Deputy CEO Auric Pacific jadi komisaris baru Matahari department store, intip saham LPPF di artikel berikut ini.

Informasi selengkapnya, dapat dibaca dalam artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Nilai Saham Auric Diperkirakan Rp 224 Miliar

PT Matahari Department Store Tbk (LPPF) beberapa hari lalu mengumumkan susunan baru Dewan Komisaris Perseroan dan menyambut salah satu Komisaris baru yaitu Monish Mansukhani.

Asal tahu saja, Sobat Finansialku, Mansukhani adalah Deputy CEO Auric Pacific dan merupakan perwakilan pemegang saham Greater Universal, anak perusahaan yang dimiliki seluruhnya secara tidak langsung oleh Auric Capital.

Adapun Auric Capital merupakan perusahaan investasi yang memiliki fokus kepada bisnis konsumen di Asia Tenggara. Target Auric Capital adalah kepemilikan ekuitas pengendali maupun non-pengendali.

Dengan kata lain, Matahari resmi memiliki pemegang saham baru selain Grup Lippo yakni Greater Universal, anak perusahaan yang dimiliki seluruhnya secara tidak langsung oleh Auric Capital.

Jika disetujui oleh Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia, Greater Universal akan memiliki sedikit di atas 5 persen saham Matahari.

Umumkan Komisaris Anyar, Saham Matahari Dipegang Auric Capital 02

[Baca Juga: 5 Tips JITU Memulai Investasi Saham Saat Pandemi]

 

Auric Capital adalah perusahaan yang berbasis di Singapura, yang dipimpin oleh Andy Adhiwana.

Auric Capital memiliki reputasi yang kuat sebagai investor jangka panjang yang dapat memberikan nilai tambah, terutama di sektor konsumen, dengan memberikan analisa kritikal dan masukan strategis atas status usaha dengan tujuan untuk meningkatkan kinerja jangka panjang.

Presiden Komisaris Independen Matahari John Bellis menyampaikan, investasi ini merupakan investasi Auric Capital perdana di Indonesia.

“Kami gembira bahwa mereka telah mempercayai kekuatan merek, inisiatif dan tim manajemen Matahari.” Tuturnya dalam keterangan tertulis.

Meski begitu, tidak disebutkan berapa besar nilai investasi Auric dan detail dibeli dari pemegang saham yang mana.

Sementara itu, Mansukhani mengatakan Matahari memiliki posisi yang kuat untuk semakin meningkatkan posisinya sebagai pemimpin pasar untuk mengkapitalisasi meningkatnya tren konsumen di Indonesia. 

“Tim manajemen yang baru memiliki kemampuan pelaksanaan yang kuat untuk mewujudkannya di tengah kesempatan pasar saat ini.” Tuturnya dalam keterangan tertulis.

“Saya senang dapat bekerja sama dengan para komisaris dan direksi perseroan untuk mendukung bisnis Matahari mencapai potensi penuhnya.” Lanjutnya.

Mengacu data laporan keuangan per Desember 2019, jumlah saham beredar LPPF mencapai 2.804.883.280 saham.

Mengutip dari CNBC Indonesia harga saham LPPF per Jumat pekan lalu (05/06) di level Rp 1.600/saham, maka nilai saham Auric diperkirakan Rp 224 miliar. Direksi melaporkan pendapatan bersih konstan di Rp 10,3 triliun.

Sedangkan Laba bersih sebesar Rp 1,4 triliun, meningkat 25% dari laba bersih setelah penurunan nilai investasi di tahun 2018 (menurun 27% dari laba bersih sebelum penurunan nilai investasi di tahun 2018).

Berikut susunan pengurus Matahari per 4 Juni hasil RUPST:

 

Dewan Komisaris

Presiden Komisaris Independen: John Bellis

Wakil Presiden Komisaris Independen: Roy Nicholas Mandey

Komisaris: Monish Manohar Mansukhani (baru)

Komisaris: Adrian Suherman

 

Direksi

Presiden Direktur: Bunjamin Jonatan Mailool

Wakil Presiden Direktur Independen: Terence Donald O’Connor (baru)

Direktur Independen: Niraj Jain (baru)

Direktur Independen: Irwin Abuthan (baru)

 

RUPST pada 4 Juni lalu itu juga telah memberikan persetujuan atas laporan direksi atas jalannya usaha dan laporan keuangan Perseroan untuk tahun buku 2019.

