Bagaimana cara cepat untuk melakukan pengecekan sertifikat BPN Online? Inilah step by step yang harus dilakukan.

Simak artikel berikut selengkapnya.

 

Rubrik Finansialku

Rubrik Finansialku Lifestyle (rev)

 

Pentingnya Pengecekan Sertifikat BPN

Tanah merupakan jenis aset tetap yang diidamkan banyak orang untuk dimiliki. Permintaan aset tanah yang meningkat terkadang tidak diimbangi dengan kejujuran pihak penjual.

Maka dari itu sebelum memutuskan untuk membayar lunas tanah yang dikehendaki, lebih baik pembeli wajib memeriksa keaslian sertifikat yang menyertainya.

4 Cara Mudah Melakukan Pengecekan Sertifikat BPN Online 02 - Finansialku

[Baca Juga: Sekelumit Penjelasan Tentang Surat APHB (Akta Pembagian Hak Bersama)]

 

Sertifikat yang lebih dikenal dengan BPN tersebut di dalam praktiknya sering ditemukan penyesatan, biasanya dalam bentuk penduplikasian dan pemalsuan data atau bodong.

Bagi sebagian orang, mereka lebih memilih membayar petugas yang berwenang seperti notaris untuk membereskan urusan tanah beserta sertifikat yang akan dibelinya.

Mereka hanya menunggu hasil akhir dari notaris tentang tanah yang diinginkannya. Akan tetapi cara ini membutuhkan biaya yang tidak sedikit.

Sehingga akan jauh lebih baik kita melakukannya secara mandiri, dalam artian tidak sepenuhnya pasrah kepada notaris, apalagi saat ini era digital dimulai dan segalanya dipermudah dengan online system.

 

Bentuk Dari Pengecekan Sertifikat BPN Online

Ketika kita berinisiatif mengecek sertifikat BPN secara mandiri. Maka ada 4 langkah wajib yang umumnya dilalui oleh setiap individu. Anda lebih baik memulainya dengan mengikuti alur berikut ini.

 

#1 Pemetaan Area Dari BPN

Apapun yang terkait dengan pertanahan, alat pemerintahan yang mengaturnya yakni kementerian keagrariaan dan tata ruang.

Keterkaitan fungsi kementerian ini adalah setiap individu akan diberikan kemudahan untuk mengakses situs milik mereka.

Situs yang disediakan oleh kementerian agraria memiliki fitur untuk melihat area sebaran hak tanah, sebaran area tanah yang diperjual-belikan dan titik wilayah dari nilai tanah.

Kebutuhan akan keabsahan pemetaan bisa Anda lakukan dengan membuka situs dari badan pertanahan nasional.

 

#2 Memeriksa Berkas BPN Secara Online

Ketika Anda melakukan tahap kedua ini, biasanya dilakukan ketika sertifikat sudah Anda masukkan ke BPN untuk ditelusuri lebih lanjut.

Pemeriksaan secara online ini adalah berkas atau sertifikat yang sudah masuk untuk diproses bisa dengan bertahap ditelusuri statusnya. Anda bisa mulai mencari tentang list pengisian form pada sistem tersebut.

4 Cara Mudah Melakukan Pengecekan Sertifikat BPN Online 03 - Finansialku

[Baca Juga: Cek 5 Poin Berikut Jika Anda Ingin Gadai Sertifikat Rumah]

 

Setelah itu Anda isikan letak kantor BPN yang sesuai tujuan. Setelah itu lakukan pengisian pada kolom no urut dari sertifikat serta tahun diajukannya.

Jika semua hal itu telah terisi dan submit ke sistem. Anda akan menemukan siapa yang memasukkan serta mengurus sertifikat tanah.

Biasanya nama yang bersangkutan otomatis akan muncul. Informasi lain juga akan otomatis tampak yang berupa jalur pembuatan sertifikat tanah tersebut.

 

#3 Keberadaan Loket BPN Online

Memeriksa sertifikat dengan memanfaatkan aplikasi secara tidak langsung didesain mirip dengan alur fisik nyatanya.

Kemiripan dari fisik nyatanya adalah setelah kita mengisi formulir untuk pengajuan pemeriksaan permohonan biasanya akan menuju loket yang sudah ada petugasnya.

Nah, sistem online juga demikian. Setiap kantor wilayah dari badan pertanahan memiliki situs sendiri-sendiri, di dalam setiap situs tersebut tidak hanya berisikan formulir permohonan saja.

Fitur loket juga turut disediakan, loket ini merupakan penjembatan atau urutan antrean dari tiap-tiap pemohon. Sehingga ketika ada individu yang melayangkan pemeriksaan mendadak bisa segera teratasi tanpa menunggu lama.

Pada umumnya waktu menunggu sampai hasil permohonan keluar yakni satu hari, dengan bantuan urutan dari loket online.

 

#4 Aplikasi Pemeriksaan BPN Online

Tidak hanya musik, permainan, dan tempat belanja saja yang mempunyai aplikasi.

BPN seolah turut mengikuti perkembangan zaman dengan meluncurkan aplikasi. Aplikasi yang mereka luncurkan memiliki beragam jenis, yakni Aplikasi KiosK, yang mengadaptasi platform dari suatu toko dengan transaksi hariannya.

KiosK bisa pengunjung dapatkan pada setiap bagian layanan dari kantor wilayah pertanahan. KiosK tersebut memberikan kemudahan pada tiap individu untuk mengakses informasi hal-hal tentang sertifikat tanah.

Pengunjung tidak perlu repot antri untuk menunggu giliran.

Pada KiosK menyediakan berbagai tipe pelayanan tentang tanah, syarat yang harus dipenuhi, periode waktu pengerjaan, alur dari pengerjaan, simulasi biaya untuk pengurusan sertifikat, informasi berkas, kepegawaian, notaris khusus akta tanah dan layanan antar.

BPN Go Mobile, merupakan suatu terobosan baru yang dilakukan badan pertanahan untuk masyarakat.

Aplikasi ini seperti layaknya beberapa jenis aplikasi lainnya, Anda bisa mendapatkannya secara gratis. Akses aplikasi tersebut bisa Anda jalankan pada ponsel android.

Hanya dengan membuka layanan Google Play Store, lalu temukan BPN go mobile, unduh, install dan jalankan.

Inovasi ini berisikan layanan yang umumnya terjadi pada kantor pertanahan di tiap kota. Pengunjung aplikasi dapat mengakses syarat pengajuan, biaya layanan, jadwal untuk LARASITA, dan data tentang permohonan layanan.

Sentuh Tanahku, merupakan satu gebrakan inovasi lagi, berupa aplikasi yang diberikan oleh kantor pertanahan untuk ponsel android dan iOS.

Aplikasi tentang pertanahan yang satu ini sangat istimewa, karena dua jenis sistem operasi dari ponsel pintar bisa menjalankannya. Aplikasi ini juga diperoleh secara gratis, yang didalamnya berisikan informasi penting dan bersifat resmi.

Selanjutnya, aplikasi ini mempunyai dua tipe yaitu fitur bebas dan fitur bersyarat. Fitur bebas dari aplikasi ini berisikan item mengenai berkas atau sertifikat, plot dari tanah, lokasi tanah serta layanan pertanahan.

Sedangkan untuk tipe bersyarat berupa fitur tambahan terkait berkas dan sertifikat.

Jika ingin mengakses dua fitur tersebut, Anda harus mendaftarkan diri secara offline dengan mengisi formulir yang tersedia di kantor badan pertanahan setempat.

 

Gratis Download Ebook Perencanaan Keuangan untuk Usia 30 an

Perencanaan Keuangan Untuk Usia 30 an - Finansialku Mock Up

Download Ebook Sekarang

 

Cara Pengecekan Sertifikat BPN Online Mampu Meminimalkan Kerugian

Anda yang berharap memiliki tanah untuk dijadikan investasi, janganlah pernah terlupa untuk waspada akan keaslian dari berkas maupun sertifikat yang menyertainya.

Anda juga tidak perlu bingung untuk melakukan pemeriksaan mandiri. Empat metode efektif dengan pemanfaatan teknologi digital harus segera diadaptasikan.

Jangan sampai Anda merugi dengan tanah yang tidak sesuai keinginan. Karena investasi tanah sangatlah menggiurkan hasilnya di masa mendatang, sehingga teliti sebelum membeli sangat mutlak dilaksanakan.

Oh iya, Yuk ketahui 5 Jenis sertifikat rumah yang wajib dimiliki orang sukses melalui channel Youtube Finansialku berikut ini:

 

Jangan lupa untuk melakukan pengecekan sertifikat BPN online dan bagikan informasi di atas kepada rekan-rekan Anda ya, terima kasih.

 

Sumber Referensi:

  • Fathia Azkia. 15 Juni 2018. Cara Mengecek Sertifikat BPN Online. Rumah.com – http://bit.ly/2JxfKr7

 

Sumber Gambar:

  • Sertifikat BPN 1 – http://bit.ly/2JBItuJ
  • Sertifikat BPN 2 – http://bit.ly/2Jo9jro
  • Sertifikat BPN 3 – http://bit.ly/2XCUWYU