5 Hal Penting Sebelum Membuat Vlog di YouTube

Apa saja hal terpenting yang perlu Anda pertimbangkan sebelum membuat vlog di YouTube? Apakah Anda memiliki minat terhadap dunia vlogging? Saat ini, membuat vlog adalah salah satu salah satu media yang digandrungi. Selain sebagai sarana menunjukkan kreativitas yang Anda miliki, vlog juga dapat Anda manfaatkan sebagai salah satu media promosi dari bisnis Anda.

 

Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Apa Itu Vlogging?

Untuk memulai membuat vlog, pertama Anda perlu mengetahui apa yang dimaksud dengan vlog. Vlog merupakan sebuah video blog yang biasanya dapat dilihat melalui channel YouTube. Saat ini, membuat vlog sudah menjadi salah satu tren yang ada di YouTube.

Vlog merupakan salah satu sarana untuk menunjukkan kreativitas Anda. Melalui vlog, Anda juga dapat menemukan orang dengan ketertarikan yang sama. Karena maraknya peminat vlog di masa ini, vlog juga dapat menjadi media yang tepat untuk melakukan promosi bisnis Anda.

5 Hal Penting Sebelum Membuat Vlog di YouTube 02 - Finansialku

[Baca Juga: 40 Peluang Usaha Bisnis Online Sebagai Penghasilan Tambahan untuk Keluarga]

 

Namun, sebelum membuat vlog, ada baiknya Anda mengetahui 5 hal penting yang perlu Anda ketahui agar vlog Anda menarik dan banyak dilihat orang.

 

#1 Senang Belajar

Jika Anda telah lama memiliki ketertarikan terhadap dunia vlogging dan telah lama mempelajari dan mempraktikkan banyak hal yang berkaitan dengan dunia vlogging, maka itu adalah permulaan yang baik bagi Anda. Namun, untuk semakin meningkatkan kemampuan Anda dan menjadi vlogger yang sukses, Anda perlu belajar dan berlatih lebih banyak lagi.

Misalnya Anda adalah seorang beauty vlogger, maka Anda harus senantiasa mengetahui tren make up terbaru, atau teknik make up terbaru. Atau jika Anda adalah vlogger yang me-review sebuah mobil, game, atau film, maka Anda perlu senantiasa mengetahui informasi terbaru mengenai hal yang Anda minati tersebut.

 

#2 Menyukai Dunia Perfilman dan Editing

Vlogging pada dasarnya adalah membuat dan mengedit film. Pada awalnya, mungkin vlog yang Anda buat tidak akan begitu baik, itu adalah hal yang wajar. Namun, setelah Anda terbiasa mengedit beberapa bagian yang sama berkali-kali, dan mengetahui berbagai teknik editing lain, juga semakin terbiasa dengan kamera dan software editing yang Anda gunakan, vlog yang Anda gunakan perlahan-lahan akan semakin baik.

5 Cara Sederhana untuk Mendapatkan Uang Secara Online 1 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Cara Sederhana untuk Mendapatkan Uang Secara Online]

 

#3 Suka Tampil di Media Sosial

Salah satu cara menjadikan channel YouTube Anda sukses adalah mengumpulkan banyak viewers. Untuk itu, Anda perlu membuat berbagai konten yang menarik untuk channel YouTube Anda. Anda dapat membuat konten behind the scene, QnA, atau membuat update lainnya. Selain itu, Anda juga dapat menggunakan media sosial lainnya untuk meningkatkan engagement Anda dengan follower Anda.

 

#4 Memiliki Rencana dan Komitmen

Komitmen adalah hal utama yang mesti dimiliki siapapun yang ingin sukses. Tak terkecuali dalam dunia vlogging. Seorang vlogger yang sukses adalah mereka yang memiliki komitmen yang kuat.

Semakin banyak waktu dan usaha yang Anda curahkan untuk membuat konten yang baik dan menarik dalam YouTube channel Anda, maka semakin baik hasil yang Anda dapatkan. Untuk itu, Anda perlu membangun kedisiplinan dan motivasi yang tinggi dalam diri Anda, agar channel YouTube yang Anda miliki dapat mengupload video YouTube secara rutin dengan konten yang baik.

Ingin Bisnis Blog Anda Sukses Ini Rahasianya! 02 - Finansialku

[Baca Juga: Ingin Bisnis Blog Anda Sukses? Ini Rahasianya!]

 

Biasanya, setiap channel vlogging yang sukses memiliki jadwal upload yang rutin dan mereka memiliki komitmen yang kuat terhadap jadwal yang telah ditetapkan tersebut. Jika Anda baru mulai membuat channel YouTube Anda sendiri, sebaiknya Anda membuat jadwal upload video dan memberi tahu kepada penonton Anda kapan video berikutnya akan di-upload. Informasi tersebut dapat Anda beri tahu melalui profil di YouTube channel Anda atau di media sosial lain yang Anda miliki. Atau Anda juga dapat memberitahukannya melalui video yang Anda buat.

Dan jangan lupa untuk memperhatikan konsistensi media sosial Anda yang lainnya pula. Bila perlu, Anda dapat membuat jadwal waktu dan konten yang ingin Anda unggah di akun media sosial Anda yang lain seperti Facebook, Instagram, atau Twitter.

 

#5 Suka Berinteraksi dengan Viewers Anda

Dan terakhir, Anda perlu membangun hubungan dengan viewer atau follower yang Anda miliki. Sebab, YouTube channel Anda dapat berkembang karena adanya orang yang melihat video Anda. Jika Anda dapat membangun hubungan dengan mereka, maka mereka akan penasaran dengan vlog berikutnya yang akan Anda upload.

Ingatlah bahwa mereka menginginkan Anda senatural mungkin dalam vlog. Karena itu, saat membuat vlog, Anda dapat berbicara sebagaimana Anda berbicara kepada teman secara langsung. Sampaikan opini, pikiran, atau ide yang Anda miliki seperti sedang mengobrol dalam sebuah forum umum.

Strategi Jitu Professional Blogger untuk Membuat Konten yang Disukai Para Pembaca 01 - Finansialku

[Baca Juga: Strategi Jitu Professional Blogger untuk Membuat Konten yang Disukai Para Pembaca]

 

Selain itu, Anda juga dapat bercakap-cakap dengan penonton vlog Anda. Lemparkan beberapa pertanyaan seperti pendapat mereka mengenai topik yang Anda sampaikan dalam vlog Anda. Jika Anda melakukannya dengan baik, Anda akan menikmati interaksi Anda dengan penonton vlog Anda dan juga dapat membangun hubungan yang baik dengan mereka. Dengan begitu, mereka juga akan turut membantu membangun channel YouTube Anda.

Sebelum Anda memutuskan membuat sebuah vlog di channel YouTube, Anda harus mampu menyesuaikan kehidupan Anda dengan vlog yang ingin Anda buat. Jangan lupa juga untuk menyesuaikan ekspektasi dengan kemampuan Anda, bersabar, dan terus belajar untuk dapat menjadi semakin baik.

 

Vlog di Channel YouTube Memberikan Keuntungan Bagi Anda

Percayakah Anda bahwa media sosial seperti YouTube dapat memberikan manfaat dan keuntungan bagi Anda? Perlu membuat vlog di channel YouTube dengan sebaik-baiknya, sesuai dengan apa yang sudah dijelaskan sebelumnya. Jika Anda dapat mengelolanya, maka manfaat besar Anda datang untuk menghampiri Anda.

 

Apakah Anda memiliki ketertarikan dengan vlog di YouTube? Atau Anda telah memiliki channel YouTube Anda sendiri? Bagikan pengalaman Anda saat membuat video YouTube di kolom komentar, dan jangan lupa untuk membagikan artikel ini kepada kerabat Anda agar mereka dapat ikut terinspirasi.

 

Sumber Referensi:

  • Vlog Nation. 5 Things You Should Like Before Starting a YouTube Channel. Vlognation.com – https://goo.gl/IHOhNp

 

Sumber Gambar:

  • Vlogger – https://goo.gl/ONyw5n
  • Vlog – https://goo.gl/3zbeiz

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana

By |2017-06-12T08:16:53+07:00June 9th, 2017|Categories: Bisnis Online, Blog|Tags: , , , , , |0 Comments

About the Author:

Finansialku
Finansialku adalah perusahaan perencana keuangan independen yang berkompeten, berpengalaman dan tersertifikasi professional. Finansialku menyediakan layanan konsultasi perencanaan keuangan (financial planning) individu dan keluarga, seminar dan pelatihan terkait perencanaan keuangan.

Leave A Comment