Tertarik buka bisnis rental mobil? Namun Anda terkendala modal?

Ternyata memulai bisnis rental mobil tidak melulu membutuhkan modal yang besar loh/ Tidak percaya? Simak panduan memulai bisnis rental mobil dengan modal minim ini yuk!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Start It Up

 

Meraup Untung dari Bisnis Rental Mobil

Seperti kita ketahui, kebutuhan transportasi di Indonesia memang tergolong tinggi. Dengan terbatasnya kendaraan umum, banyak bisnis yang melihat peluang ini dan membuka bisnis rental mobil.

Bahkan belum lama ini saya membaca sebuah berita mengenai bisnis rental mobil yang sukses besar milik Aryanto Mangundihardjo (36 tahun). Beliau yang mulanya berprofesi sebagai supir taksi sukses membangun sebuah bisnis rental mobil.

Beliau menjelaskan bahwa semua orang boleh bermimpi asalkan mau berusaha mewujudkannya, “Semua orang boleh bermimpi. Saya pun punya mimpi. Asalkan ada kemauan untuk mewujudkan mimpi itu.”

Harga Mobil Diobral Besar-besaran! Inikah Saat Tepat Beli Mobil 01

[Baca Juga: Lebih Baik Bisnis Waralaba atau Bisnis Sendiri ? Baca Penjelasan Berikut]

 

Aryanto berpendapat, bisnis rental mobil memang menjanjikan. Di satu sisi permintaan tinggi, sedangkan di sisi lain hampir tak ada yang terjun ke bisnis ini.

“Saya hanya membuka usaha yang tidak atau belum dijamah orang lain. Di sini saya melihat begitu banyak ekspat yang membutuhkan mobil mewah untuk memuaskan rekan bisnisnya atau menaikkan citra perusahaan,” tutur beliau.

Bisnis ini sendiri telah dirintisnya sejak tahun 2005, dengan nama Jakarta Bahana (JB). Bisnis rental mobilnya itu dibangun dengan modal hanya Rp 3 juta, yang digunakan untuk sewa tempat.

Ia berujar bahwa modal armadanya diperoleh dari  menggandeng beberapa rekannya yang memiliki mobil untuk dikaryakan. 

Aryanto menjelaskan bisnis rental mobil memang tidak melulu membutuhkan modal besar. Terbukti hanya dengan modal awal Rp 3 juta saja, beliau berhasil mengembangkan bisnis ini dengan baik.

Bahkan, belakangan beliau mengupgrade bisnisnya menjadi rental mobil mewah. Alasannya sederhana, dimana beliau melihat ada peluang lebih besar di bagian mobil mewah.

Bayar DP Mobil Pakai Kartu Kredit. Memang Bisa 01 - Finansialku

[Baca Juga: 7 Website Penyedia Informasi Bisnis Franchise atau Bisnis Waralaba]

 

Jelas saja bisnisnya semakin berkembang pesat, beliau mengklaim setiap tahun pertumbuhannya 12%-18%. Hampir 90% pelanggannya kalangan korporat, seperti dari industri tambang dan kelapa sawit.

Lainnya adalah pelanggan individu untuk keperluan pernikahan dan pemotretan.

Saat ini, armada Arya terdiri dari 26 unit mobil mewah berbagai merek. Ia mempekerjakan 35 pengemudi berpengalaman, plus tiga pegawai di Divisi Promosi dan Pemasaran.

Dalam sebulan, Arya mengaku satu unit armadanya beroperasi rata-rata 16 kali. Menjelang Idul Fitri dan Natal, permintaan biasanya melonjak 100%. Luar biasa bukan?

 

Panduan Memulai Bisnis Rental Mobil

Jadi, semakin tertarik membuka bisnis rental mobil? Yuk simak panduan memulai bisnis rental mobil dengan modal minim berikut ini:

 

#1 Pilih mobil yang banyak diminati

Untuk membuka rental mobil, tentunya penting untuk memilih mobil yang memang diminati masyarakat. Sebagai contoh, umumnya pelanggan rental mobil lebih menyukai mobil jenis MPV/minibus yang bisa membawa banyak orang dan juga memiliki bahan bakar yang irit.

Sedangkan untuk rental mobil mewah Anda bisa melirik mobil yang sering digunakan pebisnis dan acara pernikahan seperti mobil sedan atau Alphard.

 

#2 Beli armada secara kredit

Jika membeli mobil baru dianggap mahal dan Anda tidak memiliki modal yang cukup besar, Anda dapat membeli mobil secara kredit. Untuk biaya cicilannya, Anda bisa mengambil sebagian dari pendapatan sewa mobil. Dengan begitu, Anda tidak akan terbebankan dengan cicilan perbulannya.

Atau Anda bisa mengikuti tips Aryanto yakni menggaet kerabat atau teman yang memang ingin menyewakan kendaraannya. Dengan demikian, Anda bisa memulai tanpa modal armada.