 

GRATISSS Download!!! Ebook Perencanaan Keuangan Entrepreneur & Freelance

Mockup ebook entrepreneur dan freelancer

Download Ebook Sekarang

 

Tertarik Investasi Saham? Yuk Gabung Komunitasnya!

Situasi pandemi begini, oke nggak sih investasi saham? Saham mana yang kira-kira punya prospek bagus ya?

Sobat Finansialku, tahukah kalian bahwa berinvestasi adalah kendaraan untuk mencapai tujuan keuanganmu? Oleh sebab itu, kamu harus memiliki tujuan terlebih dahulu sebelum berinvestasi.

Demikian pula untuk investasi saham. Instrumen investasi saham adalah kendaraan yang bisa kamu gunakan untuk meraih tujuan keuangan kamu.

Yuk pelajari tentang saham, mengapa investasi di saham, kapan waktu yang tepat untuk beli saham, dan seluk-beluk mengenai saham lewat webinar dan gabung dalam komunitas saham Finansialku.

Di dalamnya, tergabung pakar-pakar dan praktisi-praktisi saham yang bisa kamu ajak diskusi dan bertanya mengenai seluk beluk saham.

Dengan kamu tergabung dalam komunitas ini, kamu gak akan salah melangkah dalam berinvestasi. Yuk gabung dengan klik tombol di bawah ini.

komunitas saham

Mau Join Webinar dan Komunitas Saham

 

Eits, tapi sebelum berinvestasi, sudahkah Sobat Finansialku mengatur keuangan dengan baik? Agar investasimu tidak memberikan pengaruh buruk pada arus keuanganmu, Sobat Finansialku harus memiliki perencanaan keuangan yang baik lho.

Sobat Finansialku bisa gunakan aplikasi Finansialku yang bisa membantu untuk merencanakan keuangan dengan baik.

Aplikasi Finansialku ini adalah satu-satunya aplikasi perencana keuangan di Indonesia yang sudah terdaftar dan diawasi oleh OJK serta memiliki sertifikat ISO 27001 sehingga tidak perlu khawatir lagi akan keamanan datanya.

Kamu bisa coba aplikasinya dengan download di sini:

playstore icon
appstore icon

 

Dapatkan free trial aplikasi Premiumnya selama 30 hari bagi pengguna baru dan dapatkan potongan Rp 50 ribu bagi pelanggan lama yang ingin melakukan upgrade ke Premium dengan memasukkan kode CUAN50!

Yuk, kita lakukan kebaikan untuk diri kita sendiri dalam mengelola pendapatan kita, supaya kita lebih sejahtera dan bisa memberikan warisan berharga pagi generasi selanjutnya.

 

Bagaimana menurutmu, Sobat Finansialku tentang artikel di atas? Kamu bisa berbagi komentar lewat kolom komentar di bawah ini.

Sebarkan informasi ini seluas-luasnya lewat berbagai platform yang tersedia, agar kawan atau sanak-saudaramu tahu apa yang kamu ketahui. Semoga bermanfaat, ya.

 

Sumber Referensi:

  • Tira Santia. 07 Juni 2020. Auric Capital Jadi Pemegang Saham Matahari. Liputan6.com – https://bit.ly/3797ZmF
  • Tahir Saleh. 08 Juni 2020. Auric Jadi Pemegang Saham Matahari, Setor Duit Berapa?. CNBC Indonesia – https://bit.ly/2AQ379K
  • Admin. 07 Juni 2020. Auric Capital Menjadi Pemegang Saham Matahari. Pressrelease.kontan.co.id- https://bit.ly/3cEqTTD

 

Sumber Gambar:

  • AuricMatahari 01 – https://bit.ly/3f0Aeqb
  • AuricMatahari 02 – https://bit.ly/2MAUnag