Sudah tahu pentingnya dana darurat untuk keuangan pribadi? Bagaimana dengan dana darurat untuk keuangan bisnis? Cari tahu yuk di sini!

Selengkapnya mengenai dana darurat untuk keuangan pribadi dan bisnis di Finansialku.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Dana Darurat Untuk Keuangan

keadaan yang tidak menentu saat ini membuat kita harus mempersiapkan diri menghadapi berbagai macam hal.

Mulai dari persiapan masa depan kita dan keluarga, tidak ketinggalan juga persiapan untuk menghadapi masa-masa sulit.

Tetapi, kebanyakan dari kita lebih banyak memikirkan masa-masa yang indah, lebih banyak memikirkan ke depannya saya ingin memiliki A, B sampai Z, tetapi lupa akan menghadapi keadaan saat ini.

Mungkin kamu yang masih bekerja merasa aman-aman saja dengan keuangannya. ‘Tidak apa-apa tanpa persiapan, yang penting pekerjaannya menjanjikan.’

Padahal di balik itu semua, ada sebuah risiko yang tidak terlihat, ada sebuah risiko bahwa kamu bisa diberhentikan kapanpun. Ada juga risiko pendapatan kamu bisa berkurang, entah karena faktor eksternal atau internal.

Bagaimana dengan keuangan bisnis? Apakah akan mengalami hal yang serupa? Keuangan bisnis lebih dekat dengan ketidakpastian, maka dari itu sebagai pebisnis, kamu pasti harus mempersiapkan saat keadaan tidak pasti.

Lalu, bagaimana caranya kita memastikan bahwa kita siap ketika menghadapi keadaan yang tidak bisa direncanakan tersebut?

Caranya adalah dengan memiliki dana darurat, baik untuk keuangan pribadi dan juga untuk keuangan bisnis.

Dana darurat ini berfungsi ketika kamu mengalami kejadian yang tidak direncanakan atau keadaan darurat seperti situasi saat ini.

Dana darurat bisa kamu gunakan untuk keberlangsungan hidup kamu.

Dalam perencanaan keuangan pun, dana darurat termasuk salah satu dari keamanan keuangan juga pondasi awal untuk memiliki keuangan yang sehat. Jangan sampai langkah ini, terlewati oleh kamu ya.

Dana Darurat Keluarga 02 - Finansialku

[Baca Juga: VIDEO: 3 Tips Menambah Dana Darurat Di Saat Pembatasan Sosial Berskala Besar]

 

Besaran dana darurat pun tergantung dari kondisi keuangan kamu, apakah kamu memiliki pengeluaran yang besar atau tidak. Apakah kamu single atau tidak. Jadi, besaran dana darurat setiap orang ini berbeda-beda.

Bagaimana jika kasusnya adalah kamu sebagai pengusaha, perlukah kamu memiliki dana darurat baik untuk keuangan pribadi dan bisnis?

Jawabannya adalah perlu banget!

Buat kamu yang belum tahu pentingnya punya dana darurat untuk keuangan pribadi dan juga keuangan bisnis, saya akan membahasnya di artikel ini.

Sebelum dibahas, kamu bisa download dulu aplikasi Finansialku yang bisa membantu kamu dalam perencanaan keuangan secara menyeluruh, termasuk perhitungan dana darurat. Download yuk sekarang!

playstore icon
appstore icon

 

Fakta Memiliki Dana Darurat Untuk Keuangan Pribadi dan Keuangan Bisnis

Biasanya, ketika kita memiliki uang dalam jumlah yang besar dan tidak diapa-apakan, rasanya gatel banget.

Padahal, uang tersebut bisa menjadi dana darurat kita yang memang tidak boleh diapa-apakan sampai ada kejadian yang tidak rencanakan.

Buat kamu yang masih bingung apa sih keuntungannya memiliki dana darurat baik untuk keuangan pribadi maupun keuangan bisnis, simak faktanya berikut ini.

INI YANG KAMU BUTUHKAN!

DOWNLOAD GRATIS!!!! E-book Perencanaan Keuangan Untuk Usia 20-an dan 30-an!

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

 

Download Sekarang

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

 

Download Ebook Sekarang

 

#1 Dana Darurat Membuat Kamu Bisa Bernapas Ketika Menghadapi Keadaan Tak Terencana

Keadaan apa sih yang tak direncanakan? Mungkin, kamu bisa melihat keadaan yang terjadi belakangan ini.

Banyak orang yang terkena dampak COVID-19, ada yang pendapatannya berkurang sementara kebutuhan sehari-hari tetap berjalan, hingga kehilangan pendapatan.

Hal ini pun terjadi pada lini bisnis, ada yang pemasukannya berkurang drastis, ada pula yang bahkan harus menutup bisnisnya karena keadaan tidak menguntungkan ini.

Di sinilah peran dana darurat dibutuhkan. Apalagi ketika pengeluaran kamu lebih besar daripada pendapatan, dana darurat dapat menutupinya.

Jadi, dana darurat ini bisa menjadi pengganti pendapatan bulanan kamu.

Sebenarnya, mau ada COVID-19 atau tidak, kamu sudah seharusnya mempersiapkan dana darurat.

