Fintech adalah singkatan dari kata ‘Financial’ dan ‘Technology’, tapi lebih dari itu, sebenarnya apa wujudnya? Apa manfaatnya?

Yuk belajar bersama tentang Fintech dalam artikel Finansialku berikut ini.  

 

Fintech dan Manfaatnya

Fintech adalah sebuah singkatan dari kata ‘financial’ dan ‘technology’ yang memiliki arti sebuah inovasi atau pengembangan di bidang jasa keuangan.

Teknologi digunakan dalam aktivitas masyarakat sehari-hari agar semua aktivitas menjadi lebih mudah dan lebih efektif dengan bantuan dunia digital.

 

Jenis-jenis Fintech

Banyak bisnis yang tergabung dalam Fintech. Beberapa bisnis yang tergabung diantaranya adalah jual beli saham, pembayaran, peminjaman uang, transfer dana, investasi, perencanaan keuangan dan lainnya.

Berikut adalah beberapa klasifikasi fintech menurut Bank Indonesia.

 

#1 Crowdfunding dan Peer to Peer Lending

Pada jenis ini digunakan sebagai alat mediasi yang menemukan investor dengan para pencari modal.

Crowdfunding atau pembiayaan masal yang berbasis patungan dan peer to peer atau biasa disingkat P2P, diawasi langsung oleh Otoritas Jasa Keuangan atau OJK.

 

Ebook GRATIS, Panduan Praktis INVESTASI REKSA DANA PERTAMA Kamu!

Ebook Reksa Dana Pertama Kamu

Download Ebook Sekarang

 

#2 Market Aggregator

Pada jenis ini digunakan sebagai pembanding produk keuangan. Caranya dengan mengumpulkan dan mengoleksi data finansial untuk dijadikan bahan referensi oleh pengguna.

Jenis ini juga biasa disebut dengan comparison site atau financial aggregator.

 

#3 Risk and Investment Management

Jenis ini berfungsi seperti financial planner yang berbentuk digital. Pengguna akan mendapat bantuan untuk mendapatkan produk investasi yang paling cocok sesuai dengan kemampuan.

Fintech Legal 01 - Finansialku

[Baca Juga: Kenali 3 Fakta AFPI, Asosiasi Legal Fintech Pinjaman Online]

 

Pada jenis ini terdapat manajemen aset, manajemen risiko dan investasi. Fintech akan membantu operasional sebuah usaha sehingga lebih mudah, praktis dan efisien.

 

#4 Payment, Settlement dan Clearing

Jenis yang satu ini ini berupa pembayaran atau payments seperti payment gateway dan e-wallet.

Jenis ini diawasi oleh BI (Bank Indonesia) karena proses pembayaran meliputi perputaran uang yang nantinya menjadi tanggung jawab Bank Indonesia.

 

Manfaat Fintech Adalah

Ada beberapa manfaat yang diperoleh dengan adanya Fintech di lingkungan masyarakat. Diantaranya sebagai berikut.

 

#1 Membantu Pengembangan Startup

Finansial dan teknologi sangat membantu perkembangan baru dalam bidang startup teknologi yang tengah tumbuh pada era ini.

Dalam hal ini, pengembangan dengan fokus perluasan lapangan kerja dapat meningkatkan pertumbuhan ekonomi dengan pesat.

 

#2 Meningkatkan Taraf Hidup

Pertumbuhan ekonomi yang pesat sebagai akibat pengembangan startup dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat.

Aturan OJK Fintech Lending Resmi Dirilis 02 - Finansialku

[Baca Juga: Wajib! Fintech P2P Lending Salurkan 20% ke Sektor Produktif]

 

Hal ini dapat diperoleh melalui lapangan kerja yang semakin luas. Teknologi yang dipakai sudah dapat menjangkau masyarakat yang tidak dapat dijangkau oleh perbankan konvensional biasa.

 

#3 Meningkatkan Perkembangan Uang Digital

Uang digital yang terkenal adalah Bitcoin. Dengan adanya teknologi ini, peningkatan perkembangan aplikasi Bitcoin dapat dilakukan dengan lebih efisien.

