Sudah dengar karyanya yang melejit dan dikenal sebagai vlogger sukses nomor 1 di Indonesia? Dialah Eka Gustiwana, pemuda kreatif yang mampu menjual karyanya video parodi dengan teknik speech composing. Mari simak kisah kesuksesannya melalui rubrik berikut ini yang akan dipaparkan oleh Tim Finansialku bagi Anda. Selamat membaca dan terinspirasi!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Success Story

 

Eka Gustiwana – Vlogger Sukses Pelopor Video Speech Composing di Indonesia

Bagi Anda yang seorang YouTuber setia, tentu sudah tidak asing lagi dengan parodi Arya Wiguna alias Eka Gustiwana yang menghebohkan di tahun 2013. Banyak orang yang pada awalnya terhibur dengan video tersebut namun tidak mengenal sosok kreatif dibalik pembuatan video yang sempat menghebohkan media pada tahun tersebut.

Dia adalah Eka Gustiwana, seorang muda kreatif yang menciptakan berbagai karya video dengan teknik speech composing yang juga dikenal sebagai jawara YouTube Indonesia.

Kisah Sukses Eka Gustiwana, Vlogger Sukses Indonesia 02 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Yasa Singgih, Pendiri Men’s Republic]

 

Pria kelahiran Jakarta ini dikabarkan telah memiliki 277.000 subscriber, setelah mengeluarkan video parodi yang sempat viral di dunia maya tersebut. Namun di balik tangga kesuksesan yang ia daki, tahukah Anda bahwa awal kariernya dimulai dengan menjadi seorang pengamen keliling dari satu café ke café lainnya?

 

Pengamen Café Yang Kini Jadi Kece

Eka Gustiwana yang kini dikenal sebagai sosok kreatif lewat berbagai karyanya di dunia maya ini memang memiliki kecintaan akan musik dari semenjak ia SMP. Ketika lulus dari tingkat SMA, ia memilih jalur musik sebagai ladang ia mencari pengalaman dan bekerja. Keputusannya ini sempat tidak mendapat dukungan dari kedua orangtua yang menginginkan Eka Gustiwana untuk bekerja kantoran saja.

Kondisi ekonomi keluarga yang tidak memungkinkan Eka Gustiwana untuk berkuliah membuat ia ingin bekerja namun pilihan pekerjaannya tidak sesuai dengan keinginan orangtuanya. Eka Gustiwana meyakini bahwa kesuksesannya ada di dalam dunia musik.

Kisah Sukses Eka Gustiwana, Vlogger Sukses Indonesia 03 - Finansialku

[Baca Juga: Kisah Sukses Sunny Kamengmau, Pendiri Tas Robita]

 

Eka Gustiwana ingin membuktikan kepada orangtuanya bahwa ia bisa sukses di dunia musik. Dengan berbekal sebuah keyboard dan kemampuannya dalam bermain piano, ia mengawali karier bermusiknya dengan menjadi pengamen café keliling. Walaupun sebagai pendatang baru alias pemula, ia cukup bangga dengan bayaran Rp200 ribu sekali manggung.

Dengan keuletannya, Eka Gustiwana kebanjiran orderan manggung. Setidaknya dalam seminggu ia bisa tampil hingga 8 kali. Jerih lelahnya selama manggung selalu ia tabung untuk membeli peralatan produksi musik digital seperti komputer dan lain sebagainya. Inilah tahap dimana ia mulai menggandrungi hobinya sebagai composer lagu yang mengantarkannya pada tangga kesuksesan sebagai vlogger sukses dan terkenal di Indonesia.

 

Proyek “Thank You

Melalui hasil tabungan yang ia hasilkan dari ngamen ke tiap café, ia pun membuat sebuah studio di rumahnya sendiri setelah beberapa tahun kemudian. Ia menawarkan proyek gratis untuk membuat dan meng-aransemen lagu kepada teman-teman dan kenalannya.

Hal ini ia lakukan karena ia menyadari bahwa dirinya belum memiliki jam terbang dan pengalaman. Eka Gustiwana menamakan proyeknya ini sebagai Proyek “Thank You” dimana ia tidak terlalu memikirkan jumlah bayaran yang diterima atau bahkan tidak dibayar sekalipun.

Kisah Sukses Eka Gustiwana, Vlogger Sukses Indonesia 04 - Finansialku

[Baca Juga: Bagaimana Cara Membuat Vlog Profesional dan Efektif?]

 

Sebuah peluang ia dapatkan dan tidak ia lewatkan ketika ia diminta untuk menulis dan mengaransemen lagu artis Nikita Willy. Melalui peluang tersebut, nama Eka Gustiwana mulai dikenal dan ia berhasil memenangkan kontes membuat jingle Taman Hiburan Dunia Fantasi sebagai juara pertama.

Pada tahun 2011, ia memenangkan lomba pembuatan Mars Kereta Api Indonesia dalam perayaan HUT ke-66 PT Kereta Api Indonesia (Persero). Dalam lomba tersebut ia mendapatkan hadiah sebesar Rp100 juta.

Selain artis Nikita Willy, ia pun ikut berkarya untuk lagu dari Maudy Ayunda dan 1 grup band deVan. pada tahun 2012, ia pun memenangkan jingle juara kedua untuk kompetisi Jingle Bank ICBC.

