Ingin tahu reksa dana Syariah terbaik tahun 2020 ini? Yuk, cari tahu reksa dana apa saja yang masuk daftar versi Finansialku dalam artikel berikut ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Learn and Invest

 

Top 10 Reksa Dana Terbaik 2020

Tahun 2020 bisa dibilang sebagai tahun yang penuh tantangan. Pasar modal sedang naik-turun akibat pandemi COVID-19. Walaupun begitu, banyak investor Indonesia yang melirik reksa dana.

Berdasarkan data dari Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) yang dilansir Bareksa.id, hingga akhir September 2020, jumlah SID investor mencapai 3,28 juta investor. Meningkat dibandingkan tahun 2019 yaitu 1,77 juta.

Sebelum mulai berinvestasi, jangan lupa cek kesehatan keuangan Anda. Seperti halnya tubuh, kondisi finansial pun harus dicek. Caranya mudah jika Anda menggunakan aplikasi Finansialku.

Aplikasi ini memiliki fitur Financial Health Check Up. Dengan fitur ini, Anda bisa mengetahui apakah kesehatan keuangan Anda baik atau tidak. Penasaran? Yuk, segera unduh aplikasi lewat link di bawah ini, ya.

Download Aplikasi Finansialku Sekarang!!

Download Aplikasi Finansialku

 

Nah, untuk Anda yang baru ingin memulai investasi reksa dana atau justru sudah mulai dan ingin membeli produk reksa dana lainnya, berikut ini 10 produk reksa dana terbaik 2020.

 

#1 Sucorinvest Money Market Fund

Sucorinvest Money Market Fund merupakan salah satu produk reksa dana pasar uang yang paling populer.

Saking populernya, unit yang terjual sudah mencapai 91,4% dari maksimum unit penyertaan yang ditawarkan per 17 Desember 2020.

Return reksa dana Sucorinvest Money Market Fund bisa mencapai 4,09% secara bulanan dibandingkan dengan investasi emas. Return investasi emas hanya 3,33% secara bulanan.

Sayangnya, manajer investasi yang menerbitkan reksa dana (RD) tersebut adalah PT Sucorinvest Asset Management menyatakan bahwa pembelian produk reksa dana pasar uang yang satu ini akan dihentikan per tanggal 15 Januari 2021.

 

#2 Sucorinvest Sharia Money Market Fund

Sucorinvest Sharia Money Market Fund merupakan produk lainnya dari PT Sucorinvest Asset Management.

Reksa dana yang satu ini mengusung prinsip syariah di Pasar Modal pada Efek Syariah yang terdaftar pada Daftar Efek Syariah.

Reksa dana ini bertujuan untuk memberikan tingkat likuiditas yang tinggi untuk memenuhi kebutuhan dana tunai dalam waktu yang singkat sekaligus memberikan tingkat pendapatan investasi yang menarik yang sesuai Prinsip Syariah.

TOP 10 Reksa Dana Terbaik 2020, Mana Pilihanmu 02 - Finansialku

[Baca Juga: Tips Memilih Produk Reksadana Terbaik Buat Mahasiswa Zaman Now]

 

Kinerjanya cukup cemerlang yaitu mencapai 5,10% year to date.

Berdasarkan fund fact sheet produk per Agustus 2020, Sucorinvest Sharia Money Market Fund memiliki alokasi aset terbesar pada Sukuk Adira Dinamika Multi Finance Tbk., Sukuk Aneka Gas Industri Tbk., Sukuk Sarana Multi Infrastruktur (Persero), tabungan deposito Bank BJB Syariah, serta tabungan deposito Bank DKI Syariah.

 

#3 Manulife Dana Kas II

Manulife Dana Kas II (“MDK II”) bertujuan untuk mendapatkan pendapatan dan likuiditas yang tinggi dan mempertahankan Nilai Aktiva Bersih (NAB)-nya.

Reksa dana Pasar Uang ini sudah ada sejak 2009 lalu. Total dana kelolaannya yaitu Rp 394 miliar per Agustus 2017.

Total keuntungannya 5.36% per tahun sejak diluncurkan. Produk ini akan memberikan imbal hasil alias return yang stabil. Secara year to date hingga Juli 2015, kinerja Manulife Dana Kas II tercatat 3,94%.

 

#4 Sucorinvest Equity Fund

Sucorinvest Equity Fund merupakan jenis investasi yang bertujuan untuk memaksimalkan tingkat keuntungan investasi saham dengan minimal penanaman saham 60% dari keseluruhan ekuitas yang diinvestasikan.

Umumnya, hanya dalam waktu 5 tahun, reksa dana saham yang satu ini dapat melipatgandakan uang yang telah Anda investasikan.

Reksa dana yang satu ini pun mengalokasikan portofolio efeknya ke saham-saham sektor pertambangan dan juga sektor keuangan.

 

#5 Mandiri Investasi Obligasi

Reksa dana Mandiri Investasi Obligasi Nasional (MINION) merupakan milik PT Mandiri Manajemen Investasi. Kinerja dapat dikatakan paling tinggi di antara reksa dana pendapatan lain.

Tercatat sejak awal tahun hingga September, reksa dana MINION mencatatkan pertumbuhan kinerja 11,3%.

 

#6 Manulife Obligasi Negara Indonesia (MONI)

Reksa dana Manulife Obligasi Negara Indonesia berfokus pada obligasi pemerintah berjangka menengah-panjang.

Reksa dana yang satu ini pun menyuguhkan alternatif moderat dengan peluang hasil menarik dan fluktuasi lebih terjaga.

Tentu saja, MONI bertujuan menghasilkan pendapatan yang stabil dengan risiko seminimal mungkin. Dalam reksa dana ini, investasi dilakukan pada Efek bersifat utang yang diterbitkan oleh Negara Republik Indonesia dalam mata uang Rupiah.

 

#7 Trim Syariah Saham

Trim Syariah Saham dikelola oleh Trimegah AM. Tujuan reksa dana ini adalah mempertahankan investasi awal dan memperoleh pertumbuhan nilai investasi yang optimal dalam jangka panjang sesuai dengan prinsip-prinsip syariah di pasar modal.

Untuk lebih meyakinkan, Trimegah AM menampilkan top 5 portofolio investasi reksa dana TRIM Syariah Saham.

Di antaranya, saham PT Astra International Tbk (ASII), PT XL Axiata Tbk (EXCL), PT Indofood CBP Sukses Makmur Tbk (ICBP), PT Telekomunikasi Indonesia (Persero) Tbk (TLKM), dan PT Unilever Indonesia (Persero) Tbk (UNVR).

 

#8 Schroeder 90 Plus Equity Fund

Schroder 90 Plus Equity merupakan salah satu reksa dana saham.

Reksa dana ini bertujuan untuk memberikan potensi pertumbuhan modal dan tingkat keuntungan investasi yang menarik dalam jangka panjang dengan cara mengkapitalisasi pertumbuhan pasar modal Indonesia.

TOP 10 Reksa Dana Terbaik 2020, Mana Pilihanmu 03 - Finansialku

[Baca Juga: Apa yang Harus Dilakukan Ketika Reksadana Minus?]

 

Untuk mencapai tujuan investasinya, sekurang-kurangnya 90% dari total dana kelolaan Schroder 90 Plus Equity Fund akan diinvestasikan pada saham-saham yang memiliki potensi pertumbuhan jangka panjang yang menarik melalui proses pemilihan.

Selain itu, investasinya pun difokuskan pada saham-saham dengan kapitalisasi pasar besar dan saham-saham dengan kapitalisasi pasar kecil dan menengah.

 

#9 Mandiri Investa Dana Syariah

Mandiri Investa Dana Syariah merupakan reksa dana syariah. Reksa dana ini dikelola oleh Mandiri Manajemen Investasi.

Deutsche Bank AG menjadi bank yang akan membantu mengurus administrasi, mengawasi, dan menjaga aset reksa dananya.

Adapun total dana yang dikelola sudah mencapai Rp 45,5 miliar sejak peluncurannya pada 10 Februari 2009. Hebat, kan?

 

#10 Eastspring Syariah Fixed Income

Satu lagi reksa dana syariah, yaitu Eastspring Syariah Fixed Income. Reksa dana ini mengandalkan Surat Berharga Syariah Negara (SBSN).

Dengan tenor pendek, kinerja reksa dana Eastspring Syariah Fixed Income lebih baik dibanding kinerja rata-rata reksa dana pendapatan tetap.

 

Ayo, Investasi Reksa Dana Sekarang

Produk reksa dana yang disebut di atas berasal dari manajer investasi yang kredibel. Dengan return yang cukup bagus, reksa dana tersebut bisa jadi bahan pertimbangan untuk Anda yang baru memulai atau yang ingin top up.

Untuk Anda yang baru akan memulai investasi reksa dana, jangan lupa baca E-book dari Finansialku berjudul Panduan Praktis Investasi Reksa Dana Pertama Kamu.

Dalam E-book ini, Anda akan belajar Bagaimana Cara Memilih Produk untuk Reksa Dana Pertama. Menarik, kan? Yuk, segera unduh E-booknya lewat link berikut ini. GRATIS!

Ebook GRATIS, Panduan Praktis INVESTASI REKSA DANA PERTAMA Kamu!

5 Panduan Praktis Investasi Reksadana Pertama

 

Itu dia 10 reksa dana terbaik tahun 2020. Anda sudah berinvestasi di salah satunya?

Bagaimana pendapat Anda terhadap kinerja dan performance reksa dana tersebut sejauh ini? Yuk, share pendapat Anda di kolom komentar.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 24 Agustus 2020. Yuk, Intip Apa Saja Reksa dana Terbaik Tahun 2020! Artikel.bibit.id – https://bit.ly/37DjTH5

 

Sumber Gambar:

  • Reksa dana 01 – https://bit.ly/3piwNjJ
  • Reksa dana 02 – https://bit.ly/3rltWIX
  • Reksa dana 03 – https://bit.ly/2J9PpmK