Untuk mengetahui besaran dana darurat pun mudah sekali, kamu bisa menggunakan aplikasi Finansialku untuk menghitungnya.

Kamu tinggal buka aplikasi Finansialku, lalu klik menu rencana keuangan, kemudian akan keluar tanda (+) tambah, yang nanti akan muncul menu rencana keuangan seperti di bawah ini.

 

Setelah itu, kamu tinggal mengisi berapa pengeluaran bulanan dan jangan lupa status pernikahan juga. Setelah itu akan muncul kebutuhan dana darurat kamu berapa. Mudah bukan?

 

#2 Dana Darurat Menghindarkan Kita Dari Utang

Ketika kamu memiliki dana darurat, sadar atau tidak kamu menjadi jarang berutang, terutama utang konsumtif. Kamu menjadi sadar bahwa dengan berutang, bisa membuat cashflow kamu berantakan kembali.

Apalagi jika kamu berutang untuk keadaan seperti ini:

  1. Untuk renovasi rumah yang ditempati
  2. Untuk memperbaiki kendaraan yang mogok
  3. Untuk membayar biaya kesehatan kamu
  4. Untuk menutupi pengeluaran bulanan kamu

 

Kalau kamu masih suka berutang karena ke empat hal di atas, sudah saatnya kamu memiliki dana darurat bukan? Jangan di nanti-nanti ya, dana darurat ini tidak mengenal waktu kapan akan dipakainya lho.

 

#3 Dana Darurat Mengindikasikan Keuangan yang Sehat

Ternyata, memiliki dana darurat juga bisa menjadi sebuah indikator apakah keuangan kita sehat atau tidak.

Jadi, kalau kamu mempunyai dana darurat yang sesuai dengan kebutuhan kamu, keuangan kamu sudah mulai masuk ke keuangan yang sehat.

Tetapi, jika kamu tidak memiliki dana darurat, bisa jadi keuangan kamu tidak sehat. Kamu perlu cek kesehatan keuangan kamu loh saat kamu akan menentukan dana darurat.

Kamu bisa cek kesehatan keuangan kamu melalui aplikasi Finansialku atau klik tombol di bawah ini. Isilah data keuangan kamu dengan data pendapatan dan pengeluaran bulanan kamu ya.

Cek Kondisi Kesehatan Keuangan Finansialku

Cek Sekarang!

 

#4 Dana Darurat Bisa Meminimalkan Kerugian

Saking saktinya dana darurat, dana ini bisa kamu gunakan untuk meminimalkan jumlah kerugian. Gimana caranya?

Ketika kamu kekurangan pendapatan dan memiliki cicilan yang harus dibayarkan per bulan, kamu bisa menggunakan dana darurat untuk membayar cicilan dan utang kamu tersebut.

Selain itu, dalam sisi bisnis pun, dana darurat berlaku hal yang sama.

Ketika kamu sedang memulai usaha dan membutuhkan modal, kamu bisa menggunakan dana darurat. Apalagi kamu pasti membutuhkan dana yang bisa selalu digunakan kapan pun kan?

Maka dana darurat untuk bisnis ini bisa membantu kamu untuk digunakan dalam beberapa waktu ke depan. Jangan simpan dana darurat di investasi yang likuiditasnya rendah ya.

 

Siapkan Dana Darurat, Siapkan Masa Tidak Menentu dengan Indah

Siapa bilang keadaan darurat tidak bisa dipersiapkan? Tentu saja bukan mempersiapkan keadaan daruratnya, tapi mempersiapkan bagaimana menghadapi keadaan yang tidak jelas bentuk dan kapan datangnya.

Kamu bahkan bisa mempersiapkannya dengan baik jika kamu mulai dari sekarang.

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah mengumpulkan dana darurat.

Kalau kamu masih bingung soal dana darurat kamu dan ingin bertanya soal keuangan, kamu bisa menanyakan langsung ke perencana keuangan Finansialku lho.

Caranya:

  1. Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store maupun Apple Apps Store
  2. Gunakan menu Konsultasi Keuangan
Cara Konsultasi Keuangan dengan aplikasi Finansialku

Cara Konsultasi Keuangan dengan aplikasi Finansialku

 

Belum ada kata terlambat bagi kita untuk membantu saudara-saudara kita yang tengah berperang dengan virus corona.

Sobat Finansialku bisa mendonasikan sebagian harta untuk membantu meringankan beban mereka melalui Finansialku, dengan menekan tombol di bawah ini.

Finansialku Bangun Empati Di Tengah Pandemi 02

DONASI

 

Berapa jumlahnya, kami sangat berterima kasih atas kebaikan dan kepedulian Anda. Semoga, donasi ini akan memberikan senyuman mereka kembali dalam menjalankan hidup!

 

Setelah membaca artikel ini, saya yakin kamu telah mengetahui fakta mengenai dana darurat untuk keuangan personal dan bisnis.

Bagikan informasi ini kepada teman atau saudara kamu yang belum mengetahui tentang fakta mengenai dana darurat untuk keuangan personal dan bisnis. Semoga bermanfaat!