Semua orang pasti mencari rahasia kesuksesan yang bisa membawa mereka menuju kehidupan yang sukses. Bagaimana dengan Anda? Sudahkah Anda menemukan rahasia kesuksesan bagi diri Anda?

Simak rahasia kesuksesan yang akan kami bahas dalam artikel ini! Selamat membaca & selamat mengejar impian dan kesuksesan Anda!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Wealth Mindset

 

Rahasia Kesuksesan

Apa definisi dan pencapaian kesuksesan Anda?

Uang? Ketenaran? Perjalanan Liburan? Hubungan? Atau kebebasan untuk melakukan apa saja, kapan saja, dan dengan siapa pun yang Anda inginkan?

Namun Anda definisi dan pencapaian kesuksesan itu adalah sesuatu yang hampir semua orang inginkan.

Sementara definisi kesuksesan kita mungkin berbeda, namun pada intinya, kita memiliki keinginan untuk berhasil pada satu hal atau lainnya.

Namun, meskipun kita semua mungkin ingin berhasil dalam sesuatu, kita tidak selalu melakukan apa yang diperlukan untuk menindaklanjutinya.

Kita hanya bermimpi, memiliki angan-angan, berandai-andai, kemudian merasa bosan, dan kita akhirnya menyerah ketika keadaan menjadi sulit. Tetapi tidak semua orang melakukannya dan menyerah begitu saja.

Itulah mereka yang akhirnya bisa disebut sebagai orang-orang sukses.

Mindset-untuk-Sukses-01-Finansialku

[Baca Juga: TERBUKTI, 8 Cara Hidup Sukses di Usia Muda, Apakah Kamu Sudah Mulai Melakukannya?]

 

Jadi apa yang memisahkan mereka (orang-orang sukses) dari yang lainnya?

Bagaimana mereka bersedia melakukan semua yang diperlukan untuk mencapai tujuan mereka, sementara orang lain menyerah dan mengundurkan diri dan tidak mau melakukan “perlawanan” ketika di medan perang menuju keberhasilan?

Mengapa ada orang yang bersedia mengorbankan hampir segalanya untuk menjalani kehidupan impian mereka, sementara yang lain terlalu takut untuk mengambil langkah berikutnya dan berkubang dalam ketakutan sehingga yang mereka tuai hanyalah kegagalan?

Jika Anda ingin mencapai kebebasan keuangan, ini bukanlah sebuah mimpi belaka. Lakukan langkah pertama untuk menata perencanaan keuangan sesuai usia dengan mengunduh secara gratis Panduan Perencanaan Keuangan Sesuai Usia dari Finansialku. Ada panduan untuk Anda yang berusia 30-an,  dan  untuk Anda yang berusia 20-an!Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku 

Download Sekarang

 

Cukup jelas bahwa kesuksesan tidak ada hubungannya dengan keadaan awal ketika kita dilahirkan.

Beberapa orang yang paling miskin dan kurang beruntung di dunia telah mencapai keberhasilan terbesar sepanjang masa. Oprah Winfrey salah satunya, ia lahir dari seorang ibu tunggal yang hidup sejahtera dan secara fisik dan seksual dilecehkan semasa kanak-kanak.

J.K. Rowling bercerai dan harus menghidupi anak perempuannya seorang diri. Ia hidup dengan bantuan pemerintah sebelum menerbitkan buku pertama dalam seri Harry Potter.

Sukses dalam hidup tidak ada hubungannya dengan di titik mana Anda memulainya.

Jadi, apa rahasia sukses dalam hidup ini? Bagaimana kita bisa berpindah dari kehidupan yang biasa-biasa saja, ke kehidupan yang disebut sukses?

Meskipun ada banyak sekali buku, artikel, acara televisi, dan tentu saja, postingan blog tentang topik kesuksesan dalam hidup, kebanyakan orang masih merasa “tersesat” dalam mencari jalan menuju kesuksesan mereka.

Ingatlah satu hal penting ini, perjalanan kesuksesan setiap orang pastilah berbeda satu dengan yang lain.

