Apakah kamu mengetahui perbedaan RTGS, Kliring, dan Real Time saat kamu transfer uang?

Yuk, mari ketahui perbedaannya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Planner

 

Jenis Transfer Uang

Sekarang ini transfer uang sudah menjadi hal yang sangat lumrah. Bahkan bisa dikatakan transfer uang adalah kegiatan yang kamu lakukan sehari-hari. Di zaman yang sudah semakin maju ini, transfer uang menjadi lebih mudah.

Kamu bisa melakukan transfer uang dimana saja dan kapan saja tanpa harus mengunjungi kantor cabang bank terdekat.

Kegiatan transfer dan menerima transfer tentunya sangat melekat pada pelaku bisnis online. Kegiatan pembayaran pun sebagian besar dilakukan dengan mentransfer uang.

Namun, seringkali para pelaku bisnis online mengalami berbagai masalah dalam hal pengecekan pembayaran saat memproses pesanan.

Apalagi, jika pembeli sudah melakukan pembayaran tapi pada saat dicek oleh penjual ternyata uang transferan nya belum masuk. Padahal, transfer uang dilakukan dibawah jam 10 malam.

Sering kali hal tersebut baik dari sisi pembeli maupun penjual merasakan kebingungan mengapa uang transferannya belum juga masuk.

Hal ini biasanya terjadi jika pembeli melakukan transfer pembayaran melalui bank yang berbeda dengan bank tujuan.

Ditambah lagi jika pembeli melakukan transfer dengan menggunakan kliring atau yang membutuhkan waktu 2-3 hari kerja untuk bisa masuk ke rekening tujuan.

Apakah Bijak Jika THR Digunakan Membayar Utang 1 Finansialku

[Baca Juga: Gini Lho Cara Aman Pakai Internet Banking!]

 

Kejadian tersebut memang biasanya paling sering dialami oleh pelaku bisnis online dalam hal transaksi jual beli. Tapi, kalau kamu bersedia untuk mengeluarkan uang lebih maka penundaan tersebut dapat lebih diminimalkan.

Jika kamu pengguna internet banking ataupun mobile banking, lalu kamu mau transfer ke bank lain maka kamu tidak perlu bingung. Kamu bisa menggunakan transfer online real time.

Dengan menggunakan transfer online real time maka uang yang ditransfer akan diterima oleh rekening tujuan saat itu juga (real time). Apakah kamu sudah familiar dengan hal ini?

Oh iya, sebenarnya ada beberapa jenis pengiriman uang atau transfer uang di bank lho. Ada RTGS, Kliring, dan Real Time. Sudahkah kamu mengetahui perbedaannya? Jika belum, yuk ketahui perbedaannya. Check it out!

 

Perbedaan RTGS, Kliring, dan Real Time

Kali ini rubrik Finansialku akan berbagi perbedaan antara RTGS, Kliring, dan Real Time. Berikut perbedaan RTGS, Kliring, dan Real time:

 

#1 RTGS (Real Time Gross Settlement)

RTGS (Real Time Gross Settlement) merupakan layanan transfer uang yang biasa digunakan untuk transaksi atau pengiriman (transfer) uang dalam jumlah besar.

Jika kamu mau menggunakan RTGS, uang yang harus kamu kirim adalah lebih dari Rp100 juta. Pada dasarnya, RTGS tidak berbeda jauh dengan kliring kok.

Namun, kalau kliring bisa membutuhkan waktu hingga 3 hari kerja agar uang kamu sampai ke rekening penerima. Sedangkan pada RTGS, uang yang kamu kirim dapat diterima saat itu juga dengan estimasi waktu sekitar 4 jam.

Namun, ada beberapa pengecualian ya. jika pengiriman uang dilakukan diatas jam 3 sore (bank sudah closing) maka uang yang kamu kirim baru akan sampai ke rekening tujuan pada keesokan harinya.

Selain itu, kalau pengiriman uang dilakukan pada akhir bulan (tanggal 30/31) dimana bank sedang melakukan proses tutup buku, maka uang yang kamu kirim dapat mengalami keterlambatan sampai 1 hari kerja ya.

Biasanya, RTGS digunakan untuk transaksi atau transfer antar bank. Misalnya dari BCA mengirimkan uang ke Bank Mandiri dengan menggunakan metode RTGS.

Oh ya, perlu kamu ketahui jika kamu menggunakan metode RTGS maka kamu akan dikenakan biaya sebesar Rp35 ribu per transaksi ya.

Jadi, umumnya RTGS akan digunakan ketika mau mengirimkan uang dalam jumlah yang besar tapi membutuhkan waktu yang lebih cepat jika dibandingkan dengan kliring.

 

#2 Kliring

SKNBI (Sistem Kliring Nasional Bank Indonesia) merupakan infrastruktur yang digunakan oleh BI (Bank Indonesia) dalam kegiatan transfer dana serta kliring yang berjadwal untuk memproses DKE (Data Keuangan Elektronik).

Dimana memproses DKE ini di layanan transfer dana, layanan kliring warkat debit, layanan pembayaran regular, serta layanan penagihan regular.

Kliring juga dapat disebut sebagai kesepakatan antar lembaga keuangan tentang utang piutang dalam sebuah transaksi keuangan.

5 Cara Saya Membuat Perencanaan Keuangan Pribadi dengan Aplikasi Finansialku 04 - Finansialku

[Baca Juga: Apa Itu Mobile Banking? Yuk Ketahui Kelebihan dan Kekurangannya!]

