilakukan secara online. Pernah dengar istilah Pinjol (pinjaman online)?

Online, online, dan online, segala sesuatu berbasis online kian diminati masyarakat karena dinilai lebih praktis dan efisien dari segi waktu.

Yuk, simak artikel berikut!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Teka Teki Silang Seputar Pinjaman Online

Sebelum kita mengupas tuntas tentang pinjaman online atau pinjol, supaya lebih seru coba cek pengetahuan kamu tentang pinjol lewat teka teki silang yang harus kamu isi berikut ini:

 

YUK ISI TTS

 

Bagaimana hasil TTS kamu? Apakah kamu sudah cukup memahami tentang pinjaman online? Berapa banyak yang salah dan yang betulnya nih?

Jika belum cukup menguasainya jangan khawatir, karena artikel ini akan mengupas tuntas tentang pinjaman online. Check it out!

 

Mengenal Pinjol di Era Financial Technology

Masih asing dengan istilah pinjol?

Beberapa waktu lalu, pinjol ramai diperbincangkan karena lembaga-lembaga keuangan berlomba menciptakan inovasi di tengah perkembangan dunia keuangan ke arah Financial Technology (Fintech).

Inovasi yang diciptakan lahir melalui penerapan teknologi pada sistem transaksi sehingga dapat diakses secara aman kapanpun dan dimanapun melalui gadget nasabah sebagai bentuk pelayanan terbaiknya.

Definisi Fintech Adalah 02 - Finansialku

[Baca Juga: WASPADA Dengan Modus Pinjaman Online! Jangan Sampai Terjadi Kepada Anda!]

 

Mengenai pinjol sendiri, adalah layanan fasilitas kredit atau pinjaman uang yang prosesnya dapat dilakukan secara online.

Melihat dari prosesnya, dinilai lebih mudah dan cepat dibandingkan pengajuan fasilitas kredit tanpa agunan (KTA) atau personal loans lainnya yang ditawarkan lembaga keuangan seperti bank.

Hanya saja, nominal yang diberikan dalam pinjol ini memang tidak besar tapi setidaknya dapat membantu kamu ketika memerlukan kebutuhan uang yang mendesak atau mendadak.

Meski prosesnya tergolong cepat, tetap ada beberapa persyaratan yang harus dilengkapi.

Meski terlihat menguntungkan, tapi kamu perlu berhati-hati dalam menyikapi pinjol ini, salah satunya dengan memilih dan memastikan situs atau perusahaan yang terpercaya.

Selain itu, kamu juga perlu mengetahui bahwa biasanya suku bunga yang ditawarkan untuk pinjol lebih tinggi dibandingkan kredit di bank, disertai dengan tenor atau jangka waktu peminjaman yang lebih singkat.

 

Penyedia Layanan Pinjol

Jika kamu penasaran dengan sistem pinjol ini, telah banyak situs atau perusahaan start up yang memfasilitasi layanan pinjol. Beberapa diantaranya sebagai berikut:

 

#1 Tokopedia

Sudah familiar dengan Tokopedia? Biasanya apa yang kamu lakukan di platform ini? Jual beli online?

Nah, for your information saat ini Tokopedia menyediakan fasilitas Pinjol dengan tenor maksimal 96 bulan dan nominal maksimal 200 juta rupiah, untuk pinjaman berupa kredit dengan agunan maupun kredit tanpa agunan.

Tokopedia pun bermitra dengan sejumlah bank dan lembaga keuangan di Indonesia untuk penyediaan fasilitas pinjaman maupun asuransi.

 

#2 UangTeman

UangTeman adalah bisnis kelolaan PT Digital Alpha Indonesia yang diawasi oleh OJK. UangTeman sebagai situs penyedia layanan pinjol dengan tenor pendek, yaitu antara 10 sampai dengan 30 hari.

UangTeman menyediakan pinjaman baik untuk keperluan konsumtif ataupun bisnis dengan maksimal pinjaman Rp6.000.000.

Pinjaman di UangTeman tidak membutuhkan jaminan dan tidak mempersyaratkan kartu kredit, dengan proses pengajuan kredit sampai pencairan selama 3 hari kerja.

 

#3 Tunaiku

Pasti tidak asing kan dengan Tunaiku?

Yup, situs yang berada di bawah pengelolaan PT Bank Amar Indonesia menyediakan layanan pinjaman uang online tanpa agunan dengan nominal maksimal Rp20.000.000 dan tenor maksimal 20 bulan untuk tujuan konsumtif dan produktif.

Kelebihannya situs ini juga turut diawasi oleh OJK lho

 

Inilah Syarat, Cara Pengajuan, dan Aturan Pembayaran Pinjol

Pinjol seringkali jadi pilihan masyarakat yang memerlukan kebutuhan uang tunai secara mendesak. Umumnya pinjaman yang diajukan adalah kredit konsumtif dan kredit produktif dengan jangka waktu yang pendek.