Perjalanan menuju puncak kesuksesan seringkali membutuhkan perjuangan sehari-hari yang tidak dapat dilakukan oleh banyak orang, “tercekik” dalam lautan keputusasaan dan rasanya impian ini nampak hilang.

Tapi, di mana ada niat, di situ pasti ada jalan keluar.

Tentunya, jika orang lain (orang-orang sukses) dapat melakukannya, kita dapat melakukannya juga, bukan?

Pertanyaannya, maukah kita membayar harga untuk menuju kepada kesuksesan yang kita impikan?

Simak rahasia sukses berikut ini yang dapat mengantar Anda pada tujuan kesuksesan yang Anda impikan.

 

#1 Miliki Visi

Menurut buku klasik Warren Bennis, On Becoming a Leader, kepemimpinan adalah “kapasitas untuk menerjemahkan visi menjadi kenyataan”.

Ini berarti bahwa kesuksesan dimulai dengan menjawab pertanyaan mendasar, Apa yang sebenarnya yang saya inginkan?

Inilah cara Warren Bennis membongkar gagasan, di mana pemimpin memiliki gagasan yang jelas tentang apa yang ingin dia lakukan —secara profesional dan pribadi— dan kekuatan untuk bertahan dalam menghadapi kemunduran, bahkan kegagalan.

Kata kuncinya adalah “kejelasan”, dan kejelasan itu berarti menuliskannya.

Bagaimana-Langkah-Menggapai-Resolusi-dan-Tujuan-Hidup-2-Finansialku

[Baca Juga: Mewaspadai 3 Masalah Psikologis yang Dapat Merusak Aktivitas Trading Anda dan Diri Anda]

 

Faktanya, seperti yang tertera di infografis Success.com tentang kebiasaan orang terkaya di dunia, terdapat dua faktor paling signifikan secara statistik yang membuat orang terkaya menjadi berbeda dari orang lain.

Faktor tersebut adalah 81 persen dari mereka mempertahankan daftar yang harus dilakukan dan 80 persen fokus untuk mencapai tujuan tertentu.

 

#2 Tetapkan Tujuan

Tujuan yang baik adalah sasaran dengan kriteria spesifik, rumus untuk membuat kriteria yang spesifik ini menggunakan akronim SMART.

SMART adalah tujuan yang dibuat dengan standar yang:

Specific (Spesifik), Measurable (Terukur), Achievable (Dapat Dicapai), Realistic (Relevan), dan Timely (Diukur dengan Waktu).

Contoh Aplikatif dan Tips Ampuh Dalam Membuat Tujuan SMART 02 - Finansialku

[Baca Juga: Perlukah Program Kesejahteraan Karyawan? Dari Survei PwC 2017, 53% Karyawan Stres Akibat Masalah Keuangan Keluarga]

 

Ide untuk membuat tujuan SMART ini berasal dari konsep Management by Objectives oleh Peter Drucker.

Ada juga berbagai contoh praktis bagaimana sasaran SMART dapat digunakan untuk meningkatkan kehidupan pribadi dan kehidupan profesional Anda.

Sebuah teori tentang penetapan tujuan mengemukakan bahwa mereka yang menetapkan tujuan untuk diri mereka sendiri lebih mungkin untuk mencapai kesuksesan daripada mereka yang tidak.

Peneliti Edwin Locke membuktikan teori penetapan tujuan tersebut dan membaginya ke dalam lima prinsip, di antaranya:

