Bagaimanakah mencari cara untuk dapat menciptakan peluang usaha yang sukses dan kreatif? Apakah bisa menciptakan peluang usaha yang sukses dan kreatif? Temukan berbagai cara menciptakan peluang usaha yang kreatif melalui artikel berikut ini yang akan disajikan oleh Tim Finansialku untuk Anda. Selamat membaca dan terinspirasi!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Wealth Mindset

 

Setiap Bidang Pekerjaan Adalah Unik

Setiap orang memiliki passion masing-masing dalam dunia kerja. Ada orang yang memang memiliki kapasitas sebagai seorang karyawan atau pekerja kantoran, ada juga yang memiliki talent sebagai orang lapangan dan berurusan dengan banyak orang, ada juga orang-orang yang suka tantangan dengan menjadi seorang pengusaha atau entrepreneur. Walaupun tidak mendiskreditkan bahwa dunia kerja diluar entrepreneur tidaklah menantang, tetapi memang setiap bidang pekerjaan dan usaha memiliki tantangan masing-masing yang unik. Dalam pembahasan melalui artikel kali ini, tim Finansialku akan lebih mengerucutkan pembahasan mengenai cara menciptakan peluang usaha yang kreatif bagi Anda yang tertarik dengan dunia entrepreneurship.

Para Entrepreneur, Ketahuilah Bagaimana Cara Menciptakan Peluang Usaha agar Sukses dan Kaya 02 - Finansialku

[Baca Juga: Usaha Rumahan Bisnis Kuliner: yang Awalnya Hobi jadi Pemasukan Tambahan]

 

Dalam memulai suatu usaha, diperlukan pemahaman mendalam akan berbagai segi yang begitu kompleks. Setiap jenis usaha harus disesuaikan dengan passion atau ketertarikan pada bidang usaha tertentu yang dapat menentukan kecintaan pada usaha tersebut, modal yang diperlukan serta bagaimana mendapatkan pinjaman atau investor apabila kekurangan modal, tempat usaha atau kantor, karyawan, dan lain sebagainya. Terlepas dari semuanya itu, langkah pertama yang perlu dipikirkan adalah bagaimana caranya memiliki ide yang kreatif dalam menciptakan suatu peluang usaha?

 

#1 Penuhi Kebutuhan Konsumen

Sebuah usaha yang berangkat dari suatu ide untuk menjawab kebutuhan banyak orang, sudah pasti akan mendapat satu perhatian di hati masyarakat. Awali dengan melihat situasi dan kondisi yang terjadi di daerah tempat Anda tinggal. Amati dengan saksama, kebutuhan apa yang diperlukan oleh orang-orang di sekitar tempat tinggal Anda yang belum terpenuhi. Misalnya, Anda tinggal di sebuah perumahan dimana daerah tersebut banyak anak sekolahan yang membutuhkan guru les. Anda dapat membuka tempat bimbel atau kursus yang dapat menjawab kebutuhan dari lingkungan tempat tinggal Anda.

 

Contoh usaha lain seperti warung makanan, kios fotokopi atau warnet apabila rumah Anda dekat dengan lingkungan kampus atau universitas. Di era digital saat ini, kita dituntut untuk semakin kreatif dalam memasarkan produk dari barang yang kita jual. Gunakan kreativitas melalui media sosial dan teknologi yang saat ini semakin berkembang untuk mendukung usaha Anda semakin maju. Buat suatu keunikan dari usaha yang Anda buat untuk menambah ketertarikan dari para konsumen Anda.

 

#2 ATM – Amati, Tiru dan Modifikasi

Slogan ini cukup banyak menginspirasi, dimana kita dapat mencari peluang usaha dengan mengamati peluang usaha lain dan mengadopsinya, tentu saja kita perlu memodifikasi serta membuat suatu keunikan usaha tersebut sesuai dengan karakteristik dan passion kita untuk menjangkau para konsumen. Tidak ada alasan untuk kehabisan akal. Gunakan teknik pada poin nomor 2 ini untuk menciptakan usaha Anda.

Cara Membuat Curriculum Vitae Yang Menarik Agar Diterima Di Perusahaan Yang Diinginkan 02 - Finansialku

[Baca Juga: Cara Membuat Curriculum Vitae Yang Menarik Agar Diterima Di Perusahaan Yang Diinginkan]

 

#3 Menjual Barang Second

Tahukah Anda, barang second yang memiliki nilai historis yang tinggi sebetulnya memiliki harga tertentu yang bisa dibilang tinggi juga? Barang-barang dari para ekspatriat, selebriti, pengusaha dan lain sebagainya yang sudah tidak terpakai dapat kita beli dan kita jual kembali. Siapa sangka ada diantara mereka ada yang memberikan barang-barang tersebut secara gratis karena memang sudah tidak terpakai. Hal ini bisa menjadi suatu ide usaha yang unik dan kreatif bukan?

 

#4 Usahakan Meminimasi Persaingan

Meniru usaha lain boleh saja seperti tips pada nomor 2, namun usahakan untuk meminimasi persaingan karena sesuai dengan nasihat dari Peter Thiel, pakar bisnis startups, ia menyarankan untuk lebih mengedepankan keunikan dari usaha Anda dan menghindari suatu kompetisi sempurna dimana banyak sekali persaingan di dalamnya. Buatlah suatu usaha yang dapat membuat Anda berada pada posisi yang memonopoli suatu bidang tertentu. Tentu saja Anda perlu menciptakan suatu produk yang baru, produk yang menjadi jawaban dari kebutuhan pasar (seperti pada tips nomor 1).

