Lihat yuk seperti apa kepribadianmu dalam mencatat arus keuangan! Simak tipemu dan penjelasannya hanya di Finansialku.com!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Quiz Mencatat Arus Keuangan

Di kehidupan sehari-hari, kegiatan jual beli tentu tak bisa dipisahkan. Pasti setiap harinya ada saja yang ingin kita beli, entah itu bahan pangan, jajanan, bensin, maupun transaksi lainnya.

Tentunya agar keadaan keuangan pribadi tetap aman terkendali, uang keluar jangan lebih besar dari uang masuk ya.

Kita cenderung menyepelekan pengeluaran yang kita lakukan setiap harinya. Bahkan pada beberapa orang, mencatat setiap transaksi yang dilakukan terkesan merepotkan.

Quiz 4 Jenis Kepribadian Dalam Mengatur Keuangan, Kamu yang Mana 02 Atur Keuangan 2 - Finansialku

[Baca Juga: Cash Flow Trap: 5 Cara Mengelola Gaji Bulanan untuk Milenial]

 

Tidak hanya bagi perusahaan, laporan arus kas atau cash flow ini sangat penting, lho.

Karenanya laporan keuangan arus kas dapat digunakan untuk melacak pemasukan dan pengeluaran dari seluruh kegiatan keuangan pribadi.

Kali ini kita akan membahas mengenai tipe-tipe orang dalam mengatur arus kas. Dengan tahu tipe kita, kita bisa mulai berbenah diri dan bisa tahu mulai dari mana kita mengatur keuangan kita.

Yuk cari tahu tipe kamu yang mana melalui quiz di bawah ini. Jawab jujur yaa..

[viralQuiz id=74]

 

Tipe Kepribadian dalam Mencatat Arus Kas

Setelah mengisi quiz di atas, tentu kalian jadi penasaran, kira-kira tipe seperti apa sih kalian dalam hal mencatat arus kas keuangan pribadi kalian. Simak penjelasannya di bawah ini.

 

#1 Tipe Rajin Catat

Kelompok kepribadian dengan tipe rajin catat ini dikenal sangat cermat. Karena kecermatannya inilah orang yang masuk dalam kelompok kepribadian tipe ini dianggap sangat pas dalam menjadi pengelola investasi jangka panjang.

Bukan hanya untuk orang lain, kelompok kepribadian tipe ini juga mampu mengatur keuangan pribadinya sehingga kebutuhan di masa yang akan datang dapat tercukupi, lho.

Di sisi investasi, mereka juga sangat jeli dan disiplin dalam memantau perkembangan berkaitan dengan investasi jangka panjang yang sudah dijalankan.

Bahkan, ia sangat rajin dan rapi dalam menyusun tujuan keuangan di aplikasi Finansialku.

Orang dengan tipe kepribadian ini tidak mungkin terlewat jadwal barang sehari pun untuk berinvestasi demi mencapai tujuan keuangan yang sudah ia atur di aplikasi Finansialku.

Tapi diantara kelebihan tentu ada kekurangan. Para pemilik kepribadian tipikal ini kadang kurang handal untuk investasi jangka pendek, ini karena secara alamiah memang pemikiran mereka sepenuhnya diarahkan untuk mengawasi investasi jangka panjangnya.

 

#2 Tipe ‘Hangout!’

Seperti nama karakternya, kalian yang punya tipe kepribadian finansial demikian memang cenderung main-main sama uangnya.

Orang dengan tipe kepribadian finansial ini punya kecenderungan untuk terus menghabiskan uang, konsumtif dengan rasa tidak peduli apakah keputusan finansialnya tersebut masuk pada kategori tindakan berisiko keuangan tinggi atau tidak.

Bisa disimpulkan bahwa kalian yang memiliki kepribadian ini memiliki pencatatan arus keluar yang lebih banyak daripada pemasukan. Dalam menu anggaran di aplikasi Finansialku akan ditemukan banyak warna merah disana. Hmmm…

Jangan terus-terusan begini ya teman-teman. Kalian harus menghentikan pola hidup tidak sehat yang suka menghabiskan uang, tidak pernah berpikir panjang, serta kompulsif ini. Mulailah peduli dengan risiko keuangan yang terjadi.

 

#3 Tipe Malaikat Pelindung

Disebut demikian karena tipe kepribadian yang satu ini memang sangat berhati-hati dan benar-benar melindungi uang yang dimilikinya.

Kehidupannya cenderung tidak berada dalam jalur risiko keuangan, masalah masa depan sudah dipersiapkan dengan matang, bahkan kalian memanfaatkan atau menyiapkan dana pensiun dari pekerjaanmu saat ini.