  • Clarity (Kejelasan): Tujuan harus jelas dan mudah dipahami, lebih efektif dalam pencapaiannya.
  • Challenge (Tantangan): Sasaran yang baik memiliki tingkat kesulitan yang cukup tinggi sehingga Anda benar-benar harus mendorong diri sendiri untuk mencapainya.
  • Commitment (Komitmen): Tanpa komitmen yang tinggi, sulit untuk mencapai tujuan apapun, terutama untuk tujuan yang agak menantang.
  • Feedback (Umpan Balik): Anda harus dapat menerima informasi tentang seberapa baik Anda maju menuju tujuan yang Anda buat. Informasi ini dapat digunakan sebagai motivator, atau mungkin menandakan bahwa sasaran Anda terlalu mudah atau terlalu sulit dan perlu adanya evaluasi untuk penyesuaian.
  • Task Complexity (Kompleksitas Tugas): Semakin kompleks suatu tujuan, semakin banyak waktu yang Anda butuhkan untuk mencapainya. Sasaran yang baik tidak harus rumit, tetapi memahami seberapa rumit sasaran Anda adalah bagian penting dari perencanaan bagaimana Anda akan mencapainya.

 

#3 Susun Rencana

Langkah selanjutnya dalam resep sukses adalah membuat rencana. Sementara definisi Anda tentang kesuksesan (tujuan Anda) memberi struktur pada hidup Anda, rencana itu memberi arahan.

Tanpa rencana, kita tidak pergi tujuan kita.

Kita perlu memiliki arah tujuan umum bahkan jika kita tidak tahu setiap langkah yang akan kita ambil dalam menuju kesuksesan.

Buat rencana untuk mencapai tujuan Anda. Buat garis besar langkah-langkah yang perlu Anda ambil untuk menggerakkan Anda selangkah lebih dekat kepada tujuan Anda setiap hari.

Entah Anda ingin mendapatkan satu miliar rupiah, membeli rumah idaman Anda, atau memulai perusahaan Anda sendiri, jelaskan apa yang perlu Anda lakukan untuk sampai ke sana dari tempat Anda berada saat ini.

 

Iklan Banner Perencanaan Dana Membeli Rumah - 728x90

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

Ingin merencanakan dana pendidikan buah hati Anda?

Inflasi membuat harga semakin melambung tinggi setiap tahunnya. Tak terasa uang sekolah yang harus dipersiapkan oleh para orangtua bagi sang buah hati harus dipersiapkan dari sekarang.

Tak perlu khawatir dengan persiapan dana pendidikan sang buah hati! Unduh saja E-Book Perencanaan Dana Pendidikan Sang Buah Hati dari TK hingga ke jenjang perkuliahan.

Ebook Dana Pendidikan Anak - Finansialku Mockup

Download Sekarang

 

Anda juga perlu bertanya pada diri sendiri pertanyaan yang tepat untuk membantu merumuskan rencana Anda, yakni:

  • Keterampilan apa yang Anda butuhkan untuk mencapai tujuan Anda?
  • Tipe orang seperti apa yang dapat Anda temui untuk membantu menggerakkan Anda sedikit lebih dekat?
  • Apakah Anda memerlukan beberapa bentuk tambahan pendidikan atau sertifikasi dari lembaga pendidikan tinggi?

 

Fokus utama Anda adalah membangun peta jalan selangkah demi selangkah untuk membantu Anda mencapai tujuan karena ini adalah bagian besar dari rahasia kesuksesan.

Anda juga harus berusaha menciptakan tim yang tepat untuk membawa Anda ke sana, menemukan pengacara yang baik untuk organisasi yang Anda bentuk, akuntan, agen real estate, dan penasihat keuangan.

Itu semua adalah beberapa contoh dari anggota tim yang mungkin kita butuhkan untuk akhirnya berhasil dalam bisnis dan dalam kehidupan.

 

#4 Miliki Kejujuran (Mahal Harganya)

Orang-orang sukses mengatakan yang sebenarnya. Ini terdengar sangat jelas sehingga Anda mungkin berpikir itu bahkan tidak perlu dikatakan.

Tetapi dalam iklim sebuah dunia di mana adanya tekanan untuk terlihat baik (di depan rekan bisnis, bos atau bawahan), berkinerja baik, menambah keuntungan dan menang dengan segala cara yang diperlukan untuk terus meningkat, kejujuran menjadi komoditas yang langka.

