Bagaimana cara memilih sekolah ramah anak? Ternyata, ada beberapa hal penting yang harus diperhatikan lho. Selamat membaca ya Moms and Dads!

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Finansialku Watch

 

Definisi Sekolah Ramah Anak

Sekolah ramah anak tentu berbeda dengan sekolah pada umumnya. Meskipun perbedaannya sedikit, namun sekolah jenis ini bisa memberikan impact yang jauh berbeda dibanding sekolah umum.

Sekolah ini sangat disarankan untuk orang tua, karena anak bisa mendapatkan banyak hal yang tak bisa didapatkan di sekolah umum.

Sekolah Ramah Anak Serba-serbi dan Tips Memilih Sekolah yang Baik 02 - Finansialku

[Baca Juga: Moms Perlu Tahu! Kiat Sukses Dalam Mengajarkan Anak Hidup Sederhana]

 

Pastilah setiap orang tua menginginkan anaknya bersekolah di tempat yang sebaik mungkin. Baik itu sistem pendidikannya, pengajar dan pendidiknya, dan lain sebagainya.

Sebelum mengenal lebih jauh tentang sekolah jenis ini, simak terlebih dahulu bagaimana cara memilih sekolah yang baik untuk anak.

 

Serba Serbi Sekolah Ramah Anak

Sekolah anak yang ramah harus memenuhi beberapa kriteria. Jika Anda benar-benar ingin menyekolahkan anak ke sekolah tipe ini, maka moms and dads harus bisa memastikan adanya kriteria berikut.

Beberapa hal yang mencerminkan sekolah ramah adalah sebagai berikut.

 

#1 Memiliki Kantin Kejujuran

Kantin kejujuran bisa melatih anak dalam berkata dan berperilaku jujur. Kantin ini akan memberikan anak kesempatan membayar apa yang dibelinya tanpa diketahui orang lain, di sinilah kejujuran anak akan terlatih.

 

#2 Merupakan Sekolah Adiwiyata

Adiwiyata merupakan program untuk mewujudkan sebuah tempat yang mengedepankan hidup bersih serta sehat.

Tidak semua sekolah mendapatkan julukan Adiwiyata. Jadi, pasti yang memperolehnya adalah sekolah pilihan yang ramah anak.

 

#3 Menerapkan PHBS

PHBS adalah singkatan dari Perilaku Hidup Bersih dan Sehat.

Jika sekolah tersebut menerapkan PHBS, biasanya di sekolah tersebut akan terdapat wastafel di tempat yang seharusnya, tidak sulit menemukan tempat sampah, ada alat kebersihan di setiap kelas, dan lainnya.

 

#4 Memiliki Program UKS

UKS merupakan singkatan dari Unit Kesehatan Sekolah. Rasanya semua sekolah di Indonesia sudah memiliki program ini.

Selain unit pelayanannya, UKS harus juga memiliki tenaga medis yang selalu piket untuk menangani kondisi siswa di sekolah yang sakit.

 

#5 Mempunyai Kebijakan Anti Kekerasan

Sekolah ramah juga harus dilengkapi dengan kebijakan anti kekerasan.

Untuk mengetahuinya Anda bisa bertanya langsung kepada guru, menyimak kebijakan-kebijakan sekolah, atau melihat adanya properti di sekolah yang mencerminkan usaha ini.

Pendidikan yang baik tentunya didapatkan dengan biaya yang tidak sedikit. Untuk itu tim Finansialku telah mempersiapkan trik jitu bagi para orang tua untuk merencanakan pendidikan anak hingga lulus sarjana. 

E-book ini GRATIS! Dapatkan pada tautan berikut.

Silakan download ebook-nya, GRATIS!!!

Ebook Dana Pendidikan Anak - Finansialku Mockup

Download Sekarang

 

Cara Memilih Sekolah yang Baik

Untuk bisa memberikan anak sekolah yang paling baik, ada beberapa hal yang harus diketahui oleh Anda yang sedang mencari sekolah untuk anak.

Ada sebuah prinsip yang sebaiknya diketahui setiap orang, namun pada kenyataannya belum banyak orang tua yang memahaminya.

Menurut pakar psikologi Rosdiana Setyaningrum, sekolah untuk anak tidak bisa berdasarkan orang tua semata, karena anak tidak punya kewajiban untuk memenuhi mimpi orang tua yang belum terwujud.

Orang tua yang terlalu berambisi dengan hal ini bisa saja justru menghancurkan masa depan anak.

Sebaliknya, orang tua harus memperhatikan beberapa hal di diri anak untuk bisa mendapatkan sekolah paling baik versi anak.

Beberapa hal tersebut antara lain, faktor dari diri anak, tahapan perkembangan anak, karakter kepribadian, dan potensi kecerdasan.

Di sisi lain tentu saja orang tua juga bisa mengambil bagian dalam memilih sekolah untuk anak.

 

Setelah mempertimbangkan beberapa hal di atas, orang tua diharapkan juga bisa terus mendukung prestasi anak nantinya saat sekolah dan mencermati sistem pendidikan sekolah secara langsung.

Memilihkan sekolah anak memang menjadi sesuatu yang harus cermat dan teliti.

Karena pastinya setiap orang tua menginginkan anaknya mendapatkan pendidikan sebaik mungkin, salah satunya adalah sekolah ramah yang bisa melatih berbagai hal dalam diri anak.

Rencanakan biaya pendidikan anak bersama dengan Finansialku. Moms dan Dads bisa secara spesifik menggunakan fitur anggaran pengeluaran untuk anak tiap bulannya.

Ada juga fitur budgeting untuk hobi, belanja bulanan, kesehatan, dan masih banyak lagi.

Kapan lagi menggunakan kece seperti ini? Dapatkan aplikasinya pada tautan berikut.

playstore icon
appstore icon

 

Dana pendidikan untuk anak tentunya perlu direncanakan dengan baik, tapi sudahkah Anda tahu caranya? Simak pada video dari Youtube Channel Finansialku berikut.

 

Pastikan Anda mengetahui ke mana si kecil akan bersekolah.

Jangan lupa pula berbagi artikel penting di atas pada sesama smart parents ya, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Titania Febrianti. 28 Januari 2020. Apa Sih Sekolah Ramah Anak? Ini Informasi Pentingnya untuk Mama. Popmama.com – https://bit.ly/3gLwzxF
  • Admin. Panduan Memilih Sekolah Anak Menurut Pakar Psikologi. Theasianparent.com – https://bit.ly/2Z6Mmkq
  • Ade Ayu Kartika Sari Rezki. 28 Maret 2019. Hal yang Harus Diketahui Tentang Sekolah Ramah Anak. Tulodo.com – https://bit.ly/2ZNz77t
  • Rudy Gunawan. 5 September 2017. Sejarah Pendidikan Inklusif: Konsep Sekolah Ramah Anak. Sejarah.upi.edu – https://bit.ly/2ACpTT1

 

Sumber Gambar:

  • Sekolah Ramah Anak 01 – https://bit.ly/3iKk3QP
  • Sekolah Ramah Anak 02 – https://bit.ly/2DlLgZN