Walau kamu mungkin kena PHK, peluang dan tips bisnis ini bisa kamu lakukan untuk jadi sumber penghasilan. Siapa tahu bisnismu akan jadi besar.

Informasi selengkapnya, dapat dibaca dalam artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Berikut ini Tips dan Peluang Bisnis saat Kena PHK

Di masa pandemi virus corona ini banyak dari para pekerja terkena imbasnya, salah satunya kena PHK.

Pemutusan Hak Kerja, sebagaimana yang kita tahu, merupakan mimpi buruk. Tetapi ada banyak cara untuk mengatasinya.

Bagi mereka yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) sudah sepatutnya mendapat pesangon sesuai dengan peraturan dari pemerintah.

Nah, jika pesangon tersebut mau diolah buat menjalankan bisnis, kira-kira apa yang bisa digarap?

Pakar digital marketing Dewa Eka Prayoga atau Dewa Selling berbagi tips berbisnis dengan uang pesangon.

Pertama, memulai usaha setelah PHK harus menggunakan strategi minim risiko.

“Misalnya jangan mengeluarkan budget lebih besar atau tempat besar. Jualin saja produk orang lain dulu daftar jadi reseller,” katanya sebagaimana dikutip dari detik.com, Jumat (26/06).

Kedua, hindari risiko penumpukan stok dan hasil produksi. Misalnya dengan menawarkan jasa menjual barang.

“Kita hindari dulu sektor produksi, fokus jualan dulu, jadi dropship kek, broker kek, makelar kek jadi tidak keluar uang banyak dulu,” jelasnya.

Kena PHK_ Ini Peluang & Tips Bisnis Sumber Penghasilan Barumu 02

[Baca Juga: 6 Peluang Usaha Menguntungkan Selama Pandemi Corona]

 

Selain itu juga, hal tersebut dapat meminimalkan kerugian karena bisa menjual produk tanpa modal yang besar.

“Kalau jadi reseller itu kita ambil barang harganya Rp 100 ribu lalu jual Rp 125 ribu. Kalau jual 10 ya dapat Rp 250 ribu,” jelasnya.

Nah, jika kamu ingin tahu lebih jelasnya pekerjaan dan ide usaha apa aja yang bisa kamu lakukan dengan uang pesangon, berikut peluangnya;

 

#1 Bisnis Makanan

Bisnis makanan merupakan hal termudah yang dapat kamu lakukan. Apalagi di era sekarang ini kamu bisa menjajakan jualanmu kepada kawan dan memintanya untuk mempromosikan makanannya lewat fitur Instastory.

Dalam berbinis, setahu saya, kita harus peka terhadap peluang yang ada atau bisa ikut pada tren yang lagi rame. Akhir-akhir ini pudding sedang menjadi salah satu kudapan yang disukai banyak orang, lho.

Oh iya, usahakan untuk mengiklankan makanan yang akan kamu jual dengan sentuhan estetika pada fotonya. Milenial tentu saja terpikat dengan hal ini. Tetapi ingat, rasa harus ada di nomor teratas.

 

#2 Buka Kedai Kopi

Uang pesangon bisa kamu alihkan untuk buka kedai kopi. Orang Indonesia termasuk jenis homo sapiens yang suka kopi dan nongkrong. Kamu dapat mengambil peluang itu.

Menurut Bob Sadino, bisnis yang bagus adalah bisnis “yang dijalankan” bukan ditanya-tanya terus. Masukan-masukan seputar bisnis tentu akan datang dari berbagai pihak.

Tetapi yang sering luput dari masukan dan diskusi untuk membuka bisnis adalah mengelola keuangan secara tepat. Padahal, keduanya saling berkaitan.

Sebelum memulai berbisnis, ada baiknya kamu mengalihkan sebagian uang pesangon pada Dana Darurat.

Agar perhitungannya jelas dan tertata kamu bisa manfaatkan aplikasi Finansialku yang tersedia di Google Play Store dan Apple Apps Store!

Fungsi dari dana darurat ini secara finansial bisa kamu menyelamatkanmu jika keadaan benar-benar terdesak.

Selain mengatur anggaran baik per hari atau per bulannya sesuai dengan kategori tertentu, kamu juga dapat memanfaatkan fitur konsultasi keuangan dalam aplikasi Finansialku untuk berdiskusi dengan para ahli keuangan, tentunya.

Konsultasi dengan Perencana Keuangan kami bisa diakses selama satu tahun penuh dengan upgrade akun Finansialku ke akun premium seharga Rp 350 ribu.

Mahal? Enggak juga lho. Harga tersebut sama dengan menyisihkan kurang dari SERIBU rupiah untuk pengaturan keuangan praktis dan lengkap seperti kamu menggunakan jasa Financial Planner di luar sana.

Lebih hemat lagi dengan promo potong Rp 50 ribu dengan memasukkan kode CUAN50 saat kamu upgrade premium. Ayo catat kodenya!

 

#3 Jualan Kuota Internet

Selama pandemi banyak orang yang bekerja dan sekolah di rumah saja. Tentunya, hal tersebut mendukung bisnis berbasis daring atau online.

Sebagaimana yang kita tahu, banyak orang yang membutuhkan kuota lebih daripada hari biasanya agar tetap dapat melakukan aktivitasnya secara online di rumah.

Nah, di saat momen seperti ini kamu bisa berjualan kuota internet. Berjualan kuota internet bisa dengan modal yang terbilang kecil 3-5 juta rupiah juga cukup. Lumayan kan kamu mendapatkan tambahan penghasilan tanpa perlu kerja ribet.

 

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala Karyawan

Mockup Ebook Karyawan

Download Ebook Sekarang

 

Empati Di Tengah Pandemi

Sobat Finansialku, saat ini alam sedang menguji solidaritas manusia di muka bumi. Sebagian dari kita, harus diuji kesabarannya dengan tempaan dari kiri dan kanan.

Inilah saatnya! Kita perlu membuktikan pada alam akan keseriusan kita dalam membantu sesama.

Sobat Finansialku bisa membuktikannya melalui donasi bersama Finansialku, yaitu dengan menekan tombol di bawah ini sekarang. Terima kasih :)

Finansialku Bangun Empati Di Tengah Pandemi

KLIK DI SINI UNTUK DONASI

 

Bagikan setiap artikel Finansialku kepada rekan atau kenalan yang membutuhkan!

Jika membutuhkan bantuan berupa solusi jitu tentang mengatur keuangan pribadi bisnis atau keluarga, kamu dapat menghubungi Konsultan Perencana Keuangan Finansialku.

Semoga bermanfaat, ya.

 

Sumber Referensi:

  • Sylke Febrina Laucereno. 3 Tips Mulai Bisnis Pakai Duit Pesangon. Detik.com – https://bit.ly/2Z6sD38
  • Dita Atasa. 28 April 2020. 6 Ide usaha ini bisa kamu lakukan di tengah marak PHK & sepi lowongan. Brilio.net – https://bit.ly/2BKpLRi
  • Admin. Catat! 10 Bisnis Setelah PHK yang Menjanjikan. Accurate.partner – https://bit.ly/2BcZv27

 

Sumber Gambar:

  • Peluang dan Tips Bisnis 01 – https://bit.ly/2Ny4MEc
  • Peluang dan Tips Bisnis 02 – https://bit.ly/2Ze51cL