Mengetahui cara push up dengan benar adalah awal untuk hidup sehat yang mudah diterapkan dimanapun dan kapanpun oleh Anda.

Untuk Anda yang ingin memulai hidup sehat, Finansialku siap menolong Anda.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Olahraga Tidak Mesti Ribet! Push-Up Contohnya…

Apakah Anda salah satu orang yang belum sadar akan pentingnya olahraga? Jika iya, ada baiknya Anda segera merubah pemikiran tersebut. Karena olahraga merupakan kegiatan sederhana namun sangat penting bagi kesehatan tubuh manusia.

Dalam berolahraga, maka Anda akan melatih tubuh untuk melakukan kegiatan yang aktif. Hal tersebut sangatlah efektif untuk membuat tubuh menjadi fit.

Pentingnya olahraga sepertinya masih belum disadari oleh semua orang. Masih banyak yang menganggap olahraga ribet dan mengeluarkan uang.

Ketahui Push Up Dengan Benar dan Manfaatnya 2

[Baca Juga: Jenis dan Cara Memilih Sepatu Olahraga yang Tepat]

 

Pada kenyataannya semua pemikiran itu adalah salah. Karena banyak sekali jenis olahraga yang bisa dilakukan secara praktis, dimana saja, kapan saja, dan tidak memerlukan biaya alias gratis.

Salah satunya adalah push-up, olahraga ringan yang bisa dilakukan dimana saja, kapan saja, dan pastinya gratis.

 

Cara Push-Up dengan Benar

Sayangnya lagi banyak orang masih belum mengetahui cara push-up dengan benar. Sudah melakukannya secara rutin, hanya merasa capek, tidak mendapatkan tubuh yang ideal, atau bahkan malah cedera.

Namun tidak perlu khawatir karena kali ini Finansialku akan membahas cara push-up yang benar sekaligus manfaatnya untuk Anda. Tanpa berlama-lama berikut penjelasannya.

 

#1 Pemula: Melakukan Push-Up di Dinding

Pertama, jika Anda seorang pemula maka lebih baik Anda melakukannya di dinding terlebih dahulu. Karena tumpuan pada tubuh tidak begitu berat dan tidak memerlukan tenaga yang sangat besar.

Ketahui Push Up Dengan Benar dan Manfaatnya 3

[Baca Juga: Bentuk Latihan Kebugaran Jasmani yang Bikin Terus Produktif]

 

Anda bisa melakukannya dengan cara berdiri di depan dinding yang datar, lalu letakkan kedua telapak tangan Anda di depan dinding. Bengkokkan lengan Anda dengan memajukan badan ke depan dinding.

 

#2 Push-up Berlutut

Nah jika Anda sudah terbiasa dengan push-up dinding dan sering melakukannya, maka Anda bisa melanjutkan ke tahap push-up berlutut. Caranya adalah, posisikan tubuh Anda layaknya push-up yang benar.

Tapi pada cara ini lutut Anda sebagai tempat tumpuannya. Letakkan tangan Anda di lantai lurus dengan wajah ke depan dan kaki Anda disilangkan. Turunkan dada Anda dengan perlahan ke dekat lantai lalu kembali ke posisi semula.

 

#3 Push-up Sempurna

Apabila sudah melalui tahapan di atas atau sudah sanggup melakukannya, maka cobalah cara push-up sempurna. Di sini Anda benar-benar menggunakan seluruh tubuh sebagai tumpuan dari kekuatan lengan. Sehingga dibutuhkan tenaga yang besar untuk melakukannya.

Ketahui Push Up Dengan Benar dan Manfaatnya 4

[Baca Juga: Berpotensi Mengancam Jiwa, Apa Itu Olahraga Crossfit?]

 

Caranya adalah, Letakkan tangan di lantai dengan posisi terbuka selebar bahu Anda. Kaki bertumpu pada ujung jari kaki, hingga tubuh berposisi lurus sempurna. Jangan ada posisi atau bokong Anda menonjol ke atas. Turunkan bahu Anda sampai membentuk siku 90 derajat.

Kemudian dorong bahu dan lengan hingga lurus ke depan dengan sambil mengambil napas.  Ada beberapa hal yang harus diperhatikan dalam melakukan push-up antara lain usahakan dalam melakukannya tidak menggunakan alas.

Kemudian push-up sebaiknya dilakukan setiap pagi dan sore hari secara rutin. Luangkan waktu walau hanya beberapa menit untuk melakukannya.

 

Manfaat Push-Up

Disamping itu, ada beberapa manfaat yang akan Anda rasakan jika melakukan push-up secara rutin, antara lain:

 

#1 Mengencangkan Otot

Dengan melakukan push-up yang benar, maka Anda dapat mengencangkan otot lengan, dada, dan perut.

 

#2 Meningkatkan Rasa Percaya Diri

Manfaat selanjutnya adalah meningkatkan rasa percaya diri. Ini dikarenakan vitalitas juga akan meningkat sehingga dan berpengaruh positif pada penampilan Anda.

 

#3 Membakar Kalori

Dan tentunya push-up akan membakar kalori secara efektif. Ini dikarenakan saat melakukan push-up, Anda membutuhkan energi yang besar. Sehingga energi tersebut diambil dari cadangan lemak dalam tubuh.

 

Nah itulah cara melakukan push-up dengan benar sekaligus manfaat yang dapat Anda rasakan. Jadi mulailah melakukan push-up secara rutin demi kesehatan Anda. Jangan lupa share artikel ini, semoga bermanfaat.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Februari 2020. Cara Push-Up yang Benar dan Manfaatnya. Doktersehat.com – https://tinyurl.com/uqhacxf

 

Sumber Gambar:

  • Ketahui Push Up Dengan Benar dan Manfaatnya 1 – http://bit.ly/3bOYU4e
  • Ketahui Push Up Dengan Benar dan Manfaatnya 2 – http://bit.ly/2HHtqzf
  • Ketahui Push Up Dengan Benar dan Manfaatnya 3 – http://bit.ly/2ugvr2b
  • Ketahui Push Up Dengan Benar dan Manfaatnya 4 – http://bit.ly/2VaWmrt