 

#5 Memanfaatkan Teknologi Informasi

Dunia teknologi informasi kini semakin meningkat dan berkembang dengan cukup signifikan. Manfaatkan dunia teknologi untuk mendukung usaha Anda. Apabila Anda senang dengan perangkat software komputer, tidak ada salahnya apabila Anda menjadi programmer. Atau Anda senang menulis, manfaatkan penggunaan akun blog dan buatlah agar tulisan Anda dapat dibaca oleh khalayak luas, tidak hanya sebatas wilayah Anda namun bahkan seluruh dunia dapat mengakses karya Anda melalui mesin pencari di Google.

Usaha Rumahan Bisa Gagal Kalau Anda Melakukan 7 Kesalahan Ini! 01 - Finansialku

[Baca Juga: Usaha Rumahan: Bisa Gagal Kalau Anda Melakukan 7 Kesalahan Ini!]

 

Usaha Online Shop melalui fasilitas internet kini sedang digandrungi dan berkat internet, para pengusaha besar dan kecil sangat diuntungkan. Barang dagangan mereka semakin laku di pasaran karena mereka memiliki pasar online dimana para konsumennya dapat mengakses setiap barang yang akan dibeli melalui smartphone mereka. Selain mudah dan praktis, banyak konsumen merasa diutungkan juga karena mereka tidak perlu pergi keluar untuk berbelanja. Mereka hanya perlu mengaktifkan koneksi internet dan mengakses situs online shop dan mencari barang kebutuhan mereka. Setelah mengatur pembayarannya, maka barang yang dipesan akan segera dikirim melalui agen pengiriman paket dan barang yang dibeli akan langsung dikirim ke alamat tujuan. Apakah Anda tertarik mencobanya?

 

#6 Membeli Waralaba

Bagi Anda yang memiliki modal yang cukup besar dan tidak mau ambil pusing untuk memikirkan produk sendiri, Anda dapat mempertimbangkan untuk membeli franchise (waralaba). Pelajari dengan saksama bisnis waralaba mana yang menguntungkan dan sesuai dengan minat Anda. Pelajari juga bagaimana membaca potensi pasar. Saat ini pilihan untuk bisnis waralaba begitu variatif, berikut dengan jenis modal tertentu, apakah besar, sedang maupun kecil.

HR 9 Kebiasaan Mengatur Keuangan yang Harus Ditanamkan Pada Karyawan Perusahaan 01 - Finansialku

[Baca Juga: HR: 9 Kebiasaan Mengatur Keuangan yang Harus Ditanamkan Pada Karyawan Perusahaan]

 

Ambil Keputusan Segera

Mulailah untuk mengambil keputusan, peluang mana yang akan Anda tekuni terlebih dahulu. Kemudian mulailah bergerak, untuk mencari segala informasi yang berhubungan dengan peluang bisnis tersebut. Jangan pernah takut untuk mencoba, hilangkan rasa ragu dan takut yang ada karena hanya hal tersebut hanya akan menghambat kesuksesan Anda. Ciptakan kesuksesan dari usaha kecil terlebih dahulu.

Dengan kesuksesan berskala kecil, maka akan meningkatkan rasa percaya diri Anda dan mengurangi rasa takut yang ada. Selanjutnya Anda dapat berkreasi dan berinovasi untuk mengembangkan bisnis Anda. Jadi, jangan pernah berhenti mencari dan mengamati semua celah yang memungkinkan untuk dijadikan sebagai peluang bisnis. Karena peluang tidak akan pernah datang dengan tiba-tiba.

 

Apakah Anda sedang mencari bisnis yang ingin Anda jalankan? Sudahkah Anda mendapatkan ide usaha yang akan Anda mulai setelah membaca artikel di atas? Bagikan tanggapan dan pengalaman Anda melalui kolom yang tersedia di bawah ini. Anda juga dapat membagikan setiap artikel dari Finansialku kepada rekan-rekan dan kenalan Anda. Terima kasih!

 

Sumber Referensi:

  • Peter Thiel. 2014. Zero To One (Notes on Startups, or How to Build the Future). Jakarta: PT Gramedia Pustaka Utama
  • Napoleon Hill. 1993. Think & Grow Rich. USA: Penguin
  • Admin. 9 Inspirasi Menciptakan Peluang Usaha – https://goo.gl/QrR4B8
  • Admin. Cara Mudah Menciptakan Peluang Usaha Baru Yang Sukses. Seoterpadu.com – https://goo.gl/kUa4nu
  • Eko Sri Suhariyanto. 11 Agustus 2016. 5 Ide Kreatif Berikut Ciptakan Peluang Usaha Terbaru! Uangteman.com – https://goo.gl/IHLiSV

 

Sumber Gambar:

  • Asian Entrepreneur – https://goo.gl/riFpzf dan https://goo.gl/zYWyzY

 

Download Ebook Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula Finansialku.com

Download Ebook Reksa Dana