Walaupun pengguna tidak mempunyai akun bank, dengan teknologi ini pengguna dapat bertransaksi dengan mudah dan lebih praktis.

 

#4 Meningkatkan Ekonomi Makro

Ekonomi makro akan terdampak dengan adanya terobosan baru ini. Kemudahan yang banyak ditawarkan oleh teknologi dapat membantu meningkatkan penjualan e-commerce.

Semua pelaku ekonomi makro dapat merasakan dampak positif dari peningkatan ini.

 

#5 Penurunan Bunga Pinjaman

Dengan adanya transparansi yang jelas, para pelaku peminjam dana tidak perlu khawatir lagi akan terjerumus dengan bunga tinggi yang diberikan oleh lintah darat.

Fintech Butuh Bersinergi Dengan Perbankan Syariah 02 - Finansialku

[Baca Juga: WASPADA! Kenali Perbedaan Fintech Legal dan Ilegal]

 

Jadi bunga yang ditawarkan tidak akan melebihi ambang batas ketentuan yang berlaku. Hal ini sangat memudahkan pelaku ekonomi dalam mencari modal usaha.

 

#6 Lebih Praktis

Dengan adanya teknologi ini, proses ekonomi menjadi sangat mudah dan lebih praktis. Perkembangan ini dapat dijangkau oleh seluruh masyarakat dari segala tingkat ekonomi.

 

#7 Mempermudah Akses Keuangan

Masyarakat lebih mudah mendapatkan akses produk keuangan dengan adanya perkembangan ini.

 

Aplikasikan Fintech dengan Bijak di Era Modern Ini

Dalam era modern ini, segala permasalahan keuangan dapat dilakukan dengan lebih mudah. Dengan adanya perkembangan ini, kesejahteraan masyarakat tidak hanya menjadi sebatas angan-angan.

Salah satu Fintech yang bisa mengatasi masalah keuangan Anda adalah Finansialku. Finansialku adalah sebuah perusahaan teknologi finansial legal yang bisa membantu Anda untuk menjadi asisten keuangan pribadi Anda.

Bagaimana kerjanya? Finansialku memiliki visi untuk memberikan literasi, inklusi, dan perencanaan keuangan.

Finansialku.com dapat Anda akses seperti saat ini untuk mengerti, mendapatkan edukasi mengenai keuangan. Namun artikel-artikel ini juga bisa diperoleh di aplikasi Finansialku.

Aplikasi Finansialku hadir untuk mewujudkan visi inklusi dan perencanaan keuangan.

Anda bisa menggunakannya untuk belajar, mencatat, menganggarkan, cek kesehatan keuangan, hingga berkonsultasi dengan Perencana Keuangan.

Perkembangan Fintech (Financial Technology), Dari Diawasi Hingga Inovasi 01 - Finansialku

[Baca Juga: Informasi Fintech: 10 Pertanyaan Seputar Fintech yang Paling Sering Ditanyakan]

 

Bukan hanya itu, aplikasi ini dapat Anda unduh secara cuma-cuma di Google Play Store dan Apple Apps Store. Bagi pengguna pertama, Anda bisa menggunakan seluruh fiturnya secara gratis selama 30 hari.

Jika Anda menyukai aplikasi ini, Anda bisa lanjut berlangganan dengan investasi sebesar Rp 350 ribu untuk 365 hari alias satu tahun.

Ini sama seperti Anda berinvestasi kurang dari seribu rupiah per hari untuk bisa mendapatkan pengelolaan keuangan dan mewujudkan impian Anda.

Keuntungan sebesar ini tidak mungkin Anda dapatkan di tempat yang lain. Ayo coba aplikasinya sekarang!

Oh, ya! Finansialku bukanlah aplikasi pinjaman online. Hati-hati terhadap segala jenis penipuan yang mengatasnamakan Finansialku.

Jika Anda menemukan sesuatu yang mencurigakan, beritahu kami di whatsapp +62 819-1151-6119 atau email cs@finansialku.com. Terima kasih.

 

Jadi, setelah membaca artikel di atas apakah ada informasi baru yang Anda dapatkan? Bagikan informasi tersebut pada sebanyak-banyaknya teman yang belum mengenal tentang fintech, terima kasih.