 

Kliring seperti ini dapat kamu temukan di mobile banking ketika kamu mau melakukan transfer atau pengiriman uang ke bank lain. Biasanya, nasabah bank lebih sering memilih untuk menggunakan layanan transfer online untuk mengirim uang.

Selain itu, kliring juga bisa kamu temukan di pengiriman uang lewat kantor bank. Namun, kalau kamu mengirim uang dengan menggunakan kliring maka kamu harus siap untuk menunggu beberapa jam untuk pemrosesannya ya.

Jadi, uang yang kamu kirim melalui kliring tidak bisa langsung masuk ke rekening penerima.

Pada saat ini, ada 5 waktu atau 2 jam sekali di jam kerja untuk pemrosesan kliring di Bank Indonesia (BI). Tapi, kamu tidak perlu khawatir. Semenjak 1 September 2019, pemrosesan kliring akan terjadi setiap 1 jam sekali pada jam kerja kok.

Jika kamu menggunakan kliring, tentu saja ada biayanya. Biaya yang akan dikenakan untuk mengirim atau transfer uang ke bank lain dengan menggunakan kliring adalah sebesar Rp5.000 per transaksi.

Nah, ada kabar baik nih buat kamu. Semenjak 1 September 2019, Bank Indonesia telah menurunkan biaya kliring menjadi Rp3.500, jadi lebih terjangkau kan?

Transfer antar bank dengan menggunakan kliring memang lebih murah jika dibandingkan dengan transfer antar bank online.

Jadi, jika kamu mau transfer antar bank dengan biaya yang lebih terjangkau, maka kamu bisa menggunakan kliring ya.

 

#3 Real Time

Real Time merupakan sistem pengiriman uang yang paling cepat di dalam dunia perbankan lho.

Dengan menggunakan metode real time, maka uang yang kamu transfer akan masuk ke rekening penerima di waktu yang sama ketika kamu melakukan transfer tersebut, sangat cepat kan?

Hal yang membedakan dengan RTGO dan kliring tentunya terletak pada kecepatan pengiriman uangnya ya, karena RTGO dan kliring membutuhkan waktu untuk uang yang kamu transfer sampai ke rekening penerima.

Selain itu, RTGO dan kliring dilakukan langsung melalui kasir bank. Sedangkan pada real time, transfer atau pengiriman uang dapat dilakukan melalui tiga media yaitu mobile banking, internet banking, dan ATM (Auto Teller Machine).

Namun, pada metode real time jumlah uang yang ditransfer dibatasi ya. Jumlah maksimal uang yang boleh kamu transfer hanyalah sebesar Rp25 juta saja per hari.

Jadi, metode transfer uang yang ini cocok untuk dilakukan jika jumlah uang yang dikirimkan tidak terlalu besar dan membutuhkan waktu yang cepat.

Oh iya, real time juga ada biayanya ya. Biasanya biaya untuk fasilitas ini cukup bervariasi tergantung dengan kebijakan bank. Kisaran dari biaya real time biasanya mencapai Rp6.500 hingga Rp7.500.

 

Memilih Jenis Transfer Uang yang Tepat

Setelah mengetahui RTGS, kliring, dan real time serta perbedaannya, sekarang kamu sudah semakin mengenal perbedaan ketiga jenis transfer tersebut. Kamu dapat memilih jenis transfer yang sesuai dengan kebutuhan kamu ya.

Jika kamu perlu transfer uang yang cukup besar (lebih dari Rp100 juta) dengan waktu yang cukup cepat maka kamu dapat menggunakan RTGS.

Namun, jika kamu mau menghemat biaya untuk transfer antar bank dan tidak terlalu memerlukan waktu yang cepat kamu dapat menggunakan kliring dengan harga yang relatif lebih terjangkau.

Sedangkan, jika kamu mau transfer uang yang tidak terlalu besar (kurang dari Rp25 juta) dan membutuhkan kecepatan waktu yang tinggi maka kamu dapat menggunakan jenis real time.

Jadi, jangan bingung lagi ya kalau uang kamu belum masuk. Ketahui dulu jenis transfer apa yang kamu gunakan, dengan begitu maka kamu dapat mengetahui estimasi berapa waktu yang diperlukan agar uang kamu masuk ke rekening penerima.

Sudah punya buku “Make A Plan And Get Your Financial Dreams Come True”?

Buku ini ditulis langsung oleh Melvin Mumpuni CFP, CEO Finansialku lho!

Yuk dapatkan bukunya melalui link di bawah ini..

Review Buku Make A Plan And Get Your Financial Dreams Come True 01 - Finansialku

MAKE A PLAN!

 

Jadi, jenis transfer mana yang biasanya kamu gunakan? Yuk, berikan komentar dan pendapat kamu di kolom yang telah tersedia.

Semoga artikel ini bermanfaat, bagikan artikel ini kepada teman dan kerabat kamu ya.. Thank you!

 

Sumber Referensi:

  • Yayu Agustini Rahayu. 25 Juni 2019. Yuk Mengenali Kliring, RTGS, dan Transfer Online. Liputan6.com – https://bit.ly/2m2EX4v
  • Surtan Siahaan. 11 desember 2017. Perbedaan Kliring, RTGS dan Real Time dalam Dunia Perbankan. Cekaja.com – https://bit.ly/2ksm7ne

 

Sumber Gambar:

  • Transfer Uang – http://bit.ly/2kon53K