Mau tahu cara mudah buat program affiliate marketing yang pasalnya merupakan program pemasaran terbaik?

Jika kamu menganggap affiliate marketing itu sulit, coba deh simak ulasan Finansialku berikut ini. Dijamin pandanganmu akan affiliate marketing akan berubah.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Kenali Dahulu Apa itu Affiliate Marketing

Jadi, apa sih sebenarnya affiliate marketing itu? Affiliate marketing merupakan sebuah jenis pemasaran dimana perusahaan pemilik produk (affiliate merchant) memasarkan produknya dengan melibatkan pihak ketiga (affiliate marketer).

Dalam hal ini, perusahaan dapat menjadi affiliate marketer atau membayar jasa affiliate marketer lain.

Affiliate marketing  disebut-sebut sebagai salah satu program pemasaran terbaik karena tidak ada risiko dalam program ini.

Sebagai affiliate merchant, Anda hanya membayar setelah hasil dikirimkan atau setelah affiliate marketer berhasil menjual produk.

Cara Mudah Buat Program Affiliate Marketing yang Berhasil 02

 [Baca Juga: Cara Mudah Membuat Judul Video YouTube Agar Mengundang Banyak Viewers]

 

Singkatnya, dengan menggunakan program affiliate marketing, Anda setuju untuk membayar biaya rujukan kepada mitra afiliasi Anda untuk setiap prospek atau penjualan yang dihasilkan.

Ada banyak program afiliasi yang tersedia saat ini, jadi penting untuk membuat program afiliasi Anda menonjol dan menarik perhatian affiliate marketer profesional.

Bagaimana cara buat program affiliate marketing yang menarik ini?

 

Cara Mudah Buat Program Affiliate Marketing

Seperti telah diungkapkan sebelumnya, ada banyak kreativitas dalam program affiliate marketing ini. Jadi, kita perlu berinovasi agar program affiliate marketing kita lebih menonjol dan menarik dibandingkan pesaing.

Bagaimana caranya? Berikut cara mudah buat program affiliate marketing yang berhasil dari Finansialku:

 

#1 Klaim Pasar Khusus

Sasar pasar khusus (niche market), Jangan mencoba menjual semuanya kepada semua orang. Ini adalah cara tercepat untuk gagal.

Setelah Anda mengklaim pasar khusus Anda dan menemukan situs web yang memiliki pemirsa yang tertarik dengan pasar Anda, Anda akan ingin mencari mitra yang sudah berhasil membangun traffic dan bisa mendapatkan  keuntungan dari penawaran afiliasi Anda.

Perlu diingat penawaran Anda harus sama-sama menguntungkan bagi Anda dan mitra afiliasi Anda.

 

#2 Termukan Affiliate Marketer Yang Berkualitas

Memulai sebuah program afiliasi tidaklah sulit, tetapi menemukan afiliasi berkualitas baik yang dapat membantu dalam menjalankan bisnis dapat menjadi tantangan.

Dalam afiliasi yang terpenting adalah menjaga hubungan, mereka hanya akan mempromosikan produk dan layanan dengan bisnis yang mereka percayai.

Intinya begitu Anda mendapatkan mitra, Anda ingin merawat mereka dengan baik.

Berkomunikasilah dengan menyambut mereka di program afiliasi Anda, kirimkan pembaruan tentang penambahan atau perubahan produk.

Cara Mudah Buat Program Affiliate Marketing yang Berhasil 03

[Baca Juga: Bagaimana Cara Menambah Komentar Dari Viewers pada Video Blog YouTube Kamu?]

 

Beri mereka tip dan saran tentang bagaimana menjadi sukses dalam memasarkan produk Anda. Yang terpenting, selalu bayar mereka tepat waktu.

Jangan berpuas diri hanya karena Anda memiliki beberapa mitra yang baik; Anda tidak pernah tahu kapan mereka akan memutuskan untuk berpindah. Lindungi diri dengan secara aktif merekrut mitra baru.

Anda dapat menemukan mitra baru dengan mengiklankan program afiliasi Anda di situs web Anda, daftar atau beriklan di direktori afiliasi, atau dengan menghubungi afiliasi potensial secara langsung.

 

#3 Menemukan Teknologi yang Tepat

Saat membangun program, Anda harus menemukan teknologi yang akan melacak penjualan afiliasi secara akurat, tetapi bahkan lebih dari itu, sistemnya haruslah mudah digunakan.

Jika terlalu rumit dan tidak memberikan pelaporan yang akurat, afiliasi akan gagal. Jadi mulailah mencari teknologi yang sesuai dengan kebutuhan Anda dan affiliate marketer.

 

#4 Investasi Waktu

Pemasaran afiliasi bukanlah solusi plug-and-play yang tidak membutuhkan investasi waktu.

Anda perlu menginvestasikan waktu ke dalam program Anda untuk menyiapkannya, merekrut afiliasi, dan kemudian memberikan manajemen afiliasi yang berkelanjutan.

Anda akan menemukan bahwa sebagian besar waktu Anda akan dihabiskan untuk menjaga hubungan afiliasi ini, menyelesaikan masalah, dan mengelola ekspektasi.

 

Ebook Perencanaan Keuangan ENTREPRENEUR & FREELANCE

Download Sekarang, GRATISSS!!!

Mockup ebook entrepreneur dan freelancer

Download Ebook Sekarang

 

#5 Transparan Tentang Taktik dan Strategi

Cara mudah menyukseskan program afiliasi Anda adalah dengan bersikap transparan. Tentunya Anda tidak ingin menghancurkan program afiliasi Anda dengan taktik pemasaran Anda sendiri bukan?

Ingatlah bahwa afiliasi mendorong banyak bisnis melalui search marketing. Jika Anda berdua bersaing pada kata kunci yang sama, sering kali hal ini dapat menimbulkan masalah.

Misalnya, jika Anda tidak ingin mereka menawar istilah merek Anda, jelaskan hal ini di awal program.

 

Yuk Bangun Program Affiliate Marketing yang Berhasil

Semoga 5 tips tadi bermanfaat bagi Anda yang sedang kebingungan membangun program affiliate marketing.

Satu hal yang harus Anda ingat, program pemasaran afiliasi yang sukses membutuhkan waktu untuk dibangun, tetapi dengan sedikit usaha, program ini dapat meningkatkan penjualan internet Anda secara nyata.

Artinya, program afiliasi ini memang membutuhkan banyak usaha, namun hasilnya akan sepadan dengan usahanya.

Jadi jangan anggap proses ini menghabiskan waktu, namun anggap sebagai sebuah investasi waktu dan keuangan terbaik dalam rencana pemasaran Anda.

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai cara mudah buat program affiliate marketing lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah.

Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Laura Lake. 2 Desember 2019. How to Create a Successful Affiliate Marketing Program. Thebalancesmb.com – https://bit.ly/32pk4SJ
  • Pengertian Afiliasi dan Contohnya. Pengertianmenurutparaahli.net – https://bit.ly/2Eq372o
  • Admin. 21 Novermber 2019. Mengenal Apa itu Afiliasi (Affiliate): Defenisi, Keunggulan, Manfaat, Cara Kerja. Idcloudhost.com – https://bit.ly/3gBDSre

 

Sumber Gambar:

  • Afiliasi Marketing 01 – https://bit.ly/2EDVSDH
  • Afiliasi Marketing 02 – https://bit.ly/3lh8HVr
  • Afiliasi Marketing 03 – https://bit.ly/3hIkYjP