 

#3 Hindari biaya reparasi

Kendaraan yang disewakan tentu membutuhkan biaya perawatan dan reparasi, namun penting untuk meminimalisasi biaya reparasi yang tidak perlu. Caranya yaitu dengan memilih mobil yang berkualitas baik.

Bahkan Anda disarankan untuk menghindari beli mobil bekas. Meski harganya lebih murah, mobil bekas umumnya memiliki kelemahan dan membutuhkan banyak biaya reparasi.

 

#4 Daftarkan mobil ke perusahaan asuransi

Saat memulai bisnis dengan modal kecil tentu Anda harus meminimalisasi risiko yang timbul. Salah satu solusinya adalah dengan memitigasi risiko, yaitu dengan asuransi.

Asuransikan kendaraan Anda serta juga tenaga pengemudinya.

Dengan mengasuransikan aset bisnis Anda, maka Anda sudah mengantisipasi risiko yang muncul mulai dari kecelakaan lalu lintas, kerusakan, kehilangan dan juga risiko yang dapat mengganggu kelancaran bisnis rental Anda.

 

#5 Tetapkan regulasi dengan jelas

Tidak jarang bisnis rental mobil merugi karena penyewanya. Sebagai contoh adalah saat mobil yang dibawa kabur oleh oknum yang tidak bertanggung jawab, mobil mengalami kerusakan karena terjadi kecelakaan, dan lain sebagainya.

Maka dari itu, untuk menghindari hal-hal tersebut, sebaiknya anda membuat sebuah regulasi dalam bisnis rental mobil anda, yang mengatur masalah sewa-menyewa mobil dengan jelas.

Sebagai contoh beberapa regulasi yang bisa Anda pertimbangkan adalah sebagai berikut:

  • Menerapkan surat perjanjian sebelum penyewaan yang ditandatangani dengan meterai;
  • Memberlakukan penahanan Kartu Tanda Penduduk selama masa penyewaan;
  • Menjelaskan sistem ganti rugi apabila terjadi kerusakan;
  • Ketentuan adanya alat pelacak GPS pada mobil Anda, dan sebagainya.

 

#6 Mengelola keuangannya dengan baik

Jika Anda memulai dengan modal yang terbatas, maka Anda harus cerdas mengelola keuangan agar modal bisa berkembang dengan cepat. Mengelola keuangan terutama pada bisnis rental Anda adalah hal penting.

Anda dapat mengontrol setiap transaksi, termasuk laba-rugi sehingga Anda dapat mengambil keputusan terkait strategi bisnis ke depannya. 

Jika mengelola keuangan tampak merepotkan dan sulit bagi Anda, kami punya solusinya. Anda bisa konsultasi kepada perencana keuangan Finansialku.

Dengan berkonsultasi, Anda akan mengetahui solusi dari berbagai permasalahan keuangan Anda, termasuk mengatur keuangan bisnis rental mobil Anda.

Perencana keuangan kami telah tersertifikasi CFP® serta berpengalaman dalam pengelolaan keuangan. Dengan demikian Anda bisa memulai bisnis dengan tenang tanpa harus kesulitan mengelola keuangan.

Jalan termudah Anda untuk konsultasi adalah melalui aplikasi Finansialku. Dengan aplikasi Finansialku, selain bisa berkonsultasi Anda juga bisa mengatur keuangan Anda. Aplikasi Finansialku tersedia di Google Play Store dan AppStore.

 

Selamat Berbisnis Rental Mobil

Kini Anda siap memulai bisnis bengkel mobil yang sesuai dengan anggaran dan modal Anda. Kami berharap artikel ini memberikan informasi yang dapat berguna dalam bisnis rental mobil Anda.

 

 

Apakah Anda memiliki pertanyaan mengenai panduan memulai bisnis rental mobil lainnya? Tinggalkan komentar Anda di bawah. Jika ada pertanyaan, silakan ajukan pertanyaan Anda pada kolom di bawah ini. Perencana Keuangan kami siap membantu Anda, terima kasih.

 

GRATISSS Download!!! Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis

Ebook Pentingnya Mengelola Keuangan Pribadi dan Bisnis - Mock Up - Finansialku Jurnal

DOWNLOAD EBOOK SEKARANG

 

Sumber Referensi:

  • A Mohammad BS. 16 Februari 2012. Aryanto Mangundihardjo, Dari Sopir Jadi Pengusaha Rental Mobil Mewah. Swa.co.id – https://bit.ly/398Yyon
  • Novia Widya Utami. 03 Januari 2020. Tips Memulai Bisnis Rental Mobil dengan Modal Kecil. Jurnal.id – https://bit.ly/2WuIDLM
  • Redaksi. 31 Maret 2019. Ini Dia Tips Memulai Bisnis Rental Mobil Dengan Modal Kecil. Beritalima.com – https://bit.ly/2OAbKJj