Presiden Joko Widodo tunjuk Erick Thohir sebagai Ketua Tim Pelaksana Satuan Tugas Pemulihan Ekonomi Nasional

Yuk simak informasi selengkapnya dalam artikel Finansialku di bawah ini!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku and News

 

Anyar Dibentuk, Ini Tugas Tim Satuan Tugas Pemulihan Ekonomi

Di tengah kasus Covid-19 yang semakin berlipat dan menanjak, Presiden Joko Widodo membentuk Satuan Tugas Pemulihan Ekonomi Nasional dan menunjuk  Menteri BUMN Erick Thohir sebagai Ketua Tim Pelaksana.

Erick Thohir bertugas mengoordinasikan langkah-langkah penanganan yang dilakukan Satgas Perekonomian dan Satgas Covid-19 dalam segi ekonomi.

Dengan kondisi hari ini, Erick menilai kesehatan dan ekonomi harus berjalan seiringan. Ia tidak ingin normal baru disalahartikan masyarakat.

“Beberapa bisnis belum dibuka contohnya perfilman atau teman yang dari ke kafe main musik. Hal ini pasti terdampak,” ujar Erick mengutip dari CNBC Indonesia.

Jadinya ada dua Satgas dalam menghadapi Pandemi Covid-19, yakni Satgas Covid-19 yang dipimpin Doni Monardo dan Satgas Perekonomian yang dipimpin Wakil Menteri BUMN Budi Gunawan Sadikin.

“Bapak Presiden telah menandatangani PP terkait penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional,” kata Menko Perekonomian Airlangga Hartarto sebagaimana mengutip Beritasatu, Senin (20/07).

Lebih lanjut, Airlangga mengatakan, berdasarkan PP tersebut, Presiden Jokowi menugaskan kepada Komite Kebijakan untuk melihat situasi perekonomian nasional.

Lagi! Erick Thohir Rombak Jajaran Direksi BUMN, Kali Ini Pelindo I 02

[Baca Juga: Penting! 4 Cara Menghadapi Resesi yang Bisa Kamu Lakukan]

 

Selain itu juga, tim tersebut akan berfokus pada perkembangan Covid-19. Khususnya terkait ketersediaan peralatan tes, perkembangan vaksin dan antibodi, serta program perekonomian yang bersifat multiyears.

“Kita melihat bahwa recovery pandemi Covid akan memakan waktu. Oleh karena itu, Bapak Presiden memberikan penugasan agar Tim sepenuhnya merencanakan dan mengeksekusi program-program agar penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi ini berjalan secara beriringan dalam arti agar keduanya ditangani oleh kelembagaan yang sama dan koordinasi secara maksimal,” jelas Airlangga.

Secara rincinya, berikut susunan lengkap tim penanganan Covid-19, melansir dari CNBC;

  • Ketua: Menko Perekonomian Airlangga Hartarto
  • Wakil Ketua 1: Menko Marves Luhut Binsar Pandjaitan
  • Wakil Ketua 2: Menko Polhukam Mahfud Md
  • Wakil Ketua 3: Menko PMK Muhadjir Effendy
  • Wakil Ketua 4: Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati
  • Wakil Ketua 5: Menteri Kesehatan Terawan Agus Putranto
  • Wakil Ketua 6: Menteri Dalam Negeri Tito Karnavian
  • Ketua Pelaksana: Menteri BUMN Erick Thohir
  • Sekretaris Eksekutif 1: Raden Pardede
  • Sekretaris Eksekutif 2: Sesmenko Perekonomian Susiwijono
  • Ketua Satgas Penang Covid-19: Kepala BNPB Doni Monardo
  • Ketua Satgas Pemulihan Ekonomi Nasional: Wakil Menteri BUMN Budi Gunadi Sadikin

 

Sementara itu, Indonesia mencatat 1.693 kasus baru positif COVID-19 dalam sehari (20/7). Sekarang ada total 88.214 kasus di seluruh Indonesia. 4.239 orang meninggal dunia, 46.977 pasien dinyatakan sembuh.

COVID-19 sudah menyebar di 34 provinsi dan 467 kabupaten/kota. Ada 36.380 suspek dan 14.027 spesimen diperiksa hari ini.

GRATISSS Download!!! Ebook Panduan Sukses Atur Gaji Ala Karyawan

Mockup Ebook Karyawan

Download Ebook Sekarang

 

Tetaplah tingkatkan kesadaran dan kewaspadaan dalam kondisi ini, upayakan terapkan protokol kesehatan jika sedang di luar rumah, ya!

Sebarkan informasi ini seluas-luasnya lewat berbagai platform yang tersedia, agar kawan atau sanak-saudaramu tahu apa yang kamu ketahui. Semoga bermanfaat!

 

Sumber Referensi:               

  • Chandra Gian Asmara. 20 Juli 2020. Dipimpin Erick Thohir, Ini Susunan Lengkap Satgas Covid-19. Cnbcindonesia.com – https://bit.ly/39orOYp
  • Novy Lumanauw. 20 Juli 2020. Erick Thohir, Ketua Tim Pelaksana Satgas Pemulihan Ekonomi dan Satgas Covid-19. Beritasatu.com – https://bit.ly/32zMICg
  • Monica Wareza. 20 Juli 2020. Erick Buka-bukaan Alasan Jokowi Bentuk Satgas Covid-19 Baru. Cnbcindonesia.com – https://bit.ly/2WEdYM9
  • Taufik Ismail. 20 Juli 2020. Presiden Teken PP Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi Nasional, Kini Ada Dua Satgas. Tribunnews.com – https://bit.ly/2CN9DPQ