Apakah Anda sudah pernah mendengar investasi reksa dana dinamis target waktu? Apa beranya reksa dana dinamis dengan reksa dana yang sudah ada sebelumnya? Berikut ini penjelasannya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Reksa Dana Dinamis Target Waktu, Investasi Menarik untuk Keluarga Muda

Sekarang ini ada alternatif investasi baru yang  aturannya sedang dibuat oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK). Produk investasi tersebut berbentuk reksa dana dengan nama reksa dana dinamis target waktu. Prinisipnya masih sama seperti investasi reksa dana pada umumnya, hanya saja ada sedikit perbedaan dengan strategi mengelola portofolionya.

reksadana-dinamis-target-waktu-produk-investasi-yang-menarik-finansialku

[Baca Juga: Mengenal Investasi Reksa Dana]

 

Reksa dana dinamis target waktu adalah reksa dana yang memiliki jangka waktu tertentu dan kebijakan investasi yang menyesuaikan dengan jangka waktu tersebut. Melansir sumber harian bisnis dan investasi Kontan, disebutkan dalam draf peraturan OJK (POJK) tentang reksa dana dinamis target waktu, dijelaskan reksa dana tersebut dapat mengubah komposisi efek bersifat ekuitas (saham perusahaan) yang berisiko tinggi menjadi lebih konservatif yang berisi efek bersifat utang (obligasi) dan pasar uang. Peraturan tersebut terdapat dalam POJK 04/2016 tentang Reksa Dana Dinamis Target Waktu.

Manajer investasi tentunya wajib menyusun jadwal kapan akan melakukan perubahan kebijakan investasi, dari sejak reksa dana terbit hingga target waktu yang ditetapkan. Manajer investasi juga harus menggambarkan persentase alokasi investasi pada setiap periode. OJK menetapkan maksimal 20% per efek.

 

Mengapa Reksa Dana Target Waktu Cocok untuk Keluarga Muda?

Dilihat dari kebijakan investasinya, reksa dana dinamis target waktu ini lebih agresif pada saat awal dan akan mengubah strategi investasi ke konservatif jika target sudah terpenuhi. Biasanya keluarga muda (baru menikah) membutuhkan investasi yang dapat meningkatkan modalnya (capital gain). Setelah target modal terpenuhi, investasi dapat dipindahkan ke dalam produk yang lebih konservatif (menjaga likuiditas) dan menghasilkan cashflow. Produk reksa dana target waktu memang belum dirilis di Indonesia, namun keberadaanya tentu akan menguntungkan masyarakat Indonesia.

 

Bagaimana pendapat Anda mengenai investasi reksa dana dinamis target waktu?

 

Sumber berita:

  • Wahyu Satriani Ari Wulan. Jumat 9 September 2016. Mengais Fulus dari Reksadana Dinamis. Harian Bisnis dan Investasi Kontan.

 

Sumber gambar:

  • People Walked – http://goo.gl/UhnBsC

 

Download E-Book Perencanaan Keuangan untuk Umur 20 an (GRATIS)

Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 20 an Perencana Keuangan Independen Finansialku

Download Sekarang