Apa Alasan Orang Rela Antre Untuk Apply Pinjaman KTA ke Bank 02 - Finansialku

[Baca Juga: Masih Bingung Mau Menggunakan Pinjaman Online untuk Modal Bisnis? 7 Hal Ini Harus Anda Pertimbangkan]

 

Syarat Pinjol

Meski terbilang praktis karena kamu tidak perlu datang ke bank atau lembaga keuangan, tetap saja ada beberapa persyaratan yang harus dipenuhi, antara lain:

  1. Usia minimal 21 tahun, dan memiliki KTP.
  2. Warga Negara Indonesia.
  3. Memiliki rekening bank.
  4. Mengisi data pribadi yang akurat.
  5. Menyertakan dokumen pendukung, di antaranya adalah slip gaji atau Surat Keterangan Usaha.
  6. Beberapa situs/aplikasi juga akan meminta kamu untuk meng-upload foto selfie.

 

Sesuai dengan namanya bahwa pinjaman ini dilakukan secara online, maka kamu bisa mengajukan syarat tersebut melalui situs ataupun aplikasi dengan mengikuti prosedur dan langkah-langkah yang tertera di situs ataupun aplikasi.

 

Cara Pengajuan Pinjol

Berikut ini beberapa langkah sederhana buat kamu yang berminat melakukan pinjol:

  1. Kunjungi situs atau install aplikasi pinjaman uang online yang kamu inginkan.
  2. Isi form online kemudian input jumlah dan tenor pinjaman yang kamu inginkan.
  3. Pilih proses pembayaran/pelunasan pinjaman kamu
  4. Selesaikan proses pengajuan dan tunggu notifikasi mengenai proses verifikasi paling lambat 3×24 jam sejak kamu mengajukan pinjaman uang online.
  5. Setelah diverifikasi, kamu akan diminta untuk menandatangani kontrak, selanjutnya dana akan ditransfer ke rekening kamu. Simple kan?

 

Aturan Pembayaran Pinjol

Oh iya, setelah kamu menerima dana yang ditransfer melalui pinjol, kamu jangan terlena begitu saja sampai lupa membayar cicilan dan bunga pinjaman ya.

Dari tenor bervariasi yang kamu pilih baik itu harian, bulanan, atau tahunan, ada bunga pinjaman di dalamnya yang harus ikut dibayarkan.

Khawatirnya jika kamu tidak mengikuti jadwal pembayaran yang sudah ditetapkan atau jatuh tempo, akan dikenakan denda sesuai dengan kebijakan perusahaan pemberi pinjaman.

Tapi, jika di tengah masa tenor ternyata kamu mempunyai rezeki lebih dan berniat untuk melunasi sebelum masa tenor habis, kamu tetap bisa melakukan pengembalian lebih cepat tanpa dikenakan biaya penalti.

Jika kamu berniat mengajukan pinjol kembali, harus menunggu beberapa hari setelah melakukan pelunasan pinjaman sesuai dengan kebijakan perusahaan pemberi pinjaman untuk dapat mengajukan pinjaman selanjutnya.

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Perhatikan Untung dan Rugi Pinjaman Online

Ibarat dua sisi mata uang, ada keuntungan dan kerugian dari layanan inovatif ini. Jika kamu tidak berhati-hati, bukannya untung malah rugi yang kamu dapatkan.

Pinjaman Dana Darurat 02 - Finansialku

[Baca Juga: 5+ Cara Jitu Keluar Dari Pinjol Pinjaman Online (Dari Kisah Nyata)]

 

So, sebelum mengajukan pinjol sebaiknya perhatikan sisi untung dan ruginya berikut ini:

 

Keuntungan Pinjol

  1. Pinjol menjadi solusi untuk kamu yang memerlukan dana dalam waktu cepat,
  2. Proses pengajuan dilakukan secara online, jadi kamu tidak perlu repot mendatangi merchant atau kantor cabang untuk mengajukan pinjaman uang.
  3. Persyaratan relatif sederhana dan tidak sulit.

 

Kerugian Pinjol

  1. Pinjol memiliki tenor pendek, artinya kamu harus segera menyediakan uang untuk pengembalian pinjaman sebelum tanggal jatuh tempo.
  2. Apabila kamu membayar terlambat, akan dikenakan denda yang cukup besar.
  3. Bunga pinjaman cenderung lebih tinggi dibandingkan pinjaman uang di bank.
  4. Jumlah dana yang dapat dipinjam lebih kecil dibandingkan pinjaman uang di bank.

 

Pertimbangkan Prioritas dan Kemampuan saat Mengajukan Pinjol

Inovasi yang lahir dari perkembangan dunia keuangan patut diapresiasi, tapi bukan berarti pinjol ini membawa habit kurang baik karena kamu menganggap bahwa untuk mendapatkan uang tunai tidaklah sulit prosesnya.

Sebaiknya, kembali pada prioritas dan kebutuhan kamu sebelum mengajukan pinjaman online. Prioritas ini harus sejalan dengan kemampuan kamu dalam membayar cicilannya. So, be wise yaa….

Oh iya, kamu bisa membaca ebook Perencanaan Keuangan untuk usia 20 an dari Finansialku di bawah ini secara GRATIS, agar kamu bisa lebih baik dalam merencanakan dan mengatur keuangan, selamat membaca.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku 

Download Sekarang

 

Sudahkah kamu memahami apa itu pinjol? Kalo kamu masih bingung, jangan ragu untuk bertanya di kolom komentar.

Jangan lupa bagikan konten ini supaya bermanfaat untuk banyak orang. Terima kasih!

 

Sumber Gambar:

  • Pinjaman Online 1 – http://bit.ly/2UnhXZK
  • Pinjaman Online 2 – http://bit.ly/2GofWbP