Apa sih sebenarnya revolusi industri 4.0 itu? Bagaimana revolusi industri 4.0 mempengaruhi kita sebagai masyarakat milenial?

Kini Finansialku akan mengupas tuntas tentang revolusi industri 4.0. Baca sampai habis ya artikel ini!

 

Revolusi Industri 4.0 adalah Bagian Penting Era Digital

Di zaman yang semakin modern ini, revolusi industri 4.0 kerap digaungkan. Namun, tidak sedikit yang bingung mengenai apa itu revolusi industri 4.0.

Mudahnya, revolusi industri 4.0 adalah integrasi yang menggabungkan antara dunia internet dengan dunia usaha di sebuah industri. Perubahan ini tidak bisa dihindari apalagi saat ini zaman semakin maju dan perkembangan internet semakin mendominasi. Bahkan untuk penyimpanan, saat ini cloud memiliki fungsi yang sama vitalnya dengan server.

 

Beberapa Hal Penting Tentang Revolusi Industri 4.0

Selain menggunakan cloud computing, untuk revolusi industri 4.0 pertukaran data dan penggunaan komputasi kognitif memiliki peranan yang penting. Misalnya saja untuk pertukaran data dipergunakan untuk jual beli.

Mudahnya, bagaimana orang bisa melakukan jual beli secara online tanpa ada pertukaran data. Poin penting berikut ini bisa membantu Anda memahami revolusi industri 4.0.

 

#1 Pertama Digunakan

Walaupun jika dilihat dari definisi revolusi industri 4.0 adalah berkaitan dengan internet, namun, penggunaan istilah industri 4.0 pertama kali digunakan tahun 2011. Tepatnya saat Pameran Industri Hannover Messe, Hanover, Jerman.

Kemudian, pada oktober 2012, Working Group on Industri 4.0 menjelaskan rekomendasi pelaksanaan dari Industri 4.0 ke Jerman. Hingga laporan akhir tersebut dipaparkan di Hannover Fair (8/04/2013).

Definisi Revolusi Industri 4.0 Adalah 01 - Finansialku

[Baca Juga: Contoh Business Plan dan Cara Membuat Rencana Bisnis]

 

#2 Prinsip

Dalam pelaksanaannya, terdapat 4 prinsip rancangan yang dapat membantu perusahaan dalam mengindentifikasi dan mengimplikasi skenario industri. Prinsip revolusi industri 4.0 adalah:

  • Interoperabilitas atau kesesuaian. Prinsip ini berkaitan dengan penggunaan internet untuk segala dan khalayak dan kemampuan mesin, sensor, perangkat dan manusia. Dengan begitu, akan terjadi komunikasi antara yang satu dengan yang lainnya.
  • Transparansi informasi untuk menciptakan salinan dunia fisik secara virtual atau digital. Karena hal tersebut, butuh pengumpulan data untuk menghasilkan informasi yang bernilai tinggi.
  • Bantuan teknis berkaitan dengan kemampuan sistem bantuan dan kemampuan siber fisik. Untuk sistem bantuan tujuannya agar manusia dapat mengumpulkan dan membuat tampilan informasi dengan menyeluruh. Dengan begitu Anda bisa membuat keputusan yang bijak untuk setiap masalah. Sedangkan untuk kemampuan siber fisik berkaitan dengan tugas yang berat dan tidak aman untuk membantu Anda.
  • Keputusan mandiri untuk membuat keputusan sendiri serta melakukan pekerjaan yang semandiri mungkin. Kecuali jika ada gangguan ataupun harus disampaikan langsung ke atasan.

 

#3 Keunggulan dan Kelemahan Revolusi Industri 4.0

Revolusi industri 4.0 memang memiliki keunggulan dibandingkan revolusi industri sebelumnya. Akan tetapi, perkembangan ini juga memiliki kelemahan. Keunggulan dan kelemahan revolusi industri 4.0 adalah:

 

Keunggulan:

  • Membangun dan mampu meningkatkan kualitas hidup masyarakat. Ini karena produktivitas bisa meningkatkan rata-rata dari pendapatan per kapita.
  • Memudahkan Anda apalagi penggunaan teknologi yang turut serta dalam industri 4.0.

Definisi Revolusi Industri 4.0 Adalah 02 - Finansialku

[Baca Juga: Pebisnis Baru? 8+ Tips dan Strategi Mengembangkan Startup Di Tahun Pertama]

 

Kelemahan:

  • Mempersempit lapangan kerja karena sudah didominasi oleh teknologi.
  • Hilangnya privasi karena semua orang yang terhubung ke internet, hampir dapat melihat semua data yang tersimpan.

 

#4 Unsur Internet dalam Revolusi Industri 4.0

Tidak dapat dipungkiri bahwa di industri 4.0, penggunaan internet dan teknologi akan berperan sangat penting dan bahkan cenderung vital. Ada beberapa unsur dari Industrial Internet of Thing atau IIOT yaitu:

  • Enterprise resource planning atau ERP.
  • Internet of thing.
  • Big data.
  • Cyber physical system.
  • Cloud computing.
  • Artificial intelligence atau AI.

Definisi Revolusi Industri 4.0 Adalah 03 - Finansialku

[Baca Juga: Temukan Cara Hebat untuk Menjadi Entrepreneur Kreatif dalam Mencapai Kesuksesan

 

#5 Contoh Industri Revolusi 4.0

Salah satu contoh paling mudah yang kita temui di revolusi industri 4.0 adalah marketplace. Anda bisa membeli atau menjual beragam produk dengan mudah lewat “pasar online.”

 

Jadilah Bagian Revolusi Industri 4.0 yang Kompeten

Dari definisi revolusi industri 4.0 adalah yang berkaitan dengan teknologi seperti poin di atas. Jadi, sebagai bagian dari era digital, kita sudah seharusnya semakin mampu bersaing dan lebih produktif dalam menghadapi modernisasi.

Semoga informasi ini bisa memberikan pengetahuan lebih untuk Anda.

Menghadapi revolusi industry 4.0, sebaiknya Anda membekali diri Anda dengan sistem perencanaan keuangan yang baik. Aplikasi Finansialku bisa membantu Anda mengatur masalah keuangan. Download aplikasi Finansialku di Google Play Store atau Apple App Store segera.

 

Jadi, apakah ada informasi baru yang Anda peroleh setelah membaca artikel ini? Jika ya, yuk share tulisan di atas pada sesama masyarakat milenial, terima kasih.

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala Karyawan

Mockup Ebook Karyawan

Download Ebook Sekarang

 

 

Sumber Referensi:

  • Bernard Marr. 2 September 2018. What is Industry 4.0? Here’s A Super Easy Explanation for Anyone. Forbes.com – https://bit.ly/2PN5D5o
  • Admin. What is Industry 4.0—the Industrial Internet of Things (IIoT)? Epicor.com – https://bit.ly/38lxXSH

 

Sumber Gambar:

  • Industri 4.0 1 – https://bit.ly/2xbr9uc
  • Industri 4.0 2 – https://bit.ly/38mYC1M
  • Industri 4.0 3 – https://bit.ly/2PMNhkO