Jumlah subscriber bukanlah satu-satunya hal yang penting dalam mengembangkan channel YouTube. Masih banyak faktor lain seperti jumlah likes atau komentar yang memungkinkan kamu berinteraksi dengan viewers. Selain itu, dengan adanya komentar viewers, kamu bisa menerima feedbacks yang sesuai dengan keinginan dan minat viewers. Mau tahu bagaimana cara menambah komentar dari viewers pada video blog YouTube kamu? Check this out!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Komentar adalah Bentuk Kepedulian Viewers

Pernahkah seorang kerabat atau orangtua memberi komentar atau kritik pedas terhadap penampilan atau kelakuanmu? Komentar tersebut bukanlah tanda kebencian, namun bentuk kepedulian mereka terhadapmu. Begitu pula halnya dengan komentar viewers. Jika mereka tidak tertarik dengan vlog tersebut, buat apa mereka repot-repot meninggalkan komentar? Viewers meninggalkan komentar untuk menunjukkan kepeduliannya, baik dalam bentuk kritik, saran, pertanyaan, atau pernyataan dan support.

Bagaimana Cara Menambah Komentar Dari Viewers pada Video Blog YouTube Kamu 02 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Membuat Vlog Profesional dan Efektif?]

 

Jika kamu membuat sebuah channel YouTube dan tidak mempedulikan komentar viewers, maka artinya kamu membatasi interaksi dengan viewers dan tidak membiarkan mereka terlibat. Ujung-ujungnya viewers kecewa dan tidak lagi mengikuti vlog kamu. Oleh karena itu, mulailah meningkatkan komunikasi dan interaksi dengan cara menambah komentar pada video blog YouTube kamu. Bagaimana caranya? Melalui artikel ini, Finansialku akan menjabarkan beberapa tips bagaimana cara menambah komentar viewers di channel YouTube kamu.

 

#1 Libatkanlah Viewers dalam Vlog

YouTube merupakan situs yang memungkinkan Anda membagikan dan menonton video dari seluruh dunia dengan mudah. Dengan kata lain, YouTube merupakan sebuah komunitas yang menggabungkan para vlogger dan viewers di seluruh dunia. Dalam sebuah komunitas, adanya interaksi sangatlah penting. Kamu membuat sebuah video blog bukan hanya untuk bercerita, tetapi untuk berinteraksi dengan viewers sebagai awal dari komunikasi.

Coba deh kamu bayangkan, jika kamu menjadi fans seorang penyanyi tampan dan kamu gemar mengirimkan surat. Jika suatu hari ia membalas suratmu, kamu akan merasa sangat bahagia dan ingin memberikan support lebih baginya bukan? Nah, serupa halnya dengan vlog, viewers akan merasa terlibat dengan adanya komunikasi dua arah.

Tips dan Trik Membangun Nama Channel Untuk Vlogger - Finansialku 01

[Baca Juga: Tips dan Trik Membangun Nama Channel Untuk Vlogger]

 

Dalam dunia YouTube community, penting untuk merangkul viewers. Jika tidak, mereka akan merasa tidak terlihat alias invisible akibat tidak dianggap dan tidak dilibatkan. Banyak YouTubers yang gagal meraih kesuksesan karena sibuk membuat video atau konten tanpa mempedulikan viewers-nya. Belajarlah dari beberapa poin setelah ini agar tidak melakukan kesalahan yang sama.

 

#2 Memberikan Pertanyaan untuk Memperoleh Feedback

Membuat vlog serupa halnya dengan blog. Kamu perlu memancing tindakan dari viewers untuk mengembangkan channel-mu. Salah satu caranya adalah dengan memberikan ajakan atau pertanyaan dalam video. Sebagai contoh, cobalah kamu menonton video Lastday Production berikut ini:

 

Video tersebut sangat pandai dalam menyisipkan pertanyaan. Mengapa bisa? Mulai dari judulnya “Tipe FRIENDZONE Manakah Kamu?” saja sudah memancing viewers untuk melihat isinya dan menjawab pertanyaannya. Pancingan kedua diberikan pada akhir video dimana viewers kembali diberi pertanyaan, “Kalian ada di zone yang mana? Kalo gua ada di akut zone.” Dengan adanya pertanyaan yang dapat dijawab dengan menonton video, viewers secara tidak langsung dilibatkan dan dibuat bertanya-tanya dalam diri sendiri, “Wah memang friendzone banyak macamnya? Saya tipe yang mana ya?”

Ampuh Ini Cara Membuat Vlog di Youtube untuk Pemula 02 - Finansialku

[Baca Juga: Ampuh! Ini Cara Membuat Vlog di YouTube untuk Pemula]

 

Kamu juga bisa mengaplikasikannya di video blog kamu. Pancingan berupa pertanyaan atau ajakan di video blog kamu akan meningkatkan jumlah komentar secara efektif karena setiap viewer tentunya memiliki pengalaman dan pendapat yang berbeda-beda.

 

#3 Berdiskusi di Kolom Komentar

Jika kamu lupa memberi pertanyaan di dalam video, kamu bisa mengakalinya dengan memulai diskusi di kolom komentarmu sendiri. Viewers bisa saja malu atau malas berkomentar pada awalnya, namun jika kamu memulai diskusi yang menarik mereka akan lebih tertarik untuk memberikan respon. Sebagai contoh, jika kamu membuat video review produk Samsung dan Apple terbaru, berikan pertanyaan yang mengundang diskusi seperti berikut:

“Bagaimana guys? Apakah kamu termasuk #samsungteam atau #appleteam? Berikan komentar kamu di bawah ini ya!”

 

Pertanyaan seperti ini akan mengundang pendapat berbeda dan membuat viewers berdiskusi dengan semangat. Siap-siap saja kolom komentar kamu kebanjiran pendapat dari para viewers. Tetapi jangan lakukan kesalahan dengan memberi pertanyaan yang tidak menimbulkan diskusi ya. Misalkan kamu membuat pertanyaan:

“Bagaimana guys? Apakah kalian sudah paham mengenai smartphones?”

 

Kisah Sukses Eka Gustiwana, Vlogger Sukses Indonesia 03 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Eka Gustiwana, Vlogger Sukses Indonesia]

 

Pertanyaannya saja tidak menarik, bagaimana viewers terpancing untuk berdiskusi, menjawab saja mungkin malas. Coba deh lihat contoh dari beberapa YouTuber untuk melatih cara membuat pertanyaan yang menarik. Pasti kalian akan terbiasa dengan cepat.

 

#4 Menjawab Pertanyaan Viewers

Cara lain untuk menambah komentar adalah dengan menjawab pertanyaan, Coba bayangkan lagi kasus fans-penyanyi yang tadi telah disimulasikan. Fans atau dalam kasus ini adalah viewers akan semakin bersemangat memberi komentar jika pertanyaan atau komentarnya ditanggapi olehmu.

Komunikasi akan terjalin jika ada timbal balik. Masuk akal bukan? Misalkan, jika viewers bertanya dan tidak menerima jawaban, otomatis komunikasi terputus disitu. Viewers tidak akan melanjutkan perbincangan. Namun jika muncul jawaban, makan komunikasi akan terbentuk.

Ingatlah bahwa komunikasi juga dapat membentuk sebuah hubungan baik, misalkan pertemanan. Seperti kata pepatah, “tak kenal maka tak sayang.” Intinya, kenali dan jalinlah hubungan baik dengan viewers.

5 Hal Penting Sebelum Membuat Vlog di YouTube 01 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Hal Penting Sebelum Membuat Vlog di YouTube]

 

#5 Meminta Input dari Viewers

Pernah dengar kalau konten sebaiknya dibuat menarik dan sesuai dengan isu yang diminati viewers bukan? Nah inilah salah satu cara efektif untuk membuat konten sesuai minat penonton: meminta input langsung dari viewers. Sebagai contoh, banyak vloggers yang kerap kali menantang views untuk memberikan ide gila bagi mereka. Kamu bisa menyisipkan pertanyaan agar memancing input dari viewers di tengah atau akhir video. Mari kita lihat contohnya pada video berikut ini:

 

Pada menit 04:32, vlogger meminta input secara langsung kepada viewers mengenai tantangan makan pedas lainnya. Sebagai viewers tentunya ingin memberi tantangan bukan? Selain memberi pertanyaan atau meminta input dalam video, kamu juga bisa melakukannya di kolom komentar. Jangan lupa dicoba ya!

 

#6 Menunjukkan Komentar Viewers dalam Video

Langkah unik lainnya yang mendorong viewers untuk terus memberi komentar adalah dengan menunjukkan bahwa kamu tertarik dengan komentar mereka dan bersedia menjawab pertanyaan atau menerima ide-ide mereka. Caranya? Mudah saja kok, dengan menunjukkan komentar tersebut dalam video blog kamu. Bisa dengan memberikan screenshot komentar atau dengan shoutouts. Mari kita lihat contohnya sebagai berikut:

Bagaimana Cara Menambah Komentar Dari Viewers pada Video Blog YouTube Kamu 03 - Finansialku

[Baca Juga: 7 Cara Meningkatkan Channel Vlogging Anda pada YouTube]

 

Vlogger tersebut menggunakan screenshot untuk menunjukkan komentar-komentar yang diperolehnya, kemudian memilih komentar mayoritas dan melakukan tantangannya.

Mari kita lihat sedikit gambaran hasil tantangannya, yakni menggunakan ratusan lapisan nail polish bening pada kuku:

Bagaimana Cara Menambah Komentar Dari Viewers pada Video Blog YouTube Kamu 04 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Cepat Mendapatkan 1.000 Viewer YouTube dalam Sehari]

 

Vlogger tersebut bukan hanya membuktikan bahwa ia membaca komentar-komentar viewers, namun juga menjawab tantangan yang diberikan viewers. Layaknya sistem pemerintahan demokrasi, viewers akan lebih tertarik dalam berkomentar karena tahu bahwa mereka diperbolehkan berpartisipasi dan opini mereka didengar. Terlihat sederhana, namun nyatanya cara ini sangat efektif lho.

 

Mau Channel YouTube Kamu Sukses?

Semoga artikel ini membantu mengembangkan channel YouTube kamu. Ingat, jangan pernah sepelekan komentar viewers karena tanpa viewers, video blog-mu bukanlah apa-apa. Sebuah perumpamaan lain, seorang penyanyi tidak akan bisa terkenal tanpa fans-nya. Demikian halnya dengan video blog kamu. Kamu membutuhkan opini dan komentar mereka, baik itu komentar yang baik ataupun kritik pedas. Percayalah, feedback itulah yang akan membantumu membuat konten yang baik.

 

Disclaimer: Penggunaan channel YouTube hanya sebagai sarana edukasi, bukan untuk tujuan dan kepentingan lainnya. Finansialku tidak berafiliasi dengan channel YouTube tersebut.

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai cara menambah komentar dari viewers pada video blog YouTube lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Vlog Nation. How to Get More Comments on YouTube. Vlognation.com – https://goo.gl/h8xgd4

 

Sumber Gambar:

  • Nail Polish YouTube – https://goo.gl/AJhzar
  • Asian Woman and Camera – https://goo.gl/x8mb92
  • Making Video Blog – https://goo.gl/WHv8Zw

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana