Hari gini belum punya asuransi? Yuk cek apa manfaat asuransi!

Agar dapat merasakan benefit dan menikmati manfaatnya, mari mengenal lebih jauh mengenai asuransi, apa itu asuransi dan mengapa kita harus punya asuransi.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Polling: Menurutmu, Apa Alasan Harus Punya Asuransi?

Kali ini, Finansialku penasaran nih sebenarnya apakah yang menjadi alasan punya asuransi dari setiap orang, terutama kamu sebagai pengunjung setia situs Finansialku.

Nah, oleh karena itu Finansialku ingin bertanya:

“Apa sebenarnya alasanmu untuk memiliki asuransi?”

 

Berikan jawabanmu dengan langsung mengisi polling-nya berikut ini ya:

Apa alasan untuk punya asuransi?

 

Nah, setelah mengisi polling-nya, saya yakin kamu mulai sadar betapa pentingnya memiliki asuransi ini. Memang betul mayoritas orang tidak menganggap bahwa asuransi itu penting.

Namun apakah kamu sadar dengan pentingnya asuransi sebagai rencana cadangan apabila terjadi sesuatu yang tidak terduga?

Untuk itu, saya ingin membukakan matamu agar kamu tahu betapa pentingnya asuransi tersebut. Finansialku akan menjabarkan mengenai pentingnya memiliki asuransi berikut ini:

Asuransi Rumah 02 - Finansialku

[Baca Juga: Gadai Emas di Pegadaian dan Bank Syariah, Bagaimana Caranya? Apakah Untung?]

 

Apa itu Asuransi dan Pentingnya Punya Asuransi (Manfaat Asuransi)

Memikirkan kehidupan memang cukup sulit, oleh karena itulah banyak yang menolak untuk mempersiapkan masa depannya. Mayoritas orang cenderung hanya memikirkan hari ini, tanpa peduli apa yang akan terjadi kelak.

Tetapi sayangnya hal ini sangatlah berisiko.

Sebagai contoh, bayangkan apabila kamu belum memiliki asuransi kesehatan, dan kamu belum punya dana darurat. Kemudian suatu hari kamu sakit parah sehingga membutuhkan banyak biaya. Bagaimana solusinya? Kemungkinan besar kamu akan berusaha meminjam atau berutang.

Tapi apakah kamu rela menghabiskan usia untuk melunasi utang-utang tersebut?

Nah, dari sini kita tahu bahwa asuransi itu penting untuk menghindari kejadian seperti itu. Tapi dari segi apa asuransi bisa membantumu mengatasi hal ini?

Menurut Undang-Undang Nomor 2 tahun 1992:

  • Asuransi atau pertanggungan adalah perjanjian antara dua pihak atau lebih, dengan mana pihak penanggung mengikatkan diri kepada tertanggung, dengan menerima premi asuransi, untuk memberikan penggantian kerugian keuangan tertanggung karena kerugian, kerusakan atau kehilangan keuntungan yang diharapkan, atau tanggung jawab hukum, yang timbul dari suatu peristiwa yang tidak pasti; atau
  • Untuk melakukan pembayaran sejumlah uang yang didasarkan atas meninggal atau hidupnya seseorang yang dipertanggungkan.

 

Bagaimana Cara Memaksimalkan Cash Value atau Nilai Tunai Dalam Asuransi Jiwa 01 - Finansialku

[Baca Juga: Apa Saja Perbedaan Saham Syariah dan Saham Konvensional yang Harus Diketahui Para Investor]

 

Dengan kata lain, asuransi akan melindungi aset berhargamu, misalnya kesehatan, kendaraan bermotor, atau bahkan jiwa.

Berbeda dengan dana darurat, asuransi merupakan sebuah perjanjian dengan perusahaan asuransi dimana kamu akan membayar polis pada periode tertentu dan akan menerima benefitnya saat dibutuhkan.

Tujuannya dari asuransi adalah untuk mengalihkan atau memindahkan risiko keuangan (risk transfer). Maksudnya adalah, jika dalam periode atau waktu pertanggungan, terjadi risiko pada orang yang membeli asuransi (tertanggung), maka perusahaan asuransilah yang akan membayarkan uang pertanggungan tersebut.

Asuransi disini berfungsi sebagai pengaman saat terjadi sesuatu. Asuransi juga perlu disiapkan sebelum kamu lanjut melangkah ke investasi. Asuransi dibutuhkan apabila ternyata dana daruratmu tidak mencukupi.

Pada intinya ada tiga hal yang perlu kamu siapkan. Pertama-tama adalah dana darurat dahulu, kemudian baru dilanjutkan dengan asuransi, dan barulah melangkah ke investasi.

Jika dana darurat tidak cukup, kau bisa mengandalkan asuransi sebagai rencana cadangan.

Agar lebih jelas, berikut penjabaran lengkap mengenai manfaat atau fungsi asuransi yang terkategorikan dalam 3 bagian:

 

#1 Manfaat Primer

Melansir dari Praktik Asuransi 101 Asuransi Sinar Mas, manfaat primer dari asuransi terbagi menjadi:

 

  • Risk Transfer

Asuransi adalah mekanisme pengalihan risiko, di mana perorangan atau badan usaha dapat mengalihkan sesuatu yang tidak pasti kepada pihak lain, dengan sejumlah premi yang relatif kecil dibandingkan dengan kemungkinan kerugian, ketidakpastian kerugian itu diahlihkan kepada asuransi.

 

  • Common Pool

Pada awal timbulnya marine insurance, para pedagang waktu itu bersepakat untuk memberikan kontribusi terhadap kerugian (karena risiko laut) yang dialami oleh seseorang di antara mereka. Praktik demikian tidak sepenuhnya mengalihkan risiko tetapi hanya mengurangi risiko.

Dalam perkembangannya kontribusi itu ditetapkan pada awal sebelum timbul kerugian, sehingga masing-masing sudah bisa mengetahui pasti beban kontribusi, yaitu membayar apa yang disebut premi.

Premi tersebut diterima dan dikumpulkan dalam suatu fund atau pool serta dikembangkan untuk menanggulangi klaim yang terjadi.

 

  • Equitable Premiums

Tingkat risiko yang dialami oleh setiap peserta bisa berbeda, misalnya untuk bangunan yang terbuat dari kayu memiliki tingkat risiko yang lebih tinggi dibandingkan dengan bangunan dari batu.

Pengemudi yang berumur 18 tahun lebih tinggi risikonya dibandingkan dengan pengemudi yang berumur 50 tahun.

Demikian juga nilai barang yang dipertanggungkan tidak selalu sama. Perbedaan mengenai tingkat hazard dan nilai itu akan membawa konsekuensi besarnya kontribusi (premi) yang dibebankan. Hal-hal semacam ini yang sekarang menjadi dasar para underwriter dalam menetapkan tingkat premi.

Kendala Spin Off Asuransi Syariah Tahun 2024 Adalah Pendanaan 01 - Finansialku

[Baca Juga: Mau Investasi Syariah dan Menguntungkan, Coba Cek SUKRI SR-009 yang Memberikan Kupon 6,9 Persen]

 

#2 Manfaat Subsider

Sementara manfaat kedua yakni manfaat subside mencakup beberapa fungsi berikut:

  • Stimulus to business enterprise
  • Loss prevention
  • Loss control
  • Manfaat sosial
  • Tabungan

 

#3 Other Related Function

Terakhir merupakan fungsi-fungsi lain dari asuransi itu sendiri yang mencakup:

  • Dana Investasi (investment of funds)
  • Pendapatan Jasa (invisible earnings)

 

Kesimpulannya, asuransi bukan hanya sebagai tindakan preventif untuk kejadian tak terduga. Namun dapat kamu manfaatkan untuk hal lain misalnya untuk kontrol kerugian, tabungan, dan lain-lain.

Jadi, jangan lagi beralasan,

“Ah, saya tidak perlu asuransi. Saya kan orangnya sehat dan teliti, jadi tidak mungkin saya mengalami kecelakaan.”

 

Asuransi selalu dibutuhkan bagi semua orang, terutama mereka yang memiliki tanggungan. Yuk mulai melihat asuransi secara menyeluruh.

Manfaat Tambahan Asuransi Jiwa 06 Asuransi 6 - Finansialku

 [Baca Juga: 3 + 1 Prinsip Investasi Syariah yang Harus Diketahui oleh Calon Investor. Sudah Tahukah Anda Apa yang Dimaksud Riba?]

 

Banyak Benefitnya yang Tentunya Menguntungkan

Setelah mengenal asuransi lebih dalam, apakah kamu tertarik untuk ikut menikmati benefitnya? Tentunya asuransi selalu berusaha untuk memberikan yang terbaik dan mengutamakan keuntungan nasabahnya.

Jadi, jangan pernah memandang sebelah mata akan pentingnya asuransi. Yuk lindungi dirimu mulai dari sekarang!

 

Tahukah kamu, kebutuhan asuransi setiap orang berbeda-beda? Ya, beda aktivitas, pekerjaan, usia, jenis kelamin akan mengakibatkan berbeda pula kebutuhan asuransi.

Jika kamu ingin mengetahui berapa kebutuhan asuransi kamu, maka kamu bisa bertanya kepada perencana keuangan Finansialku melalui fitur Tanya Jawab.

 

Perencana keuangan akan mengecek dan melihat latar belakang kamu untuk menyesuaikan dan menghitung berapa kebutuhan asuransimu. Menarik bukan?

Jika kamu belum punya Aplikasi Finansialku, maka kamu bisa download dengan cara klik banner berikut ini.

 

Apakah kamu memiliki pertanyaan mengenai keuntungan asuransi syariah lainnya? Tinggalkan komentarmu pada kolom di bagian bawah ini.

 

Sumber Referensi:

  • Sinar Mas. Praktik Asuransi 101.

 

Sumber Gambar:

  • Punya Asuransi – https://bit.ly/2LYRIYx

 

Bagaimana CARA AMPUH Membeli Rumah Pertama?

Download ebook-nya, GRATIS!!!

ebook rumah pertama

Download Ebook Sekarang