Berencana pinjam uang online? Kenali dulu risiko pinjam uang di fintech bodong agar Anda tidak terjerumus pinjaman online.

Di era yang serba digital dan serba cepat ini, berbagai macam kebutuhan manusia bisa dengan cepat terpenuhi melalui satu aplikasi. Begitu juga dengan kebutuhan keuangan.

Saat ini banyak aplikasi-aplikasi terkait keuangan yang tentunya memberikan pinjaman keuangan di kala Anda kepepet dengan masalah kondisi keuangan. Tapi, meskipun cepat prosesnya jangan lupa lho risiko yang bakal terjadi ketika Anda melakukan pinjaman uang lewat aplikasi online.

Yuk simak artikel Finansialku berikut ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Uang Adalah Segalanya

Banyak orang bilang, uang tidak belum tentu membuat bahagia, tetapi pada dasarnya hal-hal yang membuat kita bahagia itu perlu uang untuk kita membelinya atau memakainya. Bagaimana pendapat Anda dengan opini tersebut?

Banyak orang tidak memiliki atau membuat anggaran keuangan sehingga hasil dari kerjanya selama ini berujung sia-sia, tidak ada hasil dari kerja kerasnya tabungan pun tentu tidak ada. Lalu, jika terjadi sesuatu merasa bingung apabila harus mengeluarkan biaya.

Terkait uang saat ini memang sangat dimudahkan, jika Anda kepepet masalah uang Anda bisa pinjam pada teman, bank, atau melalui pinjaman online.

 

Risiko Pinjaman Uang di Fintech Bodong

Banyak orang tidak tahu terkait dampak apa yang akan dia dapatkan ketika mengajukan pinjaman online, apalagi jika pemberi pinjaman tersebut belum jelas sudah di awasi atau belum oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK).

Maka dari itu, untuk menghindari hal-hal yang tidak diinginkan saat melakukan pinjaman online, berikut ini risiko yang harus Anda ketahui saat melakukan pinjaman online supaya gak kalut.

 

#1 Bunga Tinggi

Ini fakta yang harus Anda ketahui sejak awal bahwa tingkat bunga pinjaman online relatif tinggi. Salah satu alasan mengapa pinjaman online memiliki bunga yang tinggi karena tingginya resiko nasabah online akibat kemudahan persyaratan dan kecepatan persetujuan.

Biar Gak Kalut, Pahami Risiko Pinjam Uang di Fintech Bodong 03 - Finansialku

[Baca Juga: Sering Dengar Istilahnya, Sebenarnya Fintech Adalah]

 

#2 Data Pribadi di Aplikasi Pinjaman Online

Untuk mengajukan pinjaman, salah satu yang menjadi bagian penting dari prosedur pinjaman online yaitu calon peminjam wajib mengunduh aplikasi pinjaman online.

Tentu saja, cara ini memberikan kemudahan. Kapan saja membutuhkan pinjaman, tinggal buka aplikasi pinjaman online di ponsel dan bisa mengajukan kredit.

Tapi, risikonya adalah ekspose data-data pribadi di ponsel yang diminta aksesnya oleh perusahaan pinjaman online saat nasabah mengajukan pinjaman.

 

#3 Tidak Bayar Pinjaman Online, Penagih Datang

Layaknya semua pinjaman, jika nasabah tidak bayar maka akan ada tindakan penagihan. Penagihan tidak akan dilakukan jika nasabah membayar tepat waktu.

Ada persepsi, karena ini adalah pinjaman online, jika nasabah tidak bayar maka tidak akan ada proses penagihan dan hanya dilakukan reminder via email serta SMS.

Tentu saja, ini tidak sepenuhnya benar. Dalam website dan informasi di perjanjian, jelas bahwa nasabah yang tidak bayar akan ditagih oleh perusahaan pinjaman online.

Jadi ada tahap-tahap yang tentunya harus dilalui oleh pihak pemberi pinjaman untuk mendatangkan penagih utang ke kediaman Anda.

