Akhirnya pemerintah telah menetapkan Bambang Susantono dan Donny Rahajoe sebagai kepala dan wakil kepala Badan Otorita IKN

Yuk simak profil selengkapnya dalam artikel ini….

 

Pemerintah Telah Menetapkan Kepala dan Wakil Kepala Otorita IKN

Teka-teki mengenai siapakah yang akan menjabat sebagai Kepala Badan Otorita IKN akhirnya terjawab sudah. Pemerintah telah menunjuk Bambang Susantono sebagai Kepala Badan Otorita IKN (Ibu Kota Negara Baru) serta Donny Rahajoe sebagai wakilnya. 

Kabarnya Presiden Joko Widodo akan melantik keduanya pada hari Kamis 10 Maret 2022. Pelantikan tersebut bersamaan dengan pelantikan Gubernur Sulawesi Selatan untuk sisa kepemimpinan 2022-2023 di Istana Kepresidenan.

Hal ini dikonfirmasi langsung oleh otoritas terkait yakni dari kalangan kementerian. “Benar, (Dilantik) besok.” Melansir dari situs Kontan.co.id (10/03/2022). Bambang Susantono menjadi salah satu kandidat kuat yang akan mengisi posisi kepala otorita IKN ini.

Sebelumnya terdapat nama-nama lain seperti Basuki Tjahja Purnama alias Ahok (Komisaris Pertamina), Bambang Bodjonegoro (Dirut PT Wijaya Karya Tumiyana), serta Ridwan Kamil (Gubernur Jawa Barat).

 

Profil Bambang Susantono Selaku Kapala IKN Nusantara

Nama Bambang Susantono sudah tidak asing lagi di dunia pemerintahan. Beliau sempat menjabat sebagai pelaksana tugas (Plt) Menteri Perhubungan di era pemerintahan Susilo Bambang Yudhoyono.

Kemudian pria kelahiran 4 November 1963 ini mengenyam pendidikan di Teknik Sipil ITB pada 1987 dan meraih gelar master tata kota di Universitas California Berkeley dan gelar doktor bidang perencanaan infrastruktur dari universitas yang sama pada tahun 2000.

Tak heran, beliau juga terkenal sebagai pakar perencanaan infrastruktur dan transportasi. Di samping itu, beliau sempat menjabat sebagai Ketua Umum Masyarakat Transportasi Indonesia (2004-2010).

Tidak hanya itu pada tahun 2015 lalu, Bambang Susantono sempat ditunjuk sebagai wakil presiden dalam urusan pengelolaan pengetahuan dan pembangunan berkelanjutan di Bank Pembangunan Asia (Asian Development Bank/ADB).

 

Profil Donny Rahajoe, Wakil Kepala IKN Nusantara

Donny Rahajoe saat ini tengah menjabat sebagai Managing Director President Office di perusahaan properti raksasa, Sinar Mas Land. 

Di samping itu, beliau juga berperan sebagai Anggota Badan Pembina Yayasan Institut Teknologi Sains Bandung (ITBS), sebuah perguruan tinggi milik Sinar Mas Land.

Pada satu kesempatan Donny kedapatan mendampingi Presiden Joko Widodo saat berkunjung ke Kawasan Green Office Park BSD City.

Di sana, Donny secara rinci memberikan penjelasan mengenai pembangunan Kawasan BSD kepada Presiden Jokowi beserta rombongannya.’

Dalam rombongan tersebut termasuk di dalamnya antara lain Menteri PPN/ Kepala Bappenas, Suharso Monoarfa, Menteri Sekretaris Negara Pratikno, Menteri Investasi/Kepala BKPM Bahlil Lahadalia, Gubernur Banten Wahidin Halim, dan Bupati Tangerang Ahmed Zaki Iskandar.

 

Ibu Kota Baru, Menuju Indonesia yang Lebih Maju

Penunjukan Bambang Susantono serta Donny Rahajoe adalah salah satu bentuk komitmen pemerintah dalam merealisasikan proyek Ibu Kota Baru bernama “Nusantara” ini.

Keduanya memiliki kredibilitas yang sangat mumpuni di bidangnya dan dianggap layak untuk mengemban tanggung jawab tersebut. Kita tahu bahwa Pemerintah Republik Indonesia bertekad untuk membangun ibu kota baru Indonesia di wilayah Kalimantan Timur.

Dengan berbagai pro-kontra serta kontroversi yang menyertainya, proyek ini akan tetap dilaksanakan. Bahkan Presiden Joko Widodo telah menandatangani Undang-undang Ibu Kota Negara (UU IKN) sekaligus menandai dimulainya proyek tersebut.

Pembangunan Ibu Kota Negara (IKN) baru bernama “Nusantara” sendiri berlandaskan 3 tujuan utama meliputi simbol identitas nasional, kota berkelanjutan di dunia, serta sebagai penggerak ekonomi Indonesia di masa depan. 

Tentu kita hanya bisa berharap langkah ini akan berdampak positif bagi negara kita kedepannya sekaligus memperkuat identitas Indonesia sebagai salah satu negara besar yang berdaulat.

 

Untuk mendukung negara semakin maju, kita juga perlu membenahi keuangan kita agar semakin maju juga, bukan?

Bagi kamu yang ingin memajukan kondisi keuangan ke posisi lebih baik, kamu bisa mulai dengan baca ebook gratis tentang mengatur keuangan berikut.

Banner Iklan Ebook Cara Mengatur Keuangan dengan Mudah - PC
Banner Iklan Ebook Cara Mengatur Keuangan dengan Mudah - HP

 

Itulah profil lengkap dari kepala otorita IKN beserta wakilnya, Bambang Susantono serta Donny Rahajoe.

Lalu apa tanggapan Anda mengenai informasi ini? Jangan segan untuk menuliskannya di kolom komentar ya…

 

Editor: Eunice

Sumber Referensi : 

  • Tim Redaksi. 10 Maret 2022. Profil Bambang Susantono & Dhony Rahajoe, Bos IKN Nusantara. Cnbcindonesia.com https://bit.ly/3Czb7Ii
  • Kompascom. 10 Maret 2022 Bambang Susantono akan Dilantik Jadi Kepala Badan Otorita IKN, Ini Profilnya. Kontan.co.id – https://bit.ly/3tDQ82E