Salah satu fasilitas layanan yang ditawarkan oleh pemerintah yang memudahkan masyarakat adalah layanan SAMSAT online.

Pada kesempatan kali ini, Finansialku akan menjelaskan serba serbi mengenai SAMSAT online serta cara penggunaannya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Layanan SAMSAT online

Berkembangnya era teknologi juga dimanfaatkan pemerintah untuk menyediakan layanan yang semakin praktis, mudah dan cepat.

Salah satunya adalah dengan aplikasi e-SAMSAT atau yang juga dikenal dengan nama Sistem Administrasi Manunggal Satu Atap online.

Sebelum Kredit Kendaraan, Cek Dulu Informasi Tentang Pajak Kendaraan Samsat Online Finansialku

[Baca Juga: Apa Itu Pajak Progresif? Berikut Penjelasannya!]

 

Aplikasi ini sangat membantu pengurusan dan pembayaran pajak. Pembayaran pajak kendaraan yang disediakan oleh SAMSAT online antara lain:

  1. Kendaraan bermotor keadaan pengesahan STNK 1 Tahun.
  2. Kendaraan bermotor keadaan tidak ganti STNK.
  3. Kendaraan bermotor keadaan disertai dengan BPKB, KTP pemilik asli dan STNK.
  4. Kendaraan bermotor keadaan tak terlambat lebih dari 1 Tahun.
  5. Kendaraan bermotor tidak berkeadaan hilang atau rusak, lapor jual dan kriminal

Dengan adanya aplikasi ini, Anda tidak perlu jauh-jauh mengunjungi Kantor SAMSAT untuk pengurusan pembayaran PKB (Pajak Kendaraan Bermotor) tahunan.

Selain melakukan pembayaran pajak itu sendiri, SAMSAT online juga dapat digunakan untuk mengecek segala informasi mengenai pajak kendaraan, seperti:

  • Tanggal jatuh tempo pembayaran
  • Estimasi pajak yang harus dibayar

 

Selain itu, pengguna juga dapat memblokir dan mengecek status blokir kendaraan bermotor.

Untuk mengecek pajak online, pengguna harus memasukkan nomor plat kendaraan.

Salah satu ketentuan dalam memasukkan nomor kendaraan adalah jika plat nomor kurang dari 4 angka, maka Anda harus memasukkan angka ‘0’  pada bagian depan.

Sebagai contoh plat kendaraan Anda B 123 ABC, maka untuk mengecek informasi pajak secara online, Anda harus menambahkan angka 0 menjadi B 0123 ABC.

Jika tidak, maka kemungkinan besar, nomor Anda tidak dapat terlacak atau akan muncul notifikasi bahwa nomor Anda tidak terdaftar pada SAMSAT.

Ayo-Telusuri-Kredit-Kendaraan-Bermotor-(KKB)-2-Finansialku

[Baca Juga: Cek Pajak Kendaraan Bermotor Online dengan Mudah, Begini Caranya!]

 

Pengguna juga dapat melakukan perpanjangan STNK secara online. Jadi misalnya, Anda memiliki KTP berdomisili Bekasi, Anda tidak harus kembali ke Bekasi untuk mengurus pajak, Anda dapat mengurusnya di Jakarta.

Tidak semua SAMSAT di Jakarta dapat melayani pengurusan ini, pembagian wilayahnya adalah sebagai berikut:

  1. Wilayah DKI Jakarta, meliputi: Jakarta Pusat, Jakarta Utara, Jakarta Barat, Jakarta Selatan, Jakarta Timur, dengan pengurusan STNK online di Samsat BSD, Samsat Cinere, dan Samsat Cikokol.
  2. Wilayah Banten, seperti: BSD, Cikokol, Ciledug, Ciputat, Balaraja, pengurusan STNK online di Samsat Jakarta Selatan dan Samsat Cinere.
  3. Wilayah Jawa Barat, meliputi: Depok, Cinere, dan Cikarang-Bekasi, pengurusan STNK online di Samsat Jakarta Selatan, Samsat BSD, dan Samsat Cikokol.

 

SAMSAT Online di Berbagai Provinsi

Layanan e-Samsat telah tersedia di beberapa provinsi besar di Indonesia. Walaupun belum semua, namun pemerintah telah melakukan pengembangan produk melalui kerja sama dengan pemerintah daerah.

Berikut adalah beberapa provinsi besar tersebut.

 

e-Samsat DKI Jakarta

Di Ibukota, pada tanggal 21 Juni 2017, Direktorat Lalu Lintas Polda Metro Jaya telah meresmikan aplikasi e-Samsat.

Setelah sebelumnya masyarakat dibantu dengan layanan SMS, dan Samsat drive thru, sekarang layanan Samsat online ini juga diharapkan dapat memudahkan masyarakat.

Cara penggunaannya juga cukup mudah. Hanya dengan memasukkan nomor polisi kendaraan dan NIK, Anda sudah dapat melihat data kendaraan dan total pajak kendaraan.

Dari informasi tersebut Anda dapat memilih untuk melakukan pembayaran. Pembayaran pajak kendaraan dapat dilakukan melalui ATM atau cabang bank DKI di mana saja yang tersebar di wilayah Anda.