Menurut penelitian Robert B. Cialdini bertajuk Yes! 50 Scientifically Proven Ways to Be Persuasive, ketika perusahaan “menjelaskan kegagalan dalam laporan tahunan mereka, yang menunjuk pada faktor internal dan faktor eksternal yang tidak terkendali”, mereka bertanggung jawab atas kesalahan yang telah dilakukan dan mengakui ketika mereka salah.

Ini adalah sebuah langkah yang cerdas secara finansial menurut Robert B. Cialdini.

Rahasia Kesuksesan Ini Tidak Banyak Orang Yang Tahu 2 Finansialku

[Baca Juga: HR: Top 6 Permasalahan Keuangan Karyawan yang Perlu Diselesaikan dengan Program Kesejahteraan Karyawan]

 

Studi lain, yang dilakukan oleh Badan Eksekutif Perusahaan, menemukan bahwa perusahaan yang “dinilai tinggi dalam bidang komunikasi yang terbuka” dan mendorong umpan balik yang jujur ​​di antara staf, mereka menyampaikan bahwa mereka mendapatkan return atau pengembalian keuntungan pemegang saham sebesar 270 persen lebih besar dari perusahaan lain.

Menurut Warren Bennis, “Leaders never lie to themselves, especially about themselves…. You are your own raw material.”

“Pemimpin tidak pernah berbohong pada diri mereka sendiri, terutama tentang diri mereka sendiri…. Anda adalah bahan mentah Anda sendiri. “

 

#5 Menunjukkan Rasa Syukur

Tanpa rasa syukur, Anda tidak akan sadar atau benar-benar berterima kasih atas hal-hal baik dalam hidup Anda. Bahkan mungkin Anda akan condong ke hal negatif sebagai hasilnya.

Kita cenderung menganggap syukur sebagai emosi spontan, sesuatu yang terjadi pada kita di saat-saat kemenangan atau kesuksesan.

Namun dalam kenyataannya, rasa syukur adalah sesuatu yang kita kembangkan. Caranya adalah dengan aktif mencari alasan untuk bersyukur dan dengan mengatakan, “terima kasih”.

Ketika kita mencari alasan untuk bersyukur —dengan fokus— kita akan menemukannya.

Kita menanamkan rasa syukur bukan hanya di dalam diri kita tetapi di dalam hubungan dan organisasi kita.

 

#6 Ambil Tindakan Masif

Anda mungkin pernah mendengar nasihat sebelumnya: “mengambil tindakan besar”.

Bagian dari rahasia kesuksesan adalah menindaklanjuti dan mengambil tindakan setiap hari. Tidak masalah seberapa kecil kemajuannya, yang penting adalah ada kemajuan sama sekali.

Tapi ini adalah satu-satunya langkah yang membuat banyak orang terperangkap. Mereka tampaknya tidak dapat mengatasi kecenderungan mereka untuk menunda dan membuang waktu dengan kegiatan lain yang tidak membantu untuk memajukan kemajuan mereka menuju tujuan mereka.

Sering kali mereka terganggu, hilang arah, dan hampir sepenuhnya kehilangan minat pada sesuatu yang menjadi impian mereka.

Namun, bagi orang yang dapat mengelola waktu mereka secara efektif dan mengambil tindakan secara konsisten dan melakukannya dalam skala besar, tujuan apa pun dapat dicapai.

So… Take a massive action. Jika Anda tidak dapat mengambil tindakan, semua sasaran dan perencanaan di dunia ini tidak akan membantu Anda membuka kunci kehidupan impian Anda.

 

Iklan Banner Online Course Yuk Buat Sendiri Rencana Keuangan Anda - Finansialku 728 x 90

Iklan Banner Online Course Yuk Buat Sendiri Rencana Keuangan Anda - Finansialku 336 x 280

Ambil tindakan untuk mencapai kebebasan finansial dengan mencatat arus keuangan pribadi setiap hari dengan menggunakan Aplikasi Finansialku.

Anda dapat menggunakan fasilitas free trial-nya untuk mengenal lebih jauh manfaat dari setiap fitur yang tersedia.

Fitur “Dana Membeli Barang” dan “Dana Liburan” dapat menolong Anda dalam melakukan perencanaan keuangan.