Biar Gak Kalut, Pahami Risiko Pinjam Uang di Fintech Bodong 01 - Finansialku

[Baca Juga: Ngeri! Utang Pinjaman Online Bisa Bisa Naik 50 Kali Lipat!]

 

#4 Biaya Administrasi Penagihan

Satu hal yang kerap dilupakan. Ketika menunggak, maka risikonya tidak hanya menghadapi penagihan, tetapi juga tambahan biaya karena perusahaan pinjaman online meminta biaya atas keterlambatan pembayaran (late fee). Karena itu, sewaktu memilih pinjol, pastikan bahwa akses pembayaran online cukup baik.

Ada banyak pilihan cara pembayaran pinjaman online. Di samping itu, karena proses penagihan membutuhkan ekstra sumber daya manusia, beberapa perusahaan pinjaman online membebankan biaya penagihan ke nasabah yang menunggak.

 

#5 Pinjaman Online Belum Terdaftar OJK

Ada banyak layanan yang menawarkan pinjaman online, namun tidak semua terdaftar di OJK. Sejalan ketentuan, setiap lembaga yang menawarkan pinjaman online wajib mendaftar dan mendapatkan lisensi dari OJK.

Jika tidak terdaftar di OJK maka pinjaman online ilegal dan itu sangat berbahaya. Jadi pastikan dulu pinjaman online yang akan Anda ajukan sudah terdaftar di OJK agar tidak terjadi hal-hal tidak diinginkan.

 

#6 Proses Persetujuan Lama

Harapan Anda dalam melakukan pinjaman online adalah prosesnya yang cepat. Namun, realitanya tidak semua pinjaman online bisa mewujudkan janji cepat cair tersebut.

Kenyataannya, meskipun menggunakan teknologi, banyak proses di pinjaman online yang tidak bisa cepat. Butuh waktu beberapa hari sampai ada keputusan disetujui atau tidaknya.

Maka dari itu, Anda Anda pertimbangkan jika persetujuannya begitu cepat, bisa jadi pinjaman tersebut ilegal dan tidak di awasi oleh OJK.

Biar Gak Kalut, Pahami Risiko Pinjam Uang di Fintech Bodong 02 - Finansialku

[Baca Juga: Hati-Hati! Risiko Pinjaman Online Bisa Salahgunakan Data Pribadi]

 

Rencanakan Keuangan Anda

Nah, sudah tahu kan risiko pinjam uang di fintech bodong? Jadi pastikan Anda mengajukan pinjaman pada saat Anda benar-benar membutukan uang dan pastikan terlebih dahulu terkait kontrak pinjamannya.

Jangan sampai menguntungkan satu pihak saja. Alangkah baiknya Anda mulai membuat dana darurat dan merencanakan keuangan untuk menghindari pinjaman online. Karena dengan merencanakan keuangan, Anda akan menemukan kenyamanan dalam finansial.

Untuk membantu Anda dalam merencanakan keuangan, Anda bisa berkonsultasi dengan Perencana Keuangan melalui aplikasi Finansialku. Anda hanya tinggal mengunduh aplikasi Finansialku di Play Store atau App Store secara gratis.

 

Itu dia berapa risiko pinjaman online yang harus diketahui. Semoga Anda tidak terjerat dengan pinjaman online bodong. Jangan lupa share artikel ini agar Sobat Finansialku lebih waspada terhadap jeratan pinjaman online. Terima kasih.

GRATISSS Download!!! Ebook Asuransi Kesehatan Bisa Menyelamatkan Hidup

Mockup Ebook Studi Kasus Asuransi Kesehatan

Download Ebook Sekarang

 

 

Sumber Referensi:

  • Admin. 28 Juli 2018. 10 Resiko Pinjaman Online Wajib Dipahami Semua Peminjam. Duwitmu.com – http://bit.ly/2xrpoct

 

Sumber Gambar:

  • Risiko Pinjaman Uang 1 – http://bit.ly/3cJir6B
  • Risiko Pinjaman Uang 2 – http://bit.ly/38HFhIC
  • Risiko Pinjaman Uang 3 – http://bit.ly/2IBywgQ