Pemegang lisensi Pizza Hut di Amerika Serikat bangkrut dengan beban utang Rp 14,3 triliun di tengah pandemi ini.

Yuk simak informasi selengkapnya dalam artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Dihantam Covid-19, Pizza Hut di AS Bangkrut!

Pemegang lisensi terbesar dari waralaba restoran Pizza Hut di Amerika Serikat, NPC International Inc., mengajukan bangkrut akibat penjualan yang anjlok drastis selama pandemi virus corona atau Covid-19.

NPC International merupakan franchisee terbesar dari konsep restoran mana pun di AS, berdasarkan jumlah lokasi. Perusahaan telah lama menjadi tulang punggung komunitas waralaba Pizza Hut.

Berdasarkan berita yang tersebar, perusahaan tersebut mengajukan proteksi kebangkrutan Chapter 11 di pengadilan Distrik Selatan Texas pada hari Rabu kemarin, 1 Juli 2020.

Untuk diketahui, NPC, yang didirikan pada tahun 1962 mengoperasikan 1.227 gerai Pizza Hut dan 393 gerai Wendy’s di seluruh AS.

NPC dan Pizza Hut tengah berjuang di tengah meningkatnya biaya tenaga kerja dan makanan sambil mencoba memperluas jangkauan layanan pengiriman.

Perusahaan yang berbasis di Overland Park, Kansas tersebut juga tengah menghadapi persaingan ketat dari sejumlah restoran lain seperti Domino’s Pizza Inc. dan Papa John’s International Inc.

Melansir dari Katadata, Jumat (03/02) NPC juga memiliki beban utang mencapai US$ 1 miliar atau sekitar Rp 14,3 triliun.

Sebelum Nyemplung, Ketahui Dulu Fakta Waralaba Pizza Hut Ini 00 - Finansialku

[Baca Juga: Kena PHK? Ini Peluang & Tips Bisnis Sumber Penghasilan Barumu]

 

Sementara itu, pengelola gerai gerai Pizza Hut di Indonesia, Saham PT Sarimelati Kencana Tbk. (PZZA), turut terpengaruh kabar buruk dari AS.

Harga saham PZZA pada Kamis (02/07) turun hingga 6,88% menyentuh harga Rp 745 per saham. Harga tersebut, merupakan harga terendah dalam sebulan terakhir sehingga nilai kapitalisasi pasarnya menjadi Rp 2,25 triliun.

Saham ini diperdagangkan dengan total volume sebanyak 1,9 juta unit saham, di mana nilai transaksinya mencapai Rp 1,45 miliar yang berasal dari 613 kali kegiatan jual-beli.

Namun, investor asing mencatatkan pembelian pada saham ini dengan nilai bersih Rp 123,77 juta di pasar reguler.

Dengan penurunan saham berkode emiten PZZA kemarin, membuat saham ini turun hingga 15,82% dalam sepekan terakhir. Meski begitu, dalam tiga bulan terakhir, saham Pizza Hut masih menguat hingga 39,25%.

Direktur Sarimelati Kencana, Jeo Sasanto menjelaskan kebangkrutan yang dialami NPC Internasional tidak menggambarkan keseluruhan bisnis Pizza Hut. Pasalnya, NPC Internasional merupakan satu dari beberapa waralaba di AS dan bukan headquarter (kantor pusat) Pizza Hut.

Meski begitu, dirinya tak menampik perlambatan pertumbuhan bisnis Pizza Hut di AS akibat pandemi Covid-19.

Keadaan ini, katanya, kontras dengan pertumbuhan pesat Pizza Hut di negara-negara Asia dan Afrika, termasuk Indonesia.

“Secara umum, bisnis Pizza Hut di AS memang sedang mengalami perlambatan pertumbuhan, tetapi di beberapa bagian dunia lainnya sedang mengalami pertumbuhan yg pesat terutama di Asia & Afrika, termasuk di Indonesia,” katanya sebagaimana mengutip CNN Indonesia, Jumat (03/07).

 

GRATISSS Download!!! Ebook Perencanaan Keuangan Entrepreneur & Freelance

Mockup ebook entrepreneur dan freelancer

Download Ebook Sekarang

 

Tetap Sebarkan Semangat Di Situasi Melelahkan Ini

Ekonomi menjadi salah satu dampak terbesar dari pandemi Covid-19 ini. Banyak orang yang harus kehilangan mata pencaharian, bahkan kehabisan uang mereka untuk bertahan hidup.

Sobat Finansialku, Finansialku membutuhkan bantuan Anda untuk sama-sama mengulurkan tangan, bergotong royong dalam membantu saudara-saudara kita yang ekonominya terdampak langsung oleh virus corona.

Mereka tidak bisa hidup tanpa bantuan kita!

Oleh karena itu, mari kita tanggalkan ego, bersama-sama membantu meringankan beban mereka dengan memisahkan sebagian kekayaan kita untuk berdonasi bersama Finansialku. Tekan tombol di bawah ini, terima kasih!

Finansialku Bangun Empati Di Tengah Pandemi(1)

KLIK DI SINI UNTUK DONASI

 

Bagaimana menurutmu, Sobat Finansialku tentang artikel di atas? Kamu bisa berbagi pandanganmu tentang artikel di atas lewat kolom komentar di bawah ini.

Sebarkan informasi ini seluas-luasnya lewat berbagai platform yang tersedia, agar kawan atau sanak-saudaramu tahu apa yang kamu ketahui. Semoga bermanfaat, ya!

 

Sumber Referensi:

  • Aulia Damayanti. 02 Juli 2020. PizzaHut Terancam Bangkrut. Detik.com – https://bit.ly/31E2mfq
  • Ihya Ulum Aldin. 02 Juli 2020. PizzaHut di AS Bangkrut, Waralaba di Indonesia Masih Kantongi Laba. Katadata.co.id – https://bit.ly/31BIfi1
  • Admin. 03 Juli 2020. Pemegang Lisensi PizzaHut di AS Bangkrut, Bagaimana Nasib di RI? Tempo.co – https://bit.ly/2CW7eCf
  • Admin. 02 Juli 2020. Pizza HutIndonesia Bantah Isu Bangkrut dan Ajukan Pailit. Cnnindonesia.com – https://bit.ly/2ZBFydw

 

Sumber Gambar:

  • PizzaHut Bangkrut – https://bit.ly/2AvxJ0I