Setelah kemenangannya itu, ia pun dibanjiri order untuk membuat dan mengaransemen lagu dari berbagai calon klien seperti perbankan, telekomunikasi, rumah sakit dan stasiun televisi nasional.

Kisah Sukses Eka Gustiwana, Vlogger Sukses Indonesia 05 - Finansialku

[Baca Juga: Para Entrepreneur, Ketahuilah Bagaimana Cara Menciptakan Peluang Usaha agar Sukses dan Kaya]

 

Dengan membludaknya berbagai tawaran, ia mulai tidak sanggup untuk mengerjakan semua proyek tersebut. Oleh sebab itu, Eka Gustiwana mulai menggandeng teman-temannya untuk bekerja sama dalam sebuah tim untuk menggarap berbagai tawaran tersebut.

 

Speech Composing yang Membuatnya Jadi Happening

Ternyata dari sekadar coba-coba alias iseng membuat nama Eka Gustiwana semakin meroket. Video Arya Wiguna yang ia edit pada tahun 2013 menjadi viral di dunia maya dan banyak mata melihat hasil karyanya yang unik dan menghibur.

Karya Eka Gustiwana dalam mengedit video Jeremy Tetty saat sedang membaca berita juga membuatnya menjadi viral di dunia maya.

Karya isengnya yang menggunakan teknik speech composing itu ditampilkan dalam acara infotainment televisi nasional dan membuat namanya semakin dikenal di kalangan publik sebagai vlogger sukses spesialisasi speech composer.

Sebagai tambahan informasi, speech composing adalah proses mencipta dan mengaransemen lagu dengan mengolah sebuah file tertentu yang di dalamnya terdapat kata-kata yang akan disusun menjadi lirik lagu.

Kisah Sukses Eka Gustiwana, Vlogger Sukses Indonesia 06 - Finansialku

[Baca Juga: 5 Hal Penting Sebelum Membuat Vlog di YouTube]

 

Setidaknya sudah ada 50 karya speech composing yang dihasilkan oleh Eka Gustiwana yang telah dibuat dan tercatat di akun YouTube milikinya.

Kesuksesan yang ia raih tak lepas dari mengikuti passion yang ia punya, yaitu di dunia musik. Selain itu, sukses yang ia raih tak mudah. Sebelumnya karya-karyanya sempat ditolak berkali-kali. Namun siapa sangka, dari iseng membuat video speech composing-lah namanya melambung.

Selain aktif di belakang layar, Eka Gustiwana belakangan juga mencoba tampil di depan kamera lewat rilis single berjudul “I’m OK” hasil duet dengan penyanyi Nadya Rafika yang juga ditayangkan di YouTube.

Dulu, Eka Gustiwana melihat YouTube semata-mata sebagai sarana hiburan. Tapi sekarang dia telah menyadari potensi yang dihadirkan oleh situs tersebut, termasuk kemungkinan memperoleh pendapatan dari YouTube di masa depan.

Kisah Sukses Eka Gustiwana, Vlogger Sukses Indonesia 07 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Sukses dan Menjadi Orang Kaya? Awali Dengan Menerapkan Prinsip Dasarnya Terlebih Dahulu]

 

Saran Eka Gustiwana bagi Para Rekan Pemusik

Di tengah kesuksesannya, ia tetap rendah hati dengan memberikan saran kepada para rekan sesama pemusik yang ingin sukses seperti dirinya agar tetap percaya diri dalam mempromosikan karya-karya mereka melalui media internet seperti YouTube.

Setiap karya akan menjadi viral ketika menghasilkan sesuatu yang baik dan menginspirasi, namun kalau tidak banyak yang menyukai, maka perlu belajar dari kesalahan. Ia menyampaikan juga bahwa ada media Soundcloud yang dapat menolong dalam pembuatan vlogger agar menghasilkan karya yang lebih baik.

 

Bagikan setiap artikel dari Finansialku kepada rekan-rekan dan kenalan Anda. Apabila Anda ingin menuliskan komentar Anda, silakan mengisi pada kolom yang tersedia di bawah ini. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Oik Yusuf. 27 Agustus 2014. Eka Gustiwana, dari “Ngamen” jadi Juara YouTube. Kompas.com – https://goo.gl/fr3Dto
  • Maxmanroe. Sosok Eka Gustiwana, Sang Jawara YouTube Indonesia. Maxmanroe.com – https://goo.gl/VbStkg
  • Admin. 10 Juli 2017. Inspirasi: Eka Gustiwana Meraih Mimpi Melalui Speech Composing. Kompas.com – https://goo.gl/wh2eqy
  • Rival Ardiles. Eka Gustiwana, Sukses dari Hobi Membuat Video Speech Composing. Banguninspirasi.com – https://goo.gl/f2VeQZ

 

Sumber Gambar:

  • Eka Gustiwana – https://goo.gl/mgVVpZ dan https://goo.gl/rEuoCz
  • Arya Wiguna – https://goo.gl/uHHTGJ dan https://goo.gl/G7vZGa
  • Speech Composing – https://goo.gl/VCmKBY
  • Eka Gustiwana Vlogger Sukses – https://goo.gl/qcQVJr dan https://goo.gl/VdB636

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana