Saham emiten ritel diprediksi akan kecipratan untung dari cairnya gaji ke-13 tepat pada hari ini. Ini saham rekomendasi dari broker!

Simak informasi selengkapnya di berita Finansialku di bawah ini.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Saham Emiten Ritel Diprediksi Bakal Meningkat

Saham emiten ritel diprediksi bakal kecipratan untung seiring dengan dicairkannya gaji ke-13 Pegawai Negeri Sipil hari ini, Senin (10/08), setelah Presiden Jokowi menerbitkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 44 Tahun 2020 tentang pemberian Gaji, Pensiun, Tunjangan, atau Penghasilan Ketiga Belas Tahun 2020 pada Jumat (07/08) lalu.

Sebagaimana diketahui, tahun 2020 ini, pencairan gaji ke-13 PNS sedikit terlambat jika dibandingkan dengan tahun-tahun sebelumnya, yang biasanya cair pada tahun ajaran baru, bulan Juli setiap tahunnya.

Tapi mengingat tahun ini, pemerintah masih fokus dalam mengurusi penanganan virus corona di Indonesia, sehingga menyebabkan mundurnya pencairan gaji ke-13 PNS.

Bukan cuma PNS yang bahagia, beberapa saham emiten ritel juga diprediksi bakal kecipratan, dan menguat seiring dengan dicairkannya gaji ke-13 ini.

Direktur Equity and Business Development Sucor Sekuritas, Bernadus Wijaya, mengatakan kalau pencairan gaji ke-13 ini akan mendorong daya beli masyarakat dan memberikan dampak langsung pada saham ritel.

“Tentunya, hal ini akan berdampak langsung pada saham ritel.” Ungkapnya, dikutip laman cnnindonesia.com, Senin (10/08).

Bukan cuma itu, ada dampak lain dari naiknya saham ritel di pasar saham adalah karena adanya bantuan sosial dari Presiden Jokowi untuk karyawan dengan gaji di bawah Rp 5 juta sebesar Rp 600.000 per bulan selama empat bulan berturut-turut yang rencananya bakal cair mulai September mendatang.

Gaji Ke-13 PNS Cair, Saham Emiten Ritel Diprediksi Bakal Kecipratan! 02

[Baca Juga: Intip Tips Investasi Saat Pandemi Corona yang Bisa Dicontek!]

 

Ini tentu menjadi perhatian investor, karena daya beli masyarakat bakal meningkat, di mana dampaknya bakal terasa langsung pada saham emiten ritel.

“Dengan pemberian BLT dari pemerintah ini merupakan upaya untuk meningkatkan daya beli masyarakat terutama konsumsi sehingga harga saham LPP, RALS, dan MAPI cenderung meningkat.” Kata Analis Jasa Utama Capital Sekuritas, Chris Apriliony, dikutip laman investasi.kontan.co.id, Kamis (06/08).

Adapun, pada perdagangan minggu lalu, salah satu saham ritel, RALS (PT Ramayana Lestari Sentosa Tbk. ditutup pada level 610 yang mana jika tembus level 620, bakal diuji level resisten di posisi 690, dikutip laman cnnindonesia.com, Senin (10/08).

Dari laman yang sama, Profindo Sekuritas mengatakan kalau IHSG diprediksi bakal menguat di awal pekan.

Adapun saham ritel pilihan yang bisa dipantau adalah; RASL, INAF, LSIP, MDKA.

Sementara itu, berlawanan dengan Profindo Sekuritas, Erdhika Sekuritas malah mengatakan sebaliknya.

Pasar saham dinilai masih terlalu skeptis dengan potensi vaksin virus corona yang diprediksi bakal tersedia tahun depan.

Meski begitu, beberapa saham pilihan yang bisa dipantau dari rekomendasi Erdhika Sekuritas adalah; TOWR, TLKM, ISAT, ADRO.

 

Ebook GRATIS, Panduan BERINVESTASI SAHAM Untuk PEMULA

Ebook Panduan Investasi Saham untuk Pemula Finansialku.jpg

Download Ebook Sekarang

 

Sedangkan Panin Sekuritas mengatakan kalau IHSG bergerak mixed cenderung menguat untuk hari ini, dalam rentang 5.122 sampai dengan 5.184, dengan saham rekomendasi adalah; ASII, GGRM, PTSN, dan SIDO.

Sedikit senada, MNC Sekuritas mengatakan, selama IHSG tidak terkoreksi melebihi 4.928, maka berpotensi untuk menguat kembali.

Dikatakan kalau saat ini, pergerakan IHSG merupakan bagian dari wave [b[ dari wave pola diagonal.

Berikut adalah beberapa saham ritel rekomendasi yang bisa dipantau oleh para investor; BMRI, TOWR, ACES, ANTM.

 

Apakah Sobat Finansialku yang berprofesi sebagai seorang PNS, sudah menerima gaji ke-13? Sudah ada rencana, bakal dialokasikan untuk apa? Yuk, bagikan cerita Sobat Finansialku di kolom komentar!

Pastikan Sobat Finansialku sudah membagikan informasi penting ini kepada rekan-rekan lewat pilihan platform yang tersedia di bawah ini, ya.

 

Sumber Referensi:

  • Syahrizal Sidik. 10 Agustus 2020. Ada Bansos Jokowi, Saham Ritel & Consumer Goods jadi Incaran. Cnbcindonesia.com – https://bit.ly/2XN5e6Z
  • Admin. 06 Agustus 2020. Saham emiten ritel kompak menguat terdorong sentimen BLT untuk pekerja. Investasi.kontan.co.id – https://bit.ly/2PButVm
  • Welia Andany. 10 Agustus 2020. Gaji Ke-13 PNS Berpotensi Dorong Cuan Saham Ritel. Cnnindonesia.com – https://bit.ly/2DL7Rz4
  • Mutia Fauzia. 10 Agustus 2020. Hari Ini Gaji Ke-13 PNS Cair, Simak Besarannya. Money.kompas.com – https://bit.ly/30FFwmG

 

Sumber Gambar:

  • Ritel 01 – https://bit.ly/2F9hRD0
  • Ritel 02 – https://bit.ly/3itrhHA