 

Sambara (e-Samsat Jawa Barat)

Sambara adalah aplikasi SAMSAT online milik Bapenda (Badan Pendapatan Daerah) Jawa Barat yang diluncurkan pada tanggal 18 April 2018.

Anda dapat mengakses situs ini melalui alamat: http://dispenda.jabarprov.go.id/e-samsat-jabar/ atau mengunduhnya ke smartphone berbasis Android melalui Google Play Store.

Penggunaannya sama dengan aplikasi e-Samsat pada umumnya. Sebagai contoh jika Anda ingin mengecek info pajak kendaraan maka yang harus Anda pilih adalah:

  • Memilih menu ‘Info PKB’
  • Mengisi kolom plat nomor kendaraan yang ingin diperiksa
  • Jika ditemukan, maka sistem akan menampilkan informasi berisi merek kendaraan, model kendaraan, warna kendaraan, tahun, nomor mesin, nomor rangka, tanggal pajak, jumlah pajak, pajak denda.

 

Sakpole (e-Samsat Jawa Tengah)

Sakpole adalah aplikasi SAMSAT online bagi Anda yang tinggal di daerah Jawa Tengah. Jika Anda ingin menggunakan komputer, maka situsnya adalah http://dppad.jatengprov.go.id/ dan Anda membutuhkan sambungan internet.

Aplikasinya juga sangat mudah digunakan dan memberikan beberapa fasilitas pelayanan seperti info PKB tahunan, info status blokir, dan pembayaran PKB tahunan kapan saja dan di mana saja.

Sebagai contoh, untuk melakukan pembayaran pajak tahunan, pilih fitur ‘Pembayaran online’, kemudian isi data yang diminta dan ikuti instruksi.  Kemudian, Anda akan mendapatkan kode bayar.

Kode bayar ini akan digunakan untuk menyelesaikan transaksi. Pembayaran tidak hanya dapat dilakukan melalui ATM, tetapi juga dapat dibayar di teller, mobile banking dan internet banking BNI.

 

e-Samsat Jawa Timur

Jawa Timur juga memiliki platform SAMSAT online yang bernama e-Samsat Jawa Timur.

Untuk alamat situsnya adalah http://www.esamsat.jatimprov.go.id/, Layanan SAMSAT online ini dapat digunakan untuk mengecek info pajak dan membayar pajak.

Cara penggunaan untuk mengecek info pajak kendaraan dan pembayaran PKB:

  • Setelah Anda mengunduh aplikasi, Anda akan dibawa ke halaman muka di mana Anda harus mengisi kota tempat kendaraan didaftarkan, SAMSAT tempat kendaraan Anda didaftarkan, serta nomor polisi kendaraan.
  • Sistem akan menampilkan detail informasi mengenai pajak kendaraan, lanjutkan dengan memilih “Ya”
  • Anda akan kemudian diminta untuk memasukkan nomor rangka, nomor BPKB kendaraan, serta lokasi pengambilan nota dan pengesahan STNK baru
  • Klik tombol ‘Pengajuan Kode Bayar’ dan pilih bank untuk Anda melakukan transaksi
  • Bayar dan simpan bukti transfer, kemudian, tunjukkan bukti tersebut untuk mengambil nota pembayaran dan STNK baru

 

Kontak SAMSAT Online

Untuk informasi lebih lanjut, maka Anda dapat menghubungi SAMSAT online di nomor telepon 021-415622, atau nomor hotline 1-660-886-777. Anda juga dapat menghubungi melalui email msatonline@yahoo.com.

 

Jadilah Warga yang Sadar Pajak

Dengan adanya sistem online yang memudahkan masyarakat, sudah seharusnya Anda membayar pajak dengan tepat waktu. Jangan sampai Anda terkena denda hanya karena pajak melewati masa aktif.

Selain itu, Anda juga perlu memperhatikan kondisi keuangan Anda, jangan sampai ketika mau membayar pajak ternyata Anda belum menyiapkan uang tersebut sehingga harus membayar terlambat dan kena denda.

Anda bisa membaca ebook Perencanaan Keuangan usia 30 an dari Finansialku di bawah ini secara GRATIS, selamat membaca.

Free Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Semoga artikel ini bermanfaat dalam memberikan Anda informasi mengenai SAMSAT online.

Pastikan bahwa masa berlaku pajak kendaraan Anda masih aktif.

Jangan lupa untuk membagikan artikel ini dan tulis komentar Anda di kolom bawah ini.

 

Sumber Referensi:

  • Admin. Samsat Online. Samsatonlinemetrojaya.wordpress.com – https://bit.ly/2FeehDY
  • Rezita Rani. Cara Cek Pajak Kendaraan Bermotor Melalui e-Samsat. Online-pajak.com – https://bit.ly/2UKKqJR
  • Surtan Siahaan. e-Samsat: Bayar Pajak Kendaraan Bermotor Online. Online-pajak.com – https://bit.ly/2JndVjH

 

Sumber Gambar:

  • SAMSAT Online – http://bit.ly/2UMtCp8