Kepribadian ini sekilas kelihatan sangat sempurna, bahkan dari sisi kebiasaan berbelanja sekalipun, tipe kepribadian ini cenderung pasif walaupun dalam satu waktu muncul merek baru yang sedang booming.

5 Tips Mengatur dan Merencanakan Keuangan Ala Ayah 03

[Baca Juga: Atur Ulang Cash-Flowmu! Yuk, Kita Frugal Living Bareng-Bareng!]

 

Orang dengan karakteristik kepribadian ini tidak akan mau mencoba untuk membelanjakan uangnya untuk hal semacam itu.

Sisi negatif dari karakter semacam ini adalah karena sangat “lurus” dalam menjalani hidup, ada kalanya sisi investasi nggak tersentuh, padahal bisa jadi menguntungkan secara finansial, lho.

Jangan lempeng-lempeng aja ya. Memang rejeki ada yang mengatur, tapi jangan sampai rezekimu berada di tempat yang salah, ya!

 

#4 Tipe Huray Huray!

Hayoooo, siapa yang merasa sangat royal dalam membelanjakan uang? Sering mentraktir teman-teman sosialita? Fix! Jika kamu menjawab ya, sudah jelas kamu tipe ini.

Tipe kepribadian ini dibagi menjadi dua tipe lagi. Pertama adalah mereka yang hobi membelanjakan uangnya sebagai bagian dari status sosial untuk orang lain.

Kedua adalah mereka yang cenderung membelanjakan uangnya untuk diri sendiri.

Secara tipikal individu bertipe kepribadian semacam ini sama.

Mereka memiliki kecenderungan untuk membelanjakan uangnya sebagai satu kepuasan pribadi dengan nggak mempedulikan apakah hal semacam termasuk kategori berisiko atau tidak.

Mengatur keuangan pribadi tidak lepas dari kegiatan mencatat pengeluaran harian, membuat anggaran bulanan dan mengelola utang dengan bijak.

Konsep dasar keuangan yang dipahami dengan baik akan membuat arus kas keuanganmu menjadi sehat dan masa depan finansialmu lebih terarah.

Selain itu, kamu pun perlu memiliki tujuan keuangan. Kalau masih bingung dengan konsep perencanaan keuangan, Finansialku punya e-book Panduan Perencanaan Keuangan sesuai usia dari Finansialku berikut ini:

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang

 

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Yuk! Catat Arus Kas Keuangan Setiap Hari

Bahkan dengan langkah kecil mencatat setiap pengeluaran dan pemasukan yang kalian lakukan setiap hari, berdampak sangat signifikan pada kondisi keuangan pribadimu.

Untuk mencapai kesehatan finansial yang sehat, mencatat arus keuangan harus didisiplinkan sejak dini.

Kamu perlu mencatat arus keuangan harianmu, apa yang kamu beli, berapa jumlah uang yang kamu terima, berapa jumlah uang yang kamu belanjakan, apakah kamu memberikan piutang kepada orang lain, berapa jumlah pinjaman utang yang kamu terima dan lain sebagainya.

Mulai catat arus kas keuangan pribadimu dari sekarang, buat sedetail mungkin. Apapun pekerjaan dengan pendapatanmu berupa gaji, bonus, atau pendapatan usaha lainnya.

Jika kamu punya gadget, kamu bisa gunakan Aplikasi Finansialku yang lebih praktis dan kamu bisa akses melalui smartphone-mu.

Aplikasi Finansialku adalah aplikasi perencanaan keuangan yang tidak hanya memiliki fitur pencatatan keuangan, tapi juga cek kesehatan finansial; pembuatan anggaran; artikel, podcast, video, hingga kelas online untuk edukasi; hingga konsultasi langsung dengan perencana keuangan.

Tertarik? Download aplikasinya di Play Store atau Apps Store dan dapatkan free trial akun premiumnya selama 30 hari.

playstore icon
appstore icon

 

Ingin upgrade ke premium setelah 30 hari? Kamu bisa upgrade dengan harga Rp 350 ribu per tahunnya.

Tapi hari ini, kamu bisa mendapatkan potongan Rp 50 ribu untuk berlangganan setahun dengan memasukkan kode CUAN50. Lebih ekonomis!

 

Sekian quiz dan penjelasan detail terkait kepribadian seputar mengatur arus kas keuangan pribadi.

Tentu quiz ini harapannya bisa menyadarkan kalian sejak dini agar lebih sehat secara keuangan. Minimalkan utang konsumtif dan usahakan untuk rajin dalam mencatat arus keuangan setiap hari.

Yuk, bagikan artikel ini pada rekan-rekanmu. Punya tanggapan? Silakan tulis dalam kolom komentar di bawah ini ya!