Semakin marak keberadaan Robo Advisor dengan kepintaran buatan (artificial intellegent) di pasar modal, mengancam keberadaan profesional pasar modal.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Robo Advisor Siap Geser Profesional Pasar Modal

Tidak dapat dipungkiri perkembangan zaman membuat teknologi semakin canggih. Ini merupakan suatu hal yang keren. Namun, perkembangan ini berdampak pada tersingkirnya berbagai profesi.

Pasar modal tidak luput dari perkembangan teknologi ini, seolah memaksa adanya persaingan manusia dan robot dalam menjalankan tugas.

Keberadaan robot ini sontak mengancam para profesional pasar modal.

Semakin marak penggunaan robot yang mengadopsi kecerdasan buatan atau artificial intelligent (AI) atau Robo Advisor di pasar modal. Dengan teknologi robot, para investor dapat memperoleh saran harga pembelian saham.

Robo Advisor Ancam Keberadaan Profesional Pasar Modal 02 - Finansialku

[Baca Juga: Pentingnya Mahasiswa Mengikuti Pelatihan Perencana Keuangan Pribadi]

 

Robot advisor juga mampu membantu para investor untuk mengeksekusi serta sebisa mungkin menjaga dan membatasi kerugian dalam jual beli saham di pasar modal.

Hal diatas sejalan dengan pernyataan Perusahaan modal ventura, dilansir oleh Koran Kontan (23/10/17):

“Marc Andreessen memperkirakan, 100.000 pekerja keuangan sudah tidak dibutuhkan lagi untuk memutar investasi terus bergerak.”

 

Keberadaan Robo Advisor membuat bank-bank investasi besar semakin fokus dengan pemakaian teknologi canggih ini.

Seperti dikutip Bloomberg, Goldman Sachs dalam beberapa bulan terakhir lebih banyak mengumumkan lowongan pekerjaan bagi profesional di bidang teknologi. 

Kondisi ini membuat banyak bank berlomba mencari programmer handal sebagai posisi penting di perusahaan yang dapat menunjang persaingan di era serba canggih  ini.

Dilansir oleh Koran Kontan, Senin (23/10/17):

“Tak mau kalah, JPMorgan Chase & Co juga meluncurkan program yang disebut LOXM. Program ini bisa mengeksekusi transaksi saham dengan baik, dan menggantikan profesional di bidang tersebut.”

Daftar Aplikasi Finansialku

Download Aplikasi Finansialku di Google Play Store

 

Konsultan manajemen Opimas LLC memprediksikan, di Amerika Serikat (AS) ada 90.000 orang yang bekerja di aset manajemen akan digantikan oleh robot pada tahun 2025.

Tidak hanya itu, sebanyak 45.000 pekerjaan di bidang sales and trading juga akan tergusur teknologi robot.

Masifnya pemakaian teknologi pasar modal yang menggusur peran manusia juga dirasakan di Indonesia, secara berangsur perbankan dan pasar modal sudah mulai menggunakan teknologi Robot Advisor.

Apa Itu Robo Advisor dan Bagaimana Cara Kerjanya 02 - Finansialku

[Baca Juga: 25+ Kata-kata Motivasi Dave Ramsey, Seorang Ahli Perencana Keuangan Pribadi]

 

Pengembangan Robo Advisor untuk membantu pengambilan keputusan pada transaksi pasar modal sebagai output perkembangan platform elektronik yang telah berjalan beberapa dekade kebelakang.

Komputer, teknologi robot serta kecerdasan buatan, akan memproses semua data yang ada, memahami semua sifat dan kinerja pasar.

Bahkan menyaring semua kebijakan moneter menjadi sebuah data untuk memprediksi saham hingga memperkirakan pertumbuhan yang ada.

Cerebellum Capital merupakan salah satu perusahaan yang terus mengembangkan teknologi Robo Advisor.

Kecerdasan dalam pengambilan keputusan dan kemampuan memprediksi pergerakan pasar menjadi kelebihan yang ditonjolkan oleh perusahaan teknologi ini.

Apa Itu Robo Advisor dan Bagaimana Cara Kerjanya 01 - Finansialku

[Baca Juga: Perencana Keuangan Solusi Masalah Keuangan Anda]

 

Seolah tak ingin ketinggalan oleh Cerebellum Capital, perusahaan teknologi EquBot baru saja meluncurkan Al Powered Equity ETF (AIEQ), sebuah robot yang menggunakan teknologi supercomputing IBM untuk meracik portofolio, sekitar 30 saham hingga 70 saham.

Racikan portfolio versi ETF ini dihitung berdasarkan kondisi ekonomi terkini, tren dan kondisi spesifik perusahaan yang tercatat di bursa.

Sebagai informasi profesional atau profesi penunjang pasar modal ini adalah pihak yang telah terdaftar di Otoritas Jasa Keuangan, yang persyaratan dan tata cara pendaftarannya ditetapkan dengan peraturan pemerintah.

Profesi penunjang ini terdiri dari akuntan, notaris, konsultan hukum, penilai dan profesi lainnya.

 

Berikan komentar dan pendapat Anda pada kolom di bawah ini. Terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Yoliawan Hariana, Rizki Caturini. 23 Oktober 2017. Robot Siap Gusur Profesional Pasar Modal. Koran Kontan.

 

Sumber Gambar:

  • Robo Advisor – https://goo.gl/gbmX41
  • Robo Advisor Profesional – https://goo.gl/raVpuM

 

Download Ebook Panduan Investasi Saham Untuk Pemula

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang