Investasi Reksa Dana di Aplikasi Finansialku Versi Web!

Sudah tahu kalau sekarang Anda bisa berinvestasi reksa dana dari Aplikasi Finansialku?

Jika Anda belum mengetahui bagaimana langkah-langkah berinvestasi reksa dana di Aplikasi Finansialku, maka Anda berada di tempat yang tepat!

Yuk kita bahas dan pelajari bersama-sama!

 

Rubrik Finansialku Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Investasi Reksadana

Jika Anda belum mengetahui apa itu reksa dana, mari kita pelajari dulu seperti apa instrumen investasi yang satu itu:

Reksa dana adalah sebuah wadah untuk menghimpun dana atau modal yang berasal dari investor dan diinvestasikan dalam bentuk portofolio investasi.

Dana yang telah dihimpun dari para investor ini akan dikelola oleh manajer investasi (atau biasa disingkat MI) ke dalam portofolio investasi, seperti saham, obligasi, pasar uang atau efek/sekuriti lainnya.

Reksa dana sendiri terdiri dari 4 jenis yang berbeda-beda menurut risikonya, ada reksa dana pasar uang, reksa dana campuran, reksa dana pendapatan tetap, dan reksa dana saham.

Menurut tingkat risiko yang dapat ditanggung oleh investor, reksa dana dibagi menjadi 3 jenis berdasarkan risk profile investornya.

Jika Anda adalah seorang investor yang memiliki tingkat risiko yang rendah, reksa dana yang disarankan adalah reksa dana pasar uang.

Reksa dana jenis ini menanamkan dananya di aset negara, maka profil risikonya rendah.

Namun, apabila Anda adalah seorang investor yang memiliki tingkat risiko menengah atau moderat, maka Anda disarankan untuk menanamkan dana Anda pada reksa dana pendapatan tetap atau reksa dana campuran.

Panduan Praktis Investasi Reksa Dana di Finansialku 2 Finansialku

[Baca Juga: Mana yang Lebih Menguntungkan: Yuk Nabung Saham VS Yuk Investasi Reksa Dana]

 

Pada reksa dana pendapatan tetap, dana Anda akan diinvestasikan pada efek utang, umumnya obligasi, di mana komposisi obligasi mencapai ≥80% dari total portofolio.

Sebanyak 80% dari dana yang tersedia diinvestasikan pada efek utang yang menyebabkan reksa dana ini memiliki risiko yang lebih besar daripada reksa dana pasar uang.

Sementara reksa dana campuran menginvestasikan dana yang telah dihimpunnya pada efek ekuitas (saham) dan efek utang (obligasi dan deposito).

 

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Terakhir, jika Anda toleran terhadap investasi dengan risiko tinggi, maka reksa dana yang disarankan adalah reksa dana saham.

Reksa dana jenis ini menginvestasikan dananya sebanyak 80% atau lebih di dalam surat berharga (saham).

Mengapa risikonya tinggi? Karena fluktuasi harga saham yang dinamis, menyebabkan reksa dana saham ini memiliki tingkat risiko yang tinggi dibandingkan dengan reksa dana lainnya.

Sekarang Anda sudah mengetahui jenis-jenis reksa dana yang ada di Indonesia, serta perbedaan dari keempatnya. Selanjutnya, saya akan membagikan pengalaman berinvestasi reksa dana melalui Aplikasi Finansialku.

Masih bingung dengan investasi reksa dana? Pelajari dasar-dasar investasi reksa dana bagi pemula lewat ebook Finansialku berikut ini! Download sekarang, gratis!

Free Download Ebook Panduan Investasi Reksa Dana untuk Pemula

Download Panduan Berinvestasi Reksa Dana untuk Pemula -Finansialku.com

Download Ebook Sekarang

 

Langkah-langkah Berinvestasi Reksa Dana di Aplikasi Finansialku

Sekarang Anda dapat berinvestasi langsung dari Aplikasi Finansialku tanpa harus repot-repot mengunjungi sekuritas atau bank, lho!

Mau tahu bagaimana caranya? Yuk kita simak caranya investasi reksa dana di Aplikasi Finansialku berikut ini!

 

#1 Membuat Akun Finansialku

Tentunya saat Anda ingin membeli produk reksa dana di Finansialku, Anda harus memiliki akun Finansialku.

Apakah Anda sudah memiliki akun Finansialku dan memiliki Aplikasi Finansialku?

Jika belum, Anda bisa download aplikasinya sekarang juga di Google Play Store.

Tentunya, akan lebih praktis jika Anda mengakses aplikasinya di smartphone Android Anda.

Tapi jangan khawatir, jika Anda tidak menggunakan smartphone berbasis Android, Anda tetap bisa beli reksa dana di Aplikasi Finansialku versi web!

Iklan Banner Online Course Yuk Buat Sendiri Rencana Keuangan Anda - Finansialku 728 x 90

Iklan Banner Online Course Yuk Buat Sendiri Rencana Keuangan Anda - Finansialku 336 x 280

Setelah Anda membuat akun dan masuk ke akun Anda di Aplikasi.Finansialku.com, tampilannya akan seperti ini:

Panduan Investasi Reksa Dana Aplikasi Finansialku 1

 

#2 Memilih Produk Keuangan

Nah, setelah masuk ke halaman tersebut, pilihlah menu Produk Keuangan. Setelah memilih menu Produk Keuangan di bagian kiri halaman, saya dihadapkan dengan beberapa pilihan produk keuangan yang tersedia di Finansialku. Tampilannya akan seperti di bawah ini:

Panduan Investasi Reksa Dana Aplikasi Finansialku 2

 

Untuk membeli produk reksa dana, Anda cukup mengklik kotak hijau dengan logo dan tulisan Bareksa seperti pada gambar di atas.

 

#3 Memilih Reksa Dana

Selanjutnya, saya diarahkan ke halaman seperti gambar di bawah ini. Saya pun mengklik gambar trolley dengan keterangan Beli Baru di pojok kanan atas halaman.

Pada halaman tersebut juga terdapat informasi produk reksa dana yang sebelumnya sudah pernah saya beli di Finansialku.

Panduan Investasi Reksa Dana Aplikasi Finansialku 3

 

Setelah mengklik tombol beli baru, saya diarahkan ke halaman berisi produk-produk reksa dana yang tersedia di Finansialku. Hingga saat ini, terdapat 17 produk reksa dana yang tersedia.

Panduan Investasi Reksa Dana Aplikasi Finansialku 4a

 

Saya memilih salah satu produk yang tersedia di Finansialku, yaitu Sucorinvest Flexi Fund. Kemudian, saya mengklik tombol hijau bertuliskan Beli seperti pada gambar di atas.

Sebelum lanjut ke pembayaran, saya diberi informasi terkait jenis reksa dana yang akan dibeli, NAV/NAB dari reksa dana tersebut, dan juga YTD selama satu tahun.

Kemudian, saya diarahkan ke halaman pembelian reksa dana yang ada di bawah ini.

Panduan Investasi Reksa Dana Aplikasi Finansialku 5

 

Pada halaman tersebut terdapat informasi seperti prospektus, keterangan ringkas, nama reksa dana, manajer investasi, biaya pembelian, NAB/Unit, dan masih banyak kolom lain yang berhubungan sebagai informasi produk reksa dana terkait.

Di halaman tersebut juga, saya diharuskan untuk mengisi kolom Nilai Pembelian Bersih, yang kemudian saya isi berapa besar uang yang akan saya investasikan.

Lalu, saya juga harus mengisi kolom Sumber Dana. Di kolom ini, Anda hanya perlu menentukan dari mana dana tersebut Anda keluarkan.

Selanjutnya, saya juga harus mengisi kolom Rencana Keuangan. Karena saya belum pernah membuat rencana keuangan di Aplikasi Finansialku, maka saya perlu membuat rencana keuangan terlebih dahulu.

Namun, jika Anda sudah pernah membuat rencana keuangan di Aplikasi Finansialku, maka Anda tinggal pilih, untuk rencana keuangan manakah investasi tersebut.

Panduan Investasi Reksa Dana Aplikasi Finansialku 6

 

Setelah saya membuat rencana keuangan, selanjutnya saya diarahkan kembali ke halaman pembelian reksa dana.

Nanti, tombol Buat Rencana Keuangan akan berubah menjadi Proses Order.

Kemudian, akan muncul konfirmasi password, silakan masukan password Anda.

Panduan Investasi Reksa Dana Aplikasi Finansialku 7

 

Setelah saya mengonfirmasi password, selanjutnya saya menunggu e-mail yang masuk untuk pembayaran.

Saya pun mendapatkan e-mail seperti di bawah ini yang akan menunjukkan berapa dana yang harus di transfer dan transfer ke bank mana.

Panduan Investasi Reksa Dana Aplikasi Finansialku 8

 

Hal penting yang harus Anda ingat adalah jika Anda mentransfer sebelum pukul 13.00 WIB, maka harga NAB/unit reksa dana yang akan Anda beli adalah harga NAB/unit pada hari itu.

Sedangkan jika Anda mentransfer di atas pukul 13.00 WIB pada hari yang sama, maka Anda akan membeli reksa dana dengan harga NAB/unit pada keesokan harinya. So, perhatikan waktu Anda membeli dan mentransfer ya!

Setelah Anda telah selesai mentransfer, Anda harus mengonfirmasi pembayaran tersebut di laman Finansialku. Tautannya dapat ditemukan di inbox e-mail yang Anda gunakan untuk mendaftar.

Anda juga bisa mengkonfirmasi pembayaran lewat Aplikasi Finansialku, cukup pilih menu Investasi. Kemudian, akan diarahkan ke halaman di bawah ini. Anda juga harus meng-upload bukti transfer dan mengklik konfirmasi pembayaran.

Panduan Investasi Reksa Dana Aplikasi Finansialku 9

Selanjutnya, apabila pembayaran sudah dikonfirmasi, status pembelian reksa dana Anda akan berubah menjadi kotak hijau bertuliskan COMPLETED.

Bila sudah sampai tahap itu, Anda tinggal menunggu konfirmasi dari pihak sekuritas untuk memproses transaksi reksa dana Anda

Panduan Investasi Reksa Dana Aplikasi Finansialku 10

 

Selamat! Anda sudah sukses membeli reksa dana dari Aplikasi Finansialku!

Sangat mudah bukan? Sekarang Anda bisa berinvestasi dari mana saja, tidak perlu repot untuk pergi ke kantor sekuritas ataupun bank.

 

Investasi Reksa Dana Membantu Anda untuk Mencapai Tujuan Keuangan

Sebelum Anda berinvestasi, pastikan Anda sudah tahu tujuan keuangan Anda.

Setelah Anda mengetahui tujuan keuangan Anda, maka Anda dapat memilih investasi yang bisa membantu Anda untuk mencapai tujuan keuangan Anda.

Fitur perencanaan keuangan yang tersedia di Aplikasi Finansialku akan membantu Anda mengetahui berapa target yang harus Anda penuhi.

Ketika sudah mengetahui target Anda, pilihlah investasi yang sesuai dengan target Anda.

Pastikan Anda juga sudah mengetahui keuntungan dan kerugian dari setiap investasi yang Anda lakukan. Jangan sampai Anda berinvestasi hanya karena tergiur oleh keuntungan yang besar tanpa mengetahui kerugiannya.

 

Setelah membaca artikel ini, saya yakin Anda telah mengetahui bagaimana cara berinvestasi reksa dana di Aplikasi Finansialku.

Bagikan informasi ini kepada teman atau saudara Anda yang belum mengetahui bagaimana caranya berinvestasi reksa dana di Aplikasi Finansialku. Semoga bermanfaat!

 

Sumber Referensi:

  • Ryan Filbert. 2013. Kaya & Terencana Dengan Reksadana. Jakarta. Elex Media Komputindo

 

Sumber Gambar:

  • Reksa dana – https://goo.gl/b5KbRd