Jika Anda berminat untuk menjadi premium user, saya sarankan agar Anda berlangganan selama 1 tahun.

Selain menghemat biaya langganan, Anda juga akan mendapatkan benefit tambahan berupa kursus online secara gratis selama satu tahun yang dipandu oleh Perencana Keuangan Bersertifikat dari Finansialku.

 

#7 Mereka Bersifat Adaptif

Sukses bukanlah tentang menghindari kegagalan. Ini tentang belajar dari kegagalan.

Ambillah kutipan terkenal Thomas Edison tentang menciptakan bola lampu:

“Saya belum gagal. Saya baru saja menemukan 10.000 cara yang tidak akan berhasil.”

 

Kuncinya adalah memupuk apa yang disebut Eric Ries dalam The Lean Startup sebagai “pembelajaran yang divalidasi”.

Eric Ries mengatakan:

“Validated learning is not an after-the-fact realization or a good story designed to hide failure. It is the principal antidote to the lethal problem of achieving failure: successfully executing a plan that leads nowhere.”

“Pembelajaran yang divalidasi bukanlah realisasi setelah-fakta atau cerita yang dirancang untuk menyembunyikan kegagalan. Ini adalah penangkal utama untuk masalah mematikan mencapai kegagalan: berhasil melaksanakan rencana yang mengarah ke tujuan.”

 

Bagi Ries, “obat penawar” ini adalah sebuah keterampilan dalam beradaptasi.

“What differentiates the success stories from the failures is that the successful entrepreneurs had the foresight, the ability and the tools to discover which parts of their plans were working brilliantly and which were misguided, and adapt their strategies accordingly.”

“Apa yang membedakan kisah sukses dari kegagalan adalah bahwa pengusaha sukses memiliki pandangan ke depan, kemampuan dan alat untuk menemukan bagian mana dari rencana mereka yang bekerja dengan cemerlang dan yang salah arah, dan menyesuaikan strategi mereka.”

 

 

Semua ini memiliki arti bahwa alih-alih bersembunyi dari kegagalan, orang-orang yang sukses “gila-gilaan” mengantisipasi dan mengintegrasikan kegagalan ke dalam hidup mereka dengan cara yang menghubungkannya kepada sasaran yang mereka tuju.

 

Semua Orang Mencari: Rahasia Kesuksesan

Semua orang suka rahasia yang baik. Bahkan, semakin enak, semakin baik. Mengapa?

Kita ingin selalu ada di atas angin, ingin berhasil, tapi tidak mau merasakan yang tidak enak alias tidak mau bayar harga dari kesuksesan yang ingin dirasakan.

Seperti orang yang ingin sehat dan memiliki berat badan yang ideal tetapi tidak mau mengekang keinginan hawa nafsunya ketika melihat sajian makanan dihadapannya, ini adalah tantangan dalam sebuah rahasia kesuksesan.

 

Jadi, apa rahasia kesuksesan Anda? Bagikan rahasia kesuksesan Anda dalam kolom yang tersedia di bawah ini!

Anda juga dapat membagikan setiap artikel dari Finansialku kepada rekan-rekan atau kenalan Anda yang membutuhkan.

Jika Anda mengalami kesulitan dalam mengatur keuangan pribadi keluarga atau bisnis, Anda dapat menghubungi Konsultan Perencana Keuangan Finansialku yang siap menolong Anda!

 

Sumber Referensi:

  • Wonderlust Worker. What is the Secret to Success in Life? Wanderlustworker.com – https://goo.gl/oicMvH
  • Aaron Orendorff. 19 Februari 2015. 4 Secrets of Insanely Successful People. Success.com – https://goo.gl/oTV3hW
  • Victor Stachura. 17 Januari 2008. 10 Secrets to Success. Pickthebrain.com – https://goo.gl/S7qv9H
  • The Unbounded Spirit. 16 Secrets to Achieving Success in Life. Theunboundedspirit.com – https://goo.gl/jRUxdh