Tidak kerasa sudah masuk bulan Desember, artinya sebentar lagi liburan akhir tahun. Sudahkah Anda mempersiapkan rencana liburan akhir tahun? Bagi yang sudah atau masih mencari-cari, Finansialku akan membagi tips mengenai mengatur budget liburan akhir tahun.

Mengatur Budget Liburan Akhir Tahun HolidayTravel

 

4 Tips Mengatur Budget Liburan Akhir Tahun

Hal terpenting pada saat liburan akhir tahun adalah kebahagian berkumpul bersama keluarga, saudara atau teman-teman. Selain itu satu hal yang perlu diperhatikan adalah biaya jangan sampai merusak kondisi kesehatan keuangan Kita. Nah kira-kira bagaimana cara mempersiapkan dana berlibur yang tetap menyenangkan, sekaligus enak di dompet.

 

Tips 1 Liburan Akhir Tahun: Jangan Pelit saat Buat Budget

Kesalahan orang pada umumnya dalam membuat budget atau anggaran adalah meminimasi budget. Apakah hal ini bijak? Jawabannya tergantung kondisi, tetapi yang jelas kembali ke basic: Apakah tujuan Anda melakukan libur akhir tahun? Kalau tujuannya untuk kesenangan, kebahagian atau kebersamaan maka jangan pelit atau jangan ngepres anggaran. Jangan sampai sudah keluar uang untuk liburan akhir tahun tetapi kebahagiaan tidak didapat.

Mengatur Budget Liburan Akhir Tahun cheap-family-holidays-from-ireland

[Baca juga : Cara Hemat Untuk Liburan Natal dan Tahun Baru yang Perlu Anda Coba]

 

Tips 2 Liburan Akhir Tahun: Manfaatkan Keuntungan yang Ada

Tips kedua adalah memanfaatkan segala keuntungan atau kemudahan yang ada. Satu hal yang jelas akhir tahun adalah saat-saat yang high season. Apa yang terjadi saat high-season? Tentu saja harga hotel mahal, harga tempat bermain mahal dan segala-galanya menjadi lebih mahal saat high season. Tapi disisi lainn banyak jasa penyedia perjalanan (travel agent), operator pesawat, perbankan dan lainnya membuat promosi-promosi. Salah satunya adalah beli paket liburan akhir tahun yang sedang diskon, gunakan kartu kredit untuk mendapatkan poin rewards (hati-hati gunakan kartu kredit tidak sama dengan liburan akhir tahun dengan berutang) dan sebagainya.

 

Tips 3 Liburan Akhir Tahun: Siapkan sejak Sekarang

Walaupun sudah mepet tidak ada salahnya Kita memulai membuat rencana, mau pergi kemana, mau ketempat wisata apa dan persiapan dananya. Hitung perkiraan seluruh dana yang perlu dipersiapkan untuk liburan akhir tahun dan kemudian mulai mencari sumber pendanaan? Contoh: Ada beberapa penyedia jasa perjalanan yang memberikan promo 10 get 1 free (beli 10 gratis 1), nah ini dapat Anda gunakan untuk mendapatkan jalan-jalan gratis, mengikuti progam volunteer holidays, memanfaatkan airline loyalty cards atau cara-cara kreatif lainnya.

 

Tips 4 Liburan Akhir Tahun: Jangan Berutang untuk Berlibur

Statement agak keras, jangan berutang untuk berlibur. Pikirkan beberapa kali kenikmatan yang dihadapi dalam berlibur dan utang yang harus ditanggung. Jangan sampai menyesal setelah dikemudian hari karena telah mengambil utang konsumsi. Sangat disesalkan jika liburan telah usai, namun cicilan tetap berjalan.

Mengatur Budget Liburan Akhir Tahun vacation

Kesimpulan
 

Berikut ini 4 tips mengatur budget untuk liburan akhir tahun:

  1. Jangan Pelit saat Buat Budget
  2. Manfaatkan Keuntungan yang Ada
  3. Siapkan sejak Sekarang
  4. Jangan Berutang untuk Berlibur

 

 

Kami akan sangat senang jika Anda mau berbagi pengalaman Anda mengenaii ide kreatif liburan akhir tahun. Semoga Kami semua dapat belajar dari pengalaman Anda. Terima kasih.

 

Artikel-artikel Finansialku terkait dengan liburan:

finansialkuLiburan Senang Dompet AmanBaca
finansialkuBagaimana Merencanakan Biaya Liburan?Baca
finansialkuDana Berlibur Ke ChinaBaca

 

Jangan lupa baca artikel-artikel Finansialku:

finansialku8 Resolusi Keuangan di Tahun BaruBaca
finansialkuApakah Bijak Investasi Bitcoin ?Baca
finansialkuInvestasi Saham OnlineBaca