Sobat Finansialku mungkin pernah dengar istilah portofolio investasi. Tapi, apa sih itu? Seberapa penting pengaruhnya dalam investasi?

Finansialku akan bahas untuk kalian semua. Check this out!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Pentingnya Peran Portofolio Investasi

Mungkin beberapa dari kalian yang sudah mulai berinvestasi, akan sering mendengarkan kata portofolio investasi.

Portofolio investasi secara sederhana bisa disebut sebagai kumpulan aset investasi, bisa berupa deposito, obligasi, emas, properti, saham dan sebagainya.

Portofolio ini menjadi aspek yang cukup penting dalam berinvestasi, karena portofolio ini akan menentukan bunga atau return yang kamu inginkan agar investasi kamu bisa lebih optimal.

Selanjutnya ada lagi yang disebut dengan manajemen portofolio, yaitu cara mengelola kumpulan aset untuk mencapai tujuan investasi.

Hal tersebut juga berperan penting, karena tujuan investasi adalah mendapatkan keuntungan yang maksimal dengan tingkat risiko yang seminim mungkin.

Oleh sebab itu, perlu dilakukan manajemen portofolio dengan baik agar risiko yang kita hadapi saat berinvestasi bisa diminimalkan, salah satunya dengan cara diversifikasi investasi.

 

Ebook GRATIS, Panduan Praktis INVESTASI REKSA DANA PERTAMA Kamu!

5 Panduan Praktis Investasi Reksadana Pertama

 

Jangan Cuma Satu Investasi

“Don’t put your eggs in one basket”

Dalam dunia investasi, sebaiknya Anda tidak menempatkan semua modal Anda hanya dalam satu instrument investasi saja.

Hal ini disebabkan jika Anda hanya menempatkan semua modal dalam satu instrument investasi ― let say di saham, ketika terjadi sesuatu yang mengakibatkan pasar modal menjadi drop, maka sangat berpotensi nilai modal yang kamu investasikan akan menurun atau bahkan menjadi lenyap dalam seketika.

Seberapa Penting Peran Portofolio Investasi

[Baca Juga: Saatnya Diversifikasi Portofolio dengan Alternatif Investasi]

 

Untuk hindari hal tersebut, maka kita perlu melakukan diversifikasi dalam berinvestasi ke beberapa instrumen yang berbeda.

Akan tetapi, instrumen investasi sangat banyak jenisnya, contohnya ada deposito, obligasi, saham, P2P Lending, reksa dana, emas, properti dan lainnya.

Cara kita memilih instrumen investasi yang tepat menjadi penting, agar bisa memastikan return yang kita inginkan tetap bisa tercapai.

Untuk menambah pengetahuan mengenai instrument investasi, yuk gabung dengan komunitas ini agar Anda mendapatkan informasi lebih lengkap dengan anggota lainnya. Gabung di sini, ya.

 

Gabung Sekarang! Komunitas BELAJAR SAHAM Finansialku

komunitas saham

SAYA MAU JOIN

 

Dalam manajemen portofolio investasi, kita juga harus memperhatikan alokasi aset. Alokasi aset yang baik adalah kunci keberhasilan jangka panjang dari setiap portofolio investasi.

Pada dasarnya, alokasi aset adalah bagaimana Anda membagi investasi di antara jenis aset yang berbeda.

Variasi aset yang sangat banyak dan memiliki tingkat risiko serta keuntungan yang berbeda akan menimbulkan reaksi yang berbeda pula terhadap kondisi pasar dan ekonomi yang berubah.

Misalnya sebuah portofolio investasi (portofolio A) dengan alokasi aset yang lebih besar ke instrumen seperti deposito (misal 40%), obligasi (40%) dan saham (20%) kinerjanya akan jauh lebih baik dalam kondisi pasar yang buruk dibandingkan dengan portofolio dengan alokasi aset saham yang lebih tinggi.

Namun kinerja portofolio A akan lebih buruk di bandingkan dengan portofolio saham 100% jika kondisi pasar sedang bullish (kondisi pangsa pasar yang baik).

 

Nah, itulah pentingnya portofolio investasi dalam kegiatan berinvestasi. Jika Anda memiliki pertanyaan atau pengalaman seputar portofolio investasi, tuliskan dalam komentar di bawah ini.

Jangan lupa juga untuk membagikan informasi ini pada Sobat Finansialku lainnya, terima kasih.

 

 

Sumber Referensi

  • Admin. Mengenal Portofolio dan Risiko Investasi. Crmsindonesia.org – https://bit.ly/3kCwoGh
  • Niko Ramadhani. 08 Januari 2019. Pahami 4 Hal Ini Dalam P ortofolio Investasi! Akseleran.co.id – https://bit.ly/36IwV4m
  • Aturduit. 17 November 2014. Mengenali Pentingnya Alokasi Aset. Marketing.co.id – https://bit.ly/3kymKEI

 

Sumber Gambar:

  • Investasi 1 – https://bit.ly/3lOgREV