Jangan sampai ketinggalan, pendaftaran kartu prakerja gelombang 5 bakal dibuka hari ini!

Ketahui informasi selengkapnya di berita Finansialku di bawah ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Pendaftaran Prakerja Gelombang 5 Bakal Dibuka Siang Hari Ini

Hari ini, Sabtu (15/08) bakal dibuka pendaftaran prakerja gelombang 5 pukul 12.00 siang nanti, setelah pendaftaran gelombang 4 ditutup pada Rabu (12/08) kemarin.

“Pendaftaran gelombang 5 akan dibuka pada hari Sabtu, 15 Agustus 2020, pukul 12.00 WIB. Mereka yang belum menjadi penerima kartu prakerja dapat mendaftar di gelombang 5.” Kata Head of Communications Manajemen Pelaksana Program Kartu Prakerja, Louisa Tuhatu, sebagaimana dikutip laman kompas.com, Sabtu (15/08).

 

Sama seperti dengan gelombang-gelombang sebelumnya, kuota di pendaftaran prakerja gelombang 5 ini dibuka sebanyak 800.000 orang.

800.000 orang calon penerima bantuan ini adalah mereka yang termasuk ke dalam daftar penerima prioritas.

“Ada banyak faktor, kami juga memperhitungkan daftar prioritas yang diberikan oleh Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker) dan BPJS Ketenagakerjaan.” Ucapnya, dikutip laman kompas.com, Kamis (13/08).

Akhirnya! Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 4 Resmi Dibuka! 02

[Baca Juga: Jokowi Keluarkan Aturan Baru Kartu Prakerja, Simak Di Sini!]

 

Sebelumnya, pada pendaftaran program kartu prakerja gelombang 4 yang dibuka sejak Sabtu (08/08) minggu kemarin, sudah tercatat lebih dari 1,2 orang yang mendaftarkan diri, termasuk mereka yang menjadi penerima prioritas.

“Sampai penutupan gelombang 4 kemarin jumlah pendaftar sudah lebih dari 1,2 juta orang. Angka tepatnya belum bisa kami berikan karena masih dilakukan rekonsiliasi.” Ungkap Louisa, dikutip laman yang sama.

 

Adapun, bagi yang dinyatakan belum lolos pada gelombang sebelumnya, kali ini tidak perlu melewati proses seperti biasanya, hanya perlu menekan tombol “Mau Ikut Gelombang Kelima.”

 

Sementara untuk pendaftar yang belum pernah mendaftarkan diri sebelumnya, akan dihadapkan pada beberapa persyaratan yang berbeda dengan sebelumnya.

Jika pada gelombang sebelumnya, pendaftar baru diharuskan untuk melampirkan swafoto bersama KTP, kini pendaftar harus memasukkan NIK dan nomor KK.

“Jadi, dulu ada NIK dan foto wajah saja. Kalau sekarang harus pakai KK. KK pendaftar harus ada NIK-nya, tidak boleh ada NIK saja, tapi KK-nya berbeda.” Lanjut Louisa.

Fix! Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 4 Dibuka Hari Ini - Finansialku

[Baca Juga: Kabar Baik! Pemerintah Akan Beri Bantuan Modal kerja Untuk UMKM]

 

Berikut adalah cara daftar kartu prakerja bagi yang pertama kali mendaftarkan diri:

  • Kunjungi situs https://www.prakerja.go.id/
  • Pilih menu Daftar Sekarang, kemudian masukkan nama lengkap, e-mail aktif, dan kata sandi baru
  • Setelah itu, cek kotak masuk Klik tautan yang diberikan untuk melakukan konfirmasi akun.
  • Setelah konfirmasi akun berhasil, Anda bisa langsung login menggunakan akun tersebut.
  • Setelah berhasil masuk, Anda harus melengkapi data diri, termasuk nomor KTP dan tanggal lahir sesuai KTP, alamat domisili, pendidikan, status pekerjaan, foto KTP dan nomor KK.
  • Masukkan nomor telepon dan kode OTP yang dikirim lewat SMS.
  • Setelah itu, Anda tinggal mengikuti Tes Motivasi dan Kemampuan Dasar. Jangan lupa untuk menyiapkan alat tulis, ya.
  • Setelah selesai mengikuti tes, silakan tunggu pemberitahuan dari pihak kartu prakerja lewat e-mail.

 

Apakah Sobat Finansialku sudah siap untuk mendaftarkan diri? Biasanya, apa persiapan yang dilakukan? Bagikan cerita persiapan ala Sobat Finansialku, di kolom komentar, yuk!

Jangan lupa untuk membagikan informasi ini pada rekan-rekan yang membutuhkan secepatnya, agar bisa turut mendapatkan kesempatan untuk ikut daftar kartu prakerja gelombang 5.

 

Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala KARYAWAN

Download Sekarang, GRATISSS!!!

Mockup Ebook Karyawan

Download Ebook Sekarang

 

Sumber Referensi:

  • Retia Kartika Dewi. 13 Agustus 2020. Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 5 Dibuka 15 Agustus 2020, Kuota 800.000 Peserta. Kompas.com – https://bit.ly/30V8izZ
  • Aini Tartinia. 14 Agustus 2020. Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 5 Dibuka Mulai Besok. Ayobandung.com – https://bit.ly/3iJnGFK
  • Yantina Debora. 14 Agustus 2020. Prakerja Gelombang 5 Dibuka 15 Agustus 2020 Pukul 12.00 WIB. Tirto.id – https://bit.ly/2Flx8k1
  • Ahmad Naufal Dzulfaroh. 15 Agustus 2020. Hari Ini, Pendaftaran Kartu Prakerja Gelombang 5 Dibuka. Kompas.com – https://bit.ly/2PRaxxZ