Bebas Keuangan (Financial Freedom) adalah mimpi atau tujuan yang diinginkan oleh banyak orang. Pernakah terpikir membuat sebuah rencana atau planning untuk bebas keuangan (financial freedom)? Finansialku akan membahas rencana atau planning untuk bebas keuangan (financial freedom).

financial_freedom Planning untuk Bebas Keuangan (Financial Freedom)

 

Bebas Keuangan (Financial Freedom)

Apa itu bebas keuangan (financial freedom)? Tetunya banyak pandangan mengenai definisi bebas keuangan (financial freedom). Salah satunya adalah pendapat dari Kim Kiyosaki. Kim adalah istri Robert Kiyosaki (seorang penulis buku, entrepreneur dan investor real estate di Amerika). Kim menuliskan kebebasan keuangan (financial freedom) tidak hanya memiliki uang dalam jumlah besar. Kebebasan keuangan (financial freedom) adalah menjadi diri sendiri yang sebenarnya dan melakukan apa yang benar-benar diinginkan dalam kehidupan. Kim dalam situsnya menuliskan bahwa banyak dari orang melakukan peran yang sebenarnya tidak diinginkan, tidak dapat menikmati (dalam arti sesungguhnya) apa yang telah didapat.

Apakah keuntungan jika Kita dapat bebas keuangan? Menurut Kim keuntungan yang Kita dapat jika bisa bebas keuangan adalah menjadi seseorang yang lebih kuat, senang dan sukses.. Lalu bagaimana cara menjadi orang yang bebas keuangan? Kim menegaskan, jika Kita ingin menjadi bebas keuangan (financial freedom), Kita harus menjadi seseorang yang berbeda dari Kita yang sekarang dan membiarkan diri Kita untuk tumbuh, melakukan perbaikan dan meningkatkan keukuatan emosional serta spiritual.

0x600 belajar keuangan pribadi

[Baca juga : Mengatur Budget Liburan Akhir Tahun]

 

Apakah memiliki uang banyak bisa disebut bebas keuangan? Robert Kiyosaki dan Istrinya – Kim, setuju seseorang yang memiliki uang banyak belum tentu bebas keuangan (financial freedom). Pernakah Anda melihat seorang yang memiliki jabatan direktur atau manajer disuatu perusahaan bekerja lebih dari 8 jam sehari, 7 hari seminggu dan menjadi orang yang benar-benar sibuk dan tidak memiliki waktu yang cukup banyak untuk menjalankan impiannya dan keluarganya? Diakui cukup menyedihkan tetapi hal itu adalah kenyataan yang ada.

Penulis pernah membaca sebuah pendekatan yang dilakukan oleh pakar keuangan bernama Van K. Tharp yang menyarankan untuk membuat rencana untuk bebas keuangan (tentunya sebagai tambahan dari rencana keuangan – financial plan). Nah bagaimana pendekatan yang dilakukan oleh Van K. Tharp?

 

Menghitung Kebutuhan untuk Bebas Keuangan (Financial Freedom)

Van K. Tharp dalam bukunya yang berjudul Safe Strategies for Financial Freedom menunjukkan cara untuk melakukan perhitungan kebutuhan bebas keuangan. Berikut ini cara melakukan perhitungannya.

9780071421478 Planning untuk Bebas Keuangan (Financial Freedom)

Step 1  Lakukan pencatatan keuangan untuk mengetahui berapa jumlah pengeluaran bulanan Kita.

Step 2 Buat langkah untuk Bebas Keuangan (Financial Freedom). Ide dasarnya adalah membuat aset Kita (property, investasi, bisnis waralaba dan lainnya) mendatangkan arus kas bulanan untuk menutupi biaya bulanan Kita.

Planning untuk Bebas Keuangan (Financial Freedom)

sumber: Safe Strategies for Financial Freedom, halaman 11

Gunakan sumber-sumber yang Anda pikir mungkin untuk menghasilkan pendapatan pasif.

lebih-menguntungkan-bisnis-waralaba-atau-bisnis-sendiri-2-finansialku

[Baca juga : 5 Jenis Pendapatan Pasif]

 

Van K. Tharp dalam bukunya mengatakan untuk menjadi seorang yang bebas keuangan (financial freedom) tidak perlu memiliki uang ratusan milliard Rupiah. Menurut Tharp seseorang dapat menjadi bebas keuangan (financial freedom) jika pendapatan pasifnya bisa lebih besar atau sama dengan pengeluaran bulanannya.

Penulis setuju dengan pandangan Kim dan Tharp dalam hal bebas keuangan (financial freedom). Apabila dalah tahapan awal Kita belum memiliki property yang bisa disewa, investasi saham, bisnis waralaba apa yang harus Kita lakukan? Mau tidak mau jika ingin menjadi bebas keuangan (financial freedom), Kita harus mulai mengumpulkan aset yang dapat menghasilkan pendapatan pasif (passive income).

 

Kami akan sangat berterima kasih jika Anda mau berbagi atau sharing mengenai strategi-strategi Anda untuk menuju kebebasan keuangan (financial freedom). 

 

 

Jangan lupa baca artikel-artikel Finansialku:

finansialku

Investasi ETF (Exchange Trade Fund) di Indonesia

Baca
finansialku

Pendanaan Online untuk Bisnis Online

Baca
finansialku

Mengatur Budget Liburan Akhir Tahun

Baca
finansialku

8 Resolusi Keuangan di Tahun Baru

Baca
finansialku

Apakah Bijak Investasi Bitcoin